6 Cara Pemasangan Plafon GRC Dan Kelemahannya

Cara pasang plafon rumah berbahan GRC | Plafon adalah pembatas atau sekat antara atap rumah dengan ruangan di dalam rumah.  Kata lain yang biasa di kenal dari istilah plafon itu sendiri adalah langit-langit rumah

Dan plafon grc ini biasa di aplikasikan di rumah - rumah huni atau rumah tinggal, bermodelkan rumah minimalis sederhana, dan ini adalah merupakan salah satu cara untuk menyulap rumah menjadi sebuah rumah minimalis nan mewah.

Gambar Papan GRC
Biasakanlah membaca sampai akhir agar tidak terjadi gagal paham 
Oleh karena itu dalam hal pemilihan jenis bahan pada pemasangan plafon rumah, menjadi salah satu faktor yang penting yang harus diperhatikan. 

Banyak berbagai macam jenis-jenis plafon rumah yang bisa di gunakan di negeri ini. Salah satunya adalah plafon rumah berbahan GRC atau papan GRC / GRC BOARD. Nama GRC sendiri singkatan dari Glassfiber Reinforced Cement. 

Bahan untuk pemasangan plafon rumah dari jenis GRC ini adalah merupakan bahan material yang terbuat dari bahan-bahan campuran antara serat dan semen. Bisa dilihat dengan jelas bahwa GRC Board memiliki bahan dasar hampir menyerupai beton. 

Walau GRC Board ini sekilas hampir menyerupai dengan beton, tapi ada juga sedikit perbedaannya, sama tapi beda yaitu dari bobot pada papan GRC ini jauh lebih ringan dari pada bobot beton. 

Karena pembuatan beton, dalam penyusunan bahan dasarnya menggunakan tulangan baja, sedangkan papan GRC dalam hal pembuatannya hanya dengan menggunakan serat glassfiber.  Dan serat glassfiber ini sendiri adalah sebagai bahan komponen untuk penguat, agar tidak mudah patah.

Plafon rumah berjenis GRC ini di kenal sebagai jenis bahan plafon yang memiliki daya tahan yang kuat terhadap air, sehingga jika anda ingin pasang plafon jenis GRC ini di rumah, namun di daerah anda adalah daerah yang bercuaca dingin dan lembab, maka tak perlu khawatir untuk menggunakan plafon grc ini. 

Selain itu  plafon rumah berbahan GRC ini memiliki beberapa keuntungan lainnya yang bisa di pertimbangkan, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Bahannya mudah dibentuk, sehingga model plafon grc dapat di sesuaikan dengan berbagai macam konsep seperti konsep arsitektur desain rumah modern eropa, modern tropis dan lain sebagainya.
  2. Memiliki daya tahan yang lama. Pada umunya plafon yang terbuat dari bahan GRC ini bisa bertahan dalam kurun waktu 25 tahun pemakaian. Memang jauh lebih lama jika dibandingkan dengan penggunaan plafon gypsum. Walaupun begitu plafon gypsum juga mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Silahkan baca Artikel Mengenai Papan Gypsum
  3. Harga terjangkau dan lebih murah dar harga papan gypsum. Jadi apabila anda memiliki dana minim, dan berencana pasang plafon, maka plafon bahan GRC ini dapat menjadi pilihan kedua anda selain dari pada menggunakan plafon bahan triplek. Karena yang lebih murah lagi dari pada Plafon GRC adalah Plafon Triplek, dan pilihan ketiganya adalah dengan menggunakan Plafon Gypsum. Baca juga Artikel mengenai Plafon Gypsum

Disamping selain keunggulan dalam beberapa point diatas, Plafon GRC juga memiliki keunggulan lainnya yaitu cara pemasangannya cukup mudah dan sederhana, menurut sabegian tukang plafon rumah. 

Ok mungkin anda tertarik untuk menggunakan bahan GRC sebagai jenis plafon untuk rumah anda, maka berikut ini adalah tahapan dalam Cara Pasang Plafon GRC :

1. Memindai Luas Ruangan Yang Akan Di Pasang

Sama halnya dengan pemasangan plafon rumah jenis lain, hal pertama yang harus di lakukan adalah mencari luas ruangan atau volumenya terlebih dahulu dengan cara menghitung panjang ruangan dan lebar ruanganya berapa, lalu kalikan, dan berapa hasilnya, maka hasilnya itu adalah volume ruangan atau luas ruangan yang akan di pasang plafon grc. 

Tujuan pengukuran ini adalah untuk mengetahui bahan - bahan material yang di perlukan untuk PEMASANGAN PLAFON GRC. Sehingga anda bisa mengetahui berapa biaya yang harus di keluarkan. 

Jadi lakukan pengukuran dengan teliti supaya nantinya tidak terjadi kesalahan-kesalahan yang tidak dikehendaki. Jika terjadi kesalahan nantinya, tentu akan bisa merugikan anda.

2. Menyiapkan Bahan Material Plafon GRC

Pilihlah material untuk PEMASNGAN PLAFON GRC yang anda perlukan sesuai dengan luas ruangan yang tadi di dapatkan dengan cara di bagi 2.88, dan hasilnya adalah jumlah papan grc atau grc board yang di perlukan untuk pemasangan plafon di rumah anda. 

Dan perlu di ketahui bahwa jumlah kebutuhan bahan material yang sudah di dapatkan di atas tersebut hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan PEMASANGAN PLAFON GRC bermodelkan biasa saja.  

Jadi sebelumnya anda perlu merencanakan terlebih dahulu jenis model atau desain untuk pemasangan plafon grc seperti apa yang di inginkan, misalkan :
  1. Apakah jenis desain plafon model minimalis terbaru ?
  2. Apakah jenis desain model plafon modern ?
  3. Atau jenis desain plafon bermodelkan biasa ?

Jika ingin mengaplikasikan jenis desain plafon grc model minimalis terbaru, atau model desain plafon grc modern, maka cukup tambahkan 3 lembar, dari hasil perhitungan yang sebelumnya sudah didapatkan untuk kebutuhan bahan Pemasangan Plafon Grc.

3. Memasang rangka plafon GRC

Setelah ukuran dan desain plafon GRC sudah didapat dan di putuskan, langkah selanjutnya adalah pemasangan rangka plafon grc.

Yup, dalam hal pemasangan plafon grc, material yang cocok untuk pembuatan rangkanya yaitu dengan menggunakan rangka plafon grc dari bahan kayu. Gunakanlah kayu yang baik yang tidak cepat di makan rayap, agar plafon grc bisa bertahan lama. 

4. Penutupan Plafon GRC

Ketika rangka kayu untuk plafon grc sudah selesai dipasang, langkat selanjutnya adalah pemasangan plafon GRC dengan cara di paku pada rangka kayu yang sudah di buat. 

Gunakanlah alat bantu berupa skapolding, stelling, atau tangga lipat, untuk pengerjaan pemasangan plafon grc ini. 

5. Pendempulan Pada Sambungan Papan GRC

Ok, saya sampaikan PAHITNYA di bagian tahapan pendempulan plafon grc ini bahwasanya pemasangan plafon GRC memiliki kelemahanan yang cukup kentara yaitu mudahnya retak pada sambungan plafon grc dan agak sedikit repot cara untuk memperbaikinya.

Silahkan Search di Google untuk mengetahui bagaimana cara memperbaikinya.

Apabila pada tahap ini anda jadi ragu untuk menggunakan plafon rumah jenis GRC, maka tidak ada salahnya untuk membaca terlebih dahulu artikel mengenai Perbandingan Plafon GRC dan Plafon Gypsum 

6. Dan Terakhir Proses Finishing Plafon GRC

Jika semua tahapan di atas sudah selesai di lalui, maka selesailah sudah proses pemasangan plafon GRC. Tinggal saja mengecat permukaan plafon grc dengan warna yang diinginkan. 

Jangan lupa Subscribe, eh sory maksudnya jangan lupa ya, ketika pekerjaan pemasangan plafon grc sudah selesai, bersihkan dengan segera sampah - sampah yang berserakan, dengan menggunakan alat kebersihan yang ada di rumah seperti sapu, kain pel, dan lain sebagainya.

Dari beberapa penjabaran diatas dapat dilihat bahwa proses pemasangan plafon GRC memang mudah dan dapat dilakukan oleh siapapun tanpa keahlian khusus, kecuali mungkin pada tahap pendempulannya itu menurut admin sangat susah, karena harus membutuhkan kesabaran yang tinggi.

Ok, itulah informasi singkat mengenai CARA PEMASANGAN PLAFON GRC DAN KELEMAHANYA yang bisa kami sampaikan. terima kasih sudah singgah di blog ini, dan selamat mencoba.

1 Komentar untuk "6 Cara Pemasangan Plafon GRC Dan Kelemahannya"

Silahkan bagi yang mau Titip Kata, tulis di kolom di bawah ini :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel