Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Cara Mengobati Kurap Hingga Hilang Pada Kulit Secara Alami & Resep Dokter

Mari kita ketahui cara mengobati kurap, cara menghilangkan kurap sampai sembuh tak berbekas pada kulit. Dijamin mudah dalam melakukannya serta tak perlu bersusah payah harus mengeluarkan biaya yang banyak !
Cara Mengobati Kurap
Yup, semua orang tentunya memimpikan kulit yang sehat serta mulus bukan ? termasuk saya salah satunya sebagai admin disini hhe.

Seperti yang diketahui penyakit kurap adalah salah satu penyakit yang menyerang kulit dan ini sudah pasti menjadi sebuah persoalan yang sangat mengkhawatirkan dan menggangu kenyaman. Oleh karena apa ?

Ya oleh karena dapat mengganggu kenyamanan dalam berpenampilan, sehingga dapat membuat kita tidak pede dalam menjalani aktivitas rutin sehari-hari terutama di kegiatan di khalayak ramai, betul tidak.

Nah, maka oleh karena itu buat sahabat larantuka gypsum barangkali sedang dilanda masalah seperti ini ? So sekarang jangan khawatir apalagi bingung dalam mencari cara menghilangkan kurap yang tak kunjung sembuh.

Karena kita memiliki tipsnya ! Jadi, simak baik-baik ya ulasannya di artikel ini hingga selesai.

Definisi Kurap

Sebelum kita menuju ke topik pembicaraan yakni cara menghilangkan kurap, alangkah baiknya kita ketahui dulu definisi dari kurap, apa itu kurap, serta kenapa penyakit kurap ini kerapa sekali sudah disembuhkannya.

Kurap seringkali juga diistilahkan dengan nama Kadas atau kudis yaitu merupakan salah satu penyakit yang biasa menyerang pada lapisan kulit terluar. Sedangkan nama latinnya kurap itu sendiri yakni Tinea Corporis.

Kurap memiliki gejala yang dilihat dari ruam serta bercak - bercak berwarna merah dengan bentuk seperti cincin bersisik pada pinggirannya. Selain itu yang perlu diperhatikan adalah gatal - gatalnya yang timbul dan penyakit bisa menyebar apabila gatal tersebut digaruk atau dibiarkan begitu saja tanpa berusaha mengobatinya dalam jangka waktu yang lama.

Jika merujuk pada riset di American Academy of Dermtology, bahwasanya area yang paling umum terkena penyakit kurap yaitu pada kulit kepala, telapak tangan, kuku, selangkangan, dan kaki.

Dan Kurap adalah merupakan penyakit yang bisa menular. Maka oleh karena itu, dibutuhkan perhatian khusus agar tidak menular seperti tanpa bersentuhan dengan orang lain dan dibutuhkan penanganan yang extra mau itu dilakukan sendiri ataupun berobat didokter.

Penyebab Kurap

Selanjutnya setelah mengetahui definisi dari kurap, kita harus tahu Penyebab kenapa kurap bisa timbul dan salah satu penyebabnya adalah mungkin karena terdapatnya jamur yang tumbuh pada lapisan kulit terluar.

Adapun jenis jamur yang bisa mengakibatkan kurap pada kulit adalah : jamur jenis microsporum, trichophyton, dan jamur epidermophyton. Ke 3 jenis jamur inilah yang mengakibatkan infeksi pada kulit luar dengan tingkatan bahaya yang juga berbeda - beda.

Merujuk pada pakar medis yang profesional, katanya kurap itu bisa menyebar dengan sejumlah cara diantaranya adalah:
  • kulit bersentuhan langsung dengan kulit penderita kurap,
  • kulit bersentuhan sama binatang yang sudah terinfeksi kadas atau kurap,
  • kulit bersentuhan dengan sebuah benda yang sudah dipegang oleh penderita kurap itu sendiri,
  • lalu kulit bersentuhan dengan tembok atau tanah yang telah terinfeksi jamur kadas
Masalah seperti ini sebetulnya bisa diatasi dengan pertolongan pertama yaitu dengan memakaikab obat jamur berupa salep pada kulit yang bersentuhan dengan penderita kurap itu sendiri.

Selain jamur yang merupakan salah satu penyebab kurap, terdapat penyebab lainnya seperti dari suhu ruangan didalam rumah yang mungkin terlalu lembab, lalu mungkin badan Anda yang tidak pernah bersih alias kotor, dan lain sebagainya.

Pada kondisi seperti diatas itulah, jamur bisa dengan mudah tumbuh serta menular yang bisa mengakibatkan kurap pada kulit Anda. Sehingga harus rajin - rajin mandi ya bray setidak 1 kali sehari.

Cara Menghilangkan Kurap secara Alami

Untuk mengobati kurap bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti salah satunya adalah dengan cara menggunakan pengobatan alami. Walaupun cara pengobatan alami ini memakan waktu, akan tetapi hasilnya terbukti sangat efektif dalam menyembuhkan kurap hingga tak berbekas.

Dan berikut dibawah inilah cara menghilangkan kurap sampai hilang tak berbekas dengan memakai bahan-bahan yang bersifat alami (herbal) :

1. Kunyit

Yang pertama adalah bisa dengan menggunakan Kunyit. Yup kunyit, Anda tahu apa itu kunyit ? kunyit ialah salah satu bahan rempah-rempah yang bisa dipakai untuk mengobati kurap, kudis, panu, kadas, dan bla bla bla.

Kunyit yang termasuk kedalam bahan dapur ini memiliki kandungan antibakteri serta antiradang yang bisa menghentikan jamur bertumbuh pada kulit.

Caranya menggunakannya adalah dengan mengoleskan kunyit yang sudah diblender atau yang sudah halus dengan dicampur air pada kulit. Atau Bisa juga dengan memasukan bumbu kunyit pada masakan, pada air minum, teh hangat, dan lalu mengkonsumsinya. Atau mau di buat air mandi pun bisa sih.

Supaya lebih praktis biar tidak capek memblender, Sahabat larantuka gypsum dapat memakai bubuk kunyit yang biasa di jual di pasar - pasar tradisional dikota Anda.

Cara lainnya adalah dengan mencampurkan kunyit dengan minyak kelapa hingga campurannya berubah menjadi kental, lalu selanjutnya oleskan campuran kunyit dan minyak kelapa tersebut pada titik kulit yang terinfeksi oleh jamur kurap hingga mengering.

Jadi manfaat dari kunyit tidak cuma berguna untuk kurap, namun juga untuk gatal-gatal, panu, kudis, dan luka bakar.

2. LICORICE (Akar Manis)

Sobat tahu kah apakah akar manis itu ? yup akar manis atau bahasa latinnya adalah Licorice. Istilah ini memang belum terlalu banyak orang tahu dan belum terlalu dikenal di Indonesia, namun jenis dari akar manis telah banyak dikonsumsi oleh pasien yang menderita penyakit luar dan dalam.

Akar manis memiliki kandungan anti mikroba, antivirus, serta antiradang didalamnya. Sehingga dapat mampu serta ampuh buat mengobati penyakit kurap. Dengan kata lain kandungannya bekerja dengan cara dihentikannya lah itu yang namanya jamur bertumbuh langsung dari akarnya.

Jadi ketika Anda kena penyakit kurap dan hendak menggunakan obat, maka langkah - langkah cara meracik obat dari kayu manis adalah sebagai berikut :
  • mencampurkan tiga sendok makan akar manis yang telah di tumbuk atau dihaluskan dengan air bersih secukupnya,
  • setelah itu panaskan dikompor hingga mendidih,
  • jangan lupa disaat cairan telah meluap, silahkan kecilkan api kompor,
  • lalu angkat dan diamkan dulu kurang lebih 10 menit hingga 15 menit
  • selanjutnya setelah 10 menit, maka olahan akar manis akan terlihat menjadi kental
  • terakhir, silahkan gunakan olahan tersebut dengan cara dioleskan pada kulit yang terkena kurap.
3. Minyak Kelapa

Berikutnya lagi bahan obat yang ketiga tentang bagaimana cara menghilangkan kurap yaitu dengan menggunakan minyak kelapa. Yup, minyak kelapa ini bisa dipakai untuk pengobatan kurap secara alami.

Minyak kelapa ini sudah kita sampaikan pada poin yang nomor satu yakni kunyit yang jika dicampur dengan minyak kelapa maka bisa menjadi salah satu pilihan obat berbahan alami untuk mengobati kurap.

Jadi minyak kelapa gunanya sama seperti kunyit buat mengobati kurap oleh karena minyak kelapa memiliki sifat yang dinamakan sifat antimikroba serta sifat antijamur. Malahan kinerja dari minyak kelapa ini lebih bagus dibandingkan dengan kunyit oleh karena minyak bisa menyerap langsung ke dalam sel - sel kulit. Selain daripada itu, minyak kelapa juga dapat membasmi langsung akar jamur yang berada pada lapisan kulit paling dalam.

Adapun bagaimana cara menggunakan minyak kelapa ini untuk obat kurap adalah sebagai berikut :
  • panaskan terlebih dahulu minyaknya didalam microwave selama beberapa detik,
  • lalu setelah itu, silahkan oles atau balurkan minyak pada area yang sudah terinfeksi jamur kurap.
  • silahkan lakukan rutinitas ini sebanyak 3 kali sehari, dan lihat hasilnya nanti setelah tiga hari.
4. Lidah Buaya

Selain dari minyak kelapa yang memiliki sifat antivirus serta sifat antijamur adalah lidah buaya. Yup, lidah buaya ini pun memiliki sifat yang sama dengan minyak kelapa, namun bukan cuma itu saja melainkan lidah buaya juga memiliki kandungan antinflamasi, dimana kandungan ini adalah untuk mengobati rasa panas serta radang.

Adapun bagaimana cara menghilangkan penyakit kurapnya dengan memakai lidah buaya ini adalah dengan menjadikan gelnya sebagai salep antikurap seperti mengoleskan gel tersebut pada kulit yang terinfeksi jamur secukupnya.

Dan sisa gelnya bisa Anda simpan di dalam kulkas untuk nanti digunakan kembali supaya gel lebih terasa dingin serta segar. Selanjutnya cara pengobatan alami dengan menggunakan lidah buaya ini Anda bisa lakukan sebanyak tiga sampai lima kali dalam sehari.

5. Minyak Tea Tree

Cara menghilangkan kurap yang berikutnya adalah dengan menggunakan Minyak Tea Tree. Apakah Anda tahu bahwa kemampuan minyak tea tree atau yang biasa disebut dengan pohon teh ini bisa sangat ampuh untuk menyembuhkan kurap dan ini sudah terbukti dari jaman dulu.

Selain itu tak hanya penyakit kurap saja yang bisa disembuhkan, berbagai macam penyakit kulit lainnya pun bisa di obati dengan Minyak Tea Tree ini.

Oleh karena itulah kenapa Tea Tree Oil dikenal sebagai bahan obat jenis herbal yang super duper ampuh untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Khususnya buat kulit normal itu bisa langsung diaplikasikan langsung pada titik kulit yang terinfeksi jamur kurap

Akan tetapi, jika Anda mempunyai kulit yang sangat sensitif serta mudah gatal - gatal kita sarankan untuk tidak memakai obat Minyak Tea Tree ini secara murni, melainkan harus dicampur dulu dengan minyak kelapa.

Dan nanti cara mengaplikasikannya pada kulit jangan terlalu banyak juga jangan terlalu sedikit dan gunakan kapas secara perlahan untuk mengolesnya. Lakukan pengobatannya 3 sampai 4 kali dalam sehari, supaya bisa memperoleh hasil yang maksimal

6. Cuka Apel

Berikutnya lagi cara menghilangkan kurap yang ke enam yaitu dengan menggunakan cuka apel. Yup cuka apel, Anda tahu toh cuka apel ? ibu - ibu pasti tahu yang namanya cuka apel karena biasa tersedia didapur dirumah Anda.

Perlu diketahui bahwa cuka apel ini mempunyai sejumlah kandungan yakni kandungan antijamur yang sangat ampuh dalam mengobati infeksi jamur berkurap.

Dan waktu yang dibutuhkan untuk menyembuhkan kurap itu tidak lebih dari seminggu saja lo, Sahabat larantuka gypsum !

Dengan kata lain cuka apel ini sangat bermanfaat sekali buat penyakit kulit dan cara pengobatannya pun tidaklah terlalu sulit seperti yang dibayangkan.

Cukup hanya dengan mengoleskan cuka apelnya pada pada titik kulit yang terkena kurap, kudis, kadas, dan istilah lain - lainya. Setelah itu tinggal didiamkan selama beberapa menit, maka jamur pun dijamin pergi dan tak akan balik lagi.

Lakukan proses pengobatan kurap dengan menggunakan cuka apel ini setiap 3 kali sehari agar penyembuhan kurap bisa lebih cepat.

7. Air Garam

Hai sahabat, menurut informasi yang saya temukan diwebsite terpercaya di mbah google, ternyata cara mengobati kurap dengan air garam juga bisa menyembuhkan kurap lo. Kenap ?

Karena didalam garam juga memiliki sejumlah kandungan yang sangat bermanfaat untuk mengusir bakteri serta bisa merangsang pembentukan lapisan kulit baru.

Adapun cara menghilangkan kurap dengan menggunakan air garam yakni membasuh titik kulit yang terkena kurap dengan air garam yang sudah dihangatkan dan sudah didiamkan selama lima hingga 10 menit dan lalu bilasakan secara perlahan.

Lakukan proses pengobatan dengan air garam ini setiap tiga kali dalam sehari, agar penyembuhan kurap bisa efektif serta bisa lebih cepat hilang.

8. Bawang Putih

Bawang putih oleh orang tua dulu sudah dikenal dan selalu dipercaya bisa menyembukan berbagai macam penyakit dan salah satunya adalah penyakit kurap. Dan tak cuma mengatasi kurapnya saja, melainkan bisa juga menghilangkan bekas - bekas penyakit kurap.

Adapun cara menghilangkan bekas kurap dengan menggunakan bawang putih adalah sebagai berikut :
  • Tumbuk bawang putih sampai halus seperti pasta,
  • setelah halus, silahkan dioles atau dibalurkan pada titik kulit yang telah terinfeksi jamur kurap.
  • lakukan prose ini sebanyak 2 kali dalam seminggu,
  • Jika bekas kurap masih membandel, lakukan proses pengobatannya setiap 3 kali seminggu.
9. Minyak Sereh

Selain dari minyak kelapa yang sudah diterangkan diatas, Minyak sereh juga adalah merupakan salah satu obat alami yang bisa dibilang ampuh dan bisa kita andalkan untuk obat kurap.

Ini karena minyak sereh ini mempunyai kandungan bahan-bahan yang dapat memberantas jamur pada kulit.

Jika ingin mengobati kurap dengan memakai minyak sereh ini, cukup Anda teteskan minyak serehnya pada titik kulit yang terkena kurap dan pijat secara perlahan hingga kulit terasa hangat.

Lakukan proses pengobatan dengan menggunakan minyak sereh ini sebanyak 3 kali dalam seminggu agar bisa memperoleh hasil yang memuaskan.

10. Minyak Esensial Oregano

Lagi - lagi minyak bisa mengobati penyakit kulit, namun jenis minyak yang ini adalah Minyak Esensial Oregano namanya yang sudah dipercaya bisa menyembuhkan kurap tak berbekas secara alami.

Tidak cuma dapat menyembuhkan penyakit kurap, ternyata minyak oregano ini juga dapat merawat serta dapat menjaga keremajaan kulit oleh karena didalanya terdapat kandungan vitamin E.

Kenapa minyak oregano ini dapat menyembuhkan kurap ? oleh karena menurut National Library of Medicine, minyak oregano ini mampu menghambat jalur pertumbuhan bakteri dan jamur pada kulit.

11. Ekstrak Biji Grapefruit

Yang terakhir cara mengobati kurap secara alami adalah dengan menggunakan Ekstrak biji grapefruit. Karena obat ini dapat mengatasi pertumbuhan infeksi jamur pada kulit, terutama penyakit kurap.

Dan cara menghilangkan kurap dengan memakai obat ini terbilang mudah yakni cukup campurkan satu tetes ekstrak biji grapefruit dengan satu sendok makan air putih bersih, lalu aduk rata secara perlahan dan oleskan campuran tersebut pada titik - titik kulit yang terdapat kurap. Lakukan proses penyembuhan ini hingga kurap hilang, minimal sebanyak dua kali dalam sehari.

Cara Menghilangkan Kurap secara Resep Dokter

Setelah pengobatan penyakit kurap secara alami yang telah dijelaskan di atas mungkin juga Anda mau mengetahui cara pengobatan kurap dengan resep dokter. Silahkan ikuti ulasannya berikut ini.

Yang perlu dilakukan, Anda cukup bertanya di apotik terdekat dikota Anda obat yang ampuh untuk melawan jamur serta bakteri yang menyebabkan kurap di kulit.

Biasanya sih petugas apotik akan menyarankan Anda untuk memakai obat berupa salep, kapsul, ataupun obat berupa tablet. Tinggal lah Anda memilihnya mana yang cocok serta ampuh dapat mengatasi kurap.

Dan berikut dibawah inilah adalah obat yang kita ketahui untuk menghilangkan kurap paling ampuh yang bisa dibeli di apotek:
  • Terbinafine,
  • Itraconazole,
  • Griseofulvin,
Setelah membeli obat kurap diatas, silahkan gunakan obatnya sesuai dengan anjuran tata cara pemakaian yang tercantum di box obatnya seperti : mengindari pemakaian dekat area sensitif yakni alat kelamin atau bola mata, lalu hindari juga titik kulit yang terluka karena bakal mengakibatkan iritasi.

Tips Mencegah Supaya Kurap Tidak Menyebar

Sudah dijelaskan diawal - awal paragraf bahwa penyakit kurap ini bisa menular dalam artian bisa menyebar dari mulai titik kulit yang sudah terinfeksi kurap ke area titik kulit lainnya yang belum terinfeksi ditubuh Anda.

Penyebaran kurap tersebut bisa diakibatkan karena tidak menjaga kebersihan badan dalam aktifitas sehari - hari, terutama disaat kulit sudah terinfeksi jamur kurap pada satu titik.

Supaya lebih jelasnya lagi, silahkan baca tips mencegah penyakit kurap datang lagi berikut ini :
  • Menghindari garukan jari tangan di titik kulit yang terinfeksi jamur kurap,
  • Memastikan kondisi badan tak berkeringat terlalu sering,
  • Selalu mandi dan jaga kebersihan tubuh,
  • Menghindari atau membiarkan keringat menempel terlalu lama disaat selesai beraktivitas,
  • Menghindari kontak langsung dengan hewan yang sudah terinfeksi jamur kurap,
  • Mengetahui kapan waktunya harus pergi Periksa di Dokter ?
Perlu diketahui cara menghilangkan kurap yang telah kita jelaskan diatas itu tak bisa dilakukan dengan sekejap kurap langsung sembuh dan hilang, melainkan membutuhkan waktu proses pengobatan.

Terkadang ada kalanya pada kondisi tertentu penyakit kulit ini malah tidak kunjung sembuh, dan ini berarti sahabat larantuka gypsum wajib segera periksa pergi didokter.

Karena menurut studi medis, pasien yang mengidap penyakit kurap yang sudah parah maka diharuskan memeriksakan dirinya ke dokter sesudah dua minggu.

Selain itu Pasien yang memiliki penyakit kurap juga harus mengetahui semua gejala dan tanda-tanda yang muncul pada masa - masa penyembuhan. Mengapa ?

Karena biasanya, penyakit kurap yang tadinya berjamur di bagian kulit luar dapat berkembang menjadi penyakit dalam, misalnya radang pembuluh darah.
Jika tidak segera diobati, maka jelas gejalanya dapat melenceng menjadi pegel linu disekujur tubuh serta demam tinggi.

Ok itulah artikel tentang Cara Mengobati Kurap bisa sampai hilang bekasnya asalkan sabar dalam menjalani proses penyembuhannya.

Apakah ini bisa membantu ? silahkan diinfokan pada teman dekat anda yang mungkin sedang mengidap penyakit kurap ini, supaya bisa sembuh.

Sekian dan terimakasih telah berkunjung di blog ini dam semoga artikel ini bisa bermanfaat.