Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Plafon Kalsiboard vs Gypsum, Mana Yang Terlihat Baik Untuk Rumah Huni

Plafon Kalsiboard Vs Gypsum - Ketika merenovasi atau membangun rumah, plafon merupakan salah satu elemen penting yang perlu di pertimbangkan. Plafon tidak hanya bisa memberikan keindahan visual pada sebuah ruangan, tetapi juga memiliki fungsi penting dalam isolasi suara dan perlindungan dari kelembapan.
plafon kalsiboard dan gypsum
plafon kalsiboard vs gypsum
Diantara berbagai macam jenis material plafon yang tersedia khususnya di pasaran Indonesia, kalsiboard dan gypsum merupakan opsi atau pilihan yang terbilang popular. Namun, mana yang lebih baik dan bagus diantara keduanya menurut sobat gipsum?

Jika bingung menjawab, maka di kesempatan pembuatan artikel ini larantukagypsum.com akan membahas tentang perbandingan antara plafon kalsiboard dan plafon gypsum untuk membantu sobat gipsum dirumah yang belum selesai di bangun, agar bisa membuat keputusan yang tepat.

Ya, dalam artikel ini kita akan membandingkan plafon kalsiboard dan gypsum yang merupakan dua bahan material bangunan yang seringkali di gunakan untuk membuat plafon rumah.

Sobat akan melihat kelebihan dan kekurangan dari masing-masing bahan tersebut dan mempertimbangkan faktor seperti biaya, keamanan, keawetan, serta estetika. Dengan adanya informasi ini, diharapkan sobat akan membuat keputusan yang tepat untuk rumah huni sobat.

Plafon Kalsiboard

kalsiboard

Pertama-tama kita bahas terlebih dahulu tentang apa itu plafon kalsiboard dan kelebihan serta kekuranga yang harus diketahui sebelum memutuskan untuk menggunakannya sebagai bahan material untuk plafon rumah, sebagai berikut:

1. Apa Itu Plafon Kalsiboard?

Plafon Kalsiboard adalah jenis plafon yang terbuat dari bahan campuran dan serat alami, dimana bahan material untuk pembuatan plafon rumah yang satu ini berbentuk lembaran yang beratnya ringan dan kuat.

Plafon kalsiboard memilki sifat tahan air, tahan api, dan memiliki kekuatan dengan daya tahan yang baik.

Plafon ini bagi tukang yang sudah profesional mudah di pasang yang mana seringkali digunakan dalam proyek konstruksi serta renovasi untuk memberikan tampilan yang estetis pada ruangan.

2. Kelebihan Plafon Kalsiboard

Plafon kalsiboard mempunyai beberapa kelebihan yang membuatnya bisa menjadi salah satu pilihan yang baik untuk rumah hunian. Berikut dibawah ini, penjelasan singkat mengenai kelebihan plafon kalsiboard.

2.1. Tahan Air

plafon kalsiboard memiliki sifat tahan air yang sangat baik. Hal ini, tentunya akan membuatnya plafon rumah tidak mudah rusak yang diakibatkan oleh kelembapan, seperti bocor dari atap ataupun kelembapan udara yang sangat tinggi.

Dengan plafon yang mampu menahan air, maka sobat bisa menghindari masalah yang tidak diinginkan, semisal : kerusakan, bercak air, hingga kemungkinan tumbuhnya jamur.

2.2 Tahan Api

Selain tahan air, bahan kalsiboard juga nyatanya memiliki sifat tahan terhadap api dengan sangat baik. Ini artinya, adalah plafon kalsiboard tidak akan mudah terbakar dan dapat membantu membatasi penyebaran api, jika terjadi kebakaran.

Sifat yang tahan terhadap api ini, tentunya akan memberikan perlinbdungan tambahan buat rumah sobat sekaligus memberikan waktu yang sangat berharga untuk mengatasi situasi darurat, betul?

2.3. Tahan Rayap

Plafon kalsiboard juga bisa tahan terhadap serangan rayap dan serangan serangga lainnya, dimana serangga seperti rayap dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan pada bagian struktur bangunan rumah termasuk plafon.

Maka, dengan menggunakan pafon kalsiboard yang mampu tahan terhadap rayap, sobat bisa menghindari masalah semacam ini sekaligus dapat memperpanjang umur plafon sobat dirumah.

2.4 Pemasangannya Mudah

Salah satu kelebihan dari plafon kalsiboard lainnya, ialah kemudahan dalam hal pemasangannya tapi berlaku khusus untuk tukang yang sudah profesional.

Untuk tukang pemula, menurut kami masih perlu pengalaman yang panjang dalam menghasilkan finishing plafon kalsiboard yang benar-benar rapih.

Bahan kalsiboard sebelum dijadikan plafon tersedia dalam bentuk lembaran yang bobot beratnya terbilang ringan dan mudah dipotong sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. Sehingga, hal ini tentu bisa menghemat waktu dan tenaga serta pikiran selama proses instalasi atau pemasangan.

3. Kekurangan Plafon Kalsiboard

Disamping terdapat kelebihan apapun itu, pastinya akan terdapat kekurangan termasuk plafon kalsiboard yang mana terdapat pula kekurangannya.

Dan salah satu kekurangan plafon kalsiboard, ialah harga per lembar + pasang atau biaya jasa ongkos pasang yang mahal oleh karena proses pemasangan plafon kalsiboard membutuhkan kesabaran yang tinggi agar bisa menghasilkan finishing akhir yang nampak terlihat rapih dan menarik.

Ya, jika sobat ingin menggunakan kalsiboard untuk plafon rumahnya dengan kualitas dan hasil akhir yang baik, maka harus mempersiapkan biaya tambahan secara eklusif untuk ongkos pasangnya. Tapi, entahlah kalo pengaturan tukang yang ada di kota sobat mungkin tidak sama seperti tukang plafon yang ada di kami.

Plafon Gypsum

gypsum

Sesudah mengetahui definisi plafon kalsiboard diatas, maka harus mengetahui pula tentang apa itu gypsum untuk bisa memperbandingkan yang sekiranya bagusan yang mana, kalsiboar atau gypsum.

1. Apa Itu Plafon Gypsum

Plafon gypsum, ialah jenis plafon yang bahan dasarnya dibuat dari gypsum yang merupakan bahan mineral yang alami. Plafon ini terdiri dari lembaran tipis yang terbilang ringan yang dibuat khusus untuk digunakan sebagai bahan material plafon.

Salah satu keunggulan utama dari plafon gypsum adalah tampilan estetika yang halus dan rata yang dihasilkannya. Permukaan yang mulus ini mampu memberikan sentuhan yang elegan dan modern pada ruangan.

2. Kelebihan Plafon Gypsum

Kelebihan plafon gypsum ini sebetulnya sudah pernah di bahas beberapa kali pada artikel yang sudah dibuat sejak lama yang artikelnya terdapat di kategori (Label) khusus plafon gypsum.

Namum, akan kita ulas sedikit di sini agar sobat tidak pusing dalam mencari artikel tentang kelebihan gypsum yang sudah pernah dibuat tersebut, sebagai berikut:

2.1. Tampilan Estetika Yang Halus

Salah satu kelebihan yang utama seperti yang sudah kita sampaikan diatas, yakni memiliki tampilan finishing akhir yang halus, rapih, dan rata terutama pada bagian sambungan gypsumnnya.

Perihal sambungan akan jelas berbeda dengan finishing akhir pada plafon kalsiboard, dimana sambungan kalsiboard dapat terjadi retak di kemudian hari.

Maka dari itu, kita katakan kenapa plafon kalsiboard lebih mahal ongkos pasangnya oleh karena hal semacam itu, dimana seorang tukang plafon profesional di tuntut untuk tidak terjadi hal negatif ting ting, yakni dapat mencegah tidak terjadinya retak pada sambungan plafon dikemudian hari.

Lain halnya dengan plafon gypsum, dimana tukang pemula masih bisa terlihat profesiona oleh gypsum yaitu tadi mampu memberikan tampilan akhir dengan estetika yang halus, rapih, dan rata hingga dalam jangka waktu yang lama.

2.2. Kemampuan Isolasi Suara

Selain itu, gypsum memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menyerap suara dan mengurangi kebisingan. Hal ini menjadikan gypsum sebagai pilihan yang ideal untuk ruangan dalam rumah yang memerlukan keheningan atau kesunyian, seperti : ruang theater, studio musik, hingga kantor dengan kegiatan rutin yang membutuhkan keheningan yang hakiki.

Sehingga, secara tidak langsung plafon gypsum dapat membantudalam menciptakan lingkungan di sekitar rumah yang lebih tenang dan nyaman.

2.3. Kemudahan Pemasangan

Kemudahan dalam hal pemasangan sebetulnya bagi tukang yang sudah profesional apapun bahan material plafonnya, ya gampang dan mudah saja dipasangnya. Tapi ongkos kerjanya bagaimana, apakah bisa di terima dengan harga yang diajukan dimana jika tidak ada penawaran harga yang sadis, maka kualitas finishing akhirnya juga sudah pasti dijamin berkualitas, kuat, rapih, dan rata. Hehehe.

Jadi, gypsum ini juga tersedia dalam bentuk lembaran dengan bobotnya yang ringan yang membuat proses pemasangannya menjadi lebih mudah dan cepat. Fleksibiliatasnya memungkinkan pemotongan untuk penyesuaian desain dan ukuran ruangan yang di inginkan, terbilang cukup mudah.

3. Kekurangan Plafon Gypsum

Plafon gypsum memiliki kekurangan yang juga mesti sobat pertimbangkan sebelum memutuskan memilihnya. Berikut, adalah kekurangan plafon gypsum:

3.1. Rentan Terhadap Lembap

Salah satu kekurangan terbesar pada plafon gypsum, ialah rentan terhadap lembap dimana gypsum tidak tahan terhadap air. Jika terkena air secara berkepanjangan atau dihadapkan pada situasi ruangan yang terdapat kelembapan, maka dapat menyebabkan kerusakan secara struktural.

Oleh karena itu, plafon gypsum lebih cocok di aplikasikan pada ruang-ruang dalam rumah yang kering atau bisa juga dalam sebuah ruangan yang kelembapannya terkontrol.

3.2. Gypsum Tidak Tahan Api, Kata siapa?

Ada yang mengatakan bahwa gypsum tidak tahan api, kata siapa? Justru gypsum bisa tahan terhadap api yang baik sama halnya seperti kalsiboard, oleh karena didalamnya terdapat komposisi yang dapat memberikan perlindungan terhadap api seperti terdapatnya bubuk gypsum dibalik kertas yang menyelimutinya.

Ya, betul! Gypsum memiliki sifat tahan api yang baik yang dapat memberikan perlindungan terhadap api sekaligus dapat membantu memperlambat penyeberan api bila terjadi kebakaran yang tidak diinginkan.

Namun, penting juga untuk diingat bahwa dalam situasi kebakaran yang parah gypsum tetap saja terbakar. Oleh karena itu, tetaplah mengikuti pedoman keamanan kebakaran yang berlaku dan memastikan pemilihan material perlindungan tambahan yang sesuai dengan yang di perlukan.

Perbedaan Plafon Kalsiboard dan Gypsum

Meskipun plafon kalsiboard dan gypsum memiliki kunggulannya masing-masing, terdapat beberapa perbedaan yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan jenis plafon yang akan dipilih! Berikut, adalah perbedaan utaman antara plafon kalsiboard dan gypsum:

1. Bahan

Seperti yang sudah disampaikan bahwa plafon kalsiboard terbuat dari semen dan kalsium karbonat, sementara gypsum terbuat dari kalsium sulfat dihidrat. Perbedaan bahan ini, tentu memberikan karakteristik yang berbeda pada kedua jenis plafon tersebut

2. Kekuatan

Plafon kalsiboard memiliki kekuatan yang lebih tinggi dibandingkan gypsum. Hal ini membuat plafon kalsiboard lebih tahan terhadap beban berat dan benturan.

3. Kelembaban

Plafon lebih tahan terhadap kelembaban daripada gypsum. Oleh karena itu, jika sobat membutuhkan plafon untuk ruangang dengan kelembaban yang tinggi seperti kamar mandi, plafon kalsiboard mungkin menjadi pilihan yang lebih baik.

4. Tampilan

Gypsum memberikan tampilan yang lebih halus dan rapi pada plafon, permukaannya dapat di finishing dengan lebih baik, sehingga bisa memberikan hasil akhir yang estesis.

Perbandingan Plafon Kalsiboard dan Gypsum

Dalam hal tahan air, plafon kalsiboard memiliki keunggulan dibandingkan gypsum. Kalsiboard memang lebih tahan api dan tahan juga terhadap segala macam bentuk benturan, namun gypsum lebih menonjol dalam segi keindahan visual serta kemampuanya dalam mengisolasi suara (kedap suara)

Selain itu, harga gypsum lebih terjangkau ketimbang kalsiboard terutama dalam hal ongkos atau biaya pemasangannya dimana ongkos kerja pemasangan plafon gypsum lebih murah daripada pemasangan kalsioard.

Lantas, mana yang lebih dan bagus menurut sobat gypsum, apakah plafon kalsiboard atau gypsum? Silahkan sobat jawab melalui kolom komentar yang sudah disediakan dibagian paling bawah.

Adapun kalo menurut pendapat kita, pilihan antara plafon kalsiboard dan gypsum tergantung pada preferensi dan kebutuhan sobat dirumah. Jika ingin mengutamakan plafon yang tahan air, maka plafon kalsiboard merupakan pilihan yang baik dan bagus.

Namun, jika lebih menginginkan tampilan estetika yang halus dengan efek isolasi suara (meredam suara) yang baik, maka plafon gypsum bisa menjadi pilihan yang baik dan bagus! Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan faktor harga dan kebutuhan spesifik ruangan dalam rumah sobat yang ingin dipasangi plafon.

Kesimpulan Tentang Plafon Kalsiboard dan Gypsum

Jadi kesimpulannya, adalah plafon kalsiboard dan gypsum merupakan dua opsi yang popular dalam pembangunan maupun renovasi sebuah bangunan rumah huni. Kedua jenis plafon rumah ini, mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Sebelum membuat keputusan akhir, pertimbangkan kebutuhan dan preferensi sobat dengan secara matang-matang.

Dalam hal tahan air dan tahan api, pilih plafon kalsiboard. Sedangkan, jika menginginkan tampilan estetika yang halus dan kemampuan isolasi suara yang baik, plafon gypsum dapat menjadi pilihan yang lebih baik dan bagus ketimbang kalsiboard.

Demikian informasi tentang plafon kalsiboard dan gypsum yang dapat kami bahas untuk sobat baca saat nanti membutuhkannya, baik dimasa sekarang maupun di masa depan.

Apakah artikel ini bisa membantu? Sekian dan terimakasih sudah singgah dihalaman ini sekalgus menyimaknya. Akhir kata, semoga bermanfaat.