Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Macam Insulasi Aplus Untuk Menghambat atau Mengurangi Arus

Insulasi Aplus disini adalah sebuah produk yang di produksi oleh aplus.co.id yang fungsi-nya untuk menghambat atau mengurangi suatu arus, seperti aliran panas, suar atau arus litsrik diantara dua area yang berbeda.
insulasi aplus
Macam Jenis Insulasi Aplus
Tapi kalo menurut bahasa seorang tukang bangunan, Insulasi Aplus ini katakan saja sobat hendak membuat partisi atau sekat ruangan yang hasil-nya bisa adem ayeum, maka pakail-lah Insulasi Aplus ini di tengah-tengah partisi atau sekat tepat didalam rangka-nya. Kira-kira begitu..!!

Jadi Insulasi yang kita maksud merujuk pada bahan atau material yangf di gunakan untuk menghambat atau mengurangi tranfer panas, suara, dan arus listrik antara dua medium yang berbeda.

Dengan kata lain terdapat 3 Jenis Insulasi utama dalam dunia perinsulasian di Indonesia menurut kami, diantara-nya adalah sebagai berikut:
1. Insulasi Termal
Biasa digunakan untuk mengurangi arus panas antara dua permukaan atau medium agar suhu bisa tetap terjaga dan stabil di dalam sebuah ruangan dalam rumah.
2. Insulasi Akustik
Berfungsi untuk mengurangi transmisi suara yang bisa membantu meredam kebisingan dan menjaga keheningan di dalam sebuah ruangan. Insulasi semacam ini tegolong ke dalam jenis bahan peredam suara ruangan untuk rumah
3. insulasi Listrik
Digunakan untuk mengisolasi kabel dan komponen lain-nya yang fungsi-nya untuk mencegah terjadi-nya arus listrik yang tidak di inginkan dan dapat melindungi dari resiko kebakaran atau kejutan dari arus listrik yang ditimbulkan.

------

Pengertian dari ketiga jenis insulasi tersebut merupakan gambaran umum buat sobat yang masih bingung dalam mendefinisikan apa itu insulasi.

4 Macam Insulasi Aplus di Indonesia

Terdapat banyak macam merek yang memproduksi produk insulasi di Negara Indonesia kita yang tercinta ini.

Tetapi dalam artikel ini, kita hanya akan membahas dan berfokus pada 4 macam insulasi dari merk Aplus dan berikut dibawah inilah penjelasan lengkap-nya.

1. Insulasi Roxplus Mineral Wool Aplus

Insulasi Roxplus Mineral Wool
Roxplus Mineral Wool Aplus
Roxplus Mineral Wool ini merupakan produk insulasi dari merk Aplus yang mana produk ini terdiri dari 2 tipe atau jenis, yaitu tipe mineral wool dan type glasswool.

Kedua tipe tersebut adalah salah satu produk insulasi dari aplus yang bisa menghambat atau mengurangi panas dan suara dengan keunggulan sebagai berikut:
  • Dapat menyerap panas hingga 1000 derajat celcius
  • Mampu mengurangi kebisingan dan menyerap suara
Bagi sobat yang ingin mengetahui tentang spesifikasi ata data teknis-nya, silahkan lihat list-nya dibawah ini:
  • Tebal: 50 mm
  • Panjang: 120 cm
  • Lebar: 60 cm
  • Nominal Kepadatan: Diantara 60,80 hingga 100 (density kg/m3)
Jika sobat ingin menggunakan produk insulasi aplus yang satu ini sebagai bahan penghambat atau pengurang arus-nya, maka rekomendasi pemasangan yang kami sarankan adalah ruangan kantor, bangunan industri, ruang generator, pusat perbelanjaan, hingga studio musik.

2. Roxplus Glass Woll Aplus

Roxplus Glass Woll
Roxplus Glass Woll Aplus
Roxplus Glass Wool aplus ini, adalah tipe atau jenis kedua yang sempat kita singgung pada penjelasan point satu diatas yang mana ini juga merupakan salah satu produk insulasi dari merk Aplus.

Sepintas terlihat sama antara roxplus mineral wool dan glass wool ini, terutama ketika kita melihat warna-nya yang sama-sama berwarna kuning. Padahal fakta-nya memang terlihat sama kok, termasuk sama juga keunggulan dan spesifikasi ukuran serta rekomendasi pemasangan-nya, hehehe..!!

So, buat sobat yang ingin mengetahui sfesifikasi ukuran atau data teknis dan rekomendasi pemasangan untuk produk Roxplus Galss Wool Aplus yang satu ini, maka lihat kembali penjelasan pada poin kesatu diatas.

3. Woven Laminated Series Aplus

Woven Laminated Series Aplus
Woven Laminated Series Aplus
Woven Laminated ini merupakan produk Insulasi Aplus berkualitas yang biasa dipergunakan untuk menghambat atau mengurangi arus atau bisa dikatakan juga sebagai bahan lapisan pemantul panas pada atap sebuah bangunan.

Aplus woven laminated series ini memiliki daya tahan dan kemudah dalam pengaplikasian-nya, dimana masing-masing model terdapat 2 macam pilihan lapisan pemantul, yakni lapisan alumunium tahan lama (Model A) dan lapisan metal pet ekonomis yang praktis (Model P).

Berbicara tentang keunggulan Woven Laminated Series Aplus ini, maka keungulan-nya adalah sebagai berikut:
  • Kehalusan permukaan dengan emissivity rendah sebesar 0.03%
  • Kemampuan pantulan panas yang tinggi mencapai 97%
  • Material menggunakan PE (Polyethylene) dengan keberadaan zat tambahan rendah, hanya 0.1%
  • Tidak menyerap kelembaban
  • Lebar material adalah 120 cm
  • Hypoallergenic, tidak menyebabkan alergi
  • Tidak menghasilkan serat, sehingga tidak menyebabkan iritasi
  • Mudah untuk diterapkan dan membersihkan
  • Ramah lingkungan karena dapat didaur ulang
  • Memiliki kekuatan daya tarik yang tinggi
  • Dilapisi dengan film PE anti air untuk meningkatkan daya tahan dan ketahanan terhadap air
  • Garansi produk mencapai 10 tahun*
  • Fitur tambahan (tersedia berdasarkan permintaan): Ketahanan terhadap api dan lapisan anti alkali yang lebih tinggi.
Biar lebih jelas, sobat bisa melihat gambar atau foto dari produk Woven Laminated Aplus secara lebih dekat dan terperinci dalam mengamati-nya, dibawah ini:
woven laminated double
model aplus woven laminated doubel
woven laminated single
model aplus woven laminated single
Kemudian perihal spesikisi ukuran atau data teknis untuk produk Woven Laminated Series Aplus ini dapat sobat lihat juga rincian-nya secara detail pada list, berikut ini:
  • Ukuran: 1,2 m x 50 m
  • Bahan Woven:
    • Double Side: Alumunium
    • Single Side: Alumunium + Woven + Alumunium

4. Buble Laminated Series Aplus

Macam insulasi aplus yang keempat (4) atau yang terakhir, yakni terdapat Buble Laminated Series yang merupakan produk terkahir dari merk Aplus sebagai bahan material untuk menghambat atau mengurangi arus dalam sebuah bangunan.

Buble laminated series aplus ini sebagian para ahli ada yang mengatakan dengan istilah, "Double Sided Foil Laminated Air Bubble", oleh karena produk ini mempunyai 2 (dua) struktur lapisan luar penahan panas.

Jadi lapisan pertama memiliki tingkat pantulan panas sebesar 97% dan tingkat emissivity sebesar 0,03% yang kemudian terdapat lapisan emissivity lain-nya sebesar 0,1% yang sudah dilengkapi gelembung udara 18 mikron dengan menggunakan material Polyelene (PE) sebagai insulasi panas-nya.
Fire Resistance / Retardant Buble Series
Fire Resistance / Retardant Buble Series
standard burble series aplus
Standard Burble Series Aplus
Lalu, apa keunggulan dari produk Buble Laminated Series Aplus yang satu ini? Berikut dibawah ini adalah penjelasan ringkas tentang keunggulan-nya:
  • Tahan terhadap api
  • Memiliki kekuatan tarik yang tinggi
  • Dapat menahan suara bising hingga -3db lebih
  • Bisa diaplikasikan pada semua jenis atap dan dinding.
  • Bobot berat-nya ringan dengan luas mencapai 120 cm.
  • Terdapat lapisan anti alkali yang lebih tinggi didalam-nya
  • Terbebas dari serat dan tidak bakal membuat iritasi dan alergi. Mampu menghalau uap air dan menyerap air kelembapan hingga nol.
  • Mampu memecah panas secara High R Value dengan permukaan emissivity yang rendah.
  • Merupakan produk Insulasi ramah lingkungan oleh karena mempergunakan bahan material yang bisa di daur ulang.
Spesifikasi Ukuran Buble Series Aplus
Ketebalan: ± 4 mm
Diameter Bubble: 2 cm
Diameter Roll: 55 cm
Berat Roll: 16 kg
Itulah 4 Macam Insulasi Aplus yang mana fungsi dari insulasi itu sendiri adalah untuk menghambat atau mengurangi suatu arus, mau itu arus panas, arus suara bising, arus listrik, dan lain sebagai-nya yang dapat kami informasikan.

Apakah ini bisa membantu sobat semua-nya? Sekian dan terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga ini bisa bermanfaat buat generasi anak bangsa dimasa depan.