Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Agar Tidak Gila Belanja, Apakah Sajakah Itu? Yuk, Simak..

Dengan kemudahan belanja online, banyak orang terjerumus ke kebiasaan belanja yang berlebihan. Agar tidak menjadi gila belanja, yuk ikuti 7 tips ini!

gila belanja

Setiap orang perlu berbelanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Sayangnya beberapa orang begitu gila belanja hingga menghabiskan banyak uang!

Lebih parahnya lagi beberapa orang sampai terjerat utang hanya untuk mendanai kebiasaan mereka berbelanja.

Tips Agar Tidak Gila Belanja

Agar Sobat gipsum tidak terjerumus lebih jauh dalam kebiasaan yang tidak baik ini, mari pelajari 7 tips agar tidak gila belanja berikut ini!

1. Menentukan target finansial.

Supaya tidak lagi gila belanja, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan target finansial Sobat. Target yang dimaksud adalah apa yang ingin dicapai dengan uang Sobat di masa depan, misalnya membeli rumah, melunasi pinjaman, atau menabung untuk pensiun.

Sobat gypsum adalah satu-satunya orang yang bisa membuat target keuangan Sobat. Jadi, pertimbangkan bagaimana masa depan yang diinginkan dan strategi seperti apa yang bisa membuat impian tersebut menjadi nyata.

Kebiasaan belanja berlebihan bisa jadi penghambat untuk terwujudnya impian tersebut! Begitu Sobat sudah menentukan target finansial, maka godaan untuk belanja berlebihan akan berkurang.

2. Memeriksa anggaran dana.

Setelah mengetahui target yang diinginkan, maka langkah selanjutnya adalah membuat anggaran dana yang sesuai dengan target tersebut.

Setelah pemetaan selesai, Sobat akan melihat bahwa kegiatan belanja yang selama ini dilakukan bukanlah salah satu prioritas tertinggi. Sebaliknya, Sobat akan merancang anggaran tersebut agar dapat memenuhi pengeluaran yang terpenting.

Membuat anggaran dana bukan berarti Sobat harus mengeliminasi dana untuk bersenang-senang. Sobat masih bisa menyisakan sebagian untuk menikmati uang tersebut, tetapi pastikan tidak berlebihan.

3. Mencatat pengeluaran.

Setelah membuat anggaran dana, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mencatat pengeluaran Sobat. Langkah ini dilakukan untuk mengetahui apakah Sobat tetap berada di jalur yang sudah ditetapkan di anggaran dana atau tidak.

Agar lebih mudah dalam mencatat, Sobat bisa menggunakan aplikasi pencatatan pengeluaran. Jika ingin yang lebih sederhana lagi, Sobat bisa menulisnya di buku catatan pengeluaran. Pilih metode mana yang paling mudah Sobat lakukan.

4. Menghilangkan godaan belanja.

Tips agar tidak gila belanja selanjutnya adalah dengan menghilangkan godaan belanja. Mereka yang sudah mengalami gila belanja sering kali berbelanja dengan spontan tanpa direncanakan sebelumnya, apalagi dengan kemudahan belanja online.

Kalau Sobat sudah menerima terlalu banyak paket dalam satu bulan, itu artinya sudah saatnya untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Caranya adalah dengan berhenti berlangganan promo iklan yang dikirim melalui e-mail atau pesan WhatsApp hingga menghapus situs belanja online.

Akan sulit rasanya melakukan hal tersebut, apalagi jika terkait dengan produk-produk favorit Sobat. Akan tetapi ingat, Sobat masih bisa memeriksa situs mereka lagi ketika memang benar-benar sedang membutuhkan sesuatu.

Tanpa adanya godaan untuk belanja yang rutin datang, mengurangi tendensi gila belanja juga akan makin mudah.

5. Menunda belanja.

Banyak orang kesulitan berhenti terus-menerus belanja karena dorongan kebutuhan belanja yang sudah terlalu lama dibiarkan. Contohnya, Sobat sebenarnya tidak membutuhkan lilin aromatik, tetapi karena sedang belanja barang lain, kenapa tidak sekalian saja?

Bisa jadi Sobat sebenarnya tidak membutuhkan lilin ini, tetapi saat sedang menjelajahi situs jual beli online, rasanya Sobat sangat membutuhkannya.

Sobat bisa menghindari dorongan ini dengan menunda membeli barang tersebut. Untuk pembelian kecil, tunggu 48 jam. Sedangkan untuk pembelian besar, tunggu selama 30 hari.

Setelah menunggu, Sobat biasanya akan menyadari bahwa sebenarnya barang yang begitu diinginkan tersebut sebenarnya tidak sedang Sobat butuhkan.

6. Belanja apa yang ada di daftar saja.

Daftar belanjaan bisa menjadi langkah yang baik untuk mencegah pembelian yang tidak perlu. Jadi, sebelum berangkat ke toko atau membuka situs belanja pastikan Sobat sudah membuat daftar belanjaan terlebih dahulu.

Kemudian, begitu membuka situs belanja atau sampai di toko, pastikan untuk membeli apa yang ada di daftar saja.

7. Memisahkan uang simpanan.

Tips agar tidak gila belanja yang terakhir, tetapi tidak kalah penting adalah memisahkan uang tabungan Sobat. Bukalah rekening khusus tabungan yang tidak bisa dengan mudah digunakan begitu saja. Pasalnya, Sobat akan lebih mudah belanja secara berlebihan jika menyimpan semua uang di satu tempat.

Sobat gipsum tentu tidak ingin dana darurat juga ikut ludes karena kebiasaan gila belanja tersebut, bukan? Dengan memisahkan dana tersebut, Sobat bisa bebas menggunakan uang yang tersisa untuk berbelanja atau memenuhi keperluan lainnya.

Nah, itulah tadi 7 tips yang bisa Sobat ikuti untuk menghentikan kebiasaan gila belanja. Jika Sobat bermasalah dengan pengeluaran yang tidak terkendali karena suka berbelanja, yuk mulai ikuti tips di atas!