Cara Intalasi Listrik Pada Rumah Tinggal Secara Aman Terkendali

Larantukagypsum.com, Bagaimana Cara Pemasangan Instalasi Listrik Pada Rumah Tinggal ? ~ Ok pada kesempatan kali ini admin akan mencoba membuat sebuah artikel mengenai cara pasang instalasi listrik rumah tinggal atau rumah huni.

cara instalasi listrik rumah tinggal

Sebelumnya mungkin ada yang bertanya, kok mengulas tentang listrik ? Ya karena instalasi listrik ini masih ada hubungannya atau ada kaitannya dengan pemasangan plafon, mau itu plafon gypsum, grc, pvc, dan plafon - plafon lainya.

Misal saya ada pemasangan plafon di sebuah rumah, entah rumah itu rumah siapa, lalu kita lihat di rumah tersebut  instalasi listriknya belum di pasang.

Jadi terkadang tidak semua tuan rumah yang mau kita pasang plafonnya itu memiliki kenalan dengan tukang listrik. 

Jika anda menguasai bagaimana cara pasang instalasi listrik secara aman pada rumah, maka ketika melihat kesempatan seperti ini, bisa di coba tawarkan sekalian dengan pemasangan listriknya.

Siapa tau tuan rumahnya mau ? toh lumayan buat menambah pemasukan.

Ok kita langsung saja ke soal bagaimana cara instalasi listrik di rumah, berikut di bawah ini adalah caranya :

1. Pahami Bentuk Rumah & Tata Letak Ruangan Rumah

Tahukah anda, sebelum pemasangan Instalasi Listrik Rumah di mulai, pertama kali yang harus di lakukan yaitu anda memahami lebih dulu bentuk rumah seperti apa yang akan di pasangi listrik.

Lalu yang ke dua memahami terlebih dahulu tata letak ruangan rumah dengan posisi objek yang akan di pasangi listrik semisal : stop kontak, box mcb, switch, lalu posisi lampu ruangan.

Lalu setelah itu membuat sebuah perencanaan pemasangan instalasi listrik yang aman dan nyaman untuk penghuni rumah.

Perencanaan bagaimana pemasangan instalasi pada rumah tinggal bisa anda tuangkan goresanya pada secarik kertas misalnya seperti pada contoh gambar di bawah ini :

intalasi listrik 1 phase
Gambar di atas tersebut adalah contoh diagram rangkaian instalasi listrik rumah 1 phase (belum dipasangi Kabel) berlaku untuk 5 ruangan diantara nya yaitu Instalasi listrik rumah untuk :
  • Instalasi Listrik Ruang Tamu, 
  • Instalasi Listrik Dua kamar tidur, 
  • Instalasi Listrik Ruang Makan,
  • Dan Instalasi Listrik Ruang Dapur.
2. Persiapan Material Intalasi Listrik 

Nah, setelah memahami bagaimana tata letak ruangannya dan bagaimana posisi titik titik yang akan di instalasi listrik pada rumah tersebut, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan material - material untuk pemasangan instalasi listrik rumah tersebut. 

Jika anda belum mengetahui material - material apa saja yang di perlukan dan di persiapkan, maka berikut di bawah ini bahan maaterial pemasangan listrik pada rumah tinggal :
  1. Kabel Asapan ukuran (6 mm) : kabel aspan ini wajib menggunakan ukuran yang sekecil kecil nya yaitu 6 mm. Kenapa ? karena semua beban pemakaian listrik akan di pikul sendiri oleh kabel aspan.
  2. Kabel stop kontak ukuran (2,5 mm) : ukuran kabel standard instalasi listrik untuk stop kontak rumah yaitu 2,5 mm ukuran 
  3. Kabel instalasi switch / saklar dan lampunya ukuran 1,5 mm
  4. Stop kontak dan switch masing masing 5 unit
  5. Box stop kontak minimal 10 unit, akan lebih baik jika box stop kontak di sediakan lebih dari 10 unit
  6. Satu unit box MCB dan tiga unit mcb / breaker kapasitas 10 ampere, besar ampere di sesuaikan dengan kebutuhan bangunan / rumah
  7. Pipa penutup kabel dan flexible secukup nya untuk melindungi kabel instalasi dari gigitan tikus dan gangguan alam lainnya.
3, Pemasangan Kabel Listrik

Langkah selanjutnya setelah anda menyiapkan material - material untuk pemasangan instalasi rumah adalah di mulai dari pemasangan kabel terlebih dahulu. seperti apa cara pemasangan kabelnya ? silahkan di lirik dan di teliti gambar diagram rangkaian instalasi listrik rumah di bawah ini.

diagram intalasi listrik

Sebelum memulai penarikan kabel instalasi listrik rumah pasangkan terlebih dahulu Box MCB dan pasang ke tiga unit mcb yang telah di sediakan dan pasangkan juga Box stop kontak dan Box switch di sertai pipa pelindung kabel instalasi di semua titik instalasi listrik

4. Pemasangan Stop Kontak, Switch, dan Lampu.

#Pemasangan Listrik Ruang Tamu 
  • Pada diagram instalasi listrik ruang tamu di atas ada empat unit lampu satu switch / saklar dan satu stop kontak
  • Tarik kabel netral, phase dan grounding dari box mcb ke posisi stop kontak dan jumper kabel phase stop kontak ke switch sama dengan langkah instalasi listrik kamar tidur yang membedakan nya adalah unit lampu pada ruang tamu ada empat unit
  • Tarik kabel phase ukuran 1,5 mm dari switch ke fitting lampu 1 kemudian jumper ke fitting lampu 2 dan seterus nya ke fitting lampu 3 dan 4
  • Sedangkan kabel netral di jumper dari stop kontak langsung dari stop kontak ke fitting lampu 1 dan di jumper ke fitting lampu 2, 3 dan 4 menggunkan kabel 1,5 mm
  • Saya jelaskan terlebih dahulu warna kabel instalasi listrik rumah di atas ada tiga warna dimana Merah adalah phase (Arus Listrik Positif) Hitam adalah Netral (Arus Listrik Negatif) dan Hijau sebagai kabel Grounding (Pembumian)
#Pemasangan Listrik Ruang Makan dan Dapur
  • Tarik kembali ketiga kabel 2,5 mm yaitu netral, phase dan grounding dari box mcm ke posisi stop kontak dapur dan jumper phase stop kontak ke switch / saklar lampu sama hal nya dengan instalasi kamar tidur.
  • Untuk ruang makan tidak perlu menarik kabel dari box mcb cangkok / jumper saja dari jalur kabel netral, phase dan ground untuk dapur untuk menghemat penggunaan kabel
  • Hubungkan kabel phase, netral dan ke stop kontak ruang makan dan selesaikan instalasi lampu ruang maka sama dengan cara memasang lampu untuk kamar tidur
  • Langkah Terakhir Instalasi Listrik Rumah
  • Pasang ketiga kabel Aspan ukuran 6 mm yaitu Phase, Netral dan Ground dari Box MCB ke Kwh atau Meteran Listrik. Pemasangan kabel aspan pada instalasi listik rumah sengaja di lakukan di akhir pekerjaan instalasi untuk menghindarkan seorang electrical dari sengatan listrik (Kesetrum).
#Pemasangan Listrik Kamar Tidur 1
  • Tarik kabel phase, netral dan kabel grounding ukuran 2,5 mm dari box mcb ke posisi stop kontak di tempatkan kemudian jumper kabel phase ke switch / saklar masih menggunakan kabel 2,5 mm kemudian dari saklar kabel phase (Arus listrik positif) di tarik ke posisi fitting lampu menggunakan kabel 1,5 mm
  • Kabel netral untuk fitting lampu jumper dari kabel netral stop kontak ke fitting lampu menggunakan kabel instalasi ukuran 1,5 perhatikan gambar instalasi kamar tidur pada gambar di atas atau lihat Cara Memasang Stop Kontak, Switch dan fitting Lampu
#Pemasangan Listrik Kamar Tidur 2
  • Pada diagram instalasi listrik di atas kamar tidur 2 sengaja saya kosongkan sebagai bahan renungan anda untuk melatih apa yang anda baca / pelajari saat ini tentang instalasi listrik rumah
  • Jika anda mampu merenungkan cara penyelesaian instalasi listrik rumah pada kamar tidur dua tersebut maka anda telah menguasai teknik instalasi rumah ini. selesai.....!!!
Tekhnik Memasang Instalasi Listrik seperti ini adalah merupakan sebuah cara pemasangan instalasi listrik rumah yang aman, nyaman, dan tergolong propesional.

Karena pembagian jalur instalasi listrik menjadi tiga line / tiga mcb, dan itu akan sangat memberi dampak positif kepada penghuni rumah. 

Perumpamaan jika terjadi konsleting listrik pada satu ruangan semisal nya dapur maka yang mati hanya listrik di dapur saja, sedangkan ruangan yang lain masih tetap menyala.

Karena "5 Langkah Cara Pasang MCB (Miniature Circuit Breaker)", akan otomatis memutus aliran listrk ke dapur (Tempat Terjadinya Konsleting Listrik).

Sehingga bisa di pastikan rumah akan terhindar dari kebakaran di karenakan adanya konsleting listrik.

Namun jika rumah yang di pasangi instalasi listrik akan menggunakan AC (Air conditioner), maka sebaik nya masing masing dari Air conditioner tersebut melainkan harus menggunakan Line Tunggal.

Apa itu Line Tunggal ? Line Tunggal artinya satu unit MCB untuk pengamanan satu AC (Air Conditioner). 

Ok, itulan ulasan Cara pemasangan Instalasi Listrik Pada Rumah, secara baik dan benar. Jika ada yang belum di mengerti, maka boleh di tanyakan pada rumput yang bergoyang. Sekian dan semoga bermanfaat.