Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Mesin Cuci Yang Baik, Bagus dan Berkualitas.

Bagaimana tips memilih mesin cuci yang baik, bagus dan berkualitas ? Dapat sobat ikuti caranya pada penjelasan ringkas di halaman ini.
13 Tips Memilih Mesin Cuci
Dewasa ini, kebutuhan akan teknologi mesin cuci terus saja meningkat dengan super cepat seiring dengan berjalannya waktu.

Sehingga di perlukan sejumlah tips dalam memilih mesin cuci yang tepat, di saat sobat hendak membeli mesin cuci yang bagus.

Itupun jika sobat membutuhkan mesin cuci yang baik dalam membersihkan pakaian - pakaian yang sudah kotor oleh karena sudah di pakai.

Lalu kemudian sobat hendak membelinya, akan tetapi bingung dalam memilih karena belum mengetahui mesin cuci seperti apa yang baik.

Maka sobat bisa menyimak penjelasannya hingga akhir, tentang tips memilih mesin cuci yang baik dan bagus di halaman ini.

Sebelum itu perlu di ketahui bahwa di pasaran, terdapat 3 tipe mesin cuci yang biasa di gunakan oleh sebagian masyarakat.

3 tipe mesin cuci yang biasa di pakai tersebut, di antaranya adalah sebagai berikut:
  • mesin cuci top loading
  • mesin front loading,
  • manual 2 tabung
Bahkan dalam dari segi pemakaian di saat sekarang ini, sudah ada tipe mesin cuci yang bisa di operasikan melalui ponsel.

Tips Cara Memilih Mesin Cuci Yang Baik dan Bagus

Berikut di bawah inilah tips bagaiman cara memililih mesin yang baik serta bagus, yang dapat sobat terapkan :

1. Memahami Tingkatan Suara Mesin Cuci

Buat sobat yang tidak suka ketenangan, tips pertama yang harus di perhatikan adalah suara mesin cucinya senyap alias tidak bising.

Jadi di saat sobat membeli, perlu di tanyakan pada tuan tokonya tentang tingkatan suara mesin cuci ketika di operasikan.

Apakah suara mesin cucinya berisik ataukah suaranya senyap alias tidak berisik, di saat mesin cuci di jalankan.

Jadi tingkatan suara mesin cuci yang rendah dan tidak bising, merupakan salah satu mesin cuci yang baik dan bagus.

Jika sobat sudah yakin bahwa suara mesin cuci tidak bising, maka sobat bisa menyimak tips memilih mesin cuci berikutnya.

2. Memperhatikan Fitur Tambahan Pada Mesin Cuci

Selanjutnya yang juga harus sobat perhatikan adalah fungsi fitur-fitur tambahan pada mesin cuci, apakah dapat menguntungkan dan mudah di operasikannya ?

Pasalnya di saat sekarang banyak bermunculan merk mesin cuci dengan fitur tambahannya masing - masing.

Fitur tambahan tersebut terkadang susah untuk di pahami, sehingga akan kesulitan di saat mesin cuci akan di fungsikan.

Maka oleh karena itu pahami dulu betul - betul fungsi fitur tambahannya, sebelum mesin cuci tersebut sobat beli.

Sebagai contoh fitur tambahan pada mesin cuci terbaru dengan fungsinya tersendiri, di antaranya adalah sebagai berikut:
  • Mesin cuci yang dapat di kontrol oleh sebuah ponsel android, meskipun sobat sedang berada jauh dari posisi mesin cuci.
  • Lalu ada fitur automatic cleaning, di mana fungsinya adalah untuk mengurangi frekuensi pembersihan tabung mesin cuci
  • Kemudian ada fitur child lock pada tipe mesin cuci front loading, yang fungsinya untuk mengamankan putaran mesin cuci.
  • dan lain sebagainya.
Jadi disaat memilih fitur mesin cuci, alangkah baiknya di sesuaikan saja dengan kebutuhan serta kebiasaan sobat dalam mencuci.

Apabila belum biasa dengan fitur mesin terbaru, dengan memilih suara mesin cuci yang tidak bising merupakan satu solusi yang baik.

Karena, semakin banyak fitur di munculkan pada satu mesin cuci, maka akan semakin mahal pula harga mesin cuci tersebut.

Namun jika sobat orangnya suka berkreasi dengan sesuatu hal yang baru, maka bisa memilih mesin cuci dengan banyak fiturnya.

3. Memeriksa Arah Pintu, Kedalaman, dan Dimensi pada Mesin Cuci

Tips memilih mesin cuci yang berikutnya ialah memeriksa terlebih dahulu arah pintu, kedalaman serta dimensi yang di miliki mesin cuci.

Contohnya saja, sobat tertarik dengan mesin cuci yang tipe loading ! Maka sobat jangan terpaku pada ruang pemasangan serta ukurannya saja.

Melainkan sobat harus memikirkan juga perihal ukuran tinggi body mesin cuci, agar kedalaman dasar bak mesin cuci bisa di jangkau.

Sebagai catatan buat sobat atau istri yang tinggi badannya kurang dari 170 cm ?

Maka bisa memilih tinggi body mesin cuci yang berukuran ukuran 90 cm, supaya dasar bak cuci bisa di jangkau tangan.

Namun, bila sobat memilih tinggi body mesin cuci lebih dari 90 cm ? maka, bisa jadi bagian dasar bak mesin cuci tidak bisa di jangkau.

Lalu contoh lainnya, sobat tertarik dengan mesin cuci front loading !

Maka sobat harus memperhatikan arah tutup buka pintunya, untuk di sesuaikan dengan tempat di mana mesin cuci akan di simpan.

Bila posisi tempat mesin cuci pakaian mengharuskan arah pintunya ke depan, maka pilih mesin cuci yang pintunya mengarah ke depan.

Kemudian mengetahui ukuran lebar body mesin cuci juga sangat penting untuk di perhatikan, agar penempatan mesin cuci bisa pas.

4. Menyesuaikan Kapasitas Mesin Cuci dengan Jumlah Anggota di Rumah.

Selanjutnya, tips memilih mesin cuci yang keempat yaitu menyesuaikan terlebih dahulu kapasitas yang di miliki mesin cuci.

Misalnya, saja sobat di rumah tinggal sendiri alias membujang ? Maka dengan memilih kapasitas mesin cuci yang 6 kg sampai 7 kg, di rasa sudah cukup buat.

Namun jika di rumah terdapat banyak anggota keluarga lebih dari empat orang, maka pilih mesin cuci dengan kapasitas 11 kg.

Tapi bro, kita di rumah hanya 2 orang saja ? Maka, mesin cuci dengan kapasitas 8 kg s/d 10 kg itu sudah cukup.

Selain kapasitas dengan satuan kilogram pada mesin cuci, terdapat pula kapasitas pengering atau tabung pengering yang juga perlu sobat perhatikan.

Umpama sobat memilih mesin cuci tipe front loading dengan kapasitas 10 kg, maka biasanya memiliki kapasitas tabung pengering 5 kg.

5. Memilih Tipe Mesin Cuci Berkualitas

Tipe mesin cuci ini sudah di sampaikan secara ringkas, yakni : tipe top loading, front loading, dan tipe manual 2 tabung.

Dan berikut di bawah inilah penjelasan lengkapnya, perihal tipe-tipe mesin cuci tersebut:
  • Mesin cuci tipe top loading
Tipe top loading ini, selain harga mesin cuci yang terjangkau juga sudah terkenal akan kemampuan dalam mencucinya yang kuat.

Jadi tipe mesin cuci top loading ini, hanya dapat bekerja jika jumlah air nya banyak. Sehingga dapat dengan mudah membersihkan kotoran yang menempel pada pakaian.

Selain itu pada mesin cuci tipe top loading ini, sobat tidak perlu lagi membungkuk untuk mengambil pakaian maupun memasukan pakaian.

Akan tetapi terdapat kekurangan pada tipe mesin top loading ini, di mana di saat proses pengeringan pakaiannya memerlukan udara hangat.
  • Mesin cuci tipe front loading
Mesin cuci tipe ini mempunyai kemampuan yang dapat mengeringkan pakaian dengan secara baik dan optimal.

Selain itu, mesin cuci tipe front loading ini tidak lagi memerlukan air banyak seperti halnya tipe top loading di atas.

Adapun cara kerja mesin cuci tipe front loading ini, yakni : pakaian yang di angkat akan di jatuhkan kembali kedalam air.

Sehingga dengan demikian, pakaian yang di cuci dalam tabung tidak akan saling menjerat yang dapat mengakibatkan pakaian berkerut.
  • Mesin cuci tipe 2 tabung
Termasuk kedalam mesin cuci manual 2 tabung, dimana 1 tabung untuk mencuci dan 1 tabungnya lagi untuk mengeringkan pakaian.

Agar mesin bisa bekerja dengan secara maksimal, maka volume air harus terus di pastikan agar selalu terisi dengan benar.

Kesimpulan

Jadi tips di atas dapat sobat terapkan sebelum membeli, agar sobat bisa mendapat pilihan mesin yang baik dan bagus yang sesuai dengan kebutuhan.

Itulah pembahasan tentang tips cara memilih mesin cuci yang baik, bagus dan berkualitas, yang dapat kita sampaikan.

Apakah ini bisa membantu ?

Sekian dan terimikasih, semoga artikel bisa berguna dan bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkan. Wassalam..!!