10 Jenis Ikan Nila Unggul Untuk Budidaya Ikan di Rumah.

Sejumlah Jenis ikan nila unggul ini bisa sobat pilih salah satunya, untuk usaha budidaya ikan nila di kolam pekarangan dekat rumah.

ikan nila unggul

Sebelumnya sudah kita bahas di artikel sebelumnya, tentang cara membudidayakan ikan nila di kolam tanah! So, Bagi sobat yang ingin usaha budidayakan ikan nila, bisa baca artikel tersebut setelah mengetahui jenis jenis ikan nila unggul ini.

Seperti yang sudah di sampaikan, ikan nila atau oreochromis niloticus adalah salah satu jenis ikan tawar yang ada di Indonesia. Ikan tawar yang satu ini sering di konsumsi oleh sejumlah orang untuk makan pagi, siang, sore, hingga malam.

Mereka yang mengkonsumsi, bisa jadi beli ikan nilanya di pasar tradisional atau beli langsung di kolam yang membudidayakan ikan nila! Namun di beberapa daerah contohnya di kota sukabumi daerah jampang, ikan nila untuk konsumsi di dapat dari hasil mancing di kolam tanah.

Ya, di daerah tersebut terdapat banyak sekali kolam - kolam ikan nila yang sengaja di buat, khusus untuk penyuka mancing.

Tentunya sobat harus menyiapkan uang untuk bisa mancing di kolam nila tersebut, dengan nilai uang yang relatif murah. Tapi bukan itu yang akan di ulas, melainkan tentang jenis jenis ikan nila unggul yang akan kita tulis di sini.

10 Jenis Ikan Nila Unggul Untuk Budidaya

Terdapat 10 jenis ikan nila unggul yang akan kita informasikan di sini, yang bisa sobat pilih untuk di budidaya ikan nila di kolam tanah dekat rumah.

Ya, sobat dapat memilih salah satu ikan nila unggul sebagai langkah awal, untuk memulai usaha budidaya yang bisa sobat buat kolam di pekarangan rumah! Berikut di bawah ini, jenis jenis ikan nila yang unggul yang kita kutip dari situs gramedia:

1. Ikan Nila Jenis Kunti

1. Ikan Nila Jenis Kunti
Jenis ikan nila unggul yang pertama terdapat ikan nila Kunti. Ya, nama ikannya Kunti, bukan kuntil! Kalo kuntil itu berarti kuntil anak.

Ikan nila kunti ini asal mulanya dari Klaten, di mana benihnya di waktu itu tahun 1997 di peroleh dari BBIS Ngrajek.

Ciri-ciri ikan nila kuntil, bisa di lihat dari warna perutnya yang putih dan warna pada punggungnya berwarna hitam.

Berat ikan nila kunti per ekornya bisa mencapai 759 gram, dan ini sudah di resmikan oleh kantor kementerian perikan dan kelautan waktu itu, di tahun 2012.

2. Ikan Nila Jenis Jica

2. Ikan Nila Jenis Jica
Jenis ikan nila unggul yang kedua terdapat ikan nila Jica, di mana jica ini bukan sebuah kata perumpaan "jika", melainkan sebuah nama ikan.

Istilah nama JICA itu sendiri, merupakan kepanjangan dari Japan dor Internasional Copeeration Agency. Jadi Ikan nila jenis yang satu ini, tercipta dari hasil donor lembaga jepang tersebut, yakni lembaga JICA.

Waktu itu di tahun 2002, JICA melakukan kerjasama dengan balai budidaya ikan tawar dari jambi untuk melakukan donor ke ikan Jica ini. Kemudian di tahun 2004, ikan nila Jica di sahkan sekaligus di klaim sebagai iklan nila unggul yang pertumbuhan lebih cepat sebesar 20%, ketimbang ikan nila GIFT.

Ciri-ciri ikan Jica memiliki tubuh hitam agak sedikit ke abu-abuan dan pada bagian bawah sekitar insang terdapat warna putih kehitaman dan putih ke kuning-kuningan.

3. Ikan Nila Salina

3. Ikan Nila Salina
Lalu jenis ikan nila yang ketiga, terdapat ikan nila salina atau ikan nila Saline Indonesia Tilapia.

Ikan nila salina ini juga adalah ikan nila yang unggul, yang sudah di sah kan dan sudah pernah di budiyakan di tahun 2013 oleh BPPT.

Ikan nila jenis salina yang termasuk kedalam ikan air tawar Asli dari negara Indonesia ini, mempunyai sejumlah keunggulan, diantaranya adalah:
  • Mempunyai feed conversion ratio (FCR) rendah dan hemat pakan.
  • Bisa hidup berdekatan dengan perairan payau atau laut.
  • Bisa hidup di perairan yang Pptnya mencapai 20 sampai 25 Ppt.
  • Mempunyai ketahanan hidup dari efek global warning.

4. Ikan Nila Anjani

4. Ikan Nila Anjani
Selanjutnya terdapat jenis ikan nila yang keempat, yakni Ikan Nila Anjani. Ya, nama ikannya Nila Anjani dan bukan Anjai, melainkan Anjani! Kalo kata "Anjai" itu adalah sebuah kata Gaul, yang di prakarsai anak muda milenial di jaman sekarang.

Jenis ikan nila yang satu ini merupakan pembiakan dari lembaga di Lombok Timur, yakni BPBIAT (Balai Pengembangan Budidaya Ikan Air Tawar). Ikan nila anjani termasuk salah satu ikan yang di unggulkan di daerah NTB, dengan keunggulannya yaitu:
  • Mempunyai tekstur daging ikannya yang tebal.
  • Mempunyai tubuh ikan yang tinggi.
  • Dapat tahan terhadap bakteri yang menyerang, yakni bakteri Streptococcus Iniae.
  • Dapat tumbuh dengan cepat, yaitu 1.2 gram pertiap hari.

5. Ikan Nila Jatimbulan

5. Ikan Nila Jatimbulan
Kemudian ada ikan nila unggul lainnya yang kelima, namanya yaitu Ikan Nila Jatimbulan yang bisa sobat pilih untuk budidaya ikan di kolam pekarangan rumah.

Ikan nila Jatimbulan ini terdapat keunggulan di pertumbuhannya lebih cepat, ketimbang ikan nila jenis lainnya yang sudah di jelaskan di atas.

Selain itu keunggulan lain yang di peroleh dari ikan nila jenis Jatimbulan ini yakni pada struktur daging ikannya yang kenyal.

Asal mula ikan nila jenis yang satu ini, bisa di tebak dari namanya ada kata Jatim, yang artinya berasal dari daerah Jawa Timur.

Keunggulan ikan nila Jatimbulan secara lengkapnya, bisa sobat lihat dibawah ini:
  • Bisa tahan terhadap bakteri Aeromonas Hydrophila yang menyerang.
  • Dapat mampu hidup di perairan dengan kadar garam yang tinggi.
  • Bisa hidup di area air payau dan juga air tawar.
  • Mempunyai tingkat ketahanan hidup yang mencapai 85%.
  • Dapat tumbuh dengan cepat.

6. Ikan Nila Larasati

6. Ikan Nila Larasati
Larasati di sini bukan lagu laras hati yang di bawakan oleh band musik dewa 19, di jaman tahun 2000an, melainkan sebuah nama ikan jenis nila unggul.

Ya, Larasati merupakan nama jenis ikan nila yang termasuk kedalam ikan unggul, yang bisa sobat pilih dalam memulai usaha budidaya ikan di rumah.

Larasati yang termasuk ikan nila jenis yang keenam ini adalah hasil dari rekayasa genetik yang di lakukan oleh lembaga PBIAT Janti, di Klaten! Dengan kata lain, ikan nila larasati merupakan ikan hasil perkawinan antara ikan nila merah dan hitam.

Ikan nila larasati ini, sempat menyita perhatian di tahun 2009! Pasalnya, ikan nila jenis yang satu ini mempunyai ketahanan hidup hingga mencapai 90% dan juga cepat tumbuhnya.

Nila larasati ini mempunyai food conversion ratio yang lebih rendah, ketimbang ikan nila lokal. Selain dalam pemeliharaannya lebih cepat dan juga mempunyai daging yang banyak nan tebal.

Istilah larasati sebagai nama ikan jenis Nila yang satu ini, merupakan kepanjangan dari Nila Merah Strain Janti atau yang lebih dikenal dengan naman ikan janti.

7. Ikan Nila Jenis Gesit.

7. Ikan Nila Jenis Gesit.
Gesit di sini tidak di tujukan untuk motor suzuki smash yang dulu sempat terkenal dengan motonya, yakni "Si Gesit Irit Motor Smash".

Istilah gesit di sini merupakan sebuah nama ikan nila jenis Gesit, di mana kepanjangan dari GESIT itu sendiri adalah Genetically Supermale Indonesian Tilapia.

Ikan nila dengan nama Gesit ini dapat tumbuh dengan sangat cepat hanya dalam waktu 5 bulan sampai dengan 6 bulan saja! Di masa waktu pertumbuhan tersebut, ikan nila gesit bisa mencapai bobot berat sebesar 600 gram.

Adapun koromoson yang di miliki ikan nila gesit ini, yakni kormoson YY. Dan ini artinya 98% sampai 100% keturunan ikan nila gesit, hampir semuanya berjenis kelamin Jantan.

Si gesit ikan nila ini juga termasuk kedalam ikan unggulan yang tercipta dari hasil rekayasa genetika generasi ke 3 dari semua keturuna ikan nila Gift.

Keunggulan dari ikan nila Gesit, bisa sobat lihat di bawah ini:
  • Sangat aman di konsumsi.
  • Dapat tahan terhadap serangan penyakit.
  • Suhu ikan mencapai 25 derajat celcius.
  • Bisa tumbuh dengan lebih cepat, ketimbang jenis ikan lainnya.
  • Bibit yang di peroleh hampir 90%, semuanya jantan.

8. Ikan Nila Srikandi

8. Ikan Nila Srikandi
Srikandi di sini bukan lah seorang tokoh yang ada di pewayangan, yakni Dewi Srikandi sang istri Arjuna! Istilah srikandi yang kita maksud ini merujuk pada sebuah nama jenis ikan nila, yakni ikan nila Srikandi.

Jenis ikan nila dengan nama Srikandi merupakan kepanjangan dari, Salinity Resistant Improvement from Sukamandi. Jadi sesuai dengan nama panjang tersebut, bahwa ikan nila srikandi ini asal mulanya berasal dari daerah Sukamandi.

Ya, ikan Srikandi ini memang sengaja di budidayakan di daerah tersebut, lebih tepatnya di perairan payau yang salinitas atau kadar garamnya tinggi.

Keunggulan ikan nila Srikandi, bisa sobat simak berikut ini:
  • Biaya pakan ikan srikandi lebih murah dan sedikit, karena ada pakan alami yang memenuhi kebutuhan makannya di tambak atau di kolam tanah.
  • Dagingnya mengandung protein yang sangat tinggi dengan kadar sekitar 17,6%, ketimbang jenis ikan nika lokal lainnya.
  • Masa perkembangan pertumbuhannya lebih cepat.
  • Mempunyai rasa daging ikannya yang super lezat dan enak.
  • Dapat tahan terhadap kandungan air garam yang tinggi.

9. Ikan Nila Nirwana II

9. Ikan Nila Nirwana II
Jenis ikan nila nirwana yang satu ini juga merupakan hasil dari rekayasa genetika atau perkawinan silang antara ikan nilla Gift Indonesia dengan Gifit dari Filipina.

Perkawinan silang ikan nila nirwana tersebut terjadi, oleh karena adanya kerjasama IPB dengan BPI (Balai Pengembangan Benih Ikan), di mana ikan nila nirwana II adalah generasi ikan nila jenis nirwana ke dua dan yang generasi pertamanya sudah di sahkan sejak tahun 2012, tepat di bulan April.

Ciri-ciri ikan nirwana II bisa di bedakan dari punggungnya berwarna abu-abu kehijau-hijauan, lalu dari warna perutnya putih ke abu-abuan.

Selain itu bentuk tubuh yang terlihat lebih agak besar, ketimbang kepalanya. Lalu kemudian dalam hal pertumbuhannya, ikan nirwana II lebih cepat 15% dari nirwana generasi pertama.

10. Ikan Nila Best

Jenis ikan nila bernama Best ini adalah salah satu ikan yang menurut riset mempunyai ketahanan yang tinggi sebesar 140%, terhadap penyakit.

Nilai ketahanan terhadap penyakit sebesar 140% tersebut, lebih tinggi 8% dari pada ikan nila lokal yang bisa hidup dengan baik pada di kadar air garam 15 Ppt, dan juga dapat tumbuh dengan cepat.

Lantas apa keunggulan dari ikan nila Best ini? Diantaranya, adalah sebagai berikut:
  • Mempunyai ukuran bibit ikan yang besar.
  • Dapat tahan terhadap penyakit, sebesar 140%.
  • Memiliki ketahanan hidup yang tinggi, sebesar 90%.
  • Masa pertumbuhan tubuh ikan yang cepat, sebesar 4.85%
  • Lebih hemat pakan, cocok buat budidaya di rumah.
Mungkin hanya itu yang dapat kita sampaikan, tentang jenis - jenis ikan unggul yang bisa sobat jadikan pilihan untuk usaha budidaya ikan nila di rumah.

Apakah ini bisa membantu? Sekian dan terimakasih banyak atas partisipasinya, dengan cara menyimak dan semoga artikel ini bisa berguna serta bermanfaat bagi nusa dan bangsa. Wassalam...!!