Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Plafon Gypsum Vs Plafon GRC, Apa Saja Sih Perbandingannya ?

Perbandingan antara Plafon Gypsum dengan Plafon GRC | Dua material ini termasuk bahan material untuk pembuatan plafon rumah yang tengah menjadi primadona di tengah masyarakat saat ini.

Plafon
Kelebihan Papan Gypsum Vs Papn GRC, Untuk Plafon Rumah
Dimana keduanya sama - sama menawarkan kelebihannya masing - masing, untuk memikat para konsumen. Jadi sangat penting bagi bapak / ibu, teman - teman sekalian, untuk mengetahui terlebih dahulu informasi dasar mengenai ke dua material tersebut, agar nantinya tidak salah dalam hal memilih bahan material untuk pembuatan plafon rumah.

Lalu Apa Sih Perbandingan Plafon Gypsum Dan Plafon GRC / Kalsiboard

Berikut di bawah ini adalah Perbandingan antara plafon rumah bahan gypsum dengan plafon rumah bahan GRC / Kalsiboard, silahkan di baca :

1. Plafon Gypsum.

#Kelebihan :

  • Plafon Gypsum ini memang imemiliki beberapa kelebihan diantaranya dalam hal pemasangannya yang sangat mudah dan juga cepat. 
  • Selain itu plafon gypsum memiliki sifat Non-Combustible / Tahan Api, sehingga jika terjadi kebakaran maka api tidak akan cepat menyebar. Lalu dengan kombinasi rangka metal atau hollow, menjadikan plafon gypsum sebagai struktur yang kokoh dan kuat.
  • Satu hal yang paling di sukai para arsitek atau desainer atau tukang (termasuk saya pribadi sebagai admin di website ini dan juga sebagai tukang di lapangan) adalah : kemudahan dalam membentuk gypsum menjadi segala macam bentuk yang estesis, serta menghasilkan finishing / hasil akhir yang rapih. Salah satu kerapihannya yaitu pada sambungan antar papan gypsum yang tidak terlihat.

#Kekurangan :

  • Di samping punya kelebihan tentunya plafon gypsum juga punya kekurangannya yaitu sifatnya yang tidak tahan air. Jadi ketika akan melakukan pekerjaan pemasangan plafon khususnya plafon gypsum ini, pastikan terlebih dahulu atap sengnya apakah bocor atau tidak,
  • Plafon gypsum memang mempunyai sifat yang tidak tahan air, tapi kalo hanya kena tetesan saja itu tidak menjadi masalah, asalkan airnya jangan sampai tergenang di atasnya.

2. Plafon GRC (Glassfiber Reinforced Cementboard) / Kalsiboard.

Bahan utama dari plafon GRC ini adalah campuran dari serat dan semen dan biasa di pasang di rangka kayu. 

#Kelebihan : 

  • Keunggulan atau kelebihan utamanya adalah kuat dan tahan air jika terjadi kebocoran pada atap rumah.
  • Itu saja yang kita tahu dalam hal keunggulannya.

#Kekurangan

  • sayang nya untuk menghasilkan finishing yang baik dan rapih bila menggunakan bahan dari Papan GRC ini, membutuhkan waktu yang sangat lama, tenaga yang lebih banyak, dan juga ongkos kerja yang lumayan mahal.
  • Belum tersedianya atau penemuan dalam hal pendempulan pada sambungan - sambungan papan GRC / Kalsiboard itu tidak setelah selesai pemasangan sering terjadi retak, dan itu yang pernah kita rasakan sebagai tukang plafon.

Jadi telah jelas bahwa ke dua material tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing - masing. Konsumen yang bijak akan memilah dan memilihnya sesuai kebutuhan. Bagi anda, bapak / ibu, teman - teman sekalian, yang memiliki budget terbatas namun ingin memiliki plafon rumah minimalis dengan model yang istimewa,  

Adapun kekurangan plafon gypsum yang tidak tahan terhadap air itu sebetulnya sangat bisa di siasati dengan mudah. Sekedar saran jika bapak / ibu berencana pasang plafon rumah, pilihlah bahan dari plafon gypsum, 

Ya, itulah informasi mengenai perbandingan antara plafon gypsum dengan plafon GRC. Menurut anda mana yang lebih baik ? Sekian dan terimakasih sudah mau singgah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.