10 Cara Hemat Bangun Rumah Sendiri, Pilih Model Minimalis!

Bagaimana Cara agar bisa berhemat dalam membangun rumah sendiri - Mempunyai rumah sendiri adalah merupakan harapan dan impian bagi semua banyak orang.

cara hemat bangun rumah

Rumah sendiri adalah merupakan sebuah tempat untuk tinggal atau tempat untuk kita pulang kembali, sehabis melakukan rutinitas pekerjaan pokok sehari - hari, mau itu pekerjaan di kantor, pekerjaan di lapang, pekerjaan di pasar, dan lain lain sebagainya.

Tidak mungkin setelah kita selesai melakukan rutinitas pekerjaan sehari - hari, lalu kita tidak pulang atau tinggal di tempat pekerjaan itu sendiri, untuk yang bujang mungkin masih bisa di terima untuk tinggal, tapi bagaimana bila anda yang sudah berkeluarga ? Apakah anda harus tinggal memang di tempat pekerjaan? apakah pemilik tempat pekerjaannya mengijinkan? Itu semua tidak mungkin, bukan ?

Langkah kita sehabis melakukan rutinitas pekerjaan sehari - hari adalah pulang kembali menuju ke tempat tinggal. mau itu tempat tinggal berupa kos - kosan, kontrakan, atau rumah sendiri.

Dalam hal ini untuk tempat tinggal berupa kos - kosan dan kontrakan adalah merupakan tempat tinggal yang bersifat sementara. Sedangkan rumah sendiri adalah merupkan tempat tinggal untuk selamanya.

Apakah anda tidak pernah memimpikan untuk memiliki rumah sendiri? atau apakah anda pengen selamanya tinggal di kos - kos san atau rumah kontrakan ? Pastinya anda memimpikan untuk mempunyai rumah sendiri bukan?

Sebelum lanjut perlu di ketahui dulu, bahwa selain 10 cara hemat bangun rumah sendiri, ternyata terdapat 10 jenis 

Cara Mudah Dan Hemat Membangun Rumah Sendiri

Jika iya anda memimpikan sebuah rumah sendiri, maka berikut di bawah ini adalah langkah - langkah dasar cara bangun rumah sendiri:

1. Sediakan Bidang Tanah yang Ideal

Langkah pertama untuk membangun sebuah rumah sendiri adalah sediakan terlebih dahulu sebidang tanah. Karena tanah merupakan salah satu elemen yang harus ada dalam pembuatan rumah sendiri.

Sediakan luas tanah sesuai dengan model rumah yang akan anda bangun seperti rumah type 21, maka sediakan luas tanah sesuai dengan type rumah itu sendiri.

Teori dalam hal penggunaan tanah untuk membangun rumah sendiri agar semakin hemat biaya bangun rumah adalah semakin luas tanah yang di gunakan, maka semakin banyak juga kebutuhan material bangunan yang di butuhkan.

2. Pastikan Memilih Tipe Rumah Minimalis

Ini termasuk hal mendasar yang mesti anda pertimbangkan jika ingin hemat bangun rumah sendiri. Rumah tipe minimalis memang dikenal lebih fleksibel artinya bisa di kerjakan secara bertahap dan cenderung menghemat biaya Selain itu, proses pengerjaannya juga relatif lebih cepat.

Anda tidak perlu khawatir, meskipun hanya bikin rumah tipe minimalis, anda masih bisa mendesain atau membuat rumah tersebut agar bisa lebih indah dan juga bernilai.

Bagaimana caranya? caranya anda bisa menambahkan aksesoris - aksesoris, seperti pohon - pohon atau tanaman - tanaman agar bisa terlihat lebih asri.

3. Gunakan Jasa Tukang Berkinerja Cepat dengan Upah Ekonomis

Langkah ketiga dalam berhemat membangun rumah adalah cari jasa tukang selain dari jasa kontraktor. Karena dengan menggunakan jasa kontraktor ini bukanlah berhemat yang ada tapi pemborosan.

Cari referensi dari teman - teman dekat anda yang sudah lebih dahulu membangun rumah untuk mendapatkan tukang bangunan yang handal dan profesional, dan sudah terbukti.

Jadi tidak boleh sembarangan juga dalam hal pilih memilih tukang, jangan hanya karena namun pekerjaanya tidak memuaskan. Ingat Murah boleh, namun untuk cara kerja dengan hasil yang baik adalah no 1.

4. Buat Desain Rumah dengan Detail

Langkah dasar cara hemat bangun rumah selanjutnya adalah buat desain rumah anda sendiri. Desain rumah sangat iktu andil dalam menghemat biaya bangun rumah sendiri. Kenapa?

Karena jika anda membuat desain rumah sedemikian rinci, maka anda bisa dengan mudah mengetahui atau memperkirakan berapa kebutuhan biaya untuk pembangunan rumah sendiri.

Selain itu, desain juga berperan penting untuk menghindari kesalahan saat pengerjaan pembangunan. Tidak perlu ribet, anda bisa menggambar sebuah sketsa pada selembar kertas.

Gambar saja secara umum seperti yang ada di pikiran anda, lalu tentukan bagian-bagian detailnya, seperti pintu dan jendela, teras, ruang tamu, ruang kamar, dan lain sebagainya. Silahkan search di mbah google untuk mencari contoh desain rumah minimalis.

5. Pilih Material Bangunan Berkualitas dengan Harga Kompetitif

Ini merupakan tips dan trik cara hemat membangun rumah sendiri. Percaya atau tidak, jika anda tidak pandai dalam hal memilih bahan material bangunan, maka dalam hal ini biaya yang ada akan cepat tergerus.

Oleh karena itu, tulislah sebuah perencanaan di buku harian anda, ajak tukang bangunan anda untuk berdiskusi mengenai bahan material yang murah dan baik yang akan di gunakan untuk bangun rumah anda sendiri.

Jadi komunikasi dengan tukang bangunan sangat di perlukan. Selain itu, anda juga bisa bertanya kepada tukang bangunan anda sendiri ditoko mana ya bahan material yang berkualitas dengan harga yang sedikit murah.

Karena seorang tukang bangunan biasanya memiliki chanel - chanel tersendiri dalam hal penyediaan bahan material bangunan.

Walaupun begitu anda bisa juga bisa mencari tahu sendiri di toko - toko di area kota anda, lalu membandingkan toka mana yang memiliki harga murah dengan kualitas bahan material yang baik.

6. Manfaatkan Material Bangunan Bekas yang Masih Layak Pakai

Ini juga bisa menjadi tips dan cara hemat membangun rumah. Bagi anda yang benar-benar bermasalah dengan dana atau anggaran, seperti misalnya dana kurang dari 20 juta, mungkin ini bisa menjadi alternatif.

Namun, pastikan juga bahwa material bekas yang dibeli masih memiliki kualitas yang baik. Setidaknya, jika material yang baru diibaratkan 100%, maka material bekas yang dibeli ibaratkan 80%.

Tentu saja, selisih kualitasnya tidak begitu jauh dan harganya pun bisa lebih murah. Ini bisa menjadi langkah yang ekonomis dan cerdas.

Percayalah, selalu ada cara membangun rumah dengan dana minim, asalkan ada kemauan yang besar untuk itu.

7. Gunakan Material Bangunan Setengah Jadi

Tidak masalah membangun rumah secara bertahap. Tidak perlu semuanya harus disuguhi dengan bahan jadi. Cara ini dianggap mampu meminimalkan biaya. Seperti apa bahan semi-fabricated? Misalnya, jika sobat membutuhkan cor beton, maka bahan semi-fabricated-nya berupa bata cor, sebuah bata yang memang dikhususkan sebagai bahan substitusi dari cor beton.

Bahan seperti ini juga cocok untuk bikin rumah minimalis. Berapa persen tingkat kehematan jika menggunakan bahan semi-fabricated? Perkiraannya bisa mencapai 35%! Luar biasa, kan? Well, sobat juga bisa mencari bahan semi-fabricated lainnya yang pastinya sangat efisien.

8. Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Sekat

Cara hemat membangun rumah, jangan berlebihan dalam memakai sekat. Apa yang dimaksud dengan sekat ? Itu seperti sebuah pembatas yang umumnya terbuat dari triplek atau sejenisnya yang digunakan sebagai pembatas ruangan.

Jika sobat ingin tahu tips membangun rumah dengan dana terbatas, hindari terlalu banyak menggunakan sekat-sekat ini. Ada alternatif lain untuk memisahkan antar ruangan, tidak harus selalu menggunakan sekat-sekat.

Sebagai contoh, jika ingin memberi batasan antara ruang keluarga dengan ruang dapur, maka sobat tidak perlu memberikan sekat. Lalu ?

Cukup dengan meletakkan lemari, gorden (tirai), atau pembatas lainnya yang lebih simple. Bayangkan saja, jika di rumah sobat memiliki banyak sekat berbahan triplek, tentu saja ini tidak ekonomis dan ruangan juga terlihat lebih sempit.

9. Hindari Profile dalam Pembangunan Rumah

Terkadang, ini juga sering diabaikan oleh banyak orang. Tanpa disadari, pembuatan profile cukup banyak menyedot anggaran. Apa itu profile?

Sederhananya, profile itu bisa di katakan sebagai sebuah cara merancang rumah dengan  desain terbuka yang di lakukan dengan di ukir. Meskipun hasilnya cukup bagus dan berkesan mewah, penggunaan profile termasuk rumit dan kurang efisien.

Oleh karena itu, ini bukanlah salah satu cara membangun rumah dengan dana minim. Sobat masih bisa mencari alternatif lain untuk mempercantik rumah.

Bahkan, yang sederhana pun bisa terlihat indah, bernilai, dan mahal, asalkan kreatif. Untuk mendapatkan ide-ide kreatif, sobat tinggal berselancar saja di Google.

10. Jangan Sungkan Membantu Pengerjaan Pembangunan Rumah

Ingat, sobat sedang membangun rumah sendiri. Jadi, tidak ada salahnya sobat ikut andil dalam proses pengerjaan rumah. Setidaknya, membantu hal-hal yang bisa dilakukan. Dengan begitu, proses pengerjaan bisa lebih cepat. Biar ringan, lakukan secara bertahap.

Selain itu, keikutsertaan sobat ternyata juga bisa menghemat biaya, terutama menghemat biaya tukang.

Sebagai contoh, jika target penyelesaian pembangunan rumah yaitu 1 bulan penuh, maka dengan sobat ikut serta membantu, bisa jadi prosesnya hanya 25 hari. Hemat 5 hari. Dengan begitu, biaya tukang pun akan berkurang, bukan?

Ok itulah ulasan 10 Cara Mudah Membangun Rumah Sendiri. Apakah artikel ini dapat membantu ? Sekian dan terimakasih sudah mau singgah, dan semoga bermanfaat.