Nama Bahan Dempul Plafon Dan Cara Campurnya

Nama Bahan yang di perlukan untuk dempul plafon ~ Apa itu Plafon Gypsum ? Plafon Gypsum adalah merupakan jenis plafon rumah yang terbuat dari bahan gypsum dan rangkanya dari besi hollow.
bahan dempul plafon
Tahukan anda bahwasanya di dalam pengerjaan pemasangan plafon itu ada satu aturan atau tata tertib yang harus di patuhi. Mau itu pengerjaan plafon berjenis gypsum, GRC, Kalsiboard, atau pun triplek, anda harus mengikuti peraturan tersebut.

Yup, ibarat kita lagi bawa kendaraan roda dua atau pun kendaraan roda empat dan ketika berada di perempatan pas lampu merah menyala, apakah boleh kita menerobos ? Aturan kalo lampu merah kita harus berhenti dan menunggu lampu hijau menyala ? Jika pada saat lampu merah kita paksa jalan, maka itu berarti kita tidak patuh terhadap rambu - rambu lalu lintas dan dapat mengakibatkan kita celaka, betul tidak ?

Nah begitu juga dengan pengerjaan pemasangan plafon, maka ada rambu - rambu pekerjaan yang harus kita patuhi. Lalu seperti apakah rambu - rambu dalam pekerjaan pemasangan plafon itu ?

Rambu - rambu dalam pengerjaan pemasangan plafon itu selain dari harus memakai sefty atau pengaman juga kita harus mentaati atau mematuhi tahapan - tahapan pekerjaan seperti di mulai dari pengukuran, pemasangan rangka, pemasangan papan gypsum, pendempulan pada sambungan - sambungan papan gypsum, pemasangan porfil list gypsum jika ada, lalu terakhir pengecatan.

Apa jadinya jika tahapan - tahapan tersebut tidak kita patuhi ? saya yakin pengerjaan pembuatan plafon sampai kapan pun tidak akan pernah selesai. kenapa bisa begitu ?

Karena tidak mungkin jika kita mau membuat sebuah plafon terus tiba - tiba langsung pada pasangan rangka tanpa mengukur terlebih dahulu, tidak mungkin kita langsung menutup bagian atas langit - langit rumah tanpa memasang rangkanya terlebih dahulu, dan lebih tidak mungkin lagi tiba - tiba kita mau langsung mendempul plafon tanpa terpasangnya papan gypsum dan rangka lebih dulu, betul tidak ?

Maka oleh karena itu patuhilah selalu ya peraturan - peraturan yang berlaku yang ada di negeri kita tercinta ini yaitu Indonesia, agar tidak terjadi hal - hal yang tidak kita inginkan.

Ok di cukupkan sekian basa - basinya, mari kita langsung ke pokok pembahasan yaitu nama bahan yang di perlukan untuk pendepulan pada sambungan plafon gypsum.

Nama Bahan Dempul Untuk Plafon Gypsum :

Tepung Cornice
Tepung Untuk Dempul Plafon

Banyak macam jenis bahan untuk pendempulan pada plafon gypsum dan banyak pula nama - nama bahan ini yang di istilahkan oleh para tukang - tukang khususnya tukang plafon gypsum.

Salah satu diantara nama bahan dempul plafon tersebut adalah Kornice atau Cornice, ada juga yang menyebut nya dengan tepung gypsum.

Kalo saya sendiri biasa menyebutnya dengan nama Cornice A-plus dan saya biasa menggunakan bahan jenis ini untuk pendempulan pada plafon gypsum.

Jadi Cornice A-plus ini adalah merupakan bahan untuk dempul plafon khsusunya plafon yang berbahan gypsum yang di buat oleh perusahaan bernama A-plus itu sendiri. 

Yup, A-plus adalah salah satu perusahaan yang sudah lumayan terkenal di indonesia khususnya di kalangan para tukang gypsum karena biasa memasok produk - produk atau  bahan - bahan dalam pembuatan plafon gypsum sepeti Cornice A-plus, Papan Gypsum A-plus, dan lain - lain.

Selain untuk di gunakan pada plafon gypsum, nama bahan dempul untuk plafon ini yaitu cornice bisa juga di aplikasikan pada plafon triplek dan plafon grc/kalsiboard. Selain itu bisa juga di pakai untuk dempul profil list gypsum, bahkan untuk dempul tembok yang retak pun sangat bisa sekali.

Cornice sebagai bahan kompon plafon tidak hanya dari merk aplus saja, melainkan asa juga merk lainnya

Jadi kalo boleh menyimpulkan Nama Bahan Dempul Plafon selain merk aplus yaitu :
  • Cornice (Adhesive)  3 in 1 merk Aplus
  • Kompon Cornice 5 in 1 merk Jayaboard
  • Cornice Compund merk Jayaboard 2 in 1
  • Cornice Compound 2 in 1 merk usgboral
  • Joint-Cornice Compund 2 in 1 merk elephant
  • dan masih banyak lagi yang lainmya.
Terdalat Cornice kompon 2 in 1, 3 in one 1, 5 in one artinya selaim bisa di pakai untuk kompon atau dempul plafon juga bisa di aplikasikan pada objek atau bidang lainnya selain plafon. 

Cara Campur Dempul Menggunakan Cornice A-Plus.

Sekedar di ketahui Cornice A-plus ini isinya serupa dengan tepung, serupa dengan semen putih, bisa juga di sebut serupa juga dengan bedak dan cara mencampurnya pun sangat - sangat lah mudah. Silahkan baca juga : Bagaimana Cara Dempul Sambungan Pada Plafon Gypsum


Bagaimana Cara Campur Dempul Plafon dengan menggunakan tepung cornice kompon adalah sebagai berikut :
  1. Siapkan Ember kecil (seperti terlihat pada gambar di atas. 
  2. Persiapkan juga air bersih.
  3. Sendok tepung cornice secukupunya pada ember kecil. 
  4. Setelah itu  tuangkan air ke tepung cornice tersebut secara bertahap dan tunggu sebentar hingga air meresap. 
  5. Lalu silahkan aduk pelan - pelan dengan mengunakan pisau dempul.
  6. Jika di rasa terlalu cair, maka bisa di tambahkan lagi tepung cornicenya.
  7. Namun jika terlalu kental, maka bisa di tambahkan lagi air.
  8. Terakhir jika di rasa sudah pas campurannya, maka pekerjaan dempul atau compound plafon bisa di mulai.
Ok mungkin hanya itu informasi yang bisa di berikan mengenai Nama Bahan Dempul Plafon Gypsum Beserta Cara Campurnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Salam Gypsum.