Biaya Menambah Daya Listrik PLN, Terbaru 2023.

Listrik dirumah dirumah sobat gypsum, seringkali loncat? bisa jadi itu tandanya bahwa beban dayanya sudah melewati kapasitas dari yang seharusnya. Bila hal ini terjadi, sebagaiknya segera menambah daya listrik.

menambah daya listrik

Lantas, berapa sebetulnya biaya tambah daya listrik disaat sekarang ini dan bagaimana cara melakukannya?

Yuk, kita simak penjelasan tentang listrik mulai dari biaya tambah listrik terbaru, tarif listrik terbaru 2023, apa itu menambah daya listrik, mempertimbangkan dalam menambah daya listrik dirumah, prosedur mengenai tambah daya listrik, cara hemat daya listrik rumah, hingga cara hitung biaya listrik dengan menggunakan kalkulator.

Apa Itu Menambah Daya Listrik

Apa itu sih daya listrik? Daya listrik, yaitu besaran kekuatan atau suplai tenaga listrik yang teralirkan. Besaran daya listrik, biasa diistilahkan dengan sebuah simbol atau satuan, yakni VA (Volt Ampere).

Didalam rumah tangga itu sendiri, kategori daya listrik dibedakan menjadi beberapa golongan, diantaranya golongan 900VA, 1300VA, dan seterusnya. Seiring bertambahnya pemakaian aliran listrik, maka daya yang diperlukanpun akan semakin bertambah.

Salah satu tanda atau ciri sebuah rumah membutuhkan tambah daya listrik bisa terlihat dari meteran listrik yang sering loncat atau meterannya turun.

Jika suatu saat sobat hal tersebut bakal sering terjadi, maka tidaklah harus khwatir oleh karena sobat bisa menambah daya listriknya. Adapun tentang besaran penambahan daya listrik dapat berbeda - beda, tergantung kebutuhan yang diperlukan.

Biaya Menambah Daya Listrik Terbaru

Sobat gypsum, hendak tambah daya listrik di rumah? Maka, terdapat biaya yang harus di persiapkan. Biaya menambah daya listrik, biasanya terdiri dari sejumlah komponen, diantaranya adalah:
  • biaya sambung kabel
  • biaya mcb baru
  • uang jaminan pelanggan
Agar lebih jelas, yuk lihat penjelasannya, sebagai berikut:

1. Penyambungan Daya Listrik.

Biaya pertama yang perlu sobat persiapkan, ialah biaya penyambungan atau biaya untuk merubah daya dari sambungan (meteran) yang sebelumnya sudah ada.

Berikut dibawah inilah, rincian biaya untuk penyambungan dalam menambah daya listrik pln terbaru.
Biaya Menambah Daya Listrik
NoJenis VAHarga (Rp)
1Dari Daya 450VA ke 900VA421.66
2Dari Daya 450VA ke 1300VA796.460
3Dari Daya 450VA ke 2200VA1.639.760
4Dari Daya 450VA ke 3500VA2.955.460
5Dari Daya 450VA ke 4400VA3.827.560
6Dari Daya 450VA ke 5500VA4.893.460
7Dari Daya 900VA ke 1300VA374.810
8Dari Daya 900VA ke 2200VA1.218.200
9Dari Daya 900VA ke 3500VA2.519.500
10Dari Daya 900VA ke 4400VA3.391.600
11Dari Daya 900VA ke 5500VA4.457.700
12Dari Daya 1300VA ke 2200VA843.400
13Dari Daya 1300VA ke 3500VA2.131.900
14Dari Daya 1300VA ke 4400VA3.004.900
15Dari Daya 1300VA ke 5500VA4.069.900
16Dari Daya 2200VA ke 3500VA1.259.800
17Dari Daya 2200VA ke 4400VA2.131.900
18Dari Daya 2200VA ke 5500VA3.197.800
19Dari Daya 3500VA ke 4400VA872.200
20Dari Daya 3500VA ke 5500VA1.938.100
21Dari Daya 4400VA ke 5500VA1.066.900

2. Ganti MCB

Miniature Circuit Breaker (MCB) merupakan sebuah alat yang fungsinya untuk membatasi arus listrik yang mengalir. Bila, sobat gypsum hendak menambah daya?

Maka, mcb juga mesti diganti dengan yang baru agar kapasitasnya sesuai dengan daya listrik yang sobat inginkan.

Contohnya, MCB untuk listrik dengan daya 900VA memerlukan MCB dengan kapasitas minimalnya, yakni 4 ampere dimana harga mcb 4 ampere, sekitar 50 ribuan perbuahnya.

3. Uang Jaminan Pelanggan.

Komponen biaya menambah daya listrik ini dkhususkan untuk pelanggan pln pascabayar.

UJL (Uang Jaminan Pelanggan), akan diminta ketika hendak tambah daya. Akan tetapi, jika sobat sebagai pelanggan prabayar, tidak akan dikenakan biaya uang jaminan pelanggan.

Syarat Tambah Daya Listrik

Selain biaya menambah daya listrik yang bervariatif atau banyak macamnya, dalam hal syarat baik syarat pasang pln baru maupun tambah daya juga sangat beragam dan harus dipenuhi guna bisa mensukseskan tambah daya listrik dirumah.

Agar lebih jelas, syarat - syarat lengkap dalam menambah daya listrik, adalah sebagai berikut:
  1. Setuju dengan ketentuan penempatan APP (Alat Pembatas dan Pengukur) milik PLN supaya lebih mudah dan aman guna di periksa oleh pihak pln.
  2. Menjaga alat pembatas dan pengukur serta semua perlengakapan milik pln.
  3. Bayar ganti rugi alat pembatas dan pengukur (APP) yang rusak atau hilang akibat dari kesengajaan ataupun kelalaian pelanggan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  4. Bayar tagihan pemakaian listrik tepat waktu (khusus pengguna meteran lama).
  5. Bayar tagihan susulan, bilamana terdapat pelanggaran akibat pemakaian yang tidak terukur penuh.
  6. Sediakan lokasi dan membayar biaya pemindahan serta ganti rugi kwh yang tak tersalur.
  7. Lapor pada petugas pln maksimalnya 7 hari sesudah di lakukan penyalaan pada persil pelanggan guna memastikan kesesuaian prosedur.
  8. Bilamana, hingga batas waktu yang sudah di tentukan pelanggan tidak segera melapor pada pihak pln. Maka, keseluruhan pelaksanaa penyambungan listrik sampai penghidupan pada persil pelanggan, dianggap tak sesuai dengan ketentuan.

Cara Menambah Daya Listrik

Sesudah mengetahui biaya dan syarat diatas, lalu bagaimana prosedur atau cara menambah daya listrik baik secara onlie ataupun secara offline, berikut ini:

1. Menambah Daya Listrik Online.

Bagaimana, cara atau prosedur tambah daya listrik secara online? Langkah - langkahnya, adalah sebagai berikut:
  1. Membuka situs resmi pln, yakni pln.co.id. Nanti, didalam situsnya temukan dan klik pada bagian "Ubah Daya".
  2. Didalam bagian ubah daya tersebut, nanti harap baca terlebih dahulu ketentuan dan syarat perubahan daya secara online.
  3. Bila sobat gypsum, sudah membaca serta memahaminya, lalu klik "Setuju".
  4. Mengisi ID meter atau ID pelanggan, lalu klik "Cari" dan tunggu sampai data data pelanggannya tampil (muncul) di layar ponsel.
  5. Kemudian, klik "Tambah Daya" dan isi terlebih dahulu isian identitas yang di minta. Bila, data yang di masukan sama dengan database yang di punyai PLN, sobat gypsum cuma perlu mencentang pada bagian pilihan "copy data pelanggan".
  6. Mengisi perubahan data yang di inginkan, baik untuk mengurangi ataupun menambah.
  7. Bila sobat sudah menyelesaikan formulir tambah daya, berikutnya akan muncul halaman biaya tambah daya listrik. Namun, bila sobat gypsum melakukan pengurangan. Maka, tidak akan di kenakan biaya lain.
  8. Jika, di rumah sobat masih menggunakan meteran lama yang sistemnya pascabayar! Ini berarti, meteran listik yang lama akan di ganti dengan meteran baru yang sistemnya sudah prabayar.
  9. Sesudah proses diatas selesai, sobat gipsum akan mendapatkan email dari PLN perihal permohonan ubah daya listrik. Maka, sobat lakukan konfiormasi dengan mengklik link yang diberikan oleh pln di kotak masuk emailnya.
  10. Link yang sudah diklik dalam email tersebut, akan membawa sobat masuk kembali ke situs resmi PLN dimana didalamnya nanti akan terdapat kode bayar biaya tambah daya listrik yang mesti di bayarkan! Kode ini juga akan di kirimkan melalui email sekaligus informasi tentang tempat pembayaran yang di tunjuk oleh pihak PLN, misalanya saja kantor pos dan Kios PPOB (Payment Point Online Bank).
  11. Bila sobat membayar biaya tambahan daya listrik lewat Kantor Pos, petugasnya nanti akan meminta sobat mengatakan kode bayar yang telah sobat kantongi untuk di input oleh petugas kantor posnya, lalu kemudian nanti petugas kantorn pos akan memberitahukan tentang biaya tambah daya yang harus di bayarkan ditambah dengan biaya administrasi dari kantor pos.
  12. Kemudian langkah terakhir, tinggalah sobat menunggu petugas PLN datang untuk mengotak - atik meteran yang sobat miliki di rumah, termasuk mengganti mcb lama ke yang terbaru supaya daya listriknya bisa bertambah dan sesuai dengan yang sobat daftarkan. Proses petugas pln datang dirumah, membutuhkan waktu sekitar 10 hari kerja, terhitung sejak tanggal membayar tambah daya listrik di kantor pos.

2. Menambah Daya Listrik Offline.

Lantas, bagaimana cara tambah daya listrik pln secara offline? Berikut dibawah ini merupakan langkah - langkah yang harus sobat tempuh untuk diperjuangkan:
  1. Menghubungi kantor unit PLN setempat di bagian pelayanan pelanggan terlebih dahulu melalui telepon.
  2. Ketika datang di kantor PLN, jangan untuk membawa dokumen yang dibutuhkan, yakni fotocopy rekening listrik terakhir untuk jenis meteran lama  atau fotocopy ktp pemohon dan ID Pelanggan untuk jenis meteran baru.
  3. Selain itu dokumen pendukung lainnya juga perlu sobat gypsuym persiapkan, seperti denah lokasi rumah sobat yang akan di tambah dayanya, surat kuasa apabila akan di kuasakan, surat perjanjian takutnya nanti dibutuhkan, beserta dengan surat keterangan yang lain yang dirasa diperlukan guna terhindar dari kesalahan.
  4. Lalu, persiapkan juga biaya untuk tambah daya listiknya, biaya BP (biaya penyambungan), dan UJL (Uang Jaminan Pelanggan).
  5. Terakahir. Nanti di kantor pln petugas akan menginput data - datanya. Setelah input data pelanggan selesai, nanti akan di berikan nota biaya pembayaran yang harus dibayarkan.
  6. Setelah mengantongi nota biaya tambah daya listriknya. Sobat berikan notanya di bagian loket pembayaran yang tersedia dikantor pln, lalu bayarkan sesuai dengan nota pembayaran.
  7. Langkah terakhir, tinggalah sobat menunggu petugas PLN datang di rumah untuk menyelesaikan proses penambahan daya listriknya hingga selesai.

Upaya Mengehemat Daya Listrik

Buat sejumlah kalangan, masyarakat Indonesia! Mungkin saja, biaya tambah daya listrik sesuatu hal yang bisa dijangkau. Padahal, kebutuhan akan daya listriknya terbilang cukup banyak.

Sobat gypsum dirumah, dapat menerapkan langkah - langkah menghemat daya listrik agar tidak repot lagi dalam membayar biaya tambahannya, berikut ini:
  • Mematikan lampu ketika tidak dipergunakan.
  • Mengganti lampu pijar dengan LE, meskipun lampu LED terbilang mahal tapi bisa menghemat biaya.
  • Menggunakan AC disuhu yang sedang, semisal 23 s/d 25 derajat celcius.
  • Mencabut kabel serta semua peralatan elektronik dirumah, ketika tidak dipergunakan.
  • Mendesain model rumah dengan sistem ventilisai udara yang baik, aman, dan rindang, serta mempunyai banyak pencahayaan alami, supaya bisa mengurangi penggunaan AC dan lampu.
  • Menggunakan pilihan energi alternatif dan contohnya, ialah panel surya.

Cara Hitung Biaya Listrik

Terdapat sejumlah cara menghitung biaya listrik, salah satunya yaitu dengan menghitung terlebih dahulu pengeluaran listrik dirumah.

Dengan demikian, sobat gypsum akan menjadi tahu berapa dana yang harus di persiapkan. Jika rincian pengeluaran pemakaian listrik sudah diketahui, maka sobat bisa menghitungnya melalui "kalkulator listrik" di situs resminya PLN.

Kalkulator listrik tersebut, akan hitung menghitung sesuai dengan batas daya listrik serta golongan tarif listrik rumah sobat! Selain itu, sobat juga mesti tahu tentang estimasi pemakaian listrik dirumah dalam sehari.

Adapun cara mengetahui estimasinya, yakni dengan mencatat semua perabotan rumah tangga yang proses kerjanya menggunakan listrik, lalu berapa daya masing - masing perabot dalam satua watt, serta jumlah jam penggunaannya.

Akhir Kata

Itulah, pembahasan lengkap tentang apa itu menambah daya listrik, biaya menambah daya listrik terbaru, syarat-syarat tambah daya listrik, cara menambah daya listrik, hingga penjelasan tentang upaya mengemat daya listrik yang dapat kami informasikan buat semua sobat gypsum dirumah.

Jangan lupa untuk mengunjung juga artikel lainnya di bagian artikel terkait dibawah. Siapa tahu, terdapat informasi yang lagi dicari atau ada artikel yang terlihat menarik di hati sobat.

Apakah ini bisa membantu? Sekian dan terimkasih sudah berkunjung sekaligus menyimak ulasan diatas. AKhir kata, semoga bermanfaat dan wassalam.