Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Obati Kurap Sampai Hilang Secara Alami dan Resep Dokter

Cara Mengobati Kurap atau cara menghilangkan kurap sampai sembuh dan hilang tak berbekas pada kulit. Di jamin mudah dalam melakukannya serta tak perlu bersusah payah harus mengeluarkan biaya yang banyak!
obat kurap
Got Ringworm
Yup, semua orang tentunya memimpikan untuk menghilangkan bekas luka kulit agar kulit dapat sehat serta mulus, bukan ? termasuk saya salah satunya, sebagai admin di sini hhe.

Seperti yang di ketahui penyakit kurap adalah salah satu penyakit yang menyerang kulit dan ini sudah pasti menjadi sebuah persoalan yang sangat mengkhawatirkan dan menggangu kenyaman. Oleh karena apa?

Ya oleh karena dapat mengganggu kenyamanan dalam berpenampilan, sehingga dapat membuat kita tidak pede dalam menjalani aktivitas rutin sehari-hari terutama kegiatan di khalayak ramai, betul tidak.

Nah, maka oleh karena itu buat sahabat larantuka gypsum barangkali sedang di landa masalah seperti ini ? So sekarang jangan khawatir apalagi bingung dalam mencari cara menghilangkan kurap yang tak kunjung sembuh.

Karena kita memiliki tipsnya ! Jadi, simak baik-baik ya ulasannya di artikel ini hingga selesai.

Definisi Kurap

Sebelum kita menuju ke topik pembicaraan yakni cara menghilangkan kurap, alangkah baiknya kita ketahui dulu definisi dari kurap, apa itu kurap, serta kenapa penyakit kurap ini kerap susah sekali di sembuhkannya.

Kurap seringkali juga di istilahkan dengan nama kadas atau kudis yaitu merupakan salah satu penyakit yang biasa menyerang pada lapisan kulit terluar. Sedangkan nama latinnya kurap itu sendiri yakni Tinea Corporis.

Kurap memiliki gejala yang di lihat dari ruam serta bercak - bercak berwarna merah dengan bentuk seperti cincin bersisik pada pinggirannya. Selain itu yang perlu di perhatikan adalah gatal - gatalnya yang timbul dan penyakit bisa menyebar apabila gatal tersebut di garuk atau di biarkan begitu saja tanpa berusaha mengobatinya dalam jangka waktu yang lama.

Jika merujuk pada riset di American Academy of Dermtology, bahwasanya area yang paling umum terkena penyakit kurap yaitu pada kulit kepala, telapak tangan, kuku, selangkangan, dan kaki.

Dan kurap adalah merupakan penyakit yang bisa menular. Maka oleh karena itu, di butuhkan perhatian khusus agar tidak menular seperti tanpa bersentuhan dengan orang lain dan di butuhkan penanganan yang extra mau itu di lakukan sendiri ataupun berobat di dokter.

Penyebab Kurap

Selanjutnya setelah mengetahui definisi dari kurap, kita harus tahu penyebab kenapa kurap bisa timbul dan salah satu penyebabnya adalah mungkin karena terdapatnya jamur yang tumbuh pada lapisan kulit terluar.

Adapun jenis jamur yang bisa mengakibatkan kurap pada kulit adalah: jamur jenis microsporum, trichophyton, dan jamur epidermophyton. Ke 3 jenis jamur inilah yang mengakibatkan infeksi pada kulit luar dengan tingkatan bahaya yang juga berbeda - beda.

Merujuk pada pakar medis yang profesional, katanya kurap itu bisa menyebar dengan sejumlah cara di antaranya adalah:
  • kulit bersentuhan langsung dengan kulit penderita kurap,
  • kulit menyentuh binatang yang sudah terinfeksi kadas atau kurap,
  • kulit menempel pada sebuah benda yang sudah di pegang oleh penderita kurap,
  • lalu kulit menggosok tembok atau tanah yang telah terinfeksi jamur kadas
Masalah seperti ini sebetulnya bisa di atasi dengan pertolongan pertama yaitu dengan memakaikan obat jamur berupa salep pada kulit yang bersentuhan dengan penderita kurap itu sendiri.

Selain jamur yang merupakan salah satu penyebab kurap, terdapat penyebab lainnya seperti dari suhu ruangan di dalam rumah yang mungkin terlalu lembab, lalu mungkin badan Anda yang tidak pernah bersih alias kotor, dan lain sebagainya.

Pada kondisi seperti di atas itulah, jamur bisa dengan mudah tumbuh serta menular yang bisa mengakibatkan kurap pada kulit Anda. Sehingga harus rajin - rajin mandi ya bray setidak 1 kali sehari.

Cara Menghilangkan Kurap

Untuk mengobati kurap bisa di lakukan dengan berbagai macam cara, seperti salah satunya adalah dengan cara menggunakan pengobatan alami. Walaupun cara pengobatan alami ini memakan waktu, akan tetapi hasilnya terbukti sangat efektif dalam menyembuhkan kurap hingga tak berbekas.

Dan berikut di bawah inilah cara menghilangkan kurap sampai hilang tak berbekas dengan memakai bahan-bahan yang bersifat alami (herbal) :

1. Menghilangkan Kurap Dengan Kunyit.

Cara menghilangkan kurap dengan kunyit. Yup, kunyit ialah salah satu bahan rempah-rempah yang bisa di pakai untuk mengobati kurap, kudis, panu, kadas, dan bla bla bla.

Kunyit selain untuk obat kurap juga termasuk ke dalam bahan dapur yang memiliki kandungan antibakteri serta antiradang yang dapat menghentikan jamur bertumbuh pada kulit.

Caranya menggunakan obat kurap ini dengan mengoleskan kunyit yang sudah di blender atau yang sudah halus dengan di campur air pada kulit. Atau bisa juga dengan memasukan bumbu kunyit pada masakan, air minum, teh hangat, dan lalu mengkonsumsinya.

Supaya lebih praktis biar tidak capek memblender, sahabat larantukagypsum.com dapat memakai bubuk kunyit yang biasa di jual di pasar - pasar tradisional di kota Anda.

Cara lainnya adalah dengan mencampurkan kunyit dengan minyak kelapa hingga campurannya berubah menjadi kental, lalu selanjutnya oleskan campuran kunyit dan minyak kelapa tersebut pada titik kulit yang terinfeksi oleh jamur kurap hingga mengering.

Jadi manfaat dari kunyit tidak cuma berguna untuk kurap, namun juga untuk gatal-gatal, panu, kudis, dan luka bakar.

2. Obat Kurap Akar Manis.

Sobat tahu kah apakah akar manis itu ? yup akar manis atau bahasa latinnya adalah Licorice. Istilah ini memang belum terlalu banyak orang tahu dan belum terlalu di kenal di Indonesia, namun jenis dari akar manis telah banyak di konsumsi oleh pasien yang menderita penyakit luar dan dalam.

Akar manis memiliki kandungan anti mikroba, antivirus, serta antiradang di dalamnya. Sehingga dapat mampu serta ampuh buat mengobati penyakit kurap. Dengan kata lain kandungannya bekerja dengan cara di hentikannya lah itu yang namanya jamur bertumbuh langsung dari akarnya.

Jadi ketika Anda kena penyakit kurap dan hendak menggunakan obat, maka langkah - langkah cara meracik obat dari kayu manis, adalah sebagai berikut:
  • mencampurkan tiga sendok makan akar manis yang telah di tumbuk atau di haluskan dengan air bersih secukupnya,
  • setelah itu panaskan di kompor hingga mendidih,
  • jangan lupa di saat cairan telah meluap, silahkan kecilkan api kompor,
  • lalu angkat dan diamkan dulu kurang lebih 10 menit hingga 15 menit
  • selanjutnya setelah 10 menit, maka olahan akar manis akan terlihat menjadi kental
  • terakhir, silahkan gunakan olahan tersebut dengan cara di oleskan pada kulit yang terkena kurap.

3. Obat Kurap Minyak Kelapa.

Berikutnya lagi bahan obat yang ketiga tentang bagaimana cara menghilangkan kurap yaitu dengan menggunakan minyak kelapa. Yup, minyak kelapa ini bisa di pakai untuk pengobatan kurap secara alami.

Minyak kelapa ini sudah kita sampaikan pada poin yang nomor satu yakni kunyit yang jika di campur dengan minyak kelapa maka bisa menjadi salah satu pilihan obat berbahan alami untuk mengobati kurap.

Jadi minyak kelapa gunanya sama seperti kunyit buat mengobati kurap oleh karena minyak kelapa memiliki sifat yang di namakan sifat antimikroba serta sifat anti jamur. Malahan khasiat minyak kelapa ini lebih bagus di bandingkan dengan kunyit oleh karena minyak bisa menyerap langsung ke dalam sel - sel kulit. Selain daripada itu, minyak kelapa juga dapat membasmi langsung akar jamur yang berada pada lapisan kulit paling dalam.
Adapun bagaimana cara menggunakan minyak kelapa ini untuk obat kurap, adalah sebagai berikut:
  • panaskan terlebih dahulu minyaknya di dalam microwave selama beberapa detik,
  • lalu setelah itu, silahkan oles atau balurkan minyak pada area yang sudah terinfeksi jamur kurap.
  • silahkan lakukan rutinitas ini sebanyak 3 kali sehari, dan lihat hasilnya nanti setelah tiga hari.

4. Obat Kurap Lidah Buaya.

Selain dari minyak kelapa yang memiliki sifat antivirus serta sifat anti jamur adalah lidah buaya. Yup, lidah buaya ini pun memiliki sifat yang sama dengan minyak kelapa, namun bukan cuma itu saja melainkan lidah buaya juga memiliki kandungan antinflamasi, di mana kandungan ini adalah untuk mengobati rasa panas serta radang.

Adapun bagaimana cara menghilangkan penyakit kurapnya dengan memakai lidah buaya ini adalah dengan menjadikan gelnya sebagai salep anti kurap seperti mengoleskan gel tersebut pada kulit yang terinfeksi jamur secukupnya.

Dan sisa gelnya bisa Anda simpan di dalam kulkas untuk nanti di gunakan kembali supaya gel lebih terasa dingin serta segar. Selanjutnya cara pengobatan alami dengan menggunakan lidah buaya ini Anda bisa lakukan sebanyak tiga sampai lima kali dalam sehari.

5. Obat Kurap Minyak Tea Tree.

Cara menghilangkan kurap yang berikutnya adalah dengan menggunakan Minyak Tea Tree. Apakah Anda tahu bahwa kemampuan minyak tea tree atau yang biasa di sebut dengan pohon teh ini bisa sangat ampuh untuk menyembuhkan kurap dan ini sudah terbukti dari jaman dulu.

Selain itu tak hanya penyakit kurap saja yang bisa di sembuhkan, berbagai macam penyakit kulit lainnya pun bisa di obati dengan Minyak Tea Tree ini.

Oleh karena itulah kenapa Tea Tree Oil di kenal sebagai bahan obat jenis herbal yang super duper ampuh untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Khususnya buat kulit normal itu bisa langsung di aplikasikan langsung pada titik kulit yang terinfeksi jamur kurap.

Akan tetapi, jika Anda mempunyai kulit yang sangat sensitif serta mudah gatal - gatal kita sarankan untuk tidak memakai obat Minyak Tea Tree ini secara murni, melainkan harus di campur dulu dengan minyak kelapa.

Dan nanti cara mengaplikasikannya pada kulit jangan terlalu banyak juga jangan terlalu sedikit dan gunakan kapas secara perlahan untuk mengolesnya. Lakukan pengobatannya 3 sampai 4 kali dalam sehari, supaya bisa memperoleh hasil yang maksimal.

6. Obat Kurap Cuka Apel.

Berikutnya lagi cara menghilangkan kurap yang ke enam yaitu dengan menggunakan cuka apel. Yup cuka apel, Anda tahu toh cuka apel ? ibu - ibu pasti tahu yang namanya cuka apel karena biasa tersedia di dapur di rumah Anda.

Perlu di ketahui bahwa cuka apel ini mempunyai sejumlah kandungan yakni kandungan anti jamur yang sangat ampuh dalam mengobati infeksi jamur berkurap.

Dan waktu yang di butuhkan untuk menyembuhkan kurap itu tidak lebih dari seminggu saja lo, Sahabat larantuka gypsum!

Dengan kata lain cuka apel ini sangat bermanfaat sekali buat penyakit kulit dan cara pengobatannya pun tidaklah terlalu sulit seperti yang di bayangkan.

Cukup hanya dengan mengoleskan cuka apelnya pada pada titik kulit yang terkena kurap, kudis, kadas, dan istilah lain - lainya. Setelah itu tinggal di diamkan selama beberapa menit, maka jamur pun di jamin pergi dan tak akan balik lagi.

Lakukan proses pengobatan kurap dengan menggunakan cuka apel ini setiap 3 kali sehari agar proses penyembuhan kurap bisa lebih cepat.

7. Obat Kurap Air Garam.

Hai sahabat, menurut informasi yang saya temukan di website terpercaya di mbah google, ternyata cara mengobati kurap dengan air garam juga bisa menyembuhkan kurap lo. Kenapa?

Karena di dalam garam juga memiliki sejumlah kandungan yang sangat bermanfaat untuk mengusir bakteri serta bisa merangsang pembentukan lapisan kulit baru.

Adapun cara menghilangkan kurap dengan menggunakan air garam yakni membasuh titik kulit yang terkena kurap dengan air garam yang sudah di hangatkan dan sudah di diamkan selama lima hingga 10 menit dan lalu bilasakan secara perlahan.

Lakukan proses pengobatan dengan air garam ini setiap tiga kali dalam sehari, agar penyembuhan kurap bisa efektif serta bisa lebih cepat hilang.

8. Obat Kurap Bawang Putih.

Bawang putih oleh orang tua dulu sudah di kenal dan selalu di percaya bisa menyembukan berbagai macam penyakit dan salah satunya adalah penyakit kurap. Dan tak cuma mengatasi kurapnya saja, melainkan bisa juga menghilangkan bekas - bekas penyakit kurap.

Adapun cara menghilangkan bekas kurap dengan menggunakan bawang putih, adalah sebagai berikut:
  • Tumbuk bawang putih sampai halus seperti pasta,
  • setelah halus, silahkan di oles atau di balurkan pada titik kulit yang telah terinfeksi jamur kurap.
  • lakukan prose ini sebanyak 2 kali dalam seminggu,
  • Jika bekas kurap masih membandel, lakukan proses pengobatannya setiap 3 kali seminggu.

9. Obat Kurap Minyak Sereh.

Selain dari minyak kelapa yang sudah di terangkan di atas, Minyak sereh juga adalah merupakan salah satu obat alami yang bisa di bilang ampuh dan bisa kita andalkan untuk obat kurap.

Ini karena minyak sereh ini mempunyai kandungan bahan-bahan yang dapat memberantas jamur pada kulit.

Jika ingin mengobati kurap dengan memakai minyak sereh ini, cukup Anda teteskan minyak serehnya pada titik kulit yang terkena kurap dan pijat secara perlahan hingga kulit terasa hangat.

Lakukan proses pengobatan dengan menggunakan minyak sereh ini sebanyak 3 kali dalam seminggu agar bisa memperoleh hasil yang memuaskan.

10. Obat Kurap Minyak Esensial Oregano.

Lagi - lagi minyak bisa mengobati penyakit kulit, namun jenis minyak yang ini adalah Minyak Esensial Oregano namanya yang sudah di percaya bisa menyembuhkan kurap tak berbekas secara alami.

Tidak cuma dapat menyembuhkan penyakit kurap, ternyata minyak oregano ini juga dapat merawat serta dapat menjaga keremajaan kulit oleh karena di dalanya terdapat kandungan vitamin E.

Kenapa minyak oregano ini dapat menyembuhkan kurap ? oleh karena menurut National Library of Medicine, minyak oregano ini mampu menghambat jalur pertumbuhan bakteri dan jamur pada kulit.

11. Obat Kurap Biji Grapefruit.

Yang terakhir cara mengobati kurap secara alami adalah dengan menggunakan Ekstrak biji grapefruit. Karena obat ini dapat mengatasi pertumbuhan infeksi jamur pada kulit, terutama penyakit kurap.

Dan cara menghilangkan kurap dengan memakai obat ini terbilang mudah yakni cukup campurkan satu tetes ekstrak biji grapefruit dengan satu sendok makan air putih bersih, lalu aduk rata secara perlahan dan oleskan campuran tersebut pada titik-titik kulit yang terdapat kurap. Lakukan proses penyembuhan ini hingga kurap hilang, minimal sebanyak dua kali dalam sehari.

Cara Menghilangkan Kurap dengan Resep Dokter

Setelah pengobatan penyakit kurap secara alami yang telah di jelaskan di atas mungkin juga Anda mau mengetahui cara pengobatan kurap dengan resep dokter. Silahkan ikuti ulasannya berikut ini.

Yang perlu di lakukan, Anda cukup bertanya di apotik terdekat di kota Anda obat yang ampuh untuk melawan jamur serta bakteri yang menyebabkan kurap di kulit.

Biasanya sih petugas apotik akan menyarankan Anda untuk memakai obat berupa salep, kapsul, ataupun obat berupa tablet. Tinggalah Anda memilihnya mana yang cocok serta ampuh dapat mengatasi kurap.

Dan berikut di bawah inilah adalah obat yang kita ketahui untuk menghilangkan kurap paling ampuh yang bisa di beli di apotek terdekat:
  • Terbinafine,
  • Itraconazole,
  • Griseofulvin,
Setelah membeli obat kurap di atas, silahkan gunakan obatnya sesuai dengan anjuran tata cara pemakaian yang tercantum di box obatnya seperti : mengindari pemakaian dekat area sensitif yakni alat kelamin atau bola mata, lalu hindari juga titik kulit yang terluka karena bakal mengakibatkan iritasi.

Tips Mencegah Supaya Kurap Tidak Menyebar

Sudah di jelaskan di awal - awal paragraf bahwa penyakit kurap ini bisa menular dalam artian bisa menyebar dari mulai titik kulit yang sudah terinfeksi kurap ke area titik kulit lainnya yang belum terinfeksi di tubuh Anda.

Penyebaran kurap tersebut bisa di akibatkan karena tidak menjaga kebersihan badan dalam aktifitas sehari - hari, terutama di saat kulit sudah terinfeksi jamur kurap pada satu titik.

Supaya lebih jelasnya lagi, silahkan baca tips mencegah penyakit kurap datang lagi, berikut ini:
  • Menghindari garukan jari tangan di titik kulit yang terinfeksi jamur kurap,
  • Memastikan kondisi badan tak berkeringat terlalu sering,
  • Selalu mandi dan jaga kebersihan tubuh,
  • Menghindari atau membiarkan keringat menempel terlalu lama di saat selesai beraktivitas,
  • Menghindari kontak langsung dengan hewan yang sudah terinfeksi jamur kurap,
  • Mengetahui kapan waktunya harus pergi Periksa di Dokter ?
Perlu di ketahui cara menghilangkan kurap yang telah kita jelaskan di atas itu tak bisa di lakukan dengan sekejap kurap langsung sembuh dan hilang, melainkan membutuhkan waktu proses pengobatan.

Terkadang ada kalanya pada kondisi tertentu penyakit kulit ini malah tidak kunjung sembuh, dan ini berarti sahabat larantuka gypsum wajib segera periksa pergi di dokter.

Karena menurut studi medis, pasien yang mengidap penyakit kurap yang sudah parah maka di haruskan memeriksakan dirinya ke dokter sesudah dua minggu.

Selain itu Pasien yang memiliki penyakit kurap juga harus mengetahui semua gejala dan tanda-tanda yang muncul pada masa - masa penyembuhan. Mengapa?

Biasanya, penyakit kurap yang tadinya berjamur di bagian kulit luar dapat berkembang menjadi penyakit dalam, misalnya radang pembuluh darah.

Jika tidak segera di obati, maka jelas gejalanya dapat melenceng menjadi pegel linu di sekujur tubuh serta demam tinggi.

Ok itulah artikel tentang Cara Mengobati Kurap sampai hilang bekasnya, asalkan bisa sabar dalam menjalani proses penyembuhannya.

Apakah ini bisa membantu ? silahkan di infokan pada teman dekat anda yang mungkin sedang mengidap penyakit kurap ini, supaya bisa sembuh.

Sekian dan terimakasih telah berkunjung di blog ini dan semoga artikel ini bisa bermanfaat.