Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Langkah Cara Memulai Bisnis Ayam Petelur Skala Rumahan

Bisnis ayam petelur memiliki potensi besar yang sangat menjanjikan juga menguntungkan, yang membuat bisnis semacam ini disukai oleh sejumlah kalangan masyrakat di Indonesia! Bahkan, beberapa para peternak ayam pedaging beramai-ramai mengalihkan bisnis ayam pedagingnya ke bisnis ayam petelur.

memulai bisnis ayam petelur rumahan

Tidak cuma peternak yang sudah lama berkecimpung dalam dunia bisnis unggas, para peternak pemula pun terpikat hatinya untuk mencoba memulai bisnis ayam petelur oleh karena bisnis ini dapat dimulai dari skala rumahan, yaitu dengan berternak di halaman rumah terlebih dahulu.

Ya, dalam mengawali bisnis ayam petelur tidaklah harus mempunyai lahan tempat yang luas. Peternak, baik senior maupun pemula dapat memanfaatkan lahan-lahan sisa disekitar halaman rumah guna mencoba memulai bisnis ayam petelur.

Jangan takut gagal, jika bisnisnya gagal pun tidak akan menanggung kerugian yang begitu besar dan ini akan menjadi sebuah pembelajaran paling efektif, sebelum mengembangkan bisnis ayam petelur kearah yang lebih besar, yakni skala industri.

Kendati bisnis ayam petelur skala rumahan tidak akan mengalami kerugian besar oleh karena gatot (gagal total), alangkah baiknya buat peternak pemula dapat mengantisipasi perihal tersebut sebelum memulai bisnisnya.

Jadikan, pembelajaran kegagalan pertama sebagai pengalaman berharga yang menyenangkan, lalu ambil ilmu dan hikmahnya. Maka, dengan begini peternak pemula dapat merasakan keuntungan dari bisnis ayam petelur skala rumahan.

Lantas, bagaimana cara supaya bisnis ayam petelur skala rumahan dapat menguntungkan? Sobat gipsum, mesti memperhatikan sejumlah langkah-langkah atau tahapan sebelum memutuskan memulai bisnis ayam petelur skala rumahan ini.

Tahapan Memulai Bisnis Ayam Petelur

Terdapat langkah-langkah atau tahapan untuk bisa memulai bisnis ayam petelur skala rumahan yang mesti sobat perhatikan, supaya bisnisnya bisa berjalan sukses dan menguntungkan.

Adapun, bagaimana langkah-langkah memulai bisnis ayam petelur dapat sobat simak pembahasannya, sebagai berikut:

1. Lokasi Kandang Ayam Petelur.

Lokasi kandang untuk bisnis ayam petelur merupakan hal penting yang harus ditentukan dan diputuskan sebelum memulai.

Misalnya, disaat sobat gipsum hendak memulai bisnis ayam petelur skala rumahan! Sobat gipsum bisa menentukan lokasi bisnisnya, berdekatan dengan rumah! Bahkan, sobat gypsum juga dapat memanfaatkan sisa lahan halaman rumah.

Umumnya, lokasi kandang yang paling cocok dan sesuai guna memulai bisnis ayam petelur skala rumahan, ialah berada tepat dibelakang halaman rumah.

Bagi sobat gypsum yang rumahnya berada dipedesaan atau dipinggiran kota, lahan sisa yang berada dihalaman belakang rumah dapat dipergunakan untuk memulai bisnis ayam petelur skala rumahan.

Dan buat sobat gypsum yang tinggal diperkotaan pun, sebetulnya masih bisa melakukan bisnis ayam petelur skala rumahan oleh karena tidak memerlukan lahan untuk kandang yang luas.

Selain itu, yang mesti sobat perhatikan dalam memulai bisnis ayam petelur, yakni memastikan lokasi kandang dekat dengan sumber air bersih atau setidaknya dilokasi kandang terdapat ketersediaan air yang cukup, oleh karena air elemen penting dalam bisnis ayam petelur yang sangat diperlukan.

Ya, air akan sangat dibutuhkan guna asupan minuman pada ayam petelur terutama untuk membersihkan kandang dan lingkungan disekitar.

2. Membangun Kandang Ayam Petelur.

Sesudah memilah-milah lokasi kandang ayam petelur, sobat gipsum juga perlu membuat konstruksi kandang ayam petelurnya! Adapun, tentang penentuan dan penetapan konstruksi kandang ayam yang tepat dan sesuai, akan sangayt bisa menunjang tumbuh kembang bibit ayam petelur.

Kalo boleh larantukagypsum.com menyarankan, konstruksi kandang ayam petelur yang dibangun dengan menerapkan desain model tingkat yang menyerupai rumah panggung. Sehingga, alas kaki pada kandang tidak besentuhan langsung dengan permukaan tanah.

Kondisi kandang ayan petelur yang kita sarankan tersebut, akan memudahkan sobat gypsum dalam membersihkan kotoran ayam petelur yang membuat kandang akan selalu tetap bersih dan steril.

Saat musim hujan tiba, dengan konstruksi kandang ayam petelur yang menyerupai rumah panggung dapat meminimalisir kelembaban pada kandangnya oleh air karena air hujan.

Begitu juga sebaliknya saat musim kemarau, dengan konstruksi kandang model panggung dapat mempercepat mengeringnya kotoran-kotoran ayam pada bisnis ayam petelur.

Selain itu, alangkah baiknya kandang ayam petelur model panggung dibuat dengan 2 tingkat atau maksimalnya 3 tingkat.

Langkah membangun kandang ayam petelur dengan model seperti ini, selain bisa menghemat lahan juga dapat memudahkan dalam memisahkan ayam petelurnya berdasarkan bobot beratnya.

Lalu kemudian kami sarankan juga, dalam membangun kandang ayam petelur untuk bisnis skala rumahan haruslah menyerupai close house, oleh karena kandang ayam berdekatan dengan rumah.

Tujuan dibangunnya kandang ayam petelur untuk bisnis skala rumahan yang menyerupai close house, yakni supaya ayam petelur tidak mudah terkena penyakit yang dibawa oleh manusia juga tidak mudah pula terinfeksi virus dan bakteri.

3. Memilih Bibit Ayam Petelur Unggul.

Sebagai peternak ayam petelur pemula, dalam memilih bibit ayam yang unggul sangat perlu diperhatikan dan dipertimbangkan. Pasalnya, bibit ayam petelur berkualitas dan unggul akan menguntungkan bisnis ayam petelur dimasa depan.

Dengan bibit ayam petelur unggul dan tentunya juga harus dibarengi pula dengan management yang baik serta tepat, maka akan bisa memudahkan ayam petelur mencapai puncak maksimal produksinya.

Dalam memilih bibit ayam petelur, dapat sobat gypsum mulai dengan membeli ayam pullet yang berusia 13 minggu, 16 minggu, atau ayam pallet yang sudah siap produksi telur, yakni usia 18 minggu hingga 20 minggu..

5. Menyiapkan Pakan Berkualitas.

Tahapan atau langkah-langkah berikutnya dalam memulai bisnis ayam petelur skala rumahan, yakni mempersiapkan pakan berkualiatas sebagai makanan sehari-hari ayam petelur.

Pemilihan pakan ini, berhubungan dengan manajemen operasional. Dengan manajement yang tepat bisa mendukung bisnis ayam petelur agar mencapai puncak produksi, yaitu menghasilkan telur setiap hari.

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa ayam petelur itu adalah salah satu jenis ayam yang dibudidayakan untuk bertelur atau khusus untuk diambil telurnya! Dan telur inilah, yang menjadi sumber cuan atau profit buat peternaknya dalam memulai bisnis ayam petelur.

Guna dapat menghasilkan telur ayam berkualitas, peternak ayam petelur mesti memenuhi asupan makanan yang bergizi dan bernutrisi pada ayam petelur dengan memberikan pakan yang cocok juga berkualitas.

Pakan ayam petelur, umumnya dibuat dari campuran sejumlah bahan, semisal: konsetrat, bekatul, dan jagung, maupun pakan ayan alami. Untuk pakan alternatif lainnya, sobat gypsum dapat membeli pakan pabrikan secara langsung diagen atau toko pakan yang menjualnya.

Dalam memberikan pakan pada ayam petelurnya, disarankan 3 kali dalam setiap hari. Selain jadwal pemberian pakan yang harus diperhatikan, dalam memberi minum untuk ayam petelur juga mesti selalu sobat perhatikan.

5. Memberikan Vitamin dan Vaksinasi.

Guna mencegah ayam petelur terkena penyakit, maka dibutuhkan vitamin dan vaksinasi disaat ayam memasuki usia tertentu! Ini, sama halnya dengan bibit ayam broiler.

Jika tidak diberikan vaksin, maka sistem imun pada tubuh ayam akan rendah yang berpotensi terkena penyakit. Andai kata, ayam petelur sudah kena penyakit tentu sobat gypsum sebagai peternaknya akan merugi, bukan?

Selain harus diberikan vaksin, ayam petelur juga membutuhkan asupan vitamin dimana cara pemberian vitaminya, yakni dengan mencampurkan vitamin kedalam minum ataupun pakan ayam petelur.

Kelima langkah-langkah memulai bisnis ayam petelur untuk skala rumahan tersebut, bisa mendatangkan keuntungan bilamana sobat lalui tahapannya dengan baik.

Kendati bisnis ayam petelurnya masih terbilang skala rumahan, tetapi akan menjadi sebuah ladang rejeki buat sobat gypsum dan keluarga dimasa depan.

Itulah langkah-langkah atau tahapan bagaimana cara memulai bisnis ayam petelur skala rumahan yang dapat larantukagypsum.com informasikan buat sahabat gypsum yang ingin mencari peluang usaha juga mengadu nasib.

Apakah ini dapat membantu? Sekian dan terimakasih sudah berkunjung sekaligus menyimak. Akhir kata, semoga ini bisa bermanfaat. Amieen..!!