Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Jenis Burung Yang Berkicau Pada Saat Malam Hari.

Burung, baik burung yang hidup di udara bebas maupun burung peliharaan dalam sangkar pada umumnya berkicau saat pagi hari buta.

burung yang berkicau pada malam hari

Suara burung yang berkicau pada saat pagi hari itu bisa menjadi sebuah nyanyian yang senandung merdu serta nyaman juga merupakan suara yang sudah akrab didengarnya oleh sang pemilik burung peliharaan.

Tatapi, tidak jarang pula terdapat sejumlah orang termasuk pemilik burung seringkali mendengar burung berkicau pada saat malam hari dan ini bisa membuat "kamu bertanya" atau "kamu bertanya - tanya", bahkan bisa jadi sesuatu yang menakutkan.

Namun, nyatanya terdapat sejumlah jenis burung suara merdu yang kerap berkicau pada saat malam hari dimana burung jenis lainnya jarang atau tidak bisa melakukannya.

Jadi sobat gypsum dirumah, tidak perlu lagi takut ketika mendengar burung berkicau pada saat malam hari.

5 Jenis Burung Berkicau Malam Hari

Mengutip, dari situsnya The Spruce Pets! Berikut dibawah ini, adalah jenis-jenis burung yang berkicau pada saat malam hari:

1. Mockingbird Utara.

Mockingbird Utara

Burung mocking atau mockingbird utara ini, merupakan salah satu jenis burung yang berkicau pada saat malam hari yang terbilang dikenal secara meluas oleh seluruh pecinta burunng.

Mockingbird utara ini, dapat ditemukan diseluruh daratan karibia, meksiko, kanada selatan, dan amerika serikat! Burung mocking ini, dapat menyanyikan sebuah nada dengan urutan yang berbeda dalam 3 set dan seringkali beralih nada kenada yang baru guna memamerkan kecapakapan mereka dalam bervokal.

Burung mockingbird utara biasa bernyanyi ditempat yang tinggi di pinggiran kota dan didaerah perkotaan.

2. Hermirt Thrush.

Hermirt Thrush

Hermirt thrush juga merupakan salah satu burung yang kicaunya merdu dan paling indah yang berasal dari Amerika Utara dimana jangkauan penyebaran burungnya mulai dari Meksiko hingga Kanada, tergantung dari waktu migrasi dan musim.

Dengan kicauan yang merdu tersepoi - sepoi juga nada berupa siulan yang mendayu - dayu, membuat irama suara burung ini mudah didengar dan seringkali berkicau pada saat dini hari atau sore hari.

Tetapi, jika sudah masuk di musim gugur atau musim semi, kicauan burung hermirt thursh ini bisa berlanjut sampai malam hari.

3. American Robin.

American Robin

American robin ini bukanlah seorang hero atau manusia pahlawan dalam film hollywood, melainkan nama sebuah jenis burung yang berkicau pada saat malam hari.

Burung yang keberadaan favoritnya berada di halaman belakang sebuah gedung di Amerika Utara ini, merupakan anggota umum paduan suara pada saat fajar yang mempunyai kicauan familiar.

Burung american robin, biasa mengeluarkan kicaunya sepanjang malam di sebuah pinggiran kota dan daerah perkotaan, terutama pada saat musim semi dimana burung berkicau menjadi bagian dari ritual pacaran.

Oleh karena burung american robin bisa tinggal di sebagaian besar jangkauannya selama sepanjang tahun, membuat burung ini menjadi salah satu jenis burung yang berkicau pada saat malam hari! Bahkan, hingga masuk musim dingin kicauannya tetap terdengar merdu dan indah.

4. Common Nightingale.


Common nightingale juga merupakan salah satu jenis burung yang suka berkicau pada saat malam hari dan merupakan burung yang kicauannya paling produktif di daerah Afrika, Asia, serta Eropa.

Burung common nightingale ini mempunyai lebih dari 200 kicauan yang berbeda dalam setiap repertoarnya juga sering menyanyikan semua kicauannya pada saat malam hari.

Akan tetapi, burung ini tergolong burung dengan tipe atau watak yang relatif pemalu dan seringkali bersembunyi didaerah semak belukar yang lebat.

Suara kicauannya yang kaya mirip seperti nada seruling dengan beragam macam variasi nada dan bisa didengar nun jauh disana dengan waktu yang lama oleh karena burung common nightingale ini merupakan jenis burung yang pantang lelah bernyanyi.

5. Burung Hantu Barred.

Barred

Tidak heran, jika burung hantu atau burung barred ini dikatakan sebagai salah satu jenis burung yang berkicau pada saat malam hari. Jadi terbayang, jika kicaunya hanya di siang hari saja, ini berarti bukan lagi burung hantu namanya dong. Hehehe...

Burung hantu barred, bisanya berkicau sendiri dan seringkali berkicau duet dengan pasangannya saat musim kawin atau masa pacaran.

Bahkan, sepasang burung barred bisa hantu bisa memanggil satu sama lainnya secara berulangkali selama sepanjang malam. Selain itu, burung hantu juga bisa berkicau sendirian selama berjam - jam lamanya pada saat malam hari.

Demikian, 5 jenis burung yang biasa berkicau pada saat malam hari yang dapat kami rangkun dan kami informasikan buat sobat gypsum pecinta burung dimanapun berada.

Apakah ini bisa membantu? Sekian dan terimakasih sudah berkunjung dan menyimak. Akhir kata, semoga bermanfaat dan wassalam.