Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Jenis Burung Dengan Kicau Paling Merdu dan Indah Di Dunia.

Kicau burung dapat dikatakan sebagai suara paling merdu dan indah serta terindah di seantrao jaga alam semesta atau dunia! Kicau burung merupakan salah satu kelebihan ataupun keistimewaan yang dipunyai burung ketimbang hewan lainnya.

burung kicau indah

Mendengarkan kicauan burung, baik burung liar maupun burung yang di pelihara dalam sangkar dapat membuat kenyaman dan ketenangan yang ruar biasa bagi yang mendengarnya.

Bahkan, pengungkapan menurut sebuah studi paling baru mengatakan bahwa dengan mendengar burung berkicau dapat menghilangkan paronoia serta kecemasan.

Terdapat beragam macam alasan burung berkicau baik malam ataupun pagi hari, diantaranya adalah sebagai berikut:
  • merupakan sebuah aktifitas yang menyenangkan,
  • menandai waktu dalam satu hari,
  • memberi peringatan kepada burung yang lain tentang wilayahnya untuk menghindar,
  • membangunkan wilayah,
  • sebagai bentuk komunikasi satu sama lain,
  • hingga untuk menarik pasangan.
Bentuk nyanyian burung bisa jadi terkekeh, berkicau, bersiul, hingga bermelodi yang bunyinya terdengar manis serta hampir tidak pernah terlupakan.

5 Jenis Burung Yang Kicau nya Paling Indah Di Dunia

Setiap jenis burung, tentu mempunyai ciri khas nyanyian atau kicau nya masing - masing!

Kendati begitu, ternyata terdapat sejumlah burung tertentu dimana para pecinta burung di dunia menganggapnya sebagai burung yang memiliki kicau paling merdu dan indah di dunia.

Lantas, burung apakah sajakah itu? Yuk, simak penjelasannya berikut ini:

1. Burung Bulbul.

burung bulbul

Sebutan lain burung bulbul, ialah burung common nightingale! Ada juga yang mengatakan burung ini bernama kutilang emas.

Burung jenis ini sudah dianggap oleh para pecinta burung sejagat raya, sebagai burung dengan kicau paling indah dan terindah sedunia.

Kicau burung bulbul, bahkan sudah di gambarkan dalam banyak opera, buku, hingga puisi.

Burung bulbul atau kutilang emas umumnya hidup di Mediterania, Afrika, Eropa, dan Asia dimana nama burung bulbul itu sendiri artinya, adalah penyanyi malam.

Yup, burung bulbul (common nightingale) merupakan jenis burung yang seringkali berkicau di malam hari. Namun, ada juga sih burung bulbul yang berkicau di pagi hari atau saat fajar datang.

Mengutip dari buku The Mysterious Word, burung common nightingale biasa bernyanyi selama musim kawi! Suara kicau mereka yang indah memberikan kesan yang kaya akan nada dengan urutan yang bisa berbeda, baik dari peluit maupun getaran.

Burung kutilang emas (bulbul) atau common nightingale biasa mengeluarkan kicau dimalam hari oleh karena suara mereka bisa bergerak jauh dan jelas! Untuk kicau burung kutilang emas jantan dewasa saja mempunyai variasi nada, lebih dari 250 variasi.

2. Burung Hermith Thrush.

Burung Hermith Thrush Kicau Indah

Jenis burung dengan kicau paling indah dan terindah berikutnya, ialah burung Hermith Thrush dimana ukuran tubuh burung yang satu ini terbilang kecil dan nampak terlihat polos.

Menurut AZ Animals, burung hermith thursh memiliki kicau yang sangat merdu layaknya bunyi seruling bambu yang dapat meresap kedalam kalbu.

Asal mula hermith thrush sebagian besarnya, yakni berasal dari Amerika Serikat dimana burung ini lebih menyukai area berhutan, dekat dengan tanaman yang membuahkan buah beri.

3. Burung Kenari.

burung kenari kicau

Burung dengan suara merdu paling indah yang ketiga, ialah burung kenari. Burung memperoleh namanya sesuai dengan nama daerah asalanya, yaitu pulau canary yang berada di Spanyol.

Burung kenari banyak dipelihara dan mulanya dijadikan sebagai burung peliharaan, yakni sejak abad ke 17 oleh karena suara kicauannya yang terdengar merdu dan indah, bahkan mungkin paling terindah.

Kenari merupakan nama burung yang paling mahir diantara jenis burung lainnya dalam menirukan suara yang didengar disekitarnya dengan secara berulang - ulang.

Untuk jenis burung kenari jantan mempunyai kicau yang lebih baik ketimbang betina dimana lagu - lagunya mempunyai gaya dan pola yang sungguh unik.

Kemampuannya tersebut, jika bisa dilatih dengan secara baik lagi oleh pemeliharanya! Maka, bisa jadi burung kenari dapat mempelajari lebih banyak tentang beragam macam jenis lagu dan suara.

Burung dengan kicau paling luar biasa hingga saat ini, masih dikuasai oleh kenari roller atau keturunan burung penyanyi Amerika dari keluarga canary.

Mereka menunjukan kemampuannya dalam mempelajari nada-nada instrumen, musik, serta suara burung lainnya. Burung kenari biasa menyanyi disemua musim, terkecuali dimusim panas.

Pada musim panas, burung kenari akan merontokan bulu-bulunya dan disaat musim inilah semua ras burung kenari, sebagian besarnya akan berhenti bernyanyi.

4. Burung American Robin.

Burung American Robin

American robin ini juga merupakan jenis burung dengan kicau yang merdu paling indah di dunia yang berasala dari Negara Amerika Bagian Utara.

Burung american robin ini dikenal dengan bulu-bulunya yang sangat terlihat mencolok. Burung ini bisa menjadi salah satu burung dengan kicau paling terindah, oleh karena dapat menampilkan suara peluit dengan bunyi yang berbeda.

Ya, mereka bisa mengulangi sejumlah frasa hingga 3 (tiga) sampai 4 (empat) kali secara berurutan dengan nada yang berbeda - beda.

Kicau burung american robin bisa menjadi lebih sangat jelas suaranya serta berasa menyenangkan tuk didengar, ketika fajar datang. Bahkan, burung ini bisa membuat panggilan alarm disaat dirinya terancam oleh sejumlah predator disekitar.

Burung dengan kicau merdu paling indah dengan nama american robin ini lebih suka berdiam di hutan, tanah semak, daerah pegunungan, hingga hutan pinus.

Adapun informasi tentang jenis pakan atau makanan yang biasa dimakannya, ialah sejenis buah - buahan, serangga, hingga cacing tanah.

5. Burung Summer Tanager.

Burung Summer Tanager

Poin terakhir yang dapat kami bahas mengenai jenis burung dengan kicau paling terindah dimana nama jenis burungnya, yakni summer tanager.

Burung ini merupakan salah satu jenis burung dengan kicaunya yang paling indah dan terindah dengan warna bulu berwarna cerah yang tidak terlihat biasa dalam dunia perburungan.

Tidak terlihat biasa ini artinya, saat spesies burung lain berhenti menyanyi dan berikicau saat dimusim panas. Namun, burung summer tanager malah mulai berkicau dan bernyanyi guna menyambut datangnya cauaca yang hangat.

Adapun ciri warna bulu untuk burung summer tanager jantan, yaitu merah cerah dimana warna ini merupakan warna satu-satunya burung di Amerika Utara yang betul-betul merah. Sedangkan untuk betinanya, dianuagrahi warna kuning cerah pada bulunya.

Kebiasaan burung summer tanager berdiam di puncak pohon tertinggi dan sangat mahir dalam menangkap tawon dan lebah.

Kesimpulan

Jenis-jenis burung dengan kicau paling terindah diatas merupakan sesuatu hal yang sudah diketahui kebenarannya oleh khalayak orang banyak, terutama sudah dianggap benar adanya oleh para pecinta burung diseluruh dunia.

Jika sobat gypsum memiliki rekomendasi jenis burung lain yang bericaunya indah dan merdu, maka bisa menaruhkan rekomendasinya di kolom komenter yang tersedia dibagian akhir halaman ini.

Itulah, 5 macam jenis burung dengan kicau paling indah dan terindah serta paling merdu yang dapat kami informasikan buat sobat gypsum yang cinta akan burung, selain burung kepunyaan sendiri.

Apakah ini bisa membantu? Sekian dan terimkasih sudah berkunjung dan menyimak. Akhir kata, wassalam dan semoga bermanfaat.