Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambah Daya Listrik PLN, 900VA ke 1300VA Secara Offline! Disertai dengan Biayanya...!!

Bagaimana cara menambah daya listrik PLN dari daya lama 900 VA ke daya baru yang lebih besar 1300 VA secara offline yang disertai juga dengan biayanya, bisa sobat ikuti langkah-langkahnya yang akan kita infokan serta kita uraikan dihalaman ini.
tambah daya listrik pln
Itupun jika sobat ada rencana buat melakukan penambahan daya listrik dirumah, maka sobat wajib menyimak artikel tentang tambah daya listrik ini hingga sampai selesai.

Dan entah mau kapan sobat akan melakukan penambahan daya listriknya itu terserah sobat, yang penting informasi ini sudah sobat ketahui sebelum proses tambah daya listrik dirumah sobat direalisasikan.

Penambahan daya listrik secara offline ini telah kita lakukan semua langkah-langkahnya baru-baru ini, sejak artikel ini diterbitkan ke khalayak orang banyak di dunia internet atau dunia online.

Ya, saya sebagai Admin di situs ini baru-baru ini atau lebih tepatnya 2 hari yang lalu telah melakukan penambahan daya listrik dari yang sebelumnya daya listrik dirumah, yakni : 900VA, saya minta tambah daya sama PLN menjadi 1300 VA, semenjak artikel ini dipublish.

Dan ternyata, langkah-langkah penambahan daya listrik secara offline ini sangat mudah sekali dilakukan. Selain itu, dalam proses penambahan dayanya pun tidak memakan waktu yang lama.

Sebelum kita ke cara menambah daya listrik PLN dari daya 900VA ke daya 1300VA, mungkinkah sobat ingin mengetahui dulu alasan kenapa saya tambah daya listrik ini ?

Adapun alasan kenapa saya harus melakukan penambahan daya listrik ini, oleh karena dirumah terdapat penambahan barang-barang elektronik yang pakai listrik baru, seperti berikut ini:
  • Dispenser untuk memanaskan air yang selalu menyala sepanjang waktu siang dan malam, oleh karena saya biasa minum kopi setiap saatnya.
  • Kipas angin yang tadinya hanya satu kipas angin, bertambah menjadi 3 kipas angin oleh karena cuaca di Indonesia sekarang semakin panas dan gerah, yang membuat saling berebut kipas angin antar anggota keluarga dari siang mapun malam.
  • Selain itu terdapat juga penambahan seperangkat laptop beserta booster, yang terkadang paling banyak memakan daya listrik disaat dinyalakan.
Sebelum barang-barang elektronik tersebut hadir menghiasi ruangan didalam rumah, sudah ada sebelumnya barang elektronik, semisal : 
  • kulkas, televisi, 1 kipas angin, balon-balon lampu yang terang mulai dari 20 watt hingga sampai 50 watt.
Sehingga ketika semua barang-barang elektonik tersebut difungsikan atau dinyalakan, maka otomatis meteran listrik yang menempel di dinding teras rumah langsung loncat dari on ke off, alias aliran listrik di seluruh ruangan rumah langsung padam bin mati.

Padahal sebelum ada penambahan barang-barang elektronik baru tersebut, pemadaman listrik dari meteran ini tidak pernah terjadi sebelumnya.

Jadi terbayang, apabila pemadaman listrik yang dilakukan secara sepihak oleh meteran PLN ini terjadi terus menerus setiap hari, bisa-bisa barang elektronik dirumah rusak semua.

Maka oleh karena itu, saya melakukan inisiatif untuk mengganti atau menambah daya listrik ke daya yang lebih besar lagi, yakni : dari daya 900VA ke daya 1300VA.

Sebetulnya dalam tambah daya listrik ini tidak hanya dari daya 900VA ke daya 1300VA saja, melainkan bisa juga menambah daya listrik dari 900VA ke 2200VA, 3500VA, 4400VA, hingga sampai daya 5500VA.

Namun bagi saya buat apa juga memiliki daya listrik yang terlalu besar dirumah, toh nanti bisa berimbas ke bayar tagihan listrik atau beli pulsa token listrik yang lebih mahal.

Terkecuali, saya mau pasang AC diruangan kamar tidur atau ruangan keluarga dan ruangan-ruangan lainnya dirumah. Mungkin baru saya akan melakukan upgrade penambahan daya kembali, dari 1300VA ke daya yang lebih besar lagi.

Cara Tambah Daya Listrik PLN

Sebelum kita ke cara menambah daya listrik secara offline, kita ketahui dulu langkah-langkah cara melakukan upgrade atau ubah daya listrik dari rendah ke daya yang lebih besar dengan secara online, yang kita kutip dari situs pln.co.id, berikut ini:

1. Cara Menambah Daya Listrik PLN Secara Online.

Bagaimana cara tambah daya listrik secara online, dengan memanfaatkan ponsel atau bisa juga laptop dirumah, tanpa perlu lagi pergi ke kantor PLN ?

Dan berikut dibawah inilah, langkah-langkah yang harus sobat tempuh dalam melakukan permohonan ubah daya listrik PLN secara online :
  1. Sobat akses situs atau website PLN di www.pln.co.id,
  2. Setelah masuk dihalaman utama lalu klik menu "Pelayanan Pelanggan",
  3. Jika sudah, pilih dan klik menu "Ubah Daya",
  4. Silahkan sobat klik tombol "Setuju" pada halaman syarat dan ketentuan perubahan daya online, dan lalu klik "OK",
  5. Selanjutnya sobat isi formulir data pelanggan dan data pemohon yang di sediakan PLN, seperti berikut ini :
    • Data Pelanggan :
      • Ipdel / No Meter : ...
      • Nama Pemilik Meteran : ...
      • Provinsi : ...
      • Kabupaten / Kota : ...
      • Kecamatan : ...
      • Kelurahan / Desa : ...
      • Alamat : ...
      • No Hp : ...
      • Email : ...
      • Identitas KTP : ...
      • dan lain sebagainya.
    • Data Pemohon :
      • Apakah sobat pemilik bangunan : Ya atau Tidak
      • Nama : ...
      • Alamat : ...
      • Nomor rumah (rt / rw) : ...
      • No HP atau Telepon : ...
      • Indentitas KTP : ...
      • Email : ...
      • Konfirmasi Email : ...
    • Tarif / Daya Baru :
      • Pilih produk layanan : ...
      • Pilih peruntukan : ...
      • Pilih keperluan : ...
      • Pilih daya yang akan diupgrade : ...
      • Pilih token perdana : ...
  6. Setelah mengisi isian formulir diatas, selanjutnya centang kotak yang bertuliskan, "Dengan ini saya menyatakan data yang saya isi adalah benar dan saya bersedia mengikuti ketentuan yang berlaku di PT PLN (Persero)".
  7. Lalu berikutnya masukan kode yang ditampilkan disitu, kemudian klik tombol "Simpan Permohonan", maka proses permohonan ubah daya listrik selesai dilakukan.
  8. Selanjutnya tinggal tunggu email yang akan dikirimkan oleh pihak PLN ke email sobat
  9. Silahkan melakukan pembayaran melalui kantor pos atau via ATM sesuai dengan biaya yang berikan oleh PLN.
  10. Terakhir tinggal tunggu PLN menghubungi sobat, untuk melakukan perubahan daya listriknya langsung dirumah yang lama prosesnya sekitar 10 hari kerja, terhitung sejak sobat melakukan pembayaran tagihan ubah daya listrik pada poin 9.
Seperti itulah langkah-langkah atau proses cara melakukan tambah daya listrik secara online, yang dapat sobat terapkan hanya dengan melalui ponsel atau perangkat laptop dirumah.

Selanjutnya, akan kita infokan bagaimana cara ubah daya listrik PLN dengan secara offline.

2. Cara menambah daya listrik PLN Secara Offline

Bagaimana cara tambah daya lsitrik dengan secara offline ini menurut pengalaman saya sendiri, sangatlah mudah dilakukan dan tidak memerlukan waktu yang lama dalam prosesnya.

Adapun langkah-langkah yang telah saya praktekan sendiri, dalam melakukan perubahan atau tambah daya listrik PLN  dari 900 VA ke 1300 VA, adalah sebagai berikut :
  1. Persiapkan KTP dan catat Id Meteran diselembar kertas kecil atau di notepad ponsel maupun di daftar kontak ponsel pun bisa.
  2. Sobat datang sendiri, langsung dikantor PLN terdekat dikota sobat.
  3. Temui petugas PLN bagian pelayanan pelanggan.
  4. Lalu sampaikan pada petugas pelayanan pelanggan tersebut, bahwa sobat ingin menambah daya listrik dirumah dari 900VA ke 1300VA.
  5. Nanti petugasnya akan meminta id meteran pelanggan berupa nomor, yang biasa sobat gunakan disaat mengisi ulang pulsa token listrik.
  6. Selanjutnya petugas juga akan meminta KTP sobat atau identitas sobat sebagai pemohon ubah daya listrik, meskipun pemilik nama meterannya atas nama orang lain.
  7. Selanjutnya, petugas PLN akan meminta alamat lokasi rumah sobat. Silahkan sobat infokan alamatnya dengan secara detail, kepada petugas tersebut.
  8. Tunggu beberapa saat, petugas sementara mengisikan isian formulirnya. Sambil menunggu, sobat dapat melihat-lihat desain diruangan pelayanan tersebut, agar tidak bosan.
  9. Setelah hampir mau 5 menit menunggu, petugas akan menyerahkan selembar kertas yang isinya terdapat nomor register tambah daya, lengkap dengan biaya penambahan daya listrik yang harus sobat  bayarkan melalui kantor pos atau ATM.
  10. Di tahap ini, sobat sudah bisa pulang untuk melakukan pembayaran tambah daya listrik, tanpa perlu datang lagi di kantor PLN.
  11. Silahkan lakukan pembayaran melalui ATM ataupun kantor pos sesuai dengan biaya yang tertera pada selembar kertas sudah sobat terima dari petugas PLN dengan memasukan atau memberikan nomor register tambah daya listrik.
  12. Setelah melakukan pembayaran, silahkan tunggu hari ini atau besok, terhitung sejak sobat melakukan pembayaran. Nanti petugas PLN bagian tambah daya, akan datang langsung dirumah untuk merubah dayanya.
Catatan :
  • Apabila dihari besoknya diwaktu siang, petugas PLN perubah daya belum datang dirumah, maka sobat bisa datang lagi ke kantor PLN bagian pelayanan pelanggan untuk menyampaikan, bahwa belum ada petugas yang datang dirumah.
  • Diwaktu itu juga saya begitu, datang kembali dikantor PLN oleh karena petugas PLN belum kunjung datang dirumah setelah melakukan pembayaran.
  • Dan ketika saya pulang kembali dirumah, tidak sampai setengah jam petugas PLN perubah daya yang dimaksud pun datang dirumah untuk merubah daya listrik disaat itu juga. Tidak sampai 10 menit, penambahan daya listrik dirumah selesai dilakukan.
Jadi kesimpulannya, proses penambahan daya listrik yang saya lakukan secara offline ini, hanya membutuhkan waktu selama 2 hari saja.

Hari pertama melakukan pembayaran tambah daya melalui ATM, dan hari keduanya petugas PLN bagian lapangan datang dirumah untuk melakukan pekerjaan mengubah daya listriknya, dengan waktu yang tidak lama juga.

3. Biaya Tambah Daya Listrik 900VA ke 1300VA

Adapun berapa biaya yang telah saya keluarkan dalam menambah daya listrik dari 900VA ke 1300VA dirumah, adalah sebesar :
  • Rp. 574.000 (sudah termasuk dengan pengisian pulsa token listrik seharga Rp. 200.000).
Biaya tersebut, sudah sesuai dengan yang tercantum pada selembar kertas yang diberikan oleh petugas PLN bagian pelayanan pelanggan, disaat pertama kali datang dikantor PLN.

Selain diatas merupakan biaya asli yang diberikan PLN untuk penambahan daya listrik dirumah saya dari daya 900VA ke daya 1300VA.

Maka biaya tambah daya listrik dibawah ini, adalah merupakan biaya listrik yang kita peroleh dari hasil pencarian di mbah google.
Daya Listrik Lama 450VA
NoBesaran Daya Listrik Lama ke BaruHarga (Rp)
01Daya 450VA ke 900VA
Rp, 421.650
02Daya 450VA ke 1300VA
Rp, 796.500
03Daya 450VA ke 2200VA
Rp, 1.640.000
04Daya 450VA ke 3500VA
Rp, 2.130.000
05Daya 450VA ke 4400VA
Rp, 3.828.000
06Daya 450VA ke 5500VA
Rp, 4.892.000
Daya Listrik Lama 900VA
NoBesaran Daya Listrik Lama ke BaruHarga (Rp)
01Daya 900VA ke 1300VA
Rp, 374.800
02Daya 900VA ke 2200VA
Rp, 1.218.100
03Daya 900VA ke 3500VA
Rp, 2.519.400
04Daya 900VA ke 4400VA
Rp, 3.391.500
05Daya 900VA ke 5500VA
Rp, 4.457.400
Daya Listrik Lama 1300VA
NoBesaran Daya Listrik Lama ke BaruHarga (Rp)
01Daya 1300VA ke 2200VA
Rp, 843.300
02Daya 1300VA ke 3500VA
Rp, 2.131.800
03Daya 1300VA ke 4400VA
Rp, 3.003.300
04Daya 1300VA ke 5500VA
Rp, 4.069.800
Daya Listrik Lama 2200VA
NoBesaran Daya Listrik Lama ke BaruHarga (Rp)
01Daya 2200VA ke 3500VA
Rp, 1.259.700
02Daya 2200VA ke 4400VA
Rp, 3.003.300
03Daya 2200VA ke 5500VA
Rp, 4.069.800
Daya Listrik Lama 3500VA
NoBesaran Daya Listrik Lama ke BaruHarga (Rp)
02Daya 3500VA ke 4400VA
Rp, 872.100
03Daya 3500VA ke 5500VA
Rp, 1.938.800
Daya Listrik Lama 4400VA
NoBesaran Daya Listrik Lama ke BaruHarga (Rp)
03Daya 4400VA ke 5500VA
Rp, 1.069.900
Harga ubah daya listrik yang tercantum pada tabel diatas, tidak akan beda jauh dengan apa yang nanti akan diberikan oleh PLN, disaat sobat hendak melakukan perubahan daya listrik lama ke daya baru yang lebih besar.

Mungkin hanya itu ulasan tentang bagaimana Cara Tambah Daya Listrik PLN dari daya lama 900VA ke daya baru yang lebih besar 1300VA, yang dapat kita sampaikan.

Apakah ini bisa membantu ? Sekian dan terimakasih sudah menyimak artikel tentang cara tambah daya listrik yang disertai dengan tabel biaya ubah daya listrik diatas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Wassalam...!!