Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kekurangan dan Kelebihan Printer DTG Pada Sablon Digital

Salah satu kekurangan atau kelemahan printer dtg (direct to garment) yaitu harganya yang mahal, proses pengerjaan lama, kurang variatif, dan masih ada lagi kekurangan lainnya yang terdapat pada mesin printer jenis dtg yang akan kita uraikan dikesempatan pembuatan artikel kali ini.
kelemahan printer dtg
Kelemahan sablon direct to garment (dtg) ini sudah pernah larantukagypsum.com bahas secara ringkas bersamaan dengan kelebihannya dipembahasan sebelumnya, pada artikel yang berjudul Jenis Sablon Digital Popular.

Apabila sobat masih belum mengetahui macam jenis sablon digital, maka sobat dapat mengunjungi artikel tersebut melalui klik tulisan yang berwarna biru pada akhir paragrag kedua diatas.

Sablon DTG atau itstilah lainnya singkatan dari Direct To Garment ini adalah merupakan salah satu metode sablon digital yang sudah mulai dikenal bahkan semakin popular dimasyarakat luas di Indonesia hingga sampai saat sekarang ini.

Dari sekian banyak teknik penyablonan digital yang tersedia, sablon direct to garment (dtg) merupakan salah satu teknik atau metode sablon digital yang paling banyak diminati oleh para pelaku bisnis penyablonan kaos.

Selain itu dengan hadirnya sablon dtg ini merupakan salah satu bukti bahwa semakin berkembangnya jaman, semakin berkembang pula dari mulai teknik hingga peralatan dalam sablon menyablon khususnya penyablonan kaos secara digital.

Sablon dtg ini dalam pengerjaan desain serta proses pencetakannya, sudah dengan menggunakan komputer dan mesin sebagai pencetak desain yaitu mesin printer dtg.

Jadi desain yang dibuat diperangkat komputer baik itu desain berupa gambar atau tulisan, dapat dicetak langsung pada permukaan kain kaos dengan cara memasukan kaosnya pada mesin dtg tersebut.

Proses pencetakan tersebut 100% dilakukan oleh mesin dtg, tanpa sobat perlu ikut campur tangan langsung dalam membentuk desainnya.

Yang perlu sobat lakukan, hanya memasukan maupun mengeluarkan kaosnya pada mesin dtg tersebut!

Selain itu, sobat juga hanya perlu mengisi tinta pada botol tinta yang sudah tersedia didalam mesin dtg apabila tintanya sudah mau habis atau belum terisi.

Sisa pekerjaan dalam proses cetak desain pada kaosnya, sobat serahkan dan percayakan saja pada mesin dtg tersebut untuk dapat bekerja sendiri secara mandiri dan lancar.

Namun sayangnya, terdapat beberapa kelemahan (kekurangan) yang terdapat pada printer dtg ini!

Akan tetapi ada kabar baiknya juga pada pinter dtg ini yakni terdapat kelebihan atau keunggulan yang dapat sobat ketahui dengan menyimak artikel ini hingga selesai.

Kelemahan Printer DTG

Sebelum mengetahui seperti apa yang manisnya kita ketahui dulu yang pahit nya, dalam hal ini ialah kelemahan atau kekurangan dari sablon printer dtg (direct to garment) berikut ini:

1. Sablon Kurang Bervariatif

Ini maksudnya adalah dalam menciptakan motif atau bentuk desain pada kaos melalui printer dtg ini kurang begitu variatif atau kurang adanhya variasi desain, seperti halnya yang terdapat pada sablon manual, yaitu :
  • Terdapatnya variasi sablon glow in dark yang dapat menciptakan efek timbul pada desain kaosnya.
Jadi...!! Sablon digital printer dtg ini hanya dapat melakukan pencetakan desain pada kaos dengan menghasilkan warna yang full color saja, tanpa adanya variasi tambahan lainnya, semisal : efek timbul pada desain.

2. Printer DTG Rawan Rusak

Ini merupakan kelemahan berikutnya pada metode sablon dtg seperti, dimana mesin cetak atau printer dtg nya dapat rusak sewaktu-waktu atau rawan rusak apabila sobat tak bisa merawatnya dengan secara baik dan benar.

Jika sobat asal-asalan atau sembarang dalam menggunakannya, maka bisa jadi mesin printer dtg ini akan cepat rusak atau setidaknya bermasalah pada presisi desain, tidak berkerjanya tinta, hingga sampai mati total, dan lain sebagainya.

Selain itu apabila tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama pun, maka printer dtg ini juga akan menemui masalah kerusakan yang mungki tidak akan sobat dapat ketahui dimana letakan kerusakannya tersebut.

Setidaknya dalam 1 hari usahakan mesin printer bekerja untuk mencetak gambar desain pada 1 kaos atau lebih untuk menajaga kestabilan dan kesehatan pada printer dtg tersebut.

3. Kain Kaos Terbatas

Pasalnya, bahan kain kaos yang dapat diaplikasikan pada mesin printer dtg ini hanya kain kaos yang terbuat dari bahan katun (cotton).

Jika dengan menggunakan bahan kain kaos yang lain, misalnya : kain woll dan kain kanvas ! Maka, desain akhir yang dihasilkan nanti tidak akan maksimal atau tidak akan sebagus pada kain katun.

Selain itu cocok atau tidaknya bahan kain kaos yang dipakai, dipengaruhi juga oleh jenis atau tipe mesin printer DTG yang digunakan.

Karena terdapat beberapa jenis dan tipe mesin printer dtg (direct to garment) yang beredar dipasaran di Indonesia, yang dapat sobat cari ditoko online di internet.

4. Proses Sablon Lama

Kelemahan atau kekurangan printer dtg yang ke empat, yaitu : lamanya dalam proses penyablonan atau cetak desain pada permukaan kaos melalui mesin printer dtg tersebut.

Untuk proses pencetakan atau penyablonan 1 kaos hingga selesai, kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 20 menit sampai 25 menit (per kaos) dengan menggunakan printer dtg ini.

Sehingga ini sangat tidak disarankan buat sobat yang hendak menyablon puluhan kaos, karena banyaknya waktu yang terbuang.

Alangkah baiknya dengan menggunakan teknik penyablonan secara manual saja, apabila pesanan sablon kaos yang sobat terima mencapai 20 kaos, 50 kaos, hingga 50 kaos dan seterusnya.

Dengan menerapkan teknik sablon manual untuk penybalonan kaos yang sangat banyak, maka sablon manual merupakan solusi yang terbaik agar proses penyablonan bisa lebih cepat dengan biaya yang murah.

5. Harga Printer DTG, Mahal Bro!

Harga mesin printer dtg untuk cetak desain pada kaos yang beriksar di harga 1 juta, 2 juta, atau di bawah 5 juta mungkin masih dirasa akan baik-baik saja.

Akan tetapi, ini mah lain bro ?

Harga mesin printer DTG yang kita cek di tokopedia, bisa sobat lihat pada tabel harga printer dtg berikut ini :
Jenis Printer DTGHarga (Rp)
Printer DTG A3 Epson L180013.900.000
Printer DTG A3 Full Color14.100.000
Printer DTG A3 Easyprint Gen315.900.000
Printer DTG Hygmatic A323.900.000
Printer DTG OKI PRO89.000.000
Wooow, ternyata ada printer dtg yang mencapai harga 89.000.000 bro ! Sungguh harga printer dtg yang sangat fantastis, bukan ?

Kelebihan Sablon DTG

Setelah kita tahu kelemahan atau kekurangan dari sablon printer dtg diatas, maka selanjutnya kita ketahui juga Kelebihan Printer DTG yang dapat sobat simak juga ulasannya dibawah ini.

1. Sesuai Untuk Usaha Kecil

Bagi sobat yang hendak memulai usaha sablon kecil-kecilan dulu, umpama 1 hari perkaos ! Maka dengan menggunakan metode sablon direct to garment (DTG) ini, sangatlah cocok untuk sobat terapkan.

Akan tetapi jika sobat memperoleh orderan sablon kaos dalam jumlah yang banyak, maka seperti yang sudah disampaikan diatas untuk lebih memilih dengan menggunakan penyablonan manual saja.

2. Tidak Perlu Tranfer Paper

Dengan menerapkan metode sablon DTG (Direct To Garment) ini, maka sobat tidak perlu lagi menggunakan kertas khusus untuk mentranfer desainnya pada permukaan kaos.

Melainkan sobat dapat langsung mencetak desainnya dengan cara, memasukan kaosnya kedalam Mesin Printer DTG tersebut.

Tunggu dan biarkan printer DTG tersebut bekerja sendiri, untuk memindahakan desain gambar dari komputer ke kaos melalui perantara Mesin Printer DTG hingga selesai.

Disaat sudah selesai, tinggal sobat mengangkatnya dari mesin printer dtg tersebut lalu mengeringkannya dengan menggunakan mesin pengering hair drayer maupun heat press.

3. Desain Lebih Halus

Dan ternyata gambar desain yang dihasilkan dari proses penyablonan digital melalui mesin printing DTG ini agak lebih halus, dibandingkan dengan penyablonan yang menggunakan metode sablon digital tranfer paper.

Selain itu gambar desain yang tercipta pada kain kaos khusus bahan katun (cotton) dengan menggunakan metode cetak melalui mesin printer DTG ini akan lebih baik dan maksimal.

Pasalnya, bahan kain cotton (katun) sangat cocok dengan tinta yang ada pada mesin printer DTG yang dipakai oleh karena dapat meresap langsung pada serat kain kaosanya.

4. Proses Sablon Cepat

Untuk proses penyablonan dalam 1 kaosnya membutuhkan waktu sekitar 20 menit hingga sampai 25 menit, dan ini merupakan waktu proses penyablonan yang lumayan cepat.

Namun, jika sobat mendapatkan orderan lebih dari 20 kaos hingga 100 kaos, alangkah lebih baiknya lagi dengan menggunakan metode sablon manual dalam proses sablon menyablonnya, supaya memperoleh harga biaya produksi yang lebih murah lagi.

Karena untuk sablon digital dtg ini, biaya produksi akan menjadi lebih mahal apabila mencetak desain kaos dalam jumlah banyak hingga puluhan kaos.

Sedangkan konsumen yang memesan penyablonan dengan jumlah yang banyak, pastinya akan meminta pengurangan harga lagi dari harga yang biasa ditawarkan dalam 1 kaos.

5. Desain Full Color

Lalu kelebihan yang terakhr yang dimiliki sablon DTG ini ialah dapat menghasilkan kualitas gambar dengan resolusi yang tinggi dan mumpuni.

Warna apapun yang ingin sobat terapkan atau hendak menaruh 3 warna sekaligus pada 1 gambar desain kaos, maka mesin printer DTG ini mampu melakukannya.

Dan ini artinya tidak ada batasan warna sama sekali, dalam proses pembuat desain kaosnya. Selain itu printer dtg ini juga dapat mampu membuat desain yang rumit sekalipun.

Mungkin hanya itu ulasan dikesempatan pembuatan artikel kali yakni tentang Kekurangan dan Kelebihan Printer DTG yang termasuk kedalam metode sablon digital yang dapat kita sampaikan.

Mohon dimaafkan dan mohon dimaklum, jika terdapat kesalahan kata atau kalimat yang mungkin kurang dipahami!

Karena kita bukanlah seorang sarjana apalagi seorang dosen pengajar di universitas, melainkan hanya seorang tukang plafon yang senang akan berbagi informasi dengan siapapun yang membutuhkan.

Sekian dan terimakasih buat para sahabat semuanya yang sudah menyimak ulasan ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan berguna bagi yang membutuhkan. Akhirkata, Wassalam..!!!