Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri - Ciri Ayam Jago Yang Baik dan Bagus Untuk Aduan.

Ayam adalah salah satu hewan berupa unggas yang kerap banyak sekali orang yang memeliharanya dengan tujuan sebagai hoby maupun bertujuan untuk mengembangbiakannya guna bisa dijual, agar memperoleh keuntungan financial.

ciri ayam jago aduan

Tidak hanya dagingnya saja yang menguntungkan, telurnya pun bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan tambahan lainnya. Sehingga, kecepatan dalam mendulang kekayaan semakin meningkat.

Selain ayam sebagai bagian alat sekaligus produk bisnis! Banyak juga orang yang memanfaatkannya sebagai hewan peliharaan dipekarangan rumahnya, tetapi hanya sebatas hoby atau kesenengan tersendiri.

Kendati begitu, yang akan kami bahas disini hanya lebih ke tentang ciri - ciri ayam jago yang baik dan bagus untuk bisa sobat pelihara dimana jenis ayam jago inilah yang biasa banyak orang memelihara dipekarangan rumahnya.

Ciri - Ciri Ayam Jago Aduan

Di daerah tertentu di Wilayah Indonesia ayam jago biasa di sebut ayam petarung, tapi entahlah kalo di kota sobat seperti apa menyebutnya kita tidak tahu.

Berikut ini, ciri - ciri ayam jago yang dapat kami rangkum sedetail mungkin, buat sobat pecinta ayam jago dimanapun berada:

 Baca Juga:  3 Jenis Ayam Petarung Termahal Harga Fantastis.

1. Tubuhnya Tegap dan Besar.

Ciri khas ayam jago khususnya untuk aduan, pastinya haruslah kokoh dan bagus dan ini hal pertama yang harus sobat perhatikan terutama dari segi bentuk tubuhnya.

Pada dasarnya, ayam jago yang kuat memiliki tubuh yang tegap dan besar. Perihal ini, biasanya bisa dilihat dari postur tubuh ayam saat berdiri hingga membentuk sudut mencapai 90 derajat.

Ayam jago khususnya buat aduan berkualitas tinggi, menurut pendapat dari sebagain penyuka ayam jago haruslah mempunyai tulang dada yang lebih besar ketimbang jenis ayam lainnya.

Kendati begitu, banyak juga orang penyuka ayam yang lebih memilih ayam jagonya dengan kondisi badan yang lembek atau empuk ketimbang yang keras - keras.

Alasan lebih memilih tubuh ayam lembek menurut mereka katanya, ayam akan mempunyai otot yang baik dan bagus serta kuat saat bertanding. Selain ini, juga merupakan salah satu faktor yang dapat mendukung kualitas serangan ayam ketika bertarung.

2. Lehernya Panjang.

Ciri ayam jago yang baik dan bagus khusus untuk aduan point berikutnya, ialah mempunyai leher yang panjang. Ya, biasanya ayam jago yang bagus nan mantap serta berkualitas, lehernya berbentuk lebih panjang ketimbang leher yang terdapat pada jenis ayam lainnya.

Tetapi umumnya jenis ayam jago yang terpilih, yakni pada bagian tulang penghubung antara kepala dan lehernya tidak terlalu menonjol!

Menurut sebagian pendapat, bilamana tulang sambnung (penghubung) semakin tidak terlihat menonjol, maka akan semakin baik pula kualitasnya.

Sehingga, menjadi tidak heran bila para pecinta ayam khususnya ayam jago seringkali memeriksa bagian tulang penghubung (sambung) antara kepala dan lehernya, guna bisa mengatehui tentang kualitas ayam jagonya.

3. Jenggernya Mirip Blangkon.

Ciri ayam jago untuk aduan pada poin ketiga, ialah bentuk jenggernya mirip atau hampir menyerupai balngkon! Ya, ayam jago khusus untuk aduan dengan kualitas yang baik dan bagus umumnya memiliki bentuk jengger yang hampir mirip dengan bentuk penutup kepala blangkon.

Selain itu bentuk jengger pada ayam jago aduan yang baik dan bagus, biasa orang - orang pecinta ayam menyebutnya dengan istilah pial pendek atau rose.

Sejumlah bentuk jengger ayam jago tersebut di nilai, bisa memperlihatkan kualitas ayam yang baik, bagus, kuat, dan sangat berpotensi memenangkan pertarungan (juara).

4. Kakinya Bulat dan Sisiknya Rapi.

Ciri-ciri ayam jago yang baik dan bagus selanjutnya pada poin keempat, yaitu memiliki bentuk kaki yang bulat dan sisik - sisiknya terlihat rapi.

Dengan bercirikan kakinya bulat dan sisiknya rapi, maka ayam jago aduan sudah bisa di katakan sebagai ayam yang memiliki kualitas bertarung yang baik dan bagus serta kuat.

Selain itu, ayam jago yang kuat juga bisa di lihat warna sisiknya yang berwarna kuning dengan bentuknya tidak terputus serta sejajar.

Sehingga dari ciri-ciri tersebut, bisa terlihat kemampuan dalam melancarkan serangannya yang kuat pada lawan beradunya.

5. Memiliki Paruh Yang Panjang Juga Tebal.

Ciri ayam jago yang baik dan bagus untuk aduan pada poin kelima, yakni paruhnya panjang dan tebal dan ciri-ciri inilah yang selalu di pilih oleh para pecinta ayam jago dalam memilih ayam aduan unggulannya.

Selain itu warna pada paruhnya, para pecinta ayam jago cenderung lebih memilih warna yang berbeda dari jenis ayam lainnya, yakni berwarna kekuning - kuningan dan agak sedikit cerah.

Jadi kesimpulannya untuk ciri ayam jago pada poin ini, ialah semakin paruhnya berwarna kuning cerah dengan bentuk yang juga semakin bulat dan panjang. Maka, ini merupakan ayam yang jago bertarung dengan kualitas unggul.

6. Kepala Buah Pinang.

Kepala buah pinang ini, maksudnya ialah kepala ayam jagonya seperti buah pinang dimana ini juga merupakan salah satu ciri ayam jago yang baik dan bagus untuk aduan.

Ayam jago aduan dengan cirinya semacam ini, menurut pakar ayam biasanya memiliki serangan yang cukup kuat serta tak mudah menyerah sampai titik darah penghabisan saat melakukan pertarungan.

7. Warna Mata Sama Seperti Warnanya Kaki dan Paruh.

Kemudian warna pada mata ayam jago juga perlu sobat lihat dan perhatikan dengan secara seksama, agar bisa ditemukan ciri ayam jago yang baik dan bagus untuk aduan.

Umunya ciri ayam baik dan bagus yang berkualitas tinggi untuk aduan, memiliki warna mata yang sama dengan warna kaki dan paruh atau istilah lainya, warna tembus.

Sehingga pada saat sobat dengan mencari ayam yang baik dan bagus untuk bertarung, lalu melihat pada bagian mata, kaki, dan paruh,ternyata warnanya sama. Maka ayam jago ini, merupakan ayam yang jago bertarung yang tepat dan sesuai untuk sobat pilih sebagai ayam aduan.

8. Ekornya Pendek.

Ciri ayam jago khusus aduan dengan kualitas baik dan bagus yang terkahir, yakni dilihat dari ekornya yang harus lebih pendek ketimbang jenis ayam lainnya.

Ya, ayam jago berkualitas baik dan bagus serta jago dalam hal pertarungan atau aduan haruslah memiliki ekor yang pendek untuk memudahkan ayam bergerak lebih leluasa kesana kemari.

Sehingga, dengan begitu gerakan ayam akan gesit juga lincah ketika bertarung dengan lawannya di pannggung pertarungan antar ayam jago senasioan maupun seinternasional. Hehehe..

Kendati begitu, ayam jago dengan ekor yang lebih panjang dari yang seharusnya juga mempunyai daya bertarung yang baik dan bagus! Akan tetapi, gerakannya agak sedikit lebih lembut dan tenang ketimbang ayam jago yang ekornya pendek.

Akhir kata

Bagimana brow, penjelasan tentang ciri-ciri ayam jago yang baik dan bagus untuk aduan diatas, apakah bisa dipahami atau mungkin ada yang ingin ditambahakan?

Silakan sobat berkirim tulisan di kolom komentar untuk menambahkan ciri ayam jago berkualitas yang belum kita sebutkan pada pembahasan diatas.

Apakah ini bisa membantu? Sekian dan terimakasih sudah menyempatkan waktunya tuk berkunjung serta menyimak.

Jangan lupa untuk menyimak pula, artikel menarik lainnya seputar ayam pada bagian artikel terkait dibawah. Akhir kata, wassalam.