Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Macam Jenis Ikan Tuna Yang Ada Di Laut, Masa Di Sungai.

Jenis-jenis tuna yang merupakan ikan laut ternyata banyak macamnya. Penasaran, kepingin tahu? Yuk simak keterangan lengkapnya hanya di larantukagypsum.com, situs yang mengulas selain plafon gypsum juga senang akan konsumsi ikan oleh karena ini merupakan santapan pokok sehari - hari yang lezat dan uenak dan maknyos.

jenis ikan tuna

Ya, tuna adalah salah satu jenis ikan yang ada di laut masa ikan di sungai. Hehehe...!! Kepoin sampai selesai ya sob, perihal macam jenis ikan tuna dihalaman ini supaya kegelapan menjadi terang benderang.

Apa Itu Tuna

Tuna menurut wikipedia, ialah ikan laut pelagik yang tergolong kedalam suku Thunnini ("suku", emangnya turunan manusia xixixi). Sekedar diketahui, Ikan laut bangsa Thunnini terbagi kedalam beberapa spesies dari keturunan skombride, terutama spesies genus Thunnus.

Ikan laut yang satu ini, merupakan perenang yang handal dan profesional (ckckck, macam tukang bangunan saja ada kata profesionalnya)! Kecepatan berenang ikan tuna bisa mencapai 77 km/jam lho, sob.

Kecapatan tersebut pernah di ukur oleh seorang peneliti ahli ikan di dunia yang entah di mana keberadaan sang pengukur kecepatannya tidak pernah disebutkan oleh wikipedia.

Tapi siapa itu sang pengukur kecepatan berenang ikan tuna sepertinya tidak terlalu penting - penting amat untuk diketahui, bukan? Karena, si amat tetangga kami orangnya juga cuek dan membosankan.

#Warna Daging Tuna

Daging tuna tidak seperti kebanyakan ikan laut lainnya yang mempunyaio daging berwarna putih, ada juga warna merah muda, bahkan hingga merah tua.

Perihal warna daging tuna yang agak berbeda tersebut, mungkin dikarenakan otot tuna yang lebih banyak kandungan Myoglobinnya ketimbang jenis ikan laut lainnya.

Sejumlah spesies tuna yang bobotnya lebih besar, semisal Thunnus Thynnus (Tuna Sirip Biru Altlantik) bisa menaikan tensi suhu darahnya di atas suhu air melalui pergerakan ototnya.

#Bentuk Ikan Tuna

Tuna mempunyai bentuk tubuh yang agak menyerupai dengan bentuk Torpedo yang kalo bahasa ilmiahnya, ialah Fusiform. Namun tuna, agak sedikit memipih di bagian sisi-sisinya dengan moncongnya yang runcing.

Dorsal atau sirip punggungnya terdapat dua berkas, dimana sirip punggung yang pertama ukurannya relatif kecil juga terpisah dengan sirip punggung yang kedua.

Lalu, pada bagian belakang siri punggung tersebut serta pada sirip "maaf" anal (dubur), berjejer sirip-sirip kecil sebagai tambahan sirip yang di sebut dengan Finlet! Sedangkan sirip ekornya, berbentuk cabang atau cagak dengan disokong jari-jari yang menutup seluruh ujung hipural.

7 Jenis-Jenis Ikan Tuna

Setelah mengetahui apa itu tuna, warna daging tuna, hingga bentuk ikan tuna sampai sirip, kini kita ketahui juga tentang jenis-jenisnya apa saja. Mari, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Tuna Cakalang

tuna cakalang

Cakalang merupakan ikan laut jenis tuna yang jika di wilayah perairan Indonesia paling banyak di temukan di laut flores. Ini terbukti, banyak kapal ikan besar yang sering berlabuh.

Ikan cakalang mempunyai sebutan ilmiah, yakni "Kastuwonus Pelamis" yang merupakan ikan berukuran sedang dari jenis tuna atau familia scrombidae dan merupakan satu - satunya spesies dari "Genus Kastuwonus". Ada juga sebagian peneliti ikan yang menyebut ikan cakalang ini, dengan nama ikan Skpijack.

Ukuran tubuh cakalang paling besar, bisa mencapai 1 meter panjangnya dengan bobot berat tubuhnya lebih dari 18 kg. Namun, cakalang yang banyak ditangkap oleh para nelayan diperairan laut Indonesia hanya berukuran 50cm saja.

Daging cakalang memiliki rasa manis juga gurih. Selain ini, ikan laut cakalang juga ternyata mempunyai beragam macam manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini, manfaat mengkonsumsi ikan laut cakalang untuk kesehatan tubuh yang bisa kami rangkum, yakni:
  • Dapat mencegah penyakit alzheimer
  • Mampu membentuk jantung janin dan sel pembuluh darah
  • Bisa menjaga kesehatan gigi dan tulang
  • Berat badan dapat terjaga
  • Bisa Mencegah penyakit jantung
Adapun kandungan gizi yang terdapat pada ikan cakalang, adalah:
  • Vitami A,
  • Kalsium,
  • Protein,
  • Zat besi,
  • Omega 3,
  • dan nutrisi lainnya.

2. Tuna Ekor Kuning

ikan ekor kuning
Sumber Gambar : IOTC
Disebut tuna ekor kuning, karena ekor dan sirip-siripnya memang berwarna kuning. Sedangkan sahabat kami orang dari barat menyebut ikan tuna sirip atau ekor kuning ini dengan sebutan, Yellowfin Tuna.

Adapun untuk nelayan orang Indonesia yang biasa menangkap ikan di laut, mengatakan ikan ekor kuning dengan istilah Madidihang dimana ikan jenis tuna yang satu ini ternyata menempati posisi kedua setelah cakalang.

Ukuran tubuh ikan ekor kuning terbilang besar dan mampu berenang dengan kecepatan tinggi, ibarat kecepatan motor nmax yang berlari kencang dengan kecepatan 100 km/jam.

Dibeberapa wilayah, tuna ekor kuning yang sudah tumbuh dewasa dengan sempurna dapat berenang secara bersamaan dengan ikan laut lumba-lumba.

Warna daging tuna ekor kuning cenderung agak sedikit kecoklat - coklatan. Rasanya terasa ringan dengan terkstur daging yang agak sedikit keras, namun terasa lembut saat sudah do goreng dan dikonsumsi.

Akan tetapi, apabila ikan tuna ekor kuning ini sudah mencapai bobot berat 10 kg s/d 15 kg, maka warna dagingnya akan menjadi sedikit agak lebih gelap dan kering. Sehingga, ini akan sangat cocok bilamana dagingnya dikemas lalu dijadikan ikan tuna kemasan untuk dijual.

3. Tuna Ayam Laut (Albakora)

Sumber gambar : wikipedia 
Dalam istilah kamus bahasa inggris, ikan tuna ayam laut dikenal dengan nama Albakora oleh sebab dagingnya agak sedikit berwarna keputih - putihan dengan rasanya menyerupai daging ayam.

Kawan kami di Amerika sana berserta dengan tetangga - tetangga di sekitarnya, sudah sangat familiar atau sudah tidak aneh lagi dengan jenis ikan tuna yang satu ini.

Pasalnya, daging tuna ayam mudah ditemukan di toko terdekat di negara Amerika sana dalam bentuk kaleng kemasan dimana mereka menyebutnya dengan nama sebutan, yaitu "White Tuna:".

Sedangkan kenalan kami yang di Spanyol, mereka juga senang menyajikan masakan tuna jenis Albakora ini. Tapi, terkadang mereka mencampurnya dengan minyak zaitun dimana mereka menamakan menu makanannya, yaitu Bonito Del Norte.

Sungguh banyak juga ya peminatny. Tapi, menurut rumor yang kami dapat! Katanya, hasil tangkapan ikan tuna jenis albakora di samudera Hindian setiap tahunnya terus menurun semenjak artikel ini di terbitkan!

4. Tuna Mata Besar (Bigeye Tuna)

tuna mata besar
sumber images : by. pbs.twimg.com
Jenis tuna yang keempat terdapat ikan laut tuna mata besar. Tuna ini memiliki nama panggilan ilmiiah, yaitu Bigeye Tuna. Cara berenang ikan ini kecepatannya bisa mengalahkan ikan tuna ekor kuning dan cakalang pada poin satu dan dua diatas.

Berbicara perihal kecepatan berenang antar jenis tuna, ternyata bisa berpengaruh pada kadar kandungan lemak dagingnya. Sehingga ikan tuna jenis mata besar ini, bisa dibilang memiliki kandungan lemak yang lebih tebal ketimbang tuna cakalang dan ekor kuning.

Penyebab tuna mata besar (bigeye tuna) bisa berenang lebih cepat, oleh karena sering memasuki perairan laut yang sangat dingin. Maka dari itu, diperlukan adaptasi dengan cara harus bisa berenang lebih cepat atau secepat - cepatnya.

Oleh karena situasi dan kondisi itulah, mata ikan bigeye tuna menjadi besar. Makanya, diberilah nama dengan sebutan tuna mata besar oleh para nelayan yang menangkapnya.

Entah siapa dulu yang menangkap pertama kali ikan tuna jenis yang satu ini. Namun yang pasti, siapa saja orang yang sangat suka mengkonsumsi ikan tuna haruslah berterimakasih pada mereka nelayan yang mau berjuang keras guna bisa menangkapnya.

Ikan tuna mata besar juga sangat populer di negara jepang, bahkan disana "Bigeye Tuna" menjadi sebuah komoditas yang menggiurkan dimana mereka membuatnya menjadi sebuah masakan favorit yang di beri nama, menu masakan "Sashimi".

Aoa itu menu masakan "Sashimi Jepang", ialah daging mentah ikan tuna yang sudah di potong kecil-kecil juga sudah di kupas kulitnya. Tetapi tanpa di masak terlebih dahulu, melainkan ikan laut yang bisa di makan langsung mentahan dagingnya.

Jika ikan tuna mata besar ini di masak atau di panggang, warna dagingnya akan sedikit berubah dari warna agak sedikit abu-abu terang menjadi gelap. Sedangkan warna gelap ini, menurut orang-orang jepang menjadi kurang cocok jika di produksi dalam bentuk kemasan kaleng untuk dijual.

5. Tuna Bonito

tuna bonito
Bonito merupakan jenis ikan laut yang berkeluarga dengan tuna. Jadi ikan bonito ini, merupakan salah satu jenis ikan tuna yang ternyata dibanyak negara daging ikan ini tidak dipasarkan secara komersial terutama di kawasan Mediterania.

Sekedar diketahui Daging ikan tuna bonito di kawasan Mediterania secara khusus diracik untuk membuat minyak zaitun, oleh karena dagingnya memiliki tekstur yang hitam dan keras serta ukurannya yang kecil.

Selain itu, hasil tangkapan dalam setiap tahunnya cenderung musiman. Sehingga, ini menjadi sebuah alasan kenapa tidak dipasarkannya ikan jenis bonito ini bagi negara-negara di kawasan tersebut.

Meski warna daging tuna bonito cenderung hitam dan keras. Namun, untuk yang masih berumur muda atau yang masih kecil mempunyai warna daging yang lebih terang seperti halnya daging cakalang.

Oleh sebab itu pula, sejumlah produsen atau perusahaan ikan sering kali mengganti cakalang dengan jenis tuna bonito ini saat produksi untuk dijadikan makanan kemasan.

Padahal kadar kandungan lemak pada tuna bonito lebih rendah, tapi kenapa produsen ikan di negara belahan dunia tetap memproduksinya. Alasannya utamanya, dikarenakan harganya yang lebih murah ketimbang cakalang.

6. Tuna Sirip Biru (Southern Bluefin Tuna)

Southern Bluefin Tuna Sirip Biru

Jika, pada poin kedua diatas merupakan tuna ekor kuning! Maka jenis tuna pada poin keenam ini, ialah Tuna Sirip Biru. Tuna jenis ini, ada yang dari selatan dan atlantik yang masih merupakan pelagis yang bisa berenang dengan cepat serta memimiliki ukuran yang cukup besar.

Ikan tuna sirip biru ini pun, sering kali dijadikan "Masakan Sashimi" seperti halnya tuna mata besar bagi mereka para pecinta ikan tuna sejati di berbagai negara belahan dunia.

Bahkan, orang-orang kaya atau orang yang bergelimang uang dan harta di negara - negara berkembang, rela membayar dengan harga tinggi untuk mendapatkan ikan Southern Bluefin Tuna ini.

Jadi kalo boleh kami menyimpulkan, ikan tuna sirip biru ini termasuk ikan termahal di dunia oleh karena rasa, ukuran, warna, hingga tekstur tubuh, dan kekayaan kandungan lemaknya merupakan yang paling spesial diantara jenis tuna lainnya.

Selain itu, ikan tuna ini juga merupakan ikan eklusif yang sangat susah sekali ditangkapnya.

7. Tuna Tongkol

ikan tongkol

Di Indonesia, siapa yanga tak kenal dengan nama ikan tongkol. Semua orang pastinya tahu dengan ikan tongkol, bukan? Pasalnya, tongkol mudah sekali didapat dan dapat ditemukan dengan mudah di pasaran tradisional si seluruh pelosok Indonesia.

Akan tetapi, kebanyakan tongkol yang ada di pasar sudah dimasak setengah masak dan di bumbui terlebih. Sehingga, ketika sobat membeli dan membawanya dirumah tinggal menggorengnya saja tanpa perlu menambahkan lagi bumbu - bumbu dapur.

Tongkol ini juga merupakan salah satu ikan laut jenis tuna yang sangat penting san sangat diharapkan dapat banyak bagi para nelayan Indonesia, oleh karena pemasarannya yang juga cepat dan mudah.

Ikan tongkol sering kali dibidik dan ditangkap oleh para nelayan terutama nelayan yang berada di area kawasan melayu, burma, hingga laut flores.

Tuna tongkol juga selain dipasarkan dengan bentuk lipatan kertas yang sudah dimasak terlebih dahulu, juga biasa dipasarkan dalam bentuk kemasan kaleng. Untuk tongkol kemasan kaleng, bisa sobat temui dengan mudah di pusat perbelanjaan, seperti super mart, alfamart, indomart, hinggi toko-toko sembako paket lengkap terdekat di kota sobat.

Daging tongkol yang masih mentahan mempunyai warna agak keputih - putihan, teksturnya yang empuk dengan kualitas daging lebig fresh daripada tuna ayam laut (Albakora Tuna).

Demikian artikel tentang 7 macam jenis ikan tuna yang dapat kami buat dan kami rangkum yang kami kutip dari sumber terpercaya yang ada di mbah gugel yang bisa sobat pelajari di rumah guna apa saja.

Apakah ini bisa membantu? Sekian dan terimakasih buat sobat larantukagypsum yang sudah berkunjung serta menyimak ulasan ini. Semoga bermanfaat..!!