Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ampuh Mengusir Ayam Di Halaman Rumah Yang Aman

Mngusir Ayam | Ayam nakal yang seringkali berkeliaran di halaman rumah kita, pastinya kita sebagai pemilik halaman rumah akan merasa terganggu, bukan!

cara ampuh mengusir ayam

Nah, agar mereka si ayam nakal tidak lagi mengganggu! Sobat, dapat menerapkan beberapa cara ampuh mengusir ayam pergi di halaman rumah sejauh mungkin. So, simak ulasannya sampai habis e kawan..!!

Bila sobat bertetangga dengan orang yang suka memelihara ayam, bisa jadi sobat sering mengalami hal seperti ini yang mana ayamnya sering kali masuk di halaman rumah kita.

Ayam yang hobi mengunjungi halaman rumah kita, tentu akan membuat halaman kita menjadi kotor oleh karena terdapat peluang ayam akan mengeluarkan kotorannya. Ditambah, ayam masuk dalam rumah yang dapat membuat kita semakin bertambah jengkel.

Bagi seseorang yang mempunyai kebun tanam dihalamannya, mungkin ayamnya akan memakan tanaman kebun halaman yang di tanam oleh kita, betul?

Maka dengan demikian, banyak juga tetangga yang merasa terganggu kala kita memelihara ayam bangkok atau ayam jenis lainnya di rumah, lalu ayam kita masuk di halaman tetangga dan begitu juga sebaliknya.

Cara Ampuh Mengusir Ayam Dari Halaman Rumah

Sekarang, sobat tidak perlu lagi khawatir oleh karena terdapat cara ampuh bagaimana mengusir ayam dari halaman rumah, tanpa perlu di marahi oleh tetangga.

Jadi, menurut rumor yang sudah berlalu dan sudah terjadi. Saking kesalnya, sobat memotong ayam yang masuk di halaman untuk dijadikan santapan malam bersama si tetangga yang punya ayam, kendati si tetangga baru tahu keesokan harinya. Hahahha..!!

Jangan sobat, jangan lakukan itu! Karena, tetangga yang punya ayam yang tidak baik, pastinya akan marah jika sobat memotongnya!

Mending ikuti cara ampuh mengusir ayam dari halaman rumah secara aman dan damai dengan hati yang tentram, seperti berikut:

1. Mengusir Ayam Dengan Air.

mengusir ayam dengan menyemprot air

Saat ayam tetangga berada di halaman kita, janganlah menangkapnya untuk tujuan dipotong agar bisa dijadikan menu makanan malam. Nanti, sobat jadi orang berdosa. Hehehe...!!

Tetapi, sobat bisa mengusir ayam dari halaman dengan cara di semprot dengan menggunakan air. Asalkan semprotan airnya bertekenan rendah, tentu ayamnya tidak akan menjadi ayam yang tersakiti, bukan!

Sesudah mengusir ayam dengan semprotan air, ada kemungkinan ayam bakal balik lagi ke halaman rumah kita.

Dan bila hal itu terjadi, maka sobat bisa menyemprokan kembali airnya ke ayam dan begitu seterusnya.

Lakukan hal tersebut hingga ayam merasa bahwa dirinya ternyata sangat dibenci oleh sobat yang pada akhirnya ayam akan pergi dengan sendirinya sambil membawa rasa kecewa yang mendalam, sekaligus memantapkan dirinya untuk tidak akan kembali lagi ke pangkuan halaman rumah sobat. Hahay...!!

Selain menggunakan semprotan air, sobat juga bisa mempergunakan penyiraman air otomotis, semisal springkler dihalaman rumahnya.

2. Taburkan Rempah Di Sekitar Halaman.

mengusir ayam dengan bubuk rempah-rempah

Cara paling ampuh lainnya dalam usir mengusir ayam yang masuk dihalaman rumah kita, yaitu dengan menaburkan bubuk rempah-rempah disekitar halamannya, seperti:
  • garam,
  • bubuk cabai,
  • lada hitam,
  • bubuk kari,
  • bawang putih,
  • paprika,
  • kayu manis.
Ya, bahan rempah-rempah tersebut dapat sobat taburkan di sela-sela tanaman dan di sekitar halaman rumah sobat.

Dengan bau menyengat yang ditumbulkan oleh bahan rempah tersebut, akan membuat ayam yang hendak masuk halaman berpindah rute ke arah yang lain yang bukan lagi halaman rumah sobat.

Selain itu, ayam yang sudah terlanjur masuk ke halaman rumah sobat, akan langsung kabur oleh karena sensasi panas pada kaki ayam yang di timbulkan oleh rempah-rempah yang sobat taburkan.

Sehingga, sobat tidak perlu lagi khawatir dan takut tetangga akan memarahai sobat, oleh karena taburan rempah-rempah tidak akan membuat ayam menjadi ayam yang tersakiti.

3. Mengusir Ayam Dengan Kulit Jeruk.

mengusir ayam dengan kulit jeruk lemon dan kulit jeruk nipis

Dalam pikiran sobat, mengusir ayam dengan menggunakan kulit jeruk mungkin sempat terpikir ayam akan terpeleset, oleh karena menginjak kulit jeruk, Hehehe..!! Padahal, tidaklah begitu.

Cara mengusir ayam dari halaman rumah kita yang ketiga, yakni dengan menyimpan kulit jeruk lemon atau jeruk nipis di sekitar halamannya.

Selain kulitnya, bisa juga dengan menyemprotkan sari jeruk lemon maupun sari jeruk nipis di area tanah dihalaman yang suka di kunjungi ayam.

engan cara begitu, maka dijamin ampuh ayam akan pergi keluar dari halaman atau ayam tidak akan masuk di halaman rumah kita.

Pasalnya, ayam sangat tidak menyukai bau jeruk. Sehingga, ayam akan menghindar sebisa mungkin di area halaman yang beraromakan jeruk.

Pokoknya jangan khwatir dan jangan takut tetangga sebelah marah, oleh karena aroma jeruk tidak akan membuat ayam yang masuk dihalaman rumah, menjadi ayam yang tersakiti.

4. Mengusir Ayam Dengan Tanaman Herbal.

usir ayam di halaman rumah dengan tanaman herbal

Terdapat beberapa macam tanaman herbal yang mana, aromanya sangat tidak di sukai oleh ayam, diantaranya adalah sebagai berikut:
  • tanaman min,
  • tanaman lavender,
  • tanaman timi,
  • tanaman oregano,
  • dan masih banyak tanaman herbal lainnya.
Bila sobat memiliki niatan untuk menanam tanaman herbal dihalaman rumahnya, saran kami untuk segera menanam tanaman herbal yang sudah besar atau sudah dewasa dan bukanlah menanam benihnya.

Pasalnya, dengan menanam benih proses tumbuhnya akan memakan waktu yang membuat ayam juga berkesempatan masuk dihalaman dan akan memakan pula itu benih tanaman herbalnya.

5. Mencegah Ayam Masuk Halaman Dengan Pagar Rumah.

menghalangi ayam masuk halaman dengan pagar rumah

Cara lain mengusir ayam yang paling ampuh, ialah dengan membuat pagar keliling disekitar halaman rumah, agar bisa mencegah ayam masuk di halaman rumah.

Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati. Dalam hal ini, tentu mencegah ayam masuk halaman rumah lebih baik ketimbang mengusir, bukan?

Jadi, sobat dapat memasang pagar rumah dari bahan material yang sederhana, seperti pagar penghalang ayam dari bahan kawat supaya ayam tidak lagi mendekati area halaman rumah kita.

Dalam membuat pagar penghalang ayam, usahakan saat pembuatannya dibuat dengan ketinggian, sekitar 15 centimeter hingga 30 centimeter tingginya, biar ayam tidak bisa terbang atau loncat kehalaman rumah kita.

Kata Penutup Cara Ampuh Mengusir Ayam

Itulah cara ampuh mengusir ayam dari halaman rumah, tanpa perlu membuat ayam menjadi ayam yang tersakiti.

Apakah ini bisa membantu? Yuk, bagikan saja artikel ini siapa tahu ada kawan atau kerabat yang kesulitan dalam usir mengusir ayam di halaman rumahnya.

Sekian dan terimakasih sudan meluangkan waktunya untuk berkunjung serte menyimak halaman bacaan seputar ayam.

Semoga ini, bisa bermanfaat bagi seseorang yang membutuhkan sebagai bahan inspirasi dalam mengusir ayam yang nakal di halaman rumah kita.