Bagaimana Cara Merancang Sebuah Rumah Dengan Ruang Konsep Terbuka


Cara merancang ruang dengan konsep terbuka | Hampir semua orang menyukai ruang konsep terbuka, di mana ruang tunggal memiliki kegunaan ganda, dan mengapa tidak? Antara memberi tuan rumah kemampuan untuk berinteraksi dengan tamu mereka dari dapur dan juga membiarkan orang tua mudah dalam mengawasi anak-anak saat mereka bermain, jenis tata letak ini telah menjadi identik dengan kemewahan dan kenyamanan modern.

Namun, bukan berarti itu tidak disertai dengan tantangan tersendiri. Bagaimanapun, tanpa bergantung pada dinding, tanggung jawab untuk menentukan ruang sepenuhnya jatuh pada Anda. Bagi banyak orang, mengetahui bagaimana dan kapan harus memecah ruang dengan benar kadang terasa sangat menakutkan.

Rumah Konsep Terbuka

Itu sebabnya kami di sini. Kami telah menemukan tip dan trik terbaik untuk bagaimana merancang ruang konsep terbuka secara efektif. Ingatlah hal ini saat Anda merencanakan tata letak Anda dan kami yakin produk akhir Anda akan terlihat seperti gambar langsung dari majalah atau acara TV.

Rencanakan pengelompokan yang berbeda


Meskipun kami merekomendasikan agar memiliki rencana dalam pikiran sebelum terjun ke dalam proyek desain apa pun, sangat penting saat Anda bekerja dengan ruang konsep terbuka. Sebelum Anda dapat beralih ke fokus pada estetika ruangan, Anda harus memiliki gagasan yang tegas tentang berbagai cara yang Anda maksud untuk menggunakan tempat itu.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menciptakan pengelompokan yang berbeda berdasarkan fungsinya. Apakah Anda perlu menggabungkan dapur, ruang makan dan ruang keluarga, atau sesuatu yang lain sama sekali, Anda harus memiliki gagasan tentang di mana setiap kelompok akan ditempatkan dan seberapa besar seharusnya.

Saat meletakkan ruang bersama, masukkan isyarat visual untuk membantu memisahkan setiap pengelompokan Anda. Pertimbangkan untuk menyatukan masing-masing dengan karpet lempar yang berbeda atau atur perabotan ke area tempat duduk individual.


Jangan lupakan focal point


Ruang konsep terbuka mungkin sedikit tidak biasa, namun tetap perlu mematuhi prinsip desain interior tradisional. Seperti biasa, Anda harus memutuskan focal point untuk ruangan itu, tapi inilah tangkapannya: Ruang-ruang ini membutuhkan lebih dari satu ruangan. Masing-masing kelompok terpisah membutuhkan focal point sendiri untuk membantu menarik mata.

Pencahayaan adalah pilihan tepat untuk ini. Mirip dengan pencahayaan lampu gantung dan liontin pada gambar di atas, pikirkan tentang menggunakan perlengkapan yang eye-catching sebagai cara untuk menyandang setiap area penggunaan Anda. Pilihan alternatif bisa mencakup potongan pernyataan furnitur, perapian atau elemen arsitektural seperti rak built-in.


Perhatikan ruang negatif


Salah satu rahasia terbaik desain interior adalah ruang negatif - atau area kosong di sekitar setiap elemen - merupakan komponen penting dari semua layout yang berhasil. Hal ini terutama terjadi pada area konsep terbuka.

Untuk alasan ini, ruang konsep yang paling terbuka salah di sisi minimalisme. Anda pasti ingin menjauh dari membiarkan terlalu banyak kekacauan di dalam ruangan karena hal itu bisa membanjiri mata dan mengaburkan batasan pengelompokan Anda. Sebagai gantinya, cobalah untuk membangun disain Anda di seputar potongan yang menarik double-duty dengan memberikan nilai fungsional dan estetika.

Ini juga digunakan untuk menciptakan jalur di sekitar ruangan. Saat merencanakan ruang Anda, cukupi ruang kosong bagi orang untuk mudah berpindah di antara area masing-masing. Hal ini tidak hanya akan membuat ruangan ini secara signifikan lebih bermanfaat, namun memberi kesempatan pada mata untuk beristirahat dan memfokuskan kembali di antara setiap pengelompokan.


Gunakan warna untuk mengkoordinasikan semuanya


Meskipun kita telah menghabiskan banyak artikel berbicara tentang bagaimana memisahkan masing-masing segmen ruang terbuka secara efektif, penting juga untuk mengingat gambaran besarnya. Lebih sering daripada tidak, area ini akan dianggap satu keseluruhan, jadi sangat penting untuk memastikan semua elemen desain Anda bekerja sama dengan baik.

Menjaga skema warna yang konsisten sepanjang adalah cara termudah untuk melakukan ini. Karena Anda mungkin akan meliput banyak rekaman persegi, kami menyarankan untuk tetap berpegang pada warna yang mudah di mata. Pilih yang netral menjadi warna dominan Anda dan satu atau dua warna lebih berani untuk menambahkan beberapa minat visual.

Selain warna, mengulangi cetakan serupa, pola dan tekstur pada aksesori Anda merupakan cara terbaik untuk menarik semuanya bersama-sama. Meskipun item yang Anda kordinasi mungkin berbeda - dan itu bisa berupa apa saja mulai dari seni dinding hingga tekstil atau perabotan pernyataan - Anda harus memastikan bahwa setiap pengelompokan fitur setidaknya satu elemen tie-ini.


Ruang konsep terbuka sangat hebat dalam teori. Bagaimanapun, mereka memberi Anda kebebasan untuk menyesuaikan desain Anda agar sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda. Yang mengatakan, mengetahui bagaimana membawa desain ideal Anda ke kehidupan dapat menghadirkan sedikit tantangan. Itu sebabnya kami menyusun daftar gagasan terbaik kami tentang bagaimana merancang ruang konsep terbuka secara efektif.

Apa pendapat Anda tentang tata letak konsep terbuka? Apakah Anda punya saran bagaimana cara menggabungkannya? Bagikan pemikiran Anda kepada kami di komentar di bawah ini.