Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Alat Terbaik Untuk Desain Rumah Yang Gratis dan Mudah Digunakan

Alat atau Aplikasi Sofware Terbaik Untuk Mendesain Rumah - Apakah Sobat sedang berencana memperluas rumah, membuat dapur, kamar mandi baru, atau mungkin ingin mulai merapikan taman? Atau mungkin juga Sobat baru saja pindah ke rumah baru dan ingin melakukan beberapa proyek perbaikan?

8 Alat Terbaik Untuk Desain Rumah

Entah Sobat melakukannya sendiri atau meminta bantuan dari para profesional, saat ini sudah banyak perangkat lunak desain rumah dan interior yang profesional, mudah digunakan, terjangkau, dan bahkan ada yang gratis.

Tidak peduli proyek rumah apa yang sedang Sobat kerjakan, Sobat pasti ingin mengkomunikasikan ide-ide Sobat dengan semua orang yang terlibat seakurat mungkin, mulai dari tata letak ruangan hingga warna cat untuk setiap ruang.

Menggunakan perencana ruangan atau aplikasi desain adalah cara paling akurat dan praktis untuk menggambarkan sejumlah ide-ide desain rumah secara visual.

8 Alat Terbaik Desain Rumah Gratis

Kata Cory Powell dari DBS Bathrooms yang memperkenalkan beberapa perangkat lunak desain gratis terbaik yang saat ini tersedia bagi para perancang rumah dan dekorator interior.

1. SketchUp


SketchUp adalah perangkat lunak desain 3D gratis paling lengkap yang akan Sobat temukan di internet, kata Cory. Alat desain rumah yang kuat ini sangat imersif sehingga terasa seolah Sobat sedang berjalan di dalam rumah masa depan, namun tetap fleksibel layaknya bekerja dengan pena dan kertas.

Versi gratisnya cocok untuk hobi, sementara versi pro lebih tepat untuk para profesional di bidang arsitektur, konstruksi, teknik, dan desain interior komersial.

Apakah Sobat sedang membangun perluasan rumah, sebuah rumah pohon, atau merencanakan debut di Grand Designs, kedetilan perangkat lunak ini akan membantu mewujudkan setiap aspek desain Sobat.

2. Floorplanner

Floorplanner

Floorplanner memungkinkan Sobat merancang dan mendekorasi ruangan dalam 2D dan 3D, yang dapat dilakukan secara online tanpa perlu mengunduh perangkat lunak.

Meskipun fungsi dekorasi interiornya sangat bagus, keunggulan utama alat desain rumah ini terletak pada fungsinya sebagai perencana lantai. Setelah rencana lantai selesai, Sobat bisa beralih ke tampilan 3D untuk mendekorasi ruangannya.

Alat atau aplikasi desain rumah keren yang satu ini, sangat mudah digunakan dan cepat dipahami! Jadi, jika Sobat mencari sesuatu yang tidak memerlukan pembelajaran yang rumit, Floorplanner adalah pilihan yang bagus.

3. SmartDraw

Aplikasi SmartDraw

SmartDraw adalah alat kuat dalam dunia perencanaan lantai. Penggunaannya mudah dipelajari sehingga cocok untuk semua orang, sementara kemampuannya yang lebih tinggi juga memungkinkan desain-detail yang rumit bagi para perancang yang lebih mahir.

Dengan berbagai pilihan mebel, mobil, bahan bangunan, serta ribuan contoh template dan rencana lantai, Sobat bisa menjelajahi banyak desain dan tata letak yang tak terbatas untuk ruang baru Sobat.

Satu-satunya kekurangan dari alat ini adalah bahwa hanya gratis selama tujuh hari pertama. Jadi jika Sobat berencana menggunakannya lebih lama atau untuk beberapa proyek, mungkin akan lebih sepadan jika di-upgrade.

4. Planner 5D

Alat desain Planner 5D

Planner 5D adalah alat desain rumah yang paling menarik. Seperti versi gratis dari Sketch Up, alat ini memungkinkan Sobat bisa merasakan secara mendalam, yang berarti dapat menjelajahi desain dengan seakan-akan berada di tanah.

Dengan Planner 5D, Sobat dapat mulai dari awal atau menggunakan template yang sangat cocok untuk rencana membuat lantai lebih cepat jika tidak punya waktu atau tidak ingin membuat desain rumit.

Yang luar biasa dari perangkat lunak ini adalah bahwa ia bisa digunakan di iOS, artinya Sobat dapat membuat rencana di ponsel atau iPad saat Sobat sedang bergerak.

Dalam memulai mendesain rumahnya pun sangatlah mudah. Mulailah dengan menyesuaikan bentuk, ukuran, bahan, dan warna lantai. Lalu tambahkan mebel dan aksesori, beralih ke tampilan 3D, dan pasang jendela dan pintu. Jika Sobat ingin, bisa juga menambahkan lantai kedua dan atap.

Satu-satunya kekurangannya adalah jika Sobat ingin menggunakan mebel dalam aplikasi, harganya bisa mahal, terutama untuk mebel yang lebih dari sekadar tempat tidur, kursi, atau sofa yang paling dasar.

Jadi dengan alat desain rumah ini, semua aspek desain dapat diubah dalam hal warna dan tekstu. Dan ketika Sobat siap untuk membagikan rencana Sobat, dapat dicetak dalam format fotorealistik.

5. HomeByMe

HomeByMe

HomeByMe adalah salah satu alat desain rumah favorit larantuka gypsum. Sejauh yang kami ketahui, ini benar-benar gratis dan begitu pula dengan semua fiturnya.

Caranya bekerjanya adalah merek-merek menambahkan produk-produk mereka ke dalam katalognya, yang berarti Sobat akan menggunakan produk nyata untuk mengisi dan mendekorasi rumah Sobat.

Keuntungannya adalah Sobat dapat merencanakan desain Sobat hingga akhir dan memiliki akses ke mebel dan dekorasi sebenarnya yang SobatSobat gunakan untuk menciptakan ruang secara kreatif.

Seperti halnya dengan Planner 5D, Sobat dapat beralih dari 2D ke 3D setelah Sobat selesai merancang rencana lantai dan tampilan setiap ruangan.

Atau, Sobat dapat memulai dengan dekorasi dan menekan 'ringkasan', dan perangkat lunak akan menghasilkan rencana lantai dengan semua mebel dan peralatan dapur di tempat yang tepat.

6. Roomstyler 3D Home Planner

Roomstyler 3D Home Planner

Ada banyak hal yang disukai tentang Roomstyler. Seperti HomeByMe, penggunaannya sangat mudah. Bahkan menurut kami alat desain ini, begitu sangat intuitif. Sehingga hampir tidak perlu panduan video yang tersedia. Ini adalah kelebihan lain dari perangkat lunak ini. Dari semua alat desain rumah, ini adalah satu-satunya yang memiliki panduan video untuk setiap pertanyaan yang mungkin Sobat miliki tentang alat ini.

Keuntungan terbesar dari perangkat lunak ini adalah Sobat dapat membuat ruangan kustom dalam hitungan menit. Aplikasi ini juga memungkinkan Sobat mengisi ruang Sobat dengan produk dari merek-merek nyata, artinya Sobat akan mendekorasi rencana Sobat dengan barang-barang yang dapat dibeli saat siap mewujudkan desain rumahnya.

7. DFS room planner

DFS room planner

Sofa adalah salah satu investasi paling penting yang akan Anda buat untuk rumah, jadi saat mencari sofa baru di DFS, Sobat juga dapat merancang ulang ruangan dan ini akan sangat ideal jika Sobat sedang mendekor ulang atau pindah ke rumah baru.

Sobat dapat menggunakan tampilan 2D atau tampilan 3D dan dari situ, pilih bentuk ruangan, masukkan ukuran, dan tentukan warna dinding dan penutup lantai.

Sobat bahkan dapat menambahkan aksesori untuk memperindah ruangan, serta bermain-main dengan dekorasi untuk melengkapi sofa pilihan Sobat.

8. Carpetright visualiser

Carpetright visualiser

Jika Sobat sedang mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam lantai baru, alat visualisasi lantai dari Carpetright akan membantu Sobat membayangkan bagaimana ruangan akan terlihat dengan karpet, vinyl, kayu, atau lantai laminasi..

Cukup ambil foto ruangan pilihan Sobat (atau pilih ruangan contoh) dan unggah ke alat visualisasi. Sobat dapat menyesuaikan warna dinding dan jenis lantai..

Dari sana, Sobat dapat menyimpan ruangan dan memesan sampel, membawa Sobat satu langkah lebih dekat menuju ruangan impian Sobat.

Itulah dia, 8 Alat atau Aplikasi (Software) Terbaik Untuk Desain Rumah yang Gratis dan Mudah di Gunakannya. Apakah ini bisa membantu?

Sekian dan terimakasi sudah berkunjug sekaligus menyimak di situs larantukagypsum.com, semoga ini bisa bemanfaat buat sobat yang membutuhkannya.