5 Langkah Cara Pasang Miniature Circuit Breaker (MCB).


larantukagypsum.com, Bagaimana Cara Pemasangan MCB  ~ Tahukah anda dalam teknik instalasi listrik bahwa keterampilan dalam hal memasang MCB atau Breaker itu adalah merupakan hal yang sangat, sangat, sangat penting. 


Sebelumnya apa itu MCB ? Mcb adalah singkatan dari miniature cirkuit breaker biasa di sebut juga Breaker. Jadi MCB adalah merupakan sebuat  alat yang di fungsikan sebagai stasiun kontrol distributor arus listrik. Selain itu juga merupakan suatu bentuk upaya untuk menjaga keselamatan terhadap pengguna listrik tersebut. 

Berikut ini adalah "Cara Memasang MCB yang Aman", instalasi rumah 1 phase dengan 5 MCB. Perhatikan Skema rangkaian pemasangan MCB - Circuit Breaker berikut ini.


#Komposisi Material Pemasangan MCB
  1. Sediakan 1 Unit/Pcs Box/Panel MCB
  2. MCB 2 Pole 1/Pcs
  3. MCB 1 Pole (Single Pole) 5/Pcs
  4. Brass Electrical Terminal Connector (Biasanya sudah tersedia pada box breaker)
  5. Cable ukuran 6 mm secukupnya (Kabel Aspan Phase, Netral, dan Ground dari meteran listrik ke box braker/panel)
  6. Kabel ukuran 2,5 mm sebagai Line instalasi listrik (Merah, Hitam, Hijau/Phase, Netral, dan Ground)
  7. Kapasitas besar ampere mcb single pole di sesuaikan dengan kebutuhan dan gunakan mcb 2 pole dengan kapasitas 2 atau 3 kali lebih besar dari mcb single pole. 

#Cara Memasang MCB / Circuit Breaker
  1. Hubungkan "Phase" dan "Netral" dari meteran listrik ke Input MCB 2 pole menggunakan cable aspan ukuran 6 mm dan hubungkan pula cable ground langsung ke terminal ground (Brass Electrical Terminal Connector).
  2. Hubungkan Output phase (L) dari MCB 2 pole ke Input mcb single pole kemudian jumper Input phase dari mcb single pole ke input mcb single pole lainnya
  3. Hubungkan Output netral dari MCB 2 pole langsung ke terminal netral.
  4. Pasang Cable masing masing Output MCB single pole Menggunakan cable ukuran 2,5 mm
  5. Pasang juga cable netral dan ground dari masing masing terminal secukup nya.

#Keterangan Tambahan Untuk Instalasi Listrik Tekhnik Memasang MCB
  • Pada gambar di atas cable output phase (L) dari mcb single pole di tandai dengan angka 1-5 begitu juga kebel netral dan ground dari terminal connector.
  • Tarik/Panjangkan kabel Phase 1, Netral 1 dan Gound 1 dan pasangkan ke stop kontak, hubungkan phase 1 ke lubang phase stop kontak di tandai dengan (L). Hubungkan pula Netral 1 ke lubang netral stop kontak di tandai dengan (N) Hubungkan pula cable Ground 1 ke lubang ground pada stop kontak di tandai dengan symbol ⏚.
  • Begitu juga dengan Phase 2, Netral 2, dan Ground 2.
  • Sebagai Contoh pada suatu bangunan/rumah memiliki 5 ruangan yaitu ruang tamu, 2 kamar tidur, dapur dan teras. Phase 1, Netral 1 dan Ground 1 untuk stop kontak dan lampu ruang tamu, Phase 2, Netral 2 dan Ground 2 untuk stop kontak dan lampu dapur (tempat memasak) dan setrus nya untuk listrik kamar tidur dan teras rumah.
  • Melakukan pembagian arus listrik seperti ini akan lebih aman di bandingkan instalasi biasa yang menggunakan satu mcb saja.

Jika ingin menambah 2 atau 3 stop kontak maupun lampu pada suatu ruangan maka silahkan gunakan tekhnik jumper instalasi listrika. 

Umumnya dalam tekhnik instalasi listrik pamasangan instalasi di lakukan terlebih dahulu seperti memasang stop kontak, lampu dan sebagainya hingga rampung kemudian masing masing ujung kabel di tarik/di panjangkan ke arah lokasi tempat Box MCB / Panel akan di pasangkan. Baru setelah itu di lakukan Pemasangan Box/panel dan Memasang Rangkaian Kabel MCB.

Dalam tekhnik memasang mcb / breaker jumper antar input mcb di lakukan di bawah setelah perakitan kabel jumper selesai barulah mcb yang telah di jumper tersebut di pasangkan ke box/panel yang telah tertempel di dinding. Jika jumper di lakukan dengan menggunakan Busbar perakitan mcb tidak perlu di lakukan di bawah. Demikianlah Artikel Cara Memasang MCB (Miniature Circuit Breaker).


0 Response to "5 Langkah Cara Pasang Miniature Circuit Breaker (MCB)."

Posting Komentar