Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis dan Nama Alat Berat dalam Proyek Konstruksi! Disertai Fungsi dan Gambar ALat Berat.

Teori tentang Jenis dan Nama Alat Berat beserta fungsi yang dilengkapi dengan gambar alat berat dalam proyek konstruksi adalah materi atau topik pembahasan yang kita pilih dikesempatan pembuatan artikel kali ini, yang mungkin bisa berguna dan bermanfaat khususnya buat sobat yang baru masuk bekerja dalam bidang proyek konstruksi bangunan maupun proyek jalan.
jenis dan nama alat berat proyek konstruksi
Contoh alat berat pastinya sobat semuanya sudah mengetahuinya, oleh karena sering melihatnya disuatu tempat diarea proyek bangunan atau proyek infrastruktur jalan, entah itu dimana kita tidak tahu.

Akan tetapi pengertian dari alat berat itu sendiri, mungkin bisa jadi sobat masih bingung dalam mendefinisikan maupun mengartikannya.

Apalagi dalam menyebutkan jenis jenis dan nama nama alat berat dengan secara benar menurut jenis dan nama yang sudah diresmikan entah oleh siapa, mungkin masih terbata-bata alias masih berpikir-pikir dulu.

Jika iyah situasinya seperti itu, maka sobat yang belum mengetahuinya bisa dengan segera mengetahuinya, asalkan menyimak ulasan tentang alat berat ini hingga selesai.

Apa itu alat berat ? pengertian alat berat itu sendiri, yaitu semcam kendaraan yang memiliki ukuran yang besar yang di desain dengan secara khusus menurut fungsi dan kegunaanya tersendiri dalam melakukan pekerjaan konstruksi, misalnya :
  • Alat berat untuk melakukan earthworking atau pengerjaan tanah
  • Alat berat untuk memindahkan bahan bangunandan lain sebagainya
Alat berat biasa dipakai dalam pekerjaan konstruksi, seperti : infrastrukur jalan dan proyek pembangunan gedung besar atau gedung bertingkat supaya proses pekerjaanya, bisa berjalan dengan lebih cepat secepat-cepatnya.

Ketika sobat ada niatan ingin membuat atau memproduksi alat berat ini sendiri, maka itu adalah sesuatu hal yang mustahil bisa dilakukan oleh sobat sendiri.

Pasalnya dalam pembuatan atau produksi alat berat ini, hanya bisa dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar yang sudah berskala internasional, semisal :
  • Perusahaan Doosan Infracore dari Korea Selatan
  • Perusahaan Volvo dari Swedia
  • Perusahaan Hitachi dari Japanese
  • Perusahaan Komatshu dari Japanese
  • Perusahaan Caterpillar dari Negara USA
  • dan perusahaan-perusahaan lainnya
Jadi alat berat umumnya memiliki ukuran besar besar (raksasa) untuk bisa difungsikan pada berbagai macam pekerjaan berat, yang tidak dapat dilakukan oleh tangan manusia bahkan oleh tangan tukang yang sudah super profesional sekalipun.

Keberadaan alat berat ini sangat membantu sekali dalam memperlancar proses pekerjaan proyek konstruksi bangunan, terkadang alat berat ini dibutuhkan juga dalam pekerjaan pertambangan.

10 Jenis dan Nama Alat Berat

1. Alat Berat Pneumatic Tire Roller
Pneumatic Tire Roller
Jenis alat berat yang pertama namanya, adalah Pneumatic Tire Roller! Alat berat jenis ini, biasa juga disebut dengan nama kendaraan roller yang biasa di fungsikan sebagai alat penggilas atau pemadat lapisan hotmix pada pekerjaan infrastruktur jalan.

Alat berat jenis roller terbagi lagi kedalam beberapa jenis atau kategori berdasarkan cara gerak, bahan roda penggilas yang digunakan, bentuk permukaan roda, susunan roda gilas, dan ada juga jenis roller yang fungsinya sebagai vibrator (penggetar).

Untuk informasi yang lebih detail tentang alat berat jenis roller ini akan kita kupas tuntas dilain waktu diartikel terpisah, agar penjelasan tentang jenis dan nama alat berat disini tidak terlalu panjang, sehingga dapat membingungkan serta membosankan buat yang membacanya.

2. Alat Berat Diesel Hammer
Diesel Hammer
Sekilas mendengar kata Hammer, mungkin sobat sudah bisa menebaknya bahwa alat berat dengan nama diesel hammer ini memiliki fungsi yaitu sebagai alat pemukul atau pemancang tiang pancang untuk bisa masuk kedalam tanah dan tebakan sobat tersebut benar adanya seperti itu.

Proyek kontruksi yang menggunakan alat berat jenis diesel hammer ini biasanya proyek jembatan tower, pelabuhan dermaga, dan proyek pembuatan pondasi gedung-gedung bertingkat nan megah.

Alat pemukul atau pemancang pancang tersebut bekerja dengan menggunakan sejenis mesin uap agar bisa menggerakan alat yang terdapat pada bagian acting sistem hammer, baik yang double maupun yang single untuk bisa memukul atau memancang tiang pancang.

Adapun model atau bentuk alat pancang yang biasa digunakan pada jenis alat berat diesel hammer ini, biasanya bervariasi. Ada yang berbentuk vertikal berputar ada pula alat pancang dengan model gantung dengan model tetap.

3. Alat Berat Grader
Grader
Jenis alat berat yang ketiga ini diberi nama Grader dengan bentuk seperti pisau pada bagian bawah yang fungsinya adalah sebagai alat untuk meratakan tanah.

Selain itu alat berat grader ini pun bisa dipakai juga untuk menggusur dan mencampur tanah diarea proyek konstruksi bangunan maupun infrastruktur jalan.

4. Alat Berat Asphalt Paver
Asphalt Paver
Jenis alat berat yang satu ini biasa di fungsikan sebagai alat untuk membentangkan aspal, dimana aspal tersebut sebelumnya sudah diproduksi terlebih dahulu ditempat produksi pengaspalan jal.

Dengan kata lain alat berat asphalt paver atau istilah lainnya aspahlt finisher ini, biasa dipakai pada pekerjaan infrastuktur jalan, baik itu jalan nasional, jalan perkotaan maupun jalan perdesaan.

5. Alat Berat Scraper
Scraper
Scraper disini bukanlah alat yang biasa dipakai untuk dempul plafon (Scrap), melainkan salah satu jenis alat berat yang biasa digunakan pada pekerjaan proyek konstruksi bangunan maupun jalan.Pada proyek bangunan, alat berat jenis craper ini biasanya dipakai untuk menggali tanah antara bangunan beton bertulang dan juga alat untuk meratakan tanah.

Sedangkan pada proyek jalan, kendaraan scraper dengan ukuran super besar yang termasuk kedalam jenis alat berat ini biasa dipakai untuk meratakan jalan raya, memotong lereng gunung serta memangkas tanggul-tanggul yang menghadang.

Alat berat scraper ini dapat mampu menggali tanah sampai dengan kedalaman lebih dari 2,55 mm dan juga mampu menimbun tanah diarea proyek dengan tebak minimun kurang lebih sekitar 2.5 mm.

6. Alat Berat Crane
Crane
Jenis alat berat selanjutnya yang keenam, terdapat alat berat Crane namanya! Alat berat yang satu ini biasa dipergunakan untuk pekerjaan megaproyek besar, semisal : proyek kontruksi bangunan gedung tinggi, bangunan pencakar langit dan bangunan-bangunan yang memiliki lantai bangunan lebih dari satu.

Fungsi Crane yaitu :
  • Untuk mengangkat bahan dari atas permukaan tanah ke atas gedung
  • Untuk mengangkut materiala dari tempat yang rendah ke tempat yang tinggi
  • Sebagai alat untuk memindahkan bahan material dari satu tempat ke tempat lainnya
  • dan lain-lainnya
Secara garis besar cara kerja Alat Berat Crane ini yakni dapat memindahkan, mengangkut serta mengangkat benda apapun itu, yang tidak dapat dilakukan oleh tangan manusia.

Selain itu sistem pergerakan crane atau cara cara angkut, angkat dan pindah dari alat berat crane bisa secara vertikal dan bisa juga secara horizontal dengan menggunakan derek khusus yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa dan sudah terpasang pada kendaraan alat berat crane ini tersebut.

Sementara jenis alat berat crane dipasaran Indonesia tersedia dengan beragam macam model dan desain, semisal :
  • Overhead Crane
  • Hydraulic Crane
  • Crawler Crane
  • Truck Crane (Mobile Crane)
  • dan Tower Crane
7. Alat Berat Wales Stump
wales stump
Stump wales atau istilah keren lainnya Vibro Roller merupakan salah satu jenis alat berat yang ketujuh yang dapat dipergunakan dalam pekerjaan proyek jalan maupun proyek bangunan.

Berikut dibawah ini fungsi atau kegunaan Alat Berat Wales Stamp :
  • Untuk memadatkan sekaligus meratakan tanah pada proyek bangunan
  • Untuk memadatkan aspal pada proyek jalan raya.
Sedangkan untuk ukuran wales stamp tidak cuma ada yang berukuran besar, melainkan juga tersedia yang ukuran kecil.

Jadi dalam memilih jenis ukuran wales stamp yang akan dipergunakan, tinggal disesuaikan saja dengan lahan yang akan digarap apakah luas ataukah sempit.

Apabila ukuran lahan yang digarapnya luas, maka gunakan Wakes Stump yang berukuran besar.

Namun apabila luas area lahan dirasa sempit, maka gunakan saja ukuran Wales Stump yang kecil, agar Wales Stump bisa leluasa bergerak menyusuri tanah yang akan dipadatkan.

8. Alat Berat Wheel Loader
wheel loader
Alat berat jenis yang satu ini, namanya yaitu Wheel Loader yang biasa difungsikan dalam perkerjaan proyek bangunan maupun proyek infrastrukur jalan sebagai alat untuk meratakan serta memindahkan tumpukan galian tanah ketempat yang seharusnya.

Tak cuma hanya untuk meratakan tanah yang menumpuk dan menggunung saja sih, Wheel Loader juga dapat dipakai untuk mengangkat serta memindahkan bahan-bahan material atau benda apapun itu ketempat yang diinginkan.

Selain itu Wheel Loader juga bisa difungsikan sebagai alat untuk bersih-bersih diarea proyek yang sudah penuh dengan sampah sisa-sisa material, dengan cara diangkat dan masukan pada kendaraan sampah (dump truck).

Adapun cara kerja Wheel Loader ini ialah bucket yang terdapat pada bagian depan kendaraan Wheel Loader yang digerakan oleh operator dengan secara menyeruduk bagian bawah objek yang hendak diangkat atau dipindahkan untuk ditampung dikotak bucket terlebih dahulu, lalu kemudian akan dimuntahkan kembali diarea atau tempat yang dinginkan.

9. Alat Berat Buldozer
buldozer
Siapa sih, yang tak kenal dengan jenis alat berat yang satu ini! Siapun orang bahkan anak-anak pun, pastinya mengetahui kendaraan besar yang dikenal dengan nama Buldozer ini.

Apabila sobat tidak mengetahui atau mungkin belum pernah mendengar nama jenis alat berat yang satu ini, maka bisa kita katakan sobat lahir dijaman milenium yang tidak tahu atau kurang gaul, bahwa ternyata di Indonesia ada seorang seniman legendaris yang menciptakan sekaligus menyanyikan lagu tentang Buldozer.

Adapun kutipan lirik lagu Buldozer tersebut, adalah sebagai berikut :
  • "Raung Buldozer gemuruh pohon tumbang, berpadu dengan jerit isi rimba raya...!! Tawa kelakar badut-badut serakah, tanpa hph berbuat semaunya....!!". Yeaaaah...!!
Pertanyaannya, siapakah penyanyi legenderis yang dimaksud tersebut ?

Silahkan kirim jawaban beserta nomor handphone untuk memperoleh pulsa 50.000 rupiah apabila jawabannya benar, melalui kontak yang telah kita sediakan dibagian paling bawah disitus ini.

Jadi Buldozer ini fungsinya untuk mengolah lahan proyek bangunan atau jalan yang baru mulai dikerjakan, seperti proses pengangkatan tanah atau bahan material, pemindahan hingga penggalian tanah.

Selain itu, alat berat jenis buldozer ini juga biasa difungsikan sebagai alat untuk meratakan dan juga menimbun tanah.

10. Alat Berat Exavator
exavator eksavator
Jenis alat berat yang dapat kita infokan buat sobat yang belum mengetahui tentang jenis dan nama alat yang berikutnya atau yang kesepuluh alias yang terkahir, ada alat berat dengan nama Exavator.

Istilah lain dari Eksavator itu sendiri yaitu Kendaraan Beko yang memiiki ukuran besar dengan bentuk ban seperti halnya roda tank baja, namun ada pula exavator dengan bentuk ban bulat seperti halnya kendaraan mobil.

Perbedaan dari ban tersebut, bisa jadi disesuaikan dengan medan atau lahan proyek yang akan dikerjakan, baik itu untuk proyek konstruksi bangunan maupun konstruksi jalan dan lain sebagainya.

Exavator biasanya digunakan untuk meratakan, menggali tanah, memindahkan tanah hingga mengangkat tanah kedalam kendaaran dump truck untuk dibuang ketempat yang dinginkan.

Selain itu exavator juga bisa dipakai untuk memindahkan benda lainnya selain tanah, semisal : bahan material untuk bangunan maupun untuk infrastruktur jalan.

Atau bisa juga alat berat jenis exavator ini difungsikan untuk membongkar, mengeruk, bahkan hingga menebang pohon yang menghadang atau menghalangi pekerjaan proyek pembangunan baru.

Meskipun masih ada jenis alat berat lainnya, akan tetapi hanya 10 jenis alat berat dalam proyek konstruksi itulah yang dapat kita rangkum untuk bisa sobat ketahui.

Apakah ini bisa membantu ? Sekian dan terimakasih sudah menyimak ulasan tentang Jenis dan Nama Alat Berat dalam proyek konstruksi bangunan maupun infrastruktur jalan yang dapat kita sampaikan. Semoga bermanfaat..!!!