KPR, Apakah Itu? Dan Ini, Keuntungan KPR Yang Harus Di Ketahui

Apa itu KPR? KPR, adalah kependekan dari kredit pemilikan rumah. KPR dapat di jelaskan sebagai salah satu opsi yang sangat menguntungkan bagi sobat yang ingin memiliki memiliki rumah sendiri, namun belum memiliki cukup uang secara tunai.

apa itu kpr

Pada pembuatan artikel kali ini, larantukagypsum.com akan mengulas mengenai apa itu kpr yang mana ini sangat terkait dengan harga property yang saat ini semakin meningkat pesat.

Ketika berbicara tentang apa itu kpr, fasilitas ini akan sangat membantu sangat membantu banyak orang yang ingin memiliki rumah melalui skema kredit. Lalu, apa itu KPR? Apa saja yang ada dan manfaat apa yang bisa didapat darinya?

Apa Itu KPR

Kredit Pemilikan Rumah (KPR), adalah sebuah metode pembelian rumah dengan sistem cicilan dalam jangka waktu dan tingka suku bunga yang telah ditentukan.

Untuk memperoleh yang lebih mudah tentang apa itu kpr dapat dikatakan bahwa dengan kpr, sobat gypsum tidak perlu menyediakan uang tunai secara penuh untuk membeli rumah.

Yang perlu sobat persiapkan, hanyalah uang muka (down payment/DP) sebagi salah satu persyaratan pengajuan kpr. Setelah proses ini, sobat dapat membayar sisanya dengan cara di angsur atau secara angsuran dalam periode waktu yang telah di tetapkan.

Selanjutany, terdapat sejumlah persyaratan lain yang di ajukan oleh pihak bank kepada calon nasabah yang ingin mengajukan kpr termasuk durasi tenor, tingkat suku bunga, dan hal-hal lainnya.

Jika, sobat gypsum saat ini sedang merencanakan untuk memiliki rumah impian sendiri? Sobat, dapat mencoba mengajukan KPR ke bank, oleh karena rumah merupakan aset utama yang penting bagi setiap individu yang berdiam di kolong langit muka bumi ini.

Berdasarkan data dari Bank Indonesia (BI) pada kuartal IV tahun 2019 yang telah berlalu, sekitar 72% dari total pembiayaan residensial yang menggunakan KPR sebagai metode pembayaran.

Presentase tersebut, terbilang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan metode pembayaran dengan cicilan bertahap kepada pengembang, sebesar 20%. Sedangkan, yang menggunakan pembayaran tunau sebesar 8%.

Disamping itu, KPR tetap menjadi pilihan utama bagi banyak orang di Indonesia! Karena, pembayaran dengan cicilan berahap kepada pengembang umumnya memiliki tenor yang singkat dengan batas maksimal hanya 5 tahun.

Disisi lain pembayaran uang tunai cenderung dihindari oleh orang-orang untuk mengurangi resiko kegagalan kontruksi atau penundaan, terutama ditengah sulitnya ekonomi seperti saat sekarang ini.

Demikian, beberapa hal yang perlu sobat gypsum pahami tentang KPR. Namun, sebelum sobat memutuskan untuk mengajukan KPR disarankan untuk memahami pesyaratan - persyaratan yang terkait dengan kpr dan berkonsultasilah dengan kerabat terdekat atau seseorang yang ahli di bidang ini.

Fungsi - Fungsi KPR

Sekarang sobat gypsum sudah memiliki pemahaman tentang apa itu KPR, bukan? Berikut ini, adalah beberapa fungsi-fungsi kpr yang bisa membantu sobat dalam memenuhi kebutuhan rumah impian pribadi:
✅ KPR Untuk Pembelian Rumah
Sobat dapat memperoleh hunian rumah impian baru dengan mengajukan pinjaman atau KPR melalui program pembelian KPR. Melalui program ini, sobat dapat memiliki rumah baru impian dengan membelinya dan rumah ini akan menjadi jaminan atas pinjaman yang sobat ajukan.
✅ Kpr Untuk Perbaikan Rumah
Bank-bank swasta maupu BUMN di Indonesia menyediakan fasilitas KPR untuk tujuan renovasi atau memperbaiki rumah. Namun, setiap bank memiliki keunggulan dan persyaratan yang berbeda-beda.

Ada beberapa jenis KPR yang dapat sobat ajukan, salah satunya adalah KPR Multiguna. Dalam proses pengajuan KPR Multiguna, sobat hanya perlu menyediakan agunan atau jaminan.

Jika osbat gypsum ingin mengajukan KPR untuk perbaikan atau renovasi rumah, sobat dapat menggunakan sertifikat tanah sebagai jaminan.
✅ KPR Untuk Pembelian Tanah
KPT atau Kredit Pembelian Tanah adalah salah satu opsi yang dapat sobat pertimbangkan jika ingin membeli sebidang tanah, namun belum memiliki dana dalam jumlah besar.

Bank menyediakan fasilitas cicilan, pinjaman, atau pembiayaan untuk memenuhi kebutuhan pembelian sebidang tanah atau kavling lahan kepada para pemohon.

Secara umum, produk layanan semacam ini memiliki kesamaan dengan Kredit Pemilkan Rumah (kKPR) dan yang membedakan hanya terletak pada objek yang dibelinya saja. Objek untuk kredit tanah, umumnya adalah lahan kosong yang belum di dirikan bangunan.
✅ KPR Buat Kepemilikan Ruko
Sobat gypsum juga memiliki kesempatan untuk membeli property lain, seperti Ruko atau Rumah Toko melalui program KPR Pembelian. Setelah proses pembelian selesai, property tersebut akan menjadi jaminan atas KPR yang sobat ajukan.
✅ KPR Untuk Pembelian Apartemen
Permintaan yang tinggi terhadap apartemen telah menyebabkan kenaikan harga yang signifikan, sehingga banyak orang yang menghadapi kesulitan dalam membelinya.

Namun, sobat tetap memiliki peluang untuk mendapatkan unit apartemen dengan harga terjangkau msekipun memiliki gaji yang terbatas, yakni dengan mengajukan Kredit Pembelian Apartemen (KPA).

Kini, sobat memiliki kesempatan untuk mengajukan KPA bank-bank swasta maupun BUMN dengan biaya cicilan yang terjangkau dan uang muka (DP) yang mudah dibayar.

Biasanya, KPA dapat memberikan pembiayaan hingga 70-80 persen dari total harga apartemen yang akan di beli.

Selain itu, tenor kreditnya
✅ KPR Buat Take Over
Secara prinsip, KPR Take Over merupakan proses pemindahan kredit dari bank awal ke bank lainnya yang memberikan keuntungan bagi nasabah.

Jenis kpr yang satu ini, sangat sesuai bagi sobat yang ingin mengubah jenis suku bunga agar lebih mudah dalam membayar angsuran.

6 Keuntungan (Manfaat) KPR

Setelah mengetahui apa itu Kredit Pemilikan Rumah dan berbagai jenis KPR diatas, penting bagi sobat untuk mengetahui manfaat atau keuntungan membeli property dengan KPR.

Dengan mengajukan KPR, sobat dapat mewujudkan rumah impian sobat dan memperoleh juga berbagai manfaat serta keuntungan, sebagai berikut:

1. Legal

KPR sudah memberikan jaminan legalitas yang baik untuk rumah sobat, mulai dari keabsahan surat tanah hingga surat bangunan rumah. Jadi, sobat tidak perlu khawatir tentang legalitas rumah tersebut.

Sesudah memahami dengan baik tentang KPR melalui penjelasan di atas, sobat dapat dengan segera memiliki hunian pribadi sobat sendiri baik itu rumah, apartemen, ruko, atau membeli tanah dengan mengajukan KPR.

Salah satu layanan KPR di Indonesia, yakni terdapat layanan KPR Bank Niaga yang merupakan solusi untuk memuwujudkan hunian idaman sobat dengan beragam pilihan sesuai kebutuhan.

Beberapa keuntungan yang bisa sobat dapatkan dengan mengambil KPR CIMB Nak Niaga termasuk suku bunga kompetetif yang bervariasi, tersedia juga berbagai pilihan tujuan pinjaman, dan jangka waktu pinjaman hingga 25 tahun lamanya.

Selain itu, terdapat juga sejumlah tujuan penggunaan KPR seperti kpr untuk membeli rumah, kpr untuk membeli apartemen, kpr untuk membeli ruko, kpr untuk membeli tanah kapling, alih pinjaman, renovasi, hingga multiguna, dan top up.

Persyaratan umumnya, semisal Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Indonesia, bukan badan usaha (perorangan), memiliki usia minimal 21 tahun, usia maksimal pada akhir masa kredit adalah 58 tahun atau sesuai dengan ketentuan pensiun perusahaan untuk karyawan dan 70 tahun untuk profesional (Wiraswasta)

2. Investasi Jangka Panjang

Dibalik keinginan sobat untuk memiliki rumah, membeli rumah juga dapat di jadikan sebeagai investasi jangka panjang.

Setelah melunasi KPR, rumah tersebut dapat di jual kembali dengan harga yang lebih tinggi dari harga awal pembelian. Terlebih lagi, jika rumah tersebut memiliki lokasi yang sangat strategis.

3. Uang Muka (DP) Tidaklah Besar

KPR bisa memberikan manfaat atau keuntungan buat sobat yang mungkin khawatir, untuk membayar uang muka yang besar. KPR akan menawarkan solusi dengan memberikan kemudahan pembayaran uang muka (dp) yang tidaklah terlalu besar dan pastinya akan disesuaikan dengan kebutuhan sobat.

Umumnya, bank menetapkan pembayaran awal sebesar 30 persen dari harga rumah dan dapat dilakukan dalam bentuk uang tunai.

Itulah pembahasan tentang apa itu KPR, jenis kpr, dan keuntungan atau manfaat KPR yang dapat larantukagypsum.com informasik buat sobat gysum semuanya dimana pun berada.

Apakah artike bisa membantu? Sekian dan terimakasih atas kunjungannya, semoga ini bisa berguna dam bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkannya.