Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berasa Mistiskah Jika Burung Berkicau Di Malam Hari ?

Burung dapat dikatakan mempunyai banyak sekali keistimewaan bila dibandingkan dengan jenis hewan peliharaan lainnya, misalnya saja berkicau, dapat terbang, serta bisa mengikuti suara manusia (burung beo).

burung berkicau di malam hari

Dari semu keistimewaan tersebut, kicau burunglah yang paling dianggap menarik oleh sebagian para pecinta hewan. Bahkan ada yang menganggapnya, kicauan burung ini adalah sesuatu hal yang paling mahal.

Sehingga menjadi tidak heran, banyaknya perlombaan yang hanya dikhususkan untuk kicauan burung paling merdu dan indah.

Burung, baik itu burung yang hidupnya dialam bebas maupun burung peliharaan dalam sangkar pada umumnya akan berkicau di waktu pagi hari.

Nah, suara burung yang terdengar di pagi hari tersebut bisa jadi pertanda bahwa hari memang sudah pagi dimana senandung nyanyian burung yang merdu dan indah yang terdengar, dapat memberikan kenyamanan pada orang yang mendengarkannya.

Alasan Burung Berkicau Di Malam Hari

Burung mengeluarkan kicau merdu di waktu pagi hari itu adalah, perilaku yang lumrah atau tingkah laku alami burung.

Tetapi, tidak jarang pula ada sejumlah burung berkicau di waktu malam hari yang seringkali didengar oleh sejumlah pemilik burung dimanapun berada atau orang lain disekitar rumah.

Hal tersebut, tentu akan membuat "kamu nanya" atau "kamu bertanya - tanya". Bahkan, akan terasa jadi menakutkan buat sebagian orang apabila burung berkicau dimalam hari oleh karena menganggapnya sebagai hal yang mistis atau kicauan burung hantu.

Lantas, benarkah itu mistis dan kenapa burung berkicau di waktu malam hari? Yuk, kita simak alasan - alasan mengapa burung bisa mengeluarkan kicau dimalam hari, berikut ini.

1. Faktor Cahaya.

Sesungguhnya, di perkotaan atau kota - kota besar merupakan sesuatu yang sudah sangat umum terjadi apabila burung berkicau diwaktu malam hari.

Melansir dari situsnya Bird Sport, terdapat dua hal yang di duga dapat menyebabkan burung berkicau di waktu malam hingga sampai dini hari, diantaranya yaitu populasi cahaya dari gedung perkantoran dan penerangan jalan.

Cahaya, ialah sebuah isyarat penting semua burung beserta semua organisme yang mengatur waktu musiman dan aktivitas keseharian mereka.

Perubahan oleh adanya sumber cahaya alami pada dasarnya, bisa mempengaruhi jam tubuh burung atau sinkronisasi jam sirkadian.

Ini sama halnya dengan perasaan manusia dimana terdapat beberapa manusia yang lebih merasa sulit tidur saat sedang menatap layar bercahaya sebelum tidur, selama hampir berjam - jam lamanya.

Siklus alami yang dialami burung juga kurang lebih seperti itu, apabila dipengaruhi oleh sumber cahaya buatan disekitarnya.

Terdapat beberapa alasan burung bernyanyi atau berkicau, diantaranya adalah sebagai berikut:
  • untuk menarik pasangan,
  • sebagai peringatan tanda bahaya,
  • guna mempertahankan wilayahnya,
  • dan lain-lain.
Burung biasa berkicau di waktu pagi hari penyebabnya oleh karena di picu oleh cahaya pertama dari sinar matahari (ultra violet). Begitu juga saat matahari tenggelam dimana cahaya juga menghilang, maka burung akan berhenti berkicau dengan sendirinya.

Jadi sekali kami katakan, bahwa cahaya merupakan isyarat burung berkicau di waktu pagi hari dan akan berhenti kicauanya dimalam hari.

Akan tetapi, bilamana terdapat cahaya selama 24 jam secara terus menerus. Bisa jadi, jam internal pada burung akan tidak sinkron dimana mereka akan berkicau lebih awal atau mungkin akan lebih lambat dari jam yang seharusnya pada siang hari.

Itulah alasan, kenapa burung masih terus saja berkicau walaupun sudah malam dan ini bisa terjadi terutama di wilayah yang dengan tingkat polusi pencahayaannya yang tinggi.

Kendati begitu, hal tersebut tidak dapat menjawab tentang pertanyaan kenapa sobat gypsum terkadang mendengar kicauan burung di waktu musim dingin pada saat malam hari, bahkan ketika gelap gulita.

2. Mendengar Suara Keras.

Alasan lainnya pada point kedua mengapa burung berkicau dimalam hari, ialah terbangun oleh karena mendengar suara yang keras! Misalnya saja, suara kembang api dan suara petir.

Selain itu, suara dari burung - burung noktural atau burung yang suka berkicau di malam hari, semisal burung american robin dan burung hantu dimana kedua jenis burung ini bisa memicu burung berkicau disaat malam hari.

Tidak hanya kedua burung tersebut saja, melainkan memang ada terdapat burung yang berkicau pada malam hari lainnya yang akan kami bahas pada pembuatan artikel berikutnya.

Burung tidak cuma berkicau saat malam hari, tetapi juga harus menyesuaikan lagunya terlebih dahulu untuk di dengar. Contohnya nyanyian burung kota, bisa menjadi cepat serta keras dengan jeda waktu yang lebih lama di antara frasa yang diambil.

Selain itu, burung juga meninggalkan jejak nada yang lebih rendah yang membuat suara nyanyiannya terdengan lebih baik dan jelas.

Itulah informasi tentang alasan mengapa burung berkicau dimalam hari dan ternyata ini bukanlah sebuah mistik, melainkan ada sejumlah pemicu yang sudah dijelaskan diata.

Apakah ini bisa membantu? Sekian dan terimkasih sudah berkunjung dan menyimak. Jangan lupa, untuk melihat artikel menarik lainnya yang mungkin ada yang menarik dihati pada bidang artikel terkait dibagian paling bawah halaman ini. Akhir kata, semoga bermanfaat dan wassalam.