Daftar 14 Bank Dengan Suku Bunga KPR Rendah Per Juli - Agustus 2023

Pada bulan awal juli hingga akhir agustus 2023, terdapat beberapa bank yang menyediakan suku bunga KPR dengan bunganya yang rendah. Bagi sahabat kpr yang yang berencana membeli rumah melalui KPR, maka peluang ini akan sangat berharga dan tidak sebaiknya dilewatkan begitu saja.
Daftar 14 Bank Dengan Suku Bunga KPR Rendah
Bank Bunga KPR Rendah
Terlebih lagi di lokasi-lokasi yang menjadi favorit, dimana kenaikan harga rumah biasanya terjadi dalam setiap kuartal atau setiap tiga bulan sekali. Oleh karena itu, sebaiknya sobat segera mengunci harga rumah sekarang sebelum terjadi kenaikan harga dimasa mendatang.

Namun, sebelum sobat mengajukan KPR penting buat sobat untuk memahami secara detail mengenai seluk beluk KPR.

Definisi KPR

KPR adalah kependekan dari Kredi Pemilikan Rumah, yang merupakan produk pembiayaan yang ditujukan untuk pembelian rumah dengan skema pembiayaan sekitar 85 persen s/d 90 persen dari harga rumah.

Sampai saat ini, KPR masih disediakan oleh bank-bank, meskipun terdapat juga perusahaan pembiayaan yang menyalurkan pembiayaan perumahan melalui lembaga sekunder (hiusing financing).

Biasanya pengembang telah menjalin kerjasama dengan bank untuk memudahkan proses pengajuan KPR. Oleh karena itu, salah satu pertimbangan penting ketika membeli rumah ialah bank yang menyediakan KPR.

Untuk mengajukan KPR sobat perlu mengisi formulir pemesanan kredit yang disediakan oleh pengembang dan membayar biaya pemesanan serta uang muka yang utuh. Selain itu, lengkapi juga formulir pengajuan kredit dan siapkan dokumen-dokumen penting sesuai dengan daftar syarat KPR yang tercantum, seperti berikut:
  • Calon peminjam KPR harus merupakan WNI (Warga Negara Indonesia) dan memiliki pemahaman mengenai hukum.
  • Buat karyawan, usia paling minimal ialah 21 tahun dan maksimalnya 55 tahun.
  • Buat wiraswasta dan profesional, usia paling minimal ialah 21 tahun dan maksimalnya 65 tahun.
  • Calon peminjam harus memiliki penghasilan rutin setiap bulan.
  • Buat karyawan, sudah harus bekerja mninimal 2 tahun.
  • Buat wiraswasta dan profesional, harus sudah menjalankan usaha paling minimal 3 tahun.

Macam-Macam Jenis Bunga KPR di Indonesia

Sistem suku bunga KPR tetap (fixed) dan fluktuatif (floating) merupakan dua jenis sistem penentuan suku bunga pinjaman yang umum dipergunakan dalam dunia perbankan. Bagi sebagian orang awam, mungkin sulit untuk memilih antara keduanya terutam jika tidak memahami secara pasti cara perhitungan bunga tersebut. Secara singkat, berikut ini adalah pengertian dari kedua jenis suku bunga tersebut:

1. Bunga Fixed Rate (Tetap)

Bunga dikenakan kepada debitur dengan mengacu pada angka tertentu selama jangka waktu (tenor) tertentu, misalnya saja : suku bunga fixed rate (bunga tetap) sebesar 7% selama setahun. Dan ini berarti, bahwasanya pada tahun pertama, suku bunga fixed rate (bunga tetap) tetap 7% meskipun suku pasar fluktuatif.

2. Bunga Floating Rate (Mengambang)

Bunga yang dikenakan kepada debitur mengikuti fluktuasi suku bunga acuan (BI rate). Biasanya, bank menerapkan kombinasi bunga dalam produk KPR, misalnya sobat membayar cicilan dengan suku bunga tetap selama beberapa tahun pertama, kemudian melunasi sisanya dengan suku bunga floating rate (bunga mengambang).

3. Bunga Capped (Dibatasi)

Selain dua jenis tersebut, terdapat beberapa bank yang menawarkan bunga dengan sistem Capped yang artinya dibatasi. Bunga Capped memiliki karakteristik yang mirip dengan bunga floating rate (mengambang), namun dengan batasan tertentu.

Misalnya, jika sobat mendapatkan Bunga Capped sebesar 10%, maka bunga yang dikenakan pada sobat akan mengikuti fluktuasi pasar, namun tidak akan melebihi 10% dan seumpama suku bunga dipasar mencapai 11%, sobat akan dikenakan bunga sebesar 10%! Tetapi, jika suku bunga turun hingga 9% bunga yang dikenakan pada sobat juga akan ikut turun menjadi 9%.

Cara Perhitungan Bunga KPR

Ada 3 (tiga) metode dalam perhitungan Bunga KPR dimana metode atau cara-cara ini, yakni metode anuitas, flat, dan metode efektif.

1. Perhitungan Bunga KPR Menggunakan Metode Efektif

Jumlah bunga dalam metode ini ditentukan dengan mengalikan tingkat suku bunga dengan sisa pokok pinjaman. Setiap bulannya, saldo pokok pinjaman akan berkurang seiring dengan pembayaran cicilan yang dilakukan.

Oleh karena itu dalam metode perhitungan Bunga KPR efektif, debitur akan membayar jumlah Bunga KPR yang akan semakin berkurang dalam setiap bulannya.

2. Perhitungan Bunga KPR Menggunakan Metode Flat

Dalam metode Flat, bunga dihitung berdasarkan jumlah pokok pinjaman pada tahap awal, sedangkan metode Efektif menghitung bunga berdasarkan sisa pinjaman yang belum terbayar.

Sebagai hasilnyua, debitur akan membayar jumlah bunga yang sama dalam setiap bulannya oleh karena faktor pengali dari bunga tidak pernah berubah. Hal ini, mengakibatkan porsi poko dan porsi bunga dalam jumlah cicilan kpr tetap tidak berubah.

3. Perhitungan Bunga KPR Menggunakan Metode Anuitas

Metode anuitas dapat dianggap sebagai modifikasi dari metode Efektif dimana dalam metode ini, jumlah angsuran pokok dan bunga yang dibayarkan setiap bulannya tetap sama.

Besarannya akan disesuaikan berdasarkan perubahan jumlah angsuran pokok setiap bulannya, sehingga total angsuran juga tetap konsisten dalam setiap bulannya.

Take Over (Pengambil Alihan) KPR

Take Over KPR atau istilah lainnya pengambil alihan Kredit Pemilikan Rumah bisa menjadi pilihan yang tepat, bilamana sobat ingin membeli rumah di lokasi tertentu dengan harga yang lebih terjangkau.

Hal ini karena membeli rumah yang sedang dalam proses cicilan atau melakukan pengambil alihan kredit (take over kredit), seringkali disebabkan oleh kebutuhan yang mendesak dari pemilik rumah atau penjual untuk bisa mendapatkan uang dengan cepat.

Pihak perbankan juga melihat ini sebagai pasar yang menjanjikan, sehingga umumnya mereka memberikan banyak kemudahan terutama bagi nasabah yang dianggap dapat diandalkan oleh bank.

Daftar 14 Bank Dengan Suku Bunga KPR Rendah

Setelah merasa siap untuk mengajukan KPR, hal penting lainnya ialah membandingkan suku bunga antar KPR. Hal ini, karena bank seringkali menawarkan promo suku bunga KPR rendah dalam jangka waktu terbatas.

Momen semacam ini perlu dimanfaatkan oleh debitur agar angsuran yang harus dibayarkan menjadi lebih terjangkau. Untuk membantu sobat gypsum dalam memilih bank yang tepat, larantukagypsum.com telah merangkum 14 bank dengan penawaran Suku Bunga KPR rendah per Juli - Agustus 2023.

1. Bank Tabungan Negara (BTN)

Terhitung sejak tanggal 01 Januari 2023 yang telah berlalu, Bank Tabungan Negara atau BTN akan menaikan Suku Bunga KPR kolaborasi dengan pengembang pilihan menjadi, sebesar 5,46%.

Selain itu, BTN juga mempunyai program suku bunga fixed dua tahun mulai dari 7,59% dan suku bunga fixed 20 tahun dengan bunga sebesar 11,59% untuk nasabah yang berpendapatan tetap serta 12,59% untuk nasabah non-fixed income.

Pilihan suku bunga tetap hingga jangka waktu 20 tahun juga tersedia, sementara suku bunga floating BTN hingga saat ini mencapai 12,5%.

2. Bank Nasional Indonesia (BNI)

Walaupun tren suku bunga sedang naik, Bank Nasional Indonesia atau yang biasa dikenal dengan KPR Bank BNI Griya tetap menawarkan suku bunga KPR yang ringan.

Suku bunga bank BNI, mulai dari 2,76% dengan tenor mencapai 30 tahun. Disisi lain, berdasarkan SBDK (Suku Bunga Dasar Kredit) untuk KPR di bank BNI, sebesar 7,25%.

3. Bank Mandiri

Seperti halnya BNI, SBDK (Suku Bunga Dasar Kredit) untuk KPR bank Mandiri, ialah sekitar 7,25%. Pada awal 2023 di bulan Januari yang lalu bank Mandiri menawarkan beberapa promo suku bunga KPR, seperti:
  • suku bunga 4,18% tetap selama 3 (tiga) tahun,
  • suku bunga 3,88% tetap 3 (tiga) tahun,
  • suku bunga 4,88% tetap 5 (lima) tahun,
  • suku bunga 8,5% tetap 10 tahun,
  • dan suku bunga tertinggi 9,55% 10 tahun
Selain itu, bank Mandiri juga menyediakan penawaran suku bunga bertingkat tetap selama 10 tahun mulai dari 3,98% tetap pada tahun pertama hingga tahun ketiga. Kemudian, 7,68% tetap dari tahun keempat hingga tahun keenam, dan 9,68% dari tahun ketujuh hingga tahun kesepuluh.

Promo suku bunga yang disebutkan di atas berlaku untuk pengajuan KPR dengan memenuhi persyaratan dan ketentuan yang berlaku, sebagai berikut:
  • Berlaku untuk pembelian properti baru dari pengembang unggulan dengan memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku.
  • Khusus untuk nasabah pilihan Bank Mandiri yang mengajukan KPR
  • dan Untuk pembelian property bekas dengan memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku

4. Bank Central Asia (BCA)

BCA KPR selalu menawarkan suku bunga fix berjenjang yang memberikan keuntungan suku bunga rendah, dimana BCA saat ini menawarkan kesempatan terkahir untuk mendapatkan suku bunga istimewa sebesar 3,85% fixed selama 3 (tiga) tahun dengan minimal tenor (jangka waktu) 10 tahun lamanya.

Selain itu, BCA juga menawarkan berbagai macam pilihan suku bunga spesial KPR BCA lainnya yang bisa juga sobat manfaatkan dengan sebaik - baiknya.

5. Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Bank Rakyat Indonesia atau Bank BRi juga menyediakan suku bunga KPR yang sangat rendah, dimana suku bunga terendah KPR BRI adalah sekitar 1,27% selama setahun pertama kredit.

Bahkan, hingga akhir tahun 2023 nanti BRI menawarkan suku bunga KPR mulai dari:
  • 1,27% fixed selama 1 tahun
  • 2,77% fixed selama 2 tahun
  • 3,1% fixed selamna 3 tahun
  • dan 4,57% fixed selama 5 tahun
Adapun untuk sisa bank lainnya sebanyak 9 bank dengan suku bunga KPR rendah per juli - agustus 2023, dapat sobat lihat pada tabel, sebagai berikut:
No. Bank Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK)
1. Bank Panin 6,88%
2. Bank DBS 7,24%
3. Bank Jasa Jakarta 7,50%
4. Bank CIMB 7,50%
5. Bank Danamon 8,25%
6. Bank OCBC NISP 8,25%
7. Bank HSBC 9,25%
8. Bank Artha Graha 8,94%
9. Nobu Bank 9,25%

Perhitungan Simulasi KRP Rumah

Ferguson berencana membeli rumah dengan anggarannya, sekitar Rp. 1 milyar. Berapa cicilan yang harus dibayarkan ferguson dengan suku bunga fix 5,8% selama 5 tahun?
Keterangan Nilai
Harga Rumah yang Dibeli Rp1.000.000.000
Pembayaran DP 30% Rp300.000.000
Sisa Pembayaran Rp700.000.000
Periode KPR Fixed 15 tahun
Suku Bunga 5,8% p.a.
Tenor 15 tahun
Lantas, berapakah jumlah cicilan atau angsuran yang mesti dibayarkan dalam setiap bulannya oleh ferguson?
Cicilan per bulan selama 5 tahun: Rp5.831.629
Cicilan setelah 5 tahun: Berlaku floating (sesuai ketentuan bank)
Jadi, dalam proses pembelian KPR rumah yang dilakukan oleh ferguson, maka ferguson harus membayar DP atau Uang Muka sebesar 30% dan cicilan bulanan tetap selama 5 (lima) tahun sebesar Rp. 5.831.629. Sesudah masa periode suku bunga tetap (fixed) berakhir, maka suku bunga akan berlaku sesuai dengan ketentuan floating.

6 Hal Yang Perlu Diperhatikan Oleh Debitur Perihal Bunga KPR

Sesudah memilih bunga KPR yang sesuai dengan kebutuhan sobat dirumah, masih ada sejumlah hal yang harus Sobat perhatikan mengenai Bunga KPR agar tidak terjadi kesalahan, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Down Payment (DP) atau uang muka mesti diperhatikan ketika memilah bunga KPR
  2. Pastikan sobat sudah membandingkan tingkatan dan jenis bunga KPR
  3. Tentukan dengan yakin masa pinjaman KPR sobat
  4. Pastikan juga sobat sudah membaca seluruh kebijakan bank yang sobat pilih
  5. Yakinkan pada diri sendiri bahwa sobat bisa melunasi kredit sebelum masa cicilan habis
  6. Dan pastikan untuk selalu diketahui mengenai penurunan sisa nila KPR
Dengan data-data tersebut, sobat sudah siap untuk membuat keputusan dan memulai KPR. Bilamana sobat sudah menentukan bank pilihan, maka segera lakukan transaksi sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Yuk, temukan beragam pilihan rumah lengkap dalam daftar proeprty serta referensi panduan seputar property di larantukagypsum.com