Alat dan Bahan Cetak Lis Plafon Gypsum Yang Biasa Di Pakai

Apa saja alat atau peralatan dan bahan-bahan untuk cetak profil lis atau bisa juga untuk mencetak dop lampu gypsum yang harus di persiapkan yang dapat sobat ketahui dengan segera dihalaman ini, dimana manfaat les dan dop lampu gypsum ini akan dipergunakan sebagai aksesoris plafon dan partisi ketika sudah selesai di cetak.
alat cetak list gypsum
Peralatan dan Bahan-Bahan Cetak List Gypsum
Ya, jika sobat sobat berencana ingin membuat plafon gypsum didalam interior rumah dan ingin tampilannya terlihat aduhai dan indah atau sedap dipandang mata, maka plafonnya harus di tambahkan aksesori.

Adapun aksesoris yang biasa dipergunakan untuk plafon, ialah lis gypsum atau yang biasa dikenal profil list les gypsum yang fungsinya untuk membingkai plafon seperti halnya bingkai foto keluarga yang menempel pada sebuah dinding.

Selain untuk membingkai plafon, juga bisa untuk membuat hiasan dibagian tengah plafon dengan bentuk yang diinginkan yang di kombinasikan dengan dop lampu gypum (center panel) sebagai central atau titik pusat utama pemandangan yang dapat memperindah suasana desain ruangan pada plafon.

Nah, di kesempatan pembuatan artikel kali ini larantukagypsum.com akan mengulas tentang peralatan dan bahan-bahannya untuk cetak list gypsum yang diperlukan disaat sobat ingin mencetak listnya sendiri dirumah supaya bisa berhemat.

Tetapi, jika sobat tidak mau repot, bisa membeli batangan lis yang sudah jadi di toko terdekat yang biasa menjual list gypsum di kota sobat dengan secara mudah dan pastinya akan cepat ditemukan.

Karena, tukang pembuat list gypsum disaat sekarang ini sudah banyak sekali jumlahnya dan sudah tersebar secara merata di seluruh kota-kota yang ada di Indonesia.

Termasuk cv larantukagypsum.com sendiri yang punya beberapa cabang yang sudah kita sebar di sebagian kota di Indonesia, namun kotanya agak kepinggiran sedikit dimana sinyal internetnya masih agak tersendat.

Alat dan Bahan Cetak Profil List Gypsum

Buat sobat yang ingin mencetak profil list les atau lis dan profil dop lampu gypsum sendiri dirumah, maka harus mempersiapkan alat-alat dan bahan-bahan yang diperlukan saat pencetakan, sebagai berikut:

1. Mal Gypsum

gambar mal gypsum
Alat pertama yang mesti disiapkan, ialah mal gypsum atau istilah yang bisa dimengerti namanya cetakan gypsum. Tanpa mal atau cetakan, list gypsum di butuhkan untuk pemasangan plafon tidak akan tercipta.

Begitupun dengan semua tukang penjual list gypsum yang ada diseluruh pelosok di Indonesia, dalam memperbanyak listnya semuanya dengan mempergunakan mal gypsum.

Mal gypsum ini, bisa juga dikatakan sebagai alat utama untuk mencetak atau membaut batangan list gypsum yang proses pembuataannya dikerjakan secara manual dengan menggunakan tangan.

Kendati di jaman yang sudah modern terdapat mesin khusus untuk membuat list gypsum berbagai macam motif, namun entah kenapa para tukang list ini lebih memilih mengerjakannya secara manual dengan mengandalkan tangan.

Alasannya utamanya, bisa jadi karena harga mesin pencetak list gypsum yang sangat mahal hingga ratusan juta. Adapun alasan lainnya adalah karena mesin pembuat lis gypsum ini belum ada di Indonesia yang artinya jika ada konsumen yang mengingkannya, maka harus di pesan terlebih dahulu dan nanti sang ahli pembuat mesin lis gypsum akan merancangnya dan membuatkannya untuk si pemesan dengan jangka waktu tertentu.

Jadi buat sobat yang mencetak list gypsum secara manual, maka sobat bisa membeli mal gypsumnya di marketplace seperti di tokopedia, lazada, dan lain sebagainya. Selain di toko onlie, sobat bisa memesannya di tukang penjual list gypsum terdekat di kota sobat dengan motif lis yang diinginkan dan berikan waktu 2 hari untuk membuat malnya, maka setelahnya sobat bisa membawa mal atau cetakan list gypsumnya kerumah.

2. Casting Gypsum

casting aplus dan elephant
Casting ini merupakan bahan tepung gypsum yang perlu sobat beli di toko bangunan terdekat dalam pembuatan list gypsum dengan ciri atau karakteristiknya, seperti tepung terigu yang di bungkus dengan mengunakan karung berukuran 20 kg.

Selain itu, produk casting juga terdapat berbagai macam merek, seperti merk aplus dan elephant yang merupakan bahan favorit kami dalam mencetak list gypsum sehari-hari, kendati masih banyak merk casting lainnya di pasaran di Indonesia.

Sobat bisa menemukan bahan casting dengan mudah dan cepat di berbagai toko material bangunan di toko terdekat di kota sobat terutama untuk casting merk aplus yang penyebaran prdouknya sudah tersebar secara merata ke seluruh pelosok Indonesia.

Tanpa bahan casting ini, sobat tidak membuat list gypsum. Artinya, tepung casting ini tidak bisa sobat gantikan dengan tepung terigu yang biasa di pergunakan oleh ibu-ibu untuk memasak. Jadi, tepung casting ya tepung casting dan bukanlah tepung terigu yang mana dalam tepung casting sudah tercampur dengan zat-zat perekat khusus didalamnya.

3. Serat Roving (Benang Roofing)

serat roving
serat roofing (benang roving)
Serat roofing atau benang roofing ini bukanlah sebuah alat (peralatan), melainkan termasuk kedalam bahan pendukung yang wajib ada dalam pembuatan profil lis gysum, dimana bentuknya menyerupai tali rapia yang di gulung seperti benang.

Lalu, kenapa roving roofing wajib ada dalam pembuatan lis gypsum? Karena fungsi atau manfaatnya, yakni untuk menambah kekuatan pada batang list les lis gypsum agar tidak mudah patah dan retak saat diangkat dari mal gypsum!

Sekedar sobat pemula ketahui, setelah lis gypsum dicetak akan diangkat dan di keringkan terlebih dahulu dengan cara digantung pada sebuah paku yang ketinggiannya sesuai dengan panjang list gypsum. Lalu, kemudian lis bisa dipergunakan untuk dipasang pada plafon menjadi sebuah bingkai.

Jadi buat sobat yang ingin mencetak list gypsum sendiri, beli terlebih dahulu serat roofing (roving) ditoko material bangunan terdekat dikota sobat dengan harga benang roving yang menurut kami cukup terjangkau dan cukup untuk dipakai hingga jumlah ratusan batang yang dicetak dengan list berukuran 7cm motif polos.

4. Ember Cor (Kecil)

ember cor
ember cor tempat campuran casting
Ember cor yang kecil ini merupakan alat atau peralatan yang juga sangat dibutukan dalam pembuatan batangan list gypsum yang fungsi dan kegunaannya sebagai tempat mencapur casting dan air atau membuat adonan tepung list gypsum.

Jadi saat sobat sudah mempersiapkan mal gypsum dan casting, maka perlu membongkar casting dalam karung dan memasukan tepungnya sesuai dengan takaran kedalam ember yang sudah terisi air.

Setelah itu, aduk secara perlahan hingga merata tapi jangan terlalu lama mengaduknya, lalu kemudian taburkan ke mal hingga bentuk lis gypsum tertutup semua.

Sebelum adonan castingnya kering, cepat-cepat tebarkan serat roving diatasnya dan tumpahkan kembali sisa-sisa campuran casting hingga bersih.

Sesudah itu, tinggalah rapikan saja bagian permukaan atas adonan dengan menggunakan tangan atau skrap plastik. Agar lebih jelas, sobat bisa menyimak artikel tentang "3 Langkah Cara Membuat List Gypsum Yang dan Benar" yang sudah pernah di bahas sebelumnya.

5. Skrap Plastik dan Pisau Plamir

skrap plastik
gambar skrap plastik dan pisau dempul
Ini juga merupakan salah satu alat atau peralatan dalam mencetak list gypsum yang juga akan diperlukan saat list gypsum hendak diangkat.

Jadi, saat sudah menumpahkan adonan casting diatas mal gypsum, sobat harus merapihkan permukaannya dengan menggunakan skrap plastik. Dan ketika hendak mengangkatnya, sobat gunakan pisau dempul (plamir) untuk membantu mencongkel pada bagian pinggiran list gypsum secara perlahan hingga jari-jari tangan bisa masuk masuk didalam celahnya. Jika jari-jari tangan sudah bisa masuk pada bagian celah yang sudah di conegke pisau dempul, maka selanjutnya tinggal sobat memangangkatnya dengan tangan secara perlahan hingga list terangkat seluruhnya.

6. Minyak Goreng dan Kuas

Siapa sih, yang tidak tahu minyak goreng? Ya, minyak goreng ini merupakan bahan atau mungkin bisa juga dikatakan sebagai alat mencetak gypsaum yang memiliki fungsi dan kegunaan sebagai anti lengket.

Jadi sebelum sobat membuat adonan casting, olesi terlebih dahulu mal gypsum dengan menggunakan kuas secara merata. Baru setelah mal di olesi, boleh taburkan adonan castingnya keseluruh permukaan mal gypsum.

Mungkin hanya itu alat dan bahan cetak list gypsum yang diperlukan dimana setelah list gypsum terbentuk, maka akan digunakan sebagai akasesoris untuk mempercantik plafon rumah.

Apakah ini bisa membantu? Sekian dan terimakasih sudah berkunjung, semoga ulasan tentang alat dan bahan untuk membuat list gypsum ini bisa bermanfaat buat sobat yang membutuhkannya.