Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

"RAHASIA", Agar Adukan Compound (Cornice) Tidak Cepat Kering.

"RAHASIA", Agar Adukan Compound (Cornice) Tidak Cepat Kering.
Larantukagypsum.com, Bagaimana Cara Agar Adukan Compound Untuk Dempul Plafon Gypsum Tidak Cepat Kering ~ Apa itu Coumpond ? Coumpond adalah salah satu istilah nama yang di gunakan untuk pendempulan plafon khususnya plafon gypsum.

Mungkin di antara pembaca di sini ada yang berprofesi sebagai tukang plafon khususnya plafon gypsum dan belum mengetahui penyebab kenapa ketika membuat adukan coumpond untuk dempul plafon atau untuk pasang profil list gypsum, namun tidak laman adukannya suka cepat kering ?

Ok akan saya kasih tahu RAHASIAnya...

Namun sebelumnya sekedar untuk di ketahui sekali lagi, bahwasanya nama bahan untuk mendempul plafon gypsum khususnya pada bagian sambungan - sambungan papan gypsum oleh para tukang plafon biasa di sebut dengan nama Coumpond Atau Lem Cornice.

Kegunaan cornice selain untuk dempul plafon bisa juga di pakai untuk plamir tembok atau dinding kasar yang tidak rata, retak rambut, lubang kecil, dan lain - lain.

Jadi cornice ini sangat berguna juga buat memperbaiki permukaan dinding atau tembok yang kasar agar bisa menjadi halus.

Selain itu Lem Cornice juga biasa di gunakan untuk pemasangan profil gypsum atau list gypsum.

Coumpoun atau lem Cornice ini banyak sekali mereknya salah satu di antaranya yang paling sering banyak di pakai adalah Cornice Merek A-Plus. 

Tahukah anda ketika mau membeli 1 sak Cornice di sebuah toko material bangunan atau di toko yang menyediakan bahan - bahan khusus untuk pembuatan plafon gypsum, terkadang kalo lagi SIAL bisa mendapatkan isi dari lem cornice tersebut sedikit jelek atau sudah kadaluarsa.

"RAHASIA", Agar Adukan Coumpond Tidak Cepat Kering

Untuk mengetahui Lem Cornice yang sudah sedikit jelek atau sudah kadaluarsa tersebut adalah ketika pada saat mencampur lem cornice dengan air dan mengaduknya, lalu mencoba mendempulkannya di sambungan plafon.

Dan tanda - tandanya adalah sebagai berikut :
  1. Selang beberapa detik adukan lem cornice sudah kering atau mengeras.
  2. Pada saat pendempulannya juga kurang Sreg, kurang enak, di karenakan cepat kering tadi.
  3. Ketika di paksakan untuk dempul, maka hasilnya juga akan tidak baik.
Kejadian seperti ini saya sebagai tukang plafon gypsum juga pernah alami bahkan mungkin sering pada saat membeli lem cornice biasa mendapatkan isi nya yang jelek. 

Mungkin lem cornice yang jelek ini di sebabkan karena area kerja saya berada di pelosok yaitu di Flores Timur lebih tepatnya di Kota Larantuka, di mana bahan - bahan material dempul plafon ini di distribusi lewat jalur laut. 

Sehingga penyebabnya bisa jadi karena kena lembab dari uap - uap air laut, atau bisa jadi mungkin juga di karenakan dari pihak pabriknya memberikan stok - stok lem cornice yang sudah kadaluarsa.
Aaaaaaargh entah lah, saya juga bingung...!!
Ketika hal seperti itu sudah terjadi, apakah anda mau membuangnya atau menukarnya kembali di toko ? 

Sepertinya kalo mau di tukar kembali di toko juga tidak mungkin pihak tokonya mau menerima, karena kondisi lem cornicenya sudah terbuka. "Mau di buang pun, sungguh sayang...".

Maka solusi dari masalah tersebut adalah dengan menanbahkan lagi satu resep atau satu bahan anti cepat kering pada saat pencampuran,

Tapi resep atau bahan anti cepat kering yang akan saya infokan ini bersifat RAHASIA. Tolong nanti jangan kasih tahu siapa - siapa e brow, Cukup brow saja yang tahu. 

Jadi sekali lagi jangan di buang ya lem cornicenya, melainkan tetap pakai seperti biasa. Namun ???

Pada saat pencampuran dengan air nanti harus di tambahkan dengan satu resep bahan anti cepat kering yaitu bahan penyedap rasa.

Resep bahan penyedap rasa ini bisa dengan mudah di dapatkan di dalam lokasi di tempat kerja anda.

Kalo memang pekerjaan pasang plafon anda di rumah - rumah huni atau di rumah tinggal, anda tinggal lari saja di dapur, lalu cari bahan penyedap rasa yaitu Pecin.

Nama lain dari pecin ini adalah AZINOMOTO. Yup resep atau bahan anti cepat kering itu adalah Pecin atau Azinomoto.

Anda tidak percaya ? Silahkan anda coba saja sendiri. 

Tapi Ingat ya.....!!!

Ketika nanti lem cornicenya sudah di tambahi pecin atau azinomoto, maka anda tidak boleh menyalakan kompor lalu hendak menggorengnya.

Karena tepung Cornice adalah tepung untuk dempul plafon dan bukanlah tepung terigu atau tepung aci,

Sehingga tidak akan bisa menjadi pisang goreng atau tahu goreng untuk di makan, di karena kan sudah di kasih penyedap rasa yaitu pecin.

Ketika anda sudah mencoba dan percaya, maka tidak bisa di bayangkan apa yang terjadi jika pecin tersebut di komsumsi di tubuh kita dalam jumlah banyak.

Jadi Kalo di simpulkan tahapan pencampuran atau Cara Agar Compoun (Kompon) tidak cepat kering dan keras adalah sebagai berikut :
  1. Bersihkan dulu tempat bekas adukan kompon yang sebelumnya di pakai dan sudah kering dan keras. 
  2. Tuangkan air bersih sesuai takaran pada ember atau tempat adukan compounnya.
  3. Tak usah pake lem Fok pada plafon gypsum bro, terkecuali plafon triplek. Jika pake, nanti susah di amplasnya / gosok, sehingga nanti akan mengakibatkan sambungan plafon gypsum tidak rata dan tidak rapih
  4. Cukup masukan saja Azinomoto (pecin) secukupnya.
  5. Tabur tepung kompon atau cornice secara perlahan.
  6. Tunggu beberapa detik hingga airnya meresap.
  7. Lalu aduk dengan menggunakan skrap atau kape gagang.
  8. Selanjutnya adonan kompon siap di goreng. 
Ok itulah informasi mengenai Rahasia Agar Adukan Compund (Kompon) Tidak Cepat Kering Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya.