Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Ruangan Kedap Suara ? Pakai Partisi dan Plafon Gypsum saja !!

Ruangan yang kedap suara disaat sekarang ini, banyak sekali digunakan sebagai ruangan studio untuk rekaman maupun bermusik. Selain itu bisa juga untuk ruangan venue konser, teater, hingga sampai ruangan pribadi untuk sobat nonton film seperti halnya di bioskop pun bisa sobat buat.
ruangan kedap suara gypsum
Supaya suara didalam ruangan tidak sampai terdengar keluar, maka solusi cara mengatasinya adalah dengan membuat plafon maupun partisi gypsum, yang merupakan bahan material yang sesuai dan pas, yang dapat mensenyapkan suara didalam ruangan.

Dan salah satu contoh agar ruangan kedap suara, misalnya saja ruangan kamar tidur ! Maka sobat dapat mengaplikasikan plafon gypsum sebagai perantara, agar ruangan menjadi kedap suara.

Itupun jika dinding rumah sobat sudah diplester aci luar dan dalam, maka hanya plafon ruangannya saja yang dimodifikasi untuk pengedap suara.

Namun jika sobat belum memplester aci dinding ruangan alias masih terlihat susunan batu bata merahnya, maka untuk membuat ruangan agar lebih menjadi kedap suara lagi, sobat bisa dengan menempelkan papan gypsum langsung sebagai dinding tanpa melakukan pekerjaan plester aci, sekaligus secara satu kali dengan melakukan pemasangan plafon gypsumnya.

Wuahhh emang bisa mas bro, papan gypsum dijadikan sebagai dinding ruangan ? Jawabannya, ya sangat bisa sekali...!!

Papan Gypsum Kedap Suara

Selain dapat memberikan manfaat sebagai kedap suara pada ruangan, juga dapat memberikan manfaat lainnya yakni dapat menghemat anggaran yang tadinya anggaran untuk plester aci, bisa dialihkan ke item pekerjaan lainnya yang lebih penting.

Meskipun anggaran menempel papan gypsum sebagai dinding ruangan sebenarnya sama saja dengan memplester aci dinding, akan tetapi dengan menggunakan papan gypsum sebagai dinding untuk dijadikan ruangan kedap suara, pastinya akan menjadi lebih efektif.

Sebetulnya bisa juga sih, apabila dinding ruangan yang sudah diplester aci bahkan sudah di cat finishing, lalu ingin dilapisi lagi dengan papan gypsum. Bahkan ini justru lebih semakin efektif lagi, untuk meredam suara yang sangat bising dari luar maupun dalam ruangan.

Akan tetapi, tentunya uang yang dikeluarkan akan jauh lebih besar lagi alias membutuhkan biaya yang mahal! Meskipun begitu, hasil kedap suara yang didapat pun akan sangat sungguh memuaskan.

Apalagi, jika didalam celah antara dinding dengan papan gypsum ditambahi lagi dengan salah satu material peredam suara terbaik, seperti :
  • glasswool,
  • material pet,
  • green wool,
  • keramik fiber,
  • busa telur,
  • softboard,
  • dan lain sebagainya.
Jangankan, suara ah ih uh ! Suara berlatih musik bersama personil dengan memainkan musik genre rock atau musik terkeras sekalipun, tidak akan terdengar keluar sama sekali.

Catatan : Untuk bahan pelengkap material peredam suara diatas, akan kita bahas secara lengkap diartikel terpisah! So, sobat pantau terus ya situs tukang plafon ini tiap saat.

Fungsi Akustik Pada Gypsum

Jadi selain papan gypsum dapat membuat ruangan kedap suara, juga terdapat keunggulan yaitu:
  • Bisa tahan terhadap api
  • Bisa tahan terhadap segala macam goncangan gempa
  • Dan dapat mendinginkan suhu didalam ruangan
Tapi kenapa yang kita rasa, masih saja banyak konsumen konsumen yang merasa kurang percaya terhadap bahan material dari gypsum ini.

Mungkin permasalahannya adalah adanya suara, ketika dinding dari papan gypsum diketuk-ketuk dengan menggunakan punggung jari. Sehingga torang atau mereka menjadi merasa khawatir untuk menggunakan gypsum, takutnya dinding menjadi tidak kedap suara.

Padahal kalo menurut seorang ahli technical representive dari salah satu perusahaan konstruksi terkenal, sebetulnya kekhawatiran ini dapat dengan mudah ditangani.

Karena apa ? karena justru gypsum, memiliki dua fungsi akustik yakni untuk penyerapan suara dan untuk mengedapkan suara.

Supaya lebih jelasnya, berikut ini lah 2 fungsi akustik yang terdapat pada gypsum yang bisa sobat ketahui :

1. Penyerapan Suara

Maksud dari penyerapan suara disini yaitu kemampuan sebuah ruangan untuk menyerap suara, supaya efek gema yang ditimbulkan bisa berkurang.

Sobat tahu sendirilah, bahwa efek dari suara yang menggema ini akan berdampak buruk pada hasil kualitas audio yang didapat, dan tentunya ini dapat merusak pendengaran si orang yang mendengar agar suara bergema ini atau orang yang berada diruangan kedap suara yang dimaksud.

Ruangan yang memunculkan suara bergema terbesar yaitu ruangan kosong melompong, dan tak ada satupun perabotan yang bersemayam didalamnya.

Maka untuk mengurangi efek gema yang besar tersebut, sobat memerlukan bahan material pelapis yang pas dan sesuai.

Adapun untuk mengukur nilai dari sebuah penyerapan suara yakni sobat bisa dengan menggunakan Noise Reduction Class atau yang biasa disingkat menjadi NRC, dan nilai yang paling efektif di NRC ini biasanya berkisar di antara nilai 0,5 hingga sampai 0,7.

Agar sobat bisa memperoleh nilai noise reduction class yang efektif dan tepat, bisa menggunakan papan gypsum yang mempunyai tissue akustik dengan nilainya dikisaran 0,5 sampai 0,7.

2. Kekedapan Suara

Lalu maksud ari kekedapan suara pada dinding disini ialah kemampuan dinding atau partisi dalam menahan suara didalam ruangan, supaya tidak menggangu ruangan disebelahnya.

Adapun untuk mengukur nilai kekedapan suara pada gypsum, sobat bisa menggunakan alat Sound Transmission Class atau yang biasa dsingkat menjadi STC.

Jadi ketika sobat mengukur, maka semakin tinggi sound transmission class yang diukur itu tandanya semakin ruangan kedap suara, dan STC dengan nilai 50 merupakan nilai paling maksimal yang bisa dicapai pada dinding atau sekat gypsum.

Papan gypsum yang sesuai untuk ruangan kedap suara, haruslah memiliki kedua fungsi diatas! Lantas, bagaimana jika sobat ingin membuat sebuah studio misalnya studio rekaman, namun sobat tidak ingin ribut dengan tetangga sebelah oleh karena masalah suara bising tak karuan ?

Sobat dapat membuat sendiri ruangan kedap suara dirumah, meskipun ruangan yang dimiliki tak sebesar ruangan tempat konser seperti layaknya konser atau manggung di senayan.

Cara Buat Ruang Kedap Suara

Untuk membuat ruangan kedap suara, sobat bisa membuat partisi atau sekat dengan menggunakan bahan material papan gypsum dan glaswool.

Seperti yang sudah disebutkan diatas glaswool ini adalah alat pelengkap sebagai peredam suara terbaik yang sudah kita sebutkan diatas, dan akan kita jelaskan dengan secara detailnya nanti diartikel terpisah.

Karena disini hanya akan kita jelaskan dengan secara ringkas saja, berhubung isi dari artikel disini sudah cukup panjang, takutnya nanti sobat tidak bisa fokus dalam menyimak serta membacanya, malah yang ada mungkin akan menjadi cepat bosan.

Jadi cara buat ruangan kedap suara dengan secara ringkasnya adalah sebagai berikut :
  • Membuat partisi gypsum maupun plafon gypsum
  • Menyematkan Glaswool pada sekat atau partisi gpysum dan juga plafon gypsum
  • Sebelumnya dipastikan dahulu Gaswoolnya memiliki ukuran 60 x 120 cm, agar sesuai dengan rangka partisi dan plafon.
  • Tempatkan semuan glaswool pada bagian dalam atau rangka partisi gypsum dan plafon gypsum hingga menyeluruh dan merata.
Jika sudah selesai dibuat dengan langkah terakhir yakni menyematkan Glasswool kedalam partisi atau plafon, maka tinggalah sobat mencobat memainkan musik apakah suara masih terdengar keluar ?

Apabila masih terdengar sedikit suara keluar, maka tinggalah tambahkan lagi ketebalan dari partisinya.

Itulah informasi yang dapat kita sampaikan buat para sahabat larantukagypsum yang ingin mengetahui tentang bagaimana ruangan bisa kedap suara yakni bisa dengan membuat parti atau plafon gypsum yang ditambah dengan bahan peredam suara terbaik yakni Glasswool namanya.

Apakah ini bisa membantu ? Sekian dan terimakasih, sudah mau berkunjung dan menyimak diartikel ini! Semoga bisa bermanfaat.