Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Rumah Kedap Suara Dengan 7 Langkah Praktis

Membuat rumah kedap suara - Yuk, kita pastikan selalu ruangan dalam rumah yang kita tinggali agar selalu bisa terasa nyaman dengan membuat ruangan-nya kedap suara agar tidak terganggu dengan berupa suara bising yang datang dari luar.

Membuat Rumah Jadi Kedap Suara

Dan sungguh di sayangkan suara-suara bising yang datang menggangu dari luar tersebut, seringkali sulit untuk bisa kita hindari! Terutama buat rumah sobat yang letaknya pas di pinggir jalan, dengan lalu lintas kendaraan yang padat disetiap harinya.

Namun, segala macam suara bising itu sebetulnya dapat di minimalisir bahkan dapat hilang dan tidak mengganggu lagi apabila rumah yang sobat tempati kedap suara.

Sehingga pastinya, akan sangat membantu sekali untuk menghilangkan suara-suara bising yang mengganggu sobat disaat hendak tidur lelap ditengah malam.

Membuat rumah jadi kedap suara tak cuma akan mengakhiri gangguan dari suara bising saja, namun juga akan mengubah kualitas hidup sobat untuk menjadi lebih baik lagi karena sudah merasa tenang alias tidak khawatir dan strees lagi.

Selain itu tentunya akan terhindar juga dari bisikan-bisikan negatif dari tetangga, terutama para kaum ibu-ibu yang biasa suka menggosip.

Cara Membuat Rumah Kedap Suara

Berikut dibawah inilah, sejumlah cara untuk membuat rumah sobat menjadi kedap suara. Sehingga, ruangan rumah terhindar dari gangguan suara bising disaat sobat sedang tidur malam dengan nyenyak, atau mungkin sedang bersantai, bekerja lembur dirumah, dan lain sebagainya, yang kita lansir dari berbagai macam sumber di internet (25/11/2021):

1. Membuat Rumah Kedap Suara Dengan memasang Door Seal pada Pintu

door seal pintu

Mungkinkah sobat mendengar suara sesuatu di rumah ? Bisa jadi itu adalah suara udara yang masuk melalui celah besar di sekitar pintu utama bagian depan rumah, terutama bagian bawah pintu.

Supaya celah besar pada pintu tersebut bisa menahan masuk suara dari luar, maka sobat dapat menutupnya dengan menggunakan pengganjal atau Door Seal dicelah pintu tersebut, yang bisa sobat pesan secara online barangnya di toko online melalui ponsel android maupun iOS yang sobat miliki.

2. Menempel Pelapis Pada Dinding Rumah

Suara bising yang datang dari luar dapat terpantulkan pada permukaan yang keras, semisal langit-langit rumah, lantai rumah, serta dinding rumah.

Apabila sobat ingin membuat rumah jadi kedap suara, maka sobat perlu mengecilkan atau meminimkan kemungkinan suara yang datang untuk bisa di pantulkan kembali keluar rumah yaitu dengan cara menutupi dinding kamar dan lantai dengan sebuah pelapis berupa karet ataupun keset karet (rubber mat) yang ditempelkan pada permukaan dindingnya.

3. Menggunakan Vinyl

vinyl

Seperti yang sudah di uraikan diatas, bahwa suara yang datang dari luar dapat di pantulkan oleh permukaan yang keras, semisal langit-langit, lantai, dan dinding.

Untuk mengecilkan suara yang terpantul kelantai, maka sobat bisa menggunakan vinil sebagai bahan peredam suara, yang bisa membantu sobat menghilangkan suara berisik dan bising yang datang mengganggu waktu tidur sobat dimalam hari.

4. Memasang Gypsum

Ini sudah pernah kita bahas diartikel sebelumnya. Jadi pada intinya, suara juga dapat terpantul dari langit-langit plafon, maka sobat bisa memasang plafon gypsum di ruangan rumah untuk meredamnya.

Pilih papan gypsum yang sudah didesain khusus untuk meredam suara oleh produsennya langsung, karena disaat ini gypsum tersebut sudah banyak tersedia terutama gypsum yang merk jayaboard shetroock.

Selain itu agar ruangan anti berisik lebih efektif, plafon gypsumnya bisa sobat lapisi dibagian rangkanya dengan bahan peredam suara, semisal : roockwool atau glaswool agar suara yang memantul ke permukaan plafon bisa diredam lebih maksimal.

5. Menggunakan Karpet Tebal

Apabila Vinyl dilantai sobat rasa sangat sulit dalam pengkaplikasianya, maka sobat dapat menggunakan karpet tebal supaya pantulan suara yang datang dapat diserap dengan baik.

Lalu supaya lebih kedap suara lagi, sobat selipkan juga dengan alas karpet yang juga sama-sama tebal dibagian bawah karpet tebal tersebut.

6. Memasang Panel Akustik

Panel akustik ini biasa dipasangkan di studio-studio musik maupun rekaman, namun bisa juga sobat memasangkannya di dalam rumah kedap suara.

Karena panel aksutik ini didesain dan dirancang untuk mencegah suara memantul dari permukaan yang keras, serta menghalangi gelombang suara yang masuk melalui jendela dan pintu.

ehingga, rumah akan jadi menjadi kedap suara dengan secara efektif dan ampuh mengatasi pantulan suara pada permukaan yang mengganggu! Selain itu, panel akustik ini juga merupakan salah satu elemen interior yang banyak digunakan untuk mendesain interior rumah-rumah mewah dan modern.

7. Membuat Rumah Kedap Suara Dengan Memasang Tirai

Tirai kedap suara yang didesain dengan kain khusus untuk dipasangkan dijendela rumah, juga dapat mengurangi suara bising dari luar.

Cara seperti ini memang tidak sepenuhnya efektif menghilangkan suara bising dari luar, namun secara signifikan akan dapat mengurangi suara dimana pada gilirannya akan membuat sobat tidur nyenyak dimalam hari.

Itulah ulasan yang dapat kita bahas dikesempatan ini yakni tentang 7 langkah praktis dalam membuat rumah jadi kedap suara. Apakah ini bisa membantu?

Sekian dan terimakasih sudah kunjung dan menyimak ulasan ini. Semoga bermanfaat..!!