Sejarah Ringkas Mengenai Baja Ringan

Sejarah Baja Ringan


Bagaimana Sejarah Baja Ringan ~ Menurut catatan sejarah, besi pertama kali ditemukan sekitar 1500 SM oleh Bangsa Het (Bangsa Hittite) yang pusat pemerintahannya berlokasi di Anatolia, Asia Kecil. 

Mereka juga sudah menemukan teknik melebur besi dan merahasiakannya selama 400 tahun. Pada tahun 1100 SM teknik itu telah diketahui dan diterapkan oleh bangsa-bangsa lainnya seperti bangsa Yunani, Mesir, Romawi, Yahudi, dan Asiria. 

Sekitar 400-500 SM bangsa Eropa sudah menemukan cara memanfaatkan besi menjadi logam jenis lain, yaitu baja. 

Kekhalifahan Fatimiyah berhasil menemukan cara melebur baja dengan campuran logam lain sehingga menghasilkan baja yang disebut baja Damaskus. 

Namun di era 1300 Masehi, teknik ini menghilang. Sekitar 1700 Masehi bangsa-bangsa Eropa kembali meneliti dan mengaplikasikan teknik membuat baja. 

Setelah berakhirnya Perang Dunia II, negara-negara yang terlibat di dalamnya (Inggris, Prancis, Jepang, dan Jerman) mengalami kelangkaan rumah tinggal. 

Pada saat itulah penggunaan rangka atap baja ringan mulai diperkenalkan sebagai bagian dari konstruksi rumah prefabrikasi yang juga dianggap sebagai solusi pembangunan rumah dalam waktu singkat tanpa makan banyak biaya. 

Pada perkembangannya, banyak juga bangunan komersial yang dibangun dengan metode ini. Metode prefabrikasi bersama rangka atap baja ringan kemudian menyebar ke Amerika Serikat di era 1990-an.

Ok itulah ulasan mengenai Sejarah Ringkas Baja Ringan. Semoga Bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Ringkas Mengenai Baja Ringan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel