Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Polikarbonat (Polycarbonate ) Disertai Kelebihan Dan Kekurangan

Mengetahui polikarbonat atau polycarbonate merupakan hal yang membanggakan yang memang semestinya perlu dicari tahu tentang definisi, lalu apa kelebihan dan kekurangan, sebelum sobat membangun rumah yang elegan.

polikarbonat atau polycarbonate

Pasalnya, polycarbonate atau polikarbonat erat kaitannya dengan sistem konstruksi atap dalam membangun rumah hunian rumah masa kini.

Ya, jika sobat mengingkan rumah hunian masa kini. Maka, perlu mengenal terlebih dahulu mengenai polikarbonat atau polycarbonate agar desain rumah masa kini tidak menjadi desain rumah paburantak di masa depan.

Selain itu, baik polikarbunat maupun polycarbonate sebetulnya pengertiannya sama, hanya beda dari penyebutan saja dimana polikarbonat sebutan untuk kita sebagai anak bangsa Negara Indonesia.

Sedangkan, polycarbonate merupakan istilah yang digunakan oleh orang yang lidahnya cadel atau tidak fasih dalam mengucapkan bahasa Indonesia. Atau dengan kata lain, polycarbonate adalah istilah kata bahasa Inggrisnya.

Lantas, apa itu polykarbonat dan apa kelebihan dan kekurangan polycarbonate?

Apa Itu Polikarbonat atau Polycarbonate?

Apa itu polikarbonat atau polycarbonate, adalah merupakan salah satu jenis material bangun rumah yang sering kali dibutuhkan saat seseorang hendak membangun rumahnya terutama dalam hal atap peratapan, oleh karena bahannya terbilang fleksibel dan bisa dipergunaka dimana saja.

Ya, polycarbonate atau polkarbonat biasa digunakan sebagai material dalam membangun rumah khususnya dalam bidang pembuatan atap pada bangunan, seperti membuat atap kanopi outdoor, atap gerasi rumah hunian masa kini, atap ruang aula, skylight, shelter bus, gazebo, hingga atap carport, dan lain sebagainya.

Bahkan, jika sobat menginginkannya! Bahan material polycarbonate atau polikarbonat ini, juga bisa dipergunakan untuk menutup seluruh atap bangunan rumah huni masa kini bermodelkan minimalis modern.

Kelebihan Polikarbonat atau Polycarbonate

Berikut ini, uraian tentang kelebihan material poliukarbonat atau polycarbonate sebagai bahan untuk membuat atap, baik atap kanopi maupun atap carport serta jenis-jenis atap lainnya.

1. Meredam Radiasi Sinar Panas Matahari.

Kelebihan polikarbonat atau polycarbonate yang pertama, yakni untuk meredam radiasi dari sinar matahari yang panas menyengat hingga 90%.

Tidak hanya itu, material polikarbonat juga mampu memberikan perlindungan yang mumpuni terhadap cuaca air hujan yang turun deras.

Maka dengan demikian, ruangan atau area yang berada tepat dibawah atap yang dibuat dari material polikabonat atau polycarbonate, akan tetap terasa hangat serta terang benderang di waktu siang.

Material polikarbonat ini sungguh berbeda dengan jenis material lainnya, dimana material jenis yang lain mesti dibuat lubang terlebih dahulu agar celah untuk cahaya dapat masuk.

2. Polycarbonate Berbentuk Lembaran.

Kelebihan yang kedua, material polikarbonat tidak akan merepotkan pembeli! Karena, bentuk yang di cetak atau dikemasi di pabriknya dalam dalam bentuk lembaran dengan ukuran lebar 2,1 m (meter) dan panjangnya ada yang mencapai hingga 18,8 m (meter).

Tetapi ada juga toko polycarbonate terdekat yang menjual material atap ini kedalam bentuk satuan, seperti per meter persegi. Cara jual material polikarbonat semacam ini, tentu akan lebih menguntungkan pembeli oleh karena bisa menyesuaikan dengan keperluan.

Selain ukuran lebar dan panjang, terdapat pula ukuran tebal polikarbonat atau polycarbonate yang dapat sobat pilih mulai dari ketebalan 4mm, 5mm, 6mm, hingga 10mm (satuan mili meter).

3. Pemasangan Mudah dan Gampang.

Tahukah sobat gipsum, bahwa dalam proses pemasangan polikarbonat atau polycarbonate pada atap jenis apapun, ternyata sangat mudah dan gampang.

Ya, proses pemasangannya sangat sederhana juga cepat yang membuat pekerjaan menjadi lebih hemat waktu.

Bahkan, bila sobat memiliki keberanian. Sobat juga, dapat memasangnya sendiri tanpa perlu memanggila tukang atap bangunan terdekat di sekitar.

Selain mudah dan gampang dalam hal pemasangan polikarbonat atau polycarbonate, dalam hal bobot bebet atau berat juga terbilang sangat ringan.

Kendati bobot beratnya terasa ringan, material ini tetaplah kuat dan kokoh. Sehingga, akan tetap aman untuk diaplikasikan di area mana pun yang sobat inginkan.

4. Fleksibel dan Tahan Lama.

Kelebihan atau keunggulan material polikarbonat (polycarbonate) yang keempat, ialah mempunyai daya tahan yang lama dan kuat serta tidak akan berpengaruh terhadap perubahan cuaca yang ekstrem sekalipun.

Dan itu artinya, baik ukuran dan bentuk terhadap material polycarbonater (polikarbonat) tidak akan berubah dan tetap akan sama meskipun dalam kondisi musim kemarau ataupun musim hujan.

Selain itu, sifat yang di punyai material polikarbonat ini bersifat fleksibel yang dapat memudahkan sobat dalam membentuk model desainnya sesuai dengan model yang diinginkan, seperti bentuk melengkung, melingkar, dan bentuk-bentuk lainnya.

5. Materialnya Tidak Mudah Bocor.

Siapa sih yang dapat memprediksi kapan akan datangnya hujan? Apakah mungkin sang pesulap merah, ki joko bodo, ki kusumo, mbah mijan, ki jayabaya, mama laurent, roy kiyoshi, ataukah ada yang lainnya lagi? Entahlah...

Tapi yang pasti siapapun itu, menurut pendapat pribadi kami tidak ada yang benar-benar bisa memprediksi kapan hujan akan datang.

Nah, sebagai antisipasi agar rumah tetap nyaman dan aman. Maka, sobat mesti memastikan rumahnya sudah benar-benar siap disaat hujan datang menerpa secara tiba-tiba.

Adapun salah satu cara mempersiapkannya, yakni dengan memilah penutup atap rumah yang sesuai dan tetap.

Dan bilamana sobat mengaplikasikan atap polikarbonat atau polycarbonate. Maka, sobat tidak perlu lagi khawatir atap rumahnya akan mengalami bocor, oleh karena material ini tidak mudah terkena kebocoran hingga 0%.

Terkecuali terdapat kesalahan pada saat proses pemasangannya, seperti terdapatnya lubang-lubang kecil pada permukaan polikarbonat (polycarbonate) yang di buat secara sengaja.

6. Aman Serta Ramah Lingkungan.

Bila sobat merasa ragu mengaplikasikan material polikarbonat atau polycarbonate ini, dengan alasan takut bahannya tidak ramah terhadap lingkungan disekitar. Maka, alasan sobat ini menurut kami "salah besar".

Sekedar sobat ketahui, material polycarbonate ini dari bahan-bahan yang ramah lingkungan yang tidak akan memunculkan jenis penyakit, baik buat penggunanya maupun terhadap orang-orang disekitar rumah.

Bahkan, material polikarbonat yang sudah tidak terpakai pun bisa di daur ulang guna menjadi lembaran polycarbonate yang baru.

Kekurangan Polikarbonat atau Polycarbonate

Setelah mengetahui tentang kelebihan polikarbonat (polycarbonate), rasanya unfair atau tidak adil jika kami tidak menyebutkan pula dengan kekuranganya.

Berikut, kekurangan polikarbonat atau polycarbonate yang perlu sobat ketahui:

1. Harga Materialnya Mahal, Bro.

Kekurangan yang pertama, yakni harga material polikarbonat (polycarbonate) terbilang mahal, bro! Tapi, ini sebanding dengan kualitas tinggi yang di milikinya.

So, buat sobat yang hendak membangun rumah, tetapi masih minim dana. Maka, mesti pikir - pikir dulu secara matang saat ingin mengaplikasikan material polycarbonate ini untuk semua jenis atap rumah huni masa kini.

Jadi, sobat mesti betul-betul menyesuaikan rencana anggaran biaya (RAB) beli material, bila memang tekadnya sudah bulat ingin menggunakan polikarbonat (polycarbonate) untuk segala macam atap pada bangunan rumah.

Coba sobat bayangkan, untuk harga satu lembar polycarbonate berukuran 2,10 meter x 11,80 meter dengan tebal 4 mm (mili meter) saja yang paling murah, yakni sekitar Rp. 1,1 juta per lembarnya.

2. Materialnya Agak Sulit Di Bersihkan, Bro.

Jadi begini bro, saat proses pemasangan polikarbonat atap di rekatkan dengan menggunakan selotip agar tidak memunculkan rongga - rongga.

Dan jika atapnya berongga, maka akan memicu tumbuhnya jamur. Nah, jamur-jamur yang muncul inilah yang agak sedikit sulit dibersihkannya.

Penutup

Mungkin hanya itu yang bisa kami sampaikan, tentang apa itu polikarbonat dan apa kelebihan serta kekurangan polycarboanate.

Apakah mungkin ini bisa membantu? Yuk, bagikan saja melalui tombol media sosial yang disediakan. Siapa tahu, ada kawan atau kerabat yang membutuhkan informasi semacam ini.

Akhir kata, sekian dan terima kasih buat sobat yang sudah berkunjung serta menyimak. Semoga kebaikan sobat semuanya, di balas oleh Tuhan YME. Amieen...!!!