Buat Rumah Dari Bambu Saja Yuk, Ini Dia Total Biayanya.

Buat Rumah Dari Bambu Saja Yuk, Ini Dia Simulasi Biayanya.

Membangun rumah sendiri adalah merupakan salah satu impian saya pribadi yang sudah lama terpendam, dan masih belum tercapai sampai saat ini, di karenakan uang yang di kumpul tiap bulanya, selalu terpakai lagi dan lagi. Karena dana tidak pernah terkumpul banyak, lama - lama saya buat Rumah dari Bambu saja ni... hehe.

Saya tertarik ulasan yang saya temukan di sebuah blog di mbah google mengenai Bangun Rumah Bambu dengan biaya murah di bawah 10 juta, mulai dari nol. Maka pada artikel kali ini saya akan mencoba merangkum kembali mengenai rumah bambu tersebut, selain bisa menambah pengetahuan saya khususnya, juga sebagai pelengkap sekaligus dokumen atau arsip di dalam blog ini.

Tujuan di masukan ke blog ini adalah agar kelak cucu cicit saya bisa membacanya sehingga bisa merenungkan nasib bahwa hidup di jaman wabah virus corona 2020 seperti jaman sekarang ini, tidaklah semudah seperti apa yang di bayangkan. Dengan kata lain hidup itu haruslah penuh perjuangan

Buat Rumah Dari Bambu Yuk

Ok langsung saja kita kembali pada pokok pembahasan dengan tema buat rumah bambu. Jika kamu terhambat dengan biaya yang pas - pasan, namun terpaksa dan di haruskan oleh mama mantunya untuk buat rumah sendiri.

Maka salah satu solusi dari masalah tersebut adalah Buat Rumah Dari Bambu Saja Yuk, biayanya lumayan murah, bisa di bawah 10 Juta. Nanti di bagian artikel ini ada perhitungan biayanya. Jadi silahkan baca terus artikelnya.

Sesusai dengan labelnya yaitu Murah, maka bentuk rumah bambu inipun pastinya sangatlah sederhana dan kalo menurut saya pribadi rumah ini sangatlah unik dan langka, karena di jaman sekarang jarang sekali loh orang membangun rumah tinggal yang terbuat dari bambu.

Tapi walaupun bentuk dari rumah bambu itu sederhana, mungkin hanya bayangan bagi beberapa orang saja, dimana orang tersebut belum pernah melihat bagaimana desain atau model gambar dari  rumah bambu pada saat sekarang ini.

Jadi jangan khawatir dengan bentuk yang biasa saja ya, karena rumah bambu bisa kita modifikasi dengan sedemikian rupa dan semenarik mungkin, agar bisa mendapatkan sebuah hunian rumah yang kecil namun masih tampak keren, unik, dan tetap nyaman.

Membuat rumah dari bahan bambu dengan berkonsepkan model minimalis juga akan membuat suasana didalam rumah pun tetap tenang, tentram, dan damai.

Selain itu kamupun bisa menempatkan sebuah ornamen di tiap - tiap dinding ruangan, atau bisa juga memberikan motif - motif pada lantainya, agar bisa semakin menambah suasana aman, nyaman, dan damai untuk anggota keluarga di dalam rumah anda.

Lalu mengenai masalah  warna itu bisa di sesuiakan menurut warna apa yang kamu sukai, namun harus tetap sesuai dengan warna dasar dari rumah bambu tersebut. Seperti Warna coklat juga itu bisa diterapkan pada desain interior di dalam rumah kamu  tersebut.

Jika kamu terpikat, maka bisa di simak simulasi perhitungan anggaran biaya untuk buat rumah dari bambu berikut ini.

Contoh Perhitungan Buat Rumah Bambu Tidak Sampai 10 Juta

Contoh perhitungan biaya buat rumah bambu di sini berlaku untuk rumah yang berukuran 6 meter x 6 meter atau rumah bertipe 36. Dan di bawah ini adalah perhitungan biayanya :

Contoh Perhitungan Buat Rumah Bambu Tidak Sampai 10 Juta

Pondasi rumah dengan mengaplikasikan batu - batu kali, caranya batu kali tersebut cukup ditempatkan pada kolom utama, dan semuanya ada 9 buah batu kali. Jadi masing-masing batu kali berharga Rp. 20 ribu. Maka total semuanya 180.000,- rupiah.

Lalu tumpukan tanah perkiraan tinggi kurang lebih sekitar 30 cm. Jika volumenya 8m x 8m x 0,3 m = 19,2 m3. Maka harga tanahnya adalah  Rp. 50.000,- per m3. Jadi total semuanya 960.000,- Rupiah.

Lalu selanjutnya pada Kolom yang menggunakan bambu, jika perkolom itu per batangnya bernilai Rp.50.000, maka dikalikan saja dengan 9 buah. Jadi total semuanya adalah Rp.450.000,- Rupiah.

Dan lalu selanjutnya lagi adalah kebutuhan dinding rumah dengan menggunakan anyaman dari bambu, total nya (6 m x 3 m) x 6 buah  = 108 m2. Sedangkan Harga anyaman bambunya sendir adalah 3m2 (3m x 1 m) = Rp.100.000,- Perlembar. Jadi, kebutuhan untuk dinding rumah : 108/3 = 36 lembar = 3.600.000,- Rupiah.

Untuk lantai rumah di buat dari screed beton dengan ukuran tebal kira - kira 7 cm. Jika di kalikan dengan ukuran atau volume (6m x 6m x 0,07m) = 2,52 m3. Umpama Harga beton Rp.500.000,- Per m3. Maka, total untuk kebutuhan lantai semuanya adalah 1.260.000,- Rupiah.

Mengenai plafon rumah lebe baik tak usah pasang. Lepas saja ruangannya melongpong, karena apa ? karena ruangan nantinya akan jadi lebih rendah jika di pasang plafon.

Dengan begitu berarti biaya untuk plafon dalah 0 Rupiah. Namun jika istri anda bersih keras ingin di buatkan plafon nya, maka biaya akan bertambah. Silahkan baca Panduan Bagaiamana Cara Pasang Plafon Rumah

Lalu berikutnya lagi adalah rangka untuk atap rumah beserta penutupnya perkiraan perhitungan di harga Rp. 2.000.000,- Rupiah. Dan dengan kamar mandi termasuk septictank sekitar Rp.1.500.000,-

Jadi kesimpulanya total biaya semua dari perhitungan di atas untuk bangun rumah sendiri dari bahan bambu dan siap pakai adalah 9.995.000,- Rupiah. Dari anggaran dimana di atas artikel ini di sebutkan yaitu 10.000.000, Rupiah, maka masih ada lebihnya 5.000 ribu Rupiah.

Apa Keuntungan Buat Rumah Sendiri Dari Bambu.

Apa itu Bambu ? Bambu adalah material untuk masa depan. Artinya adalah kemampuan bambu agar bisa tumbuh lagi itu, bisa 5 sampai 10 kali lebih cepat tumbuh dari pada kayu.

Apa Keuntungan Buat Rumah Sendiri Dari Bambu.

Sehingga bisa sangat potensial sekali, jika diaplikasikan dengan secara maksimal pada rumah kamu. Selain murah biaya dan bentuk yang sederhana, rumah bambu ini juga memiliki beberapa kelebihan atau keunggulan tersendiri. 

Berikut di bawah adalah beberapa keunggulan yang di dapat, jika anda hendak buat rumah dari bambu :
  • Rumah jenis bambu mempunyai desain yang bernilai tinggi. Hal ini disebabkan rumah bambu bisa di modifikasi model dengan desain yang unik, langkan, dan sangat berbeda dengan jenis rumah lainnya..
  • Rumah jenis bambu juga bisa tahan gempa : Walaupun tidak seperti rumah yang lainnya rumah dari bambu juga tidak akan mudah roboh begitu saja, jika ada gempa, karena bambu mempunyai bobot berat yang sangat ringan, namun kuat.
  • Rumah jenis bambu memiliki kesan rendah hati : Yup, rumah dari bambu dapat memancarkan kesan pada orang lain, bahwa kamu itu orangnya tidaklah sombong dan juga rendah hati. 
  • Rumah jenis bambu lebih santai dan rilex untuk di tinggali : Kenapa ? Karena rumah dari jenis bambu ini lebih segar, adem, nyaman, dibandingkan dengan jenis rumah lainnya yang terbuat dari batu - bata. sehingga anda tak usah lagi memasang pendingin di dalam ruangan. Kita pada dinding yang terbuat dari anyaman bambu sudah terdapat celah - celah kecil jalan untuk udara atau angin dari luar masuk ke dalam ruangan.

Desain Model Rumah Bambu Dengan Konsep Minimalis 

Setelah Kamu memahami kelebihan dari rumah bambu seperti yang telah di sebutkan di atas. Mungkin kah Kamu semakin bertambah yakin untuk membuat rumah bambu sendiri dan langsung mau memulainya ? 

Maka  untuk membuat rumah dari bambu langkah pertama yang harus di lakukan pertama - tama adalah adalah memilah - milah dulu desain model gambarnya seperti apa yang Kamu sukai dan silahkan tuk memutuskannya.

Untuk desain model gambar rumah bambu sebetulnya banyak tersedia di internet, jika kamu tidak cukup puas dengan desain yang ada di blog ini. Maka bolehlah mencari referensi lain di Mbah Google. 

Namun yang pasti bagaimanapun bentuknya, Desain yang paling Favorit dan juga populer pada saat ini adalah desain rumah bambu yang berkonsepkan model minimalis dengan motif yang unik. Motif unik ini bermula dari perpaduan kombinasi material bambu yang bisa membuat kesan yang tradisional, minimalis, elegan, atau dengan kata lain yaitu lain dari pada yang lain. 

Jadi, di mulai dari sekarang, buang pikiran kamu sejauh mungkin, bahwasanya rumah bambu itu tidaklah trends atau ketinggalan jaman. Kalo bahasanya gaulnya itu adalah Kampungan, karena rumah bambu tidak memiliki nilai seninya. 

Padahal, justru sebaliknya. Apakah kamu tidak percaya ? Kalau umpama kamu tidak percaya, mari kita lihat contoh desain rumah bambu berkonsepkan model minimalis terbaru berikut ini :

Desain Model Rumah Bambu Dengan Konsep Minimalis

Desain model gambar rumah dari bambu minimalis yang pertama adalah seperti tampak pada gambar di atas yaitu perpaduan antara gaya tradisional dan gaya jaman sekarang yang modifikasi dengan sangat sempurna. Bentuk rumah seperti panggung memang masih berlaku dan sering di pakai untuk desain rumah bambu.

Dan bisa di lihat juga desain rumah bambu seperti menyerupai dengan rumah mewah berlantai 2  dan Tampak depan lengkap ada dengan balkonnya.

Desain Model Rumah Bambu Dengan Konsep Minimalis

Masih dengan rumah bambu yang berkonsepkan minimalis 2020. Desain rumah bambu berkonsepkan minimalis pada gambar di atas tersebut, juga masih masuk de dalam kategor rumah yang berkonsepkan minimalis terbaru dan juga modern. Bisa di lihat pada bagian jendelanya.

Rumah minimalis terbaru dan juga modern di kenal dalam hal penggunaan jendela dimana fungsi jendela tersebut, dapat memberikan penerangan yang alami ke seluruh ruangan di dalam rumah.

Desain Model Rumah Bambu Dengan Konsep Minimalis

Apakah kamu suka dengan desain model rumah jenis bambu yang minimalis dan yang lebih sederhana ? Maka kamu bisa lihat desain model rumah bambu seperti pada gambar di atas. 

Dengan berkonsepkan seperti pondok untuk berrekreasi, desain rumah bambu di atas sangat pas sekali untuk kamu yang sangat mensukai suasana refresing atau berlibur di alam bebas.

Bisa di lihat di gambar di atas, penggunaan jendela dengan optimal dapat memberikan pencahayaan yang terbaik dan juga menyeluruh, masih terdapat dan sekaligus di pakai pada desain model rumah bambu minimalis, meskipun konsep yang di maksud tersebut adalah rumah pondo - pondokan.

Desain Model Rumah Bambu Dengan Konsep Minimalis

Rumah bambu belum tentu semua bidang atau komponen yang terdapat pada rumah bambu tersebut itu semuanya di buat dengan bambu. Kamu dapat menbuat bambu sebagai bahan paling utama atau atau bisa juga sebagai bahan pelengkap untuk konstruksi rumah.

Jika kamu ingin menjadikan bambu sebagai bahan utama untuk rumah, maka biasanya itu di fokuskan pada bagian dinding rumahnya.

Sedangkan untuk bidang rumah lainnya misalnya lantai, atap, pondasi, jendela, atau yang lainya, itu bisa menggunakan bahan material lainnya, mau dari kayu, dari itu batu bata, mau itu dari semen, dan bahan - bahan lainnya.

Desain Model Rumah Bambu Dengan Konsep Minimalis

Lalu selanjutnya bilamana kamu ingin membangun rumah dari bambu dan ingin menawarkan yang ada unsur estetikanya, Maka kamu memilih bambu ini sebagai bahan material pelengkap dalam desain konstruksi untuk rumah anda. 

Seperti terlihat pada desain model gambar rumah bambu di atas tersebut dimana bambu di gunakan sebagai penghias rumah.

Jadi bahan material utama untuk rumah bolehlah tetap dengan menggunakan semen, batu, kayu, atau jenis material yang lain. Namun, bahan material untuk bambu bisa dipakai untuk membuat kesan yang estetika dan juga kesan yang natural.

Perumpamaan penempatan bahan material dari bambu ini boleh jadi di tempatkan pada :
  • Rangka - rangka jendela, 
  • Bagian balkon rumah, a 
  • Pada bagian langit-langit rumah, 
  • Dan lain sebagainya. 
Desain rumah bambu seperti di atas biasa sering diaplikasikan pada villa - villa dan rumah - rumah rekreasi dengan menawarkan fasilitas yang modern namun tetap dengan konsep yang alami dan natural.

Jika kamu sendiri yang mau buat rumah dari bambu, lalu desain model gambar rumah bambu seperti apa sih, yang akan kamu pilih ? Sekian dan terimakasih sudah mau singgah. Semoga artikel rumah bambu ini bisa membantu kamu dalam mencari sebuah ide rumah idaman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel