Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Pakan Ayam Alami dengan Nutrisi dan Protein Tinggi. Murah Meriah, Ada juga yang Gratis...!!

Hai sobat larantukagypsum.com yang senang beternak ayam, ada hal penting dalam memilih jenis pakan ayam murah meriah serta alami, namun nutrisi dan protein yang tinggi harus tetap terpenuhi, agar ternak ayam selalu sehat dan gemuk.
pakan ayam protein tinggi
Buat sobat yang ingin merencanakan untuk berternak ayam, ini sesuatu hal yang bagus. Karena disaat sekarang banyak juga masyarakat diberbagai daerah yang mulai berternak ayam, oleh karena mudah dalam perawatannya.

Selain itu pakan ayam yang mudah dicari juga merupakan salah satu alasan kenapa beternak ayam kini sudah sangat diminati oleh sebagian masyarakat tersebut.

Meskipun pakan ayam mudah ditemukan, namun tak serta merta semua jenis pakan ayam bisa diberikan pada ternak atau unggas yang sedang sobat budidaya.

Pasalnya terdapat pakan ayam yang mempunyai nutirisi serta protein yang baik, ada juga pakan yang tidak memiliki nutrisi dan proteinnya.

Meskipun pakan ayam tedapat nutrisi dan proteinya, tapi tetap harus dijaga keseimbangan nutrisinya agar ayam dapat tumbuh dengan sehat dan gemuk.

Apabila sobat bingung dalam memilih jenis pakan ayam dengan nutrisi yang baik dan seimbang, maka berikut dibawah merupakan pilihan makanan yang baik dan sehat untuk unggas atau ternak ayam yang hendak sobat geluti.

Pakan Ayam Alami Nutrisi dan Protein Tinggi

Berikut dibawah ini pakan ayam alami dengan kandungan nutrisi yang tinggi, yang dapat coba berikan pada ayam yang sobat pelihara:

1. Nasi Putih.

Buat sobat yang senang dengan ayam khususnya ayam jenis adua , maka nasi putih ini bisa jadi pilihan pakan terbaik untuk ayam aduan yang sobat miliki tersebut.

Yup, pakan nasi putih ini bisa sobat jadikan makanan selingan buat ayam aduan sobat, supaya kandungan karbohidrat pada ayam dapat terpenuhi.

Makanan ayam nasi putih ini, tentunya sobat tidak harus mengeluarkan uang tambahan untuk membelinya melainkan pakan ayam gratis.

Karena dirumah pastinya banyak tersedia stoknya, terkecuali dalam kesehariannya sobat dirumah tidak makan nasi putih.

2. Tepung Siput (Keong Mas).

Cangkang siput atau cangkang keong juga merupakan pakan ayam yang bagus akan nutrisinya yang tinggi, dimana didalamnya terdapat kandungan mineral yang diperlukan untuk pertumbuhan ayam.

Cangkan keong tersebut dapat sobat olah menjadi tepung, lalu berikan pada ayam untuk dimakan atau dikonsumsi.

3. Tepung Ikan.

Tepung ikan untuk pakan ayam juga merupakan hal yang baik dan bagus untuk makanan ayam, oleh karena didalamnya terdapat kandungan lemak tak jenuh yang bisa membantu ayam atau unggas ternak dalam reproduksi.

Selain kandungan mineral, juga terdapat kandungan vitamin didalamnya yang sangat berguna serta bermanfaat sekali untuk kesehata ayam yang sobat pelihara.

4. Kacang Kedelai.

Pakan ayam dari kacang kedelai yang sudah berproses menjadi bungkil pun adalah salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi ayam ternak.

Pasalnya, pada kacang kedelai terdapat jumlah kandungan asam amino serta protein yang tinggi, sebesar 45 % sampai 52 %.

Akan tetapi sobat harus selalu perhatikan sejumlah hal, disaat sobat hendak memilih kacang kedelai ini sebagai pakan ayam tambahan dan salah satu diantaranya adalah sebagai berikut:

Sebelum kacang kedelai yang sudah berproses menjadi bungkil ini sobat berikan pada ayam ternak, haruslah diolah terlebih dahulu supaya protein yang terkandung didalamnya dapat dicerna oleh ayam dengan secara baik.

5. Tepung Sorgum.

Nama sorgum itu sendiri biasa diistilahkan juga dengan nama cantrik, batar torjeng atau cantel yang merupakan salah satu makanan unggas yang sangat cocok sekali diberikan pada ayam ternak.

Pasalnya, pada sorgum juga terkandung nutrisi dengan proteinnya yang tinggi. Meski begitu, sobat jangan terlalu berlebihan juga, dalam membarikan sorgum ini sebagai makanan ayam ternak.

Karena kenapa ? Karena efeknya bisa membuat kesehatan tumbuh ayam menurun, semisal kesehatan kelainan pada kaki ayam ternak.

Jadi alangkah baiknya sobat kombinasikan pakan ayam sorgum ini dengan pakan ayam lainnya, yakni : pakan ayam bungkil kedelai pada poin keempat diatas, supaya kesehatan tumbuh ayam ternak dapat terjaga.

Selain itu dalam memberikan Sorgum sebagai pakan ayam ini, lebih bagusnya dihaluskan terlebih menjadi tepung. Biar proses pencernaan pada ayam ternak bisa lancar selancar-lancarnya.

6. Tepung Tulang.

Apa itu tepung tulang ? tepung tulang disini merujuk pada tulang ikan dan tulang ayam yang sudah tidak dipakai atau dibutuhkan alias tulang-tulang yang yang terbuang atau sampah-sampah tulang.

Sobat bisa mengolah tulang tulang tersebut, menjadi tepung untuk diberikan pada ayam ternak yang sobat pelihara dipekarangan rumah.

Karena pakan ayam dari tepung tulang merupakan salah satu makanan terbaik untuk unggas, dimana didalamnya terdapat bermacam-macam kandungan nutrisi yang tinggi dan besar, diantaranya adalah:
  • magnesium
  • kalsium
  • mangan
  • natrium
  • kalium
  • dan fosfor
Adapun salah satu tulang paling terbaik untuk dijadikan pakan ayam yakni tulang ikan tuna yang sudah diolah menjadi tepung, karena terdapatnya kandungan kalsium yang lebih tinggi ketimbang tulang ikan lainnya.

Sedangkan kandungan kalsium itu sendirinya fungsinya, adalah dapat mencegah pengeroposan tulang pada ayam ternak.

7. Ubi Cincang

Ubi yang sudah dicincang juga, bisa sobat jadikan pilihan buat makanan ayam yang sobat ternak atau perlihara.

Apalagi dipekarangan rumah sobat terdapat begitu banyak tumbuhan ubi yang sengaja tanam, maka tak perlu repot lagi dalam mencari pakan ayam yang baik dan bagus.

Karena perlu sobat ketahui kandungan protein dan serat pada ubi itu sangatlah tinggi, maka akan sangat cocok dan dapat menyehatkan buat ayam ternak sobat.

Akan tetapi, sobat harus tetap berhati-hati dalam memberikan ubi ini sebagai pakan ayam ternak, terkhusus pada bagian daun ubi yang terkadang ada racun yang membahayakan.

8. Limbah Gandum.

Limbah gandum biasa dikenal juga dengan istilah pollad yang artinya limbah dari penggilingan gandum yang diolah menjadi sebuah tepung atau terigu.

Sobat bisa menggunakan tepung dari limbah gandum ini sebagai pakan ayam, karena didalam terdapat energi metabolisme yang rendahs serta terdapat kandungan serat kasarnya juga.

Apabila sobat berencana menggunakan pakan ayam yang satu ini, ada baiknya sobat campur dengan jenis pakan unggas yang lain yang memiliki kandungan yang kaya akan proteinnya, semisal pakan ikan dan pakan kedelai.

9. Bekatul atau Dedak.

Pakan ayam alami berprotein serta bernutrisi tinggi lainnya yang kesembilan yaitu Bekatul atau yang disebut juga oleh para ternak dengan istilah Dedak.

Ya bekatul atau dedak ini sudah menjadi pakan ayam unggulan atau pakan terbaik, yang sering digunakan oleh para peternak ayam di seluruh Indonesia.

Pasalnya, dedak (bakatul) ini merupakan sebuah limbah yang berasal dari penggilingan beras putih, dimana didalamnya terdapat beragama macam kandungan, yakni kandungan lemak, natrium dan protein tinggi.

Meskipun begitu, pada pakan ayam jenis dedak ini masih kurang dalam hal giji. Jadi sobat dapat mencampurnya dengan paka ayam yang lain yang terdapat kandungan gijinya.

10. Pakan Pelet.

Pakan pelet juga merupakan salah satu makanan ayam ternak yang murah meriah yang dapat sobat terapkan dalam beternak ayam dipekarangan rumah.

Pelet itu sendiri, asal mulanya dari bahan makanan terpilih yang diproses dengan cara digiling lalu kemudian dipadatkan hingga berbentuk bulat memanjang.

Pelet kalo didaerah jawa barat biasanya dijadikan sebagai pakai ikan ternak, entah kalo didaerah lainnya.

Pelet untuk pakan ayam ini sangat diminati juga oleh para peternak ayam, karena hargannya yang murah meriah. Silahkan sobat cek saja ditoko pakan, jika sobat tak percaya.

11. Jagung Giling.

Yang terakhir yakni pakan ayam jagung giling dimana, salah satu jenis makanan alami untuk ayam yang satu ini juga terdapat kandungan protein dan nutrisi yang tinggi didalamnya.

Jagung giling ini merupakan pakan ayam yang baik dan bagus, yang juga biasa digunakan oleh para peternak ayam diseluruh Indonesia.

Kandungan protein dan nutrisi yang tinggi didalamnya, akan sangat menyehatkan pertumbuhan ayam ternak.

Pasalnya pada pakan jagung giling dapat sobat temukan yang namanya kalium, vitamin B, omega 6, asam lemak, vitamin c hingga serat yang kesemuanya tentunya merupakan point untuk menjaga kesehatan tubuh ayam ternak.

Mungkin hanya yang dapat kita bahas mengenai jenis jenis pakan ayam yang alami dengan nutrisi dan protein yang tinggi.

Tak cuma harganya yang murah, ternyata ada juga pakan ayam yang gratis seperti yang telah dijelaskan di setiap poin pada jenis pakan ayam diatas.

Apakah ini bisa membantu ? Sekian dan terimakasih atas pastisipasinya, semoga ini bisa bermanfaat. Wassalam...!!!