Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikan Laut Apa Saja Yang Bisa di Makan, Paling Enak, dan Bisa di Bakar?

Mengkonsumsi ikan laut yang bisa di makan mungkin sudah tidak terdengar aneh lagi, bagi seseorang yang sehari - harinya berdiam diri di sekitar pesisir pantai atau yang rumahnya berjarak 10 km lebih dari laut.
ikan laut yang bisa dimakan
Apalagi masyrakat yang tinggal di sekitar pesisir pantai tersebut, berprosesi sebagai nelayan atau orang yang seetiap harinya menangkap ikan di laut baik untuk di makan maupun ikan untuk di jual kembali.

Sehingga, jika orang nelayan tersebut kita tanya tentang ikan laut apa saja yang boleh di makan atau di konsumsi! Maka pak nelayannya pasti akan menjawab, banyak.

Lain lagi jika kita bertanya pada seseorang atau beberapa masyarakat yang rumahnya jauh dari pantai laut lepas, maka sebagian ada yang bisa menjawab hanya beberapa saja atau bisa jadi ada yang tidak dapat menjawabnya.

Maka dari itu, di kesempatan pembuatan artikel kali ini kami akan mengulas tentang ikan laut apa saja yang bisa di makan atau yang boleh di konsumsi.

Artikel tentang ikan laut mulai yang bisa di makan ini, tentunya kamu tujukan bagi siapa saja yang belum mengetahuinya! Bagi sobat yang belum sepenuhnya tahu pun alias baru tahu beberapa ekor ikan saja, boleh untuk menyimak ulasannya sampai akhir.

Ikan laut yang paling enak yakni dengan cara di bakar dan masih dalam keadaan segar, ini menurut pendapat seorang nelayan yang kami kenal dan ini juga merupakan keuntungan bagi seseorang yang rumahnya dekat dengan pantai.

Ya betul, ikan laut yang masih segar lalu kita masak dengan cara di bakar atau istilah lainnya di panggang adalah merupakan salah satu makanan ikan laut yang paling enak dan paling lezat yang pernah kami santap.

Ikan laut yang enak dibakar tersebut, pernah kami rasakan waktu kami berlibur di sekitar pantai di mana ada seorang nelayan baru pulang tangkap ikan laut dan lalu kami membelinya beberapa ekor.

Jenis ikan laut yang di beli tersebut, orang setempat menamakannya dengan ikan batu jenis kakap, di mana jenis ikan laut batu ini hanya bisa di dapat di bagian laut dalam, namun tidak bisa ikan laut di budidayakan di rumah.

Sehingga menjadi tidak aneh, bilamana masyarakat setempat di pesisir pantai memberikan nama pada ikan laut kakap dengan istilah ikan dasar atau ikan batu oleh karena hidupnya di bagian dasar laut.

Ikan Laut Yang Bisa di Makan, Ada Yang Paling Enak dan Bisa di Bakar.

Semua ikan laut sebetulnya bisa di konsumsi, meskipun ikan laut tersebut beracun tapi tetap bisa di makan. Pasalnya, ikan beracun juga adalah ikan yang terdiri dari daging - daging lunak yang bila di makan tentu tidak akan aman alias akan menyakitkan tenggorokan, bukan?

Lain lagi, bila ikan beracun terbuat dari batu keras. Selain ikan laut terbuat dari batu keras tidak bisa di masak, tentunya tidak bisa di makan pula karena akan susah di kunyah dan sulit masuk di tenggorkan.

Catatan: Perumpamaan tersebut hanyalah sebuah banyolan garing atau kekonyolan tak bermakna dari kami, mohon tidak di tanggapi!

Berikut ini beberapa ikan laut yang bisa di makan, ada juga ikan laut yang paling enak menurut versi larantukagypsum.com:

1. Tongkol

Ikan laut tongkol
Tongkol merupakan salah satu nama ikan laut yang bisa di makan, di mana ikan laut jenis ini cukup banyak beredar di pasar tradisional baik di desa maupun di perkotaan.

Ikan laut tongkol untuk yang masih sangat segar, hanya masih bisa di dapat di sekitaran area yang jaraknya tidak terlalu jauh dari pesisit pantai atau laut.

Sementara untuk ikan tongkol yang sudah melakukan perjalanan jarak jauh, misalnya: perjalanan dari pantai ke perkotaan dengan menempuh jarak ratusan kilometer, maka kebanyakan ikan tongkol tersebut sudah tidak terlalu segar.

Pasalnya ikan yang melakukan perjalanan jarak jauh, sudah di poles dengan butiran es bersuhu dingin tinggi sebagai pengawet agar ikan tongkol tidak layu saat tiba di lokasi tujuan hingga sampai konsumen.

Mengenai ikan laut yang di sudah di beri balokan es agar ikan bisa tetap awet dan tidak layu, banyak orang berselisih pendapat apakah itu ikan masih segar atau tidak!

Namun, bagi kami ikan laut yang paling segar adalah ikan yang baru di tangkap dari laut lalu kita memasaknya dengan segera pada waktu itu juga.

Jadi ikan tongkol ini merupakan ikan tongkol yang boleh di makan ya, baik di masak secara di bakar maupun di goreng!

Tapi, belum dapat kami katakan bahwa ikan tongkol ini adalah ikan laut yang paling enak atau terenak menurut kami, melainkan ada ikan laut enak dan lezat lainnya di bagian akhir setelah ini.

Adapun ciri khas ikan tongkol, bisa di perhatikan dengan secara teliti pada gambar ikan laut tongkol di atas supaya di saat membeli di pasar tidak salah memilih.

Harga ikan tongkol juga tidak terlalu mahal, sobat bisa memperoleh ikan ini dengan harganya yang cukup terjangkau dan ekonimis per tiap ekornya.

Meski harga ekonomis, ikan tongkol banyak terdapat kandungan nutrisi di dalamnya! Di antaranya, adalah:
  • Mengandung seleniumkalium,
  • fosfor,
  • magnesium,
  • zat besi,
  • kalsium,
  • dan protein tinggi.

2. Tenggiri

ikan laut tenggiri
Ikan tenggiri juga termasuk ikan laut yang enak di makan dan juga bisa di bakar atau di panggang, namun masih bukan merupakan yang paling terenak dan terlezat menurut kami.

Meski begitu, ikan tenggiri ini juga sangat kaya akan nutrisi, di mana di dalam dagingnya banyak mengandung vitamin - vitamin yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Vitamin ikan tenggiri yang di maksud, antara lain:
  • Vitamun E
  • Vitamin K
  • Vitamin A,
  • dan vitamin mulai dari B1, B2, B6, hingga B12.

3. Cakalang

ikan laut cakalang
Cakalang ini juga merupakan ikan laut yang bisa di makan dan enaknya di bakar, oleh karena memiliki daging yang lebih tebal dari pada tongkol.

Enak di makan, namun bukan termasuk ikan laut yang paling enak juga menurut kami ketimbang ikan laut yang akan kami bahas berikutnya lagi.

Walaupun begitu, ikan cakalang ini juga merupakan ikan laut yang berkualitas dengan proteinnya yang tinggi serta harganya yang terbilang murah di pasar terdekat.

Itupun, bila sobat ingin membeli ikan laut jenis yang satu ini. Jika tidak, apalah arti harga ikan yang terbilang murah tersebut.

Secara harfiah, ikan cakalang ialah jenis ikan laut yang mempunyai ukuran tubuh lebih besar dari tongkol dan lebih kecil dari ikan tuna.

Istilah lain ikan tuna yang menurut kita keren ialah ikan laut berspesies Familia Scombridae, sementara ikan cakalang masuknya ke dalam spesies Genus Katsuwonus.

Ada juga yang menyebut ikan cakalang ini merupakan ikan tongkol itu sendiri, padahal menurut nelayan asli yang sering tangkap ikan antara cakalang dan tongkol itu berlainan jenisnya! Akan tetapi, menurut wikipedia hal semacam ini benar adanya bahwa ikan cakalang merupakan jelmaan dari ikan tongkol.

Tapi, bagi kami perihal perbedaan pendapat semacam itu bukan merupakan hal yang penting! Intinya, selama ikan cakalang ini boleh di makan ya semuanya akan baik - baik saja.

Ukuran ikan cakalang terbesar, dapat mencapai 1 meter panjang tubuhnya dan beratnya bisa lebih dari 18 Kg di laut lepas per tiap ekornya! Namun, umunya yang kebanyakan di tangkap oleh nelayan mempunyai ukuran panjang tubuh sekitar 50cm atau kurang setengahnya dari ukuran 1 meter.

Bagi sobat yang ingin mengetahui lebih jelas tentang protein dan nutirsi secara detailnya, bisa mencari referensi lanjutan di mbah google ya.

4. Sarden

ikan laut sarden
Untuk ikan sarden ini sobat bisa membeli yang sudah di bikin kemasan berupa kaleng dengan harga bervariatif tergantung besar kecilnya ukuran kaleng.

Jadi, ikan sarden ini juga merupakan salah satu jenis ikan yang sangat bisa sekali di makan yang di tangkap langsung dari laut lepas entah oleh siapa, tapi kurang enak rasanya jika di bakar.

Pasalnya, ikan sarden ini memiliki bentuk ukuran tubuh yang terbilang kecil yang membuat daging nya juga terlihat tipis dan sedikit.

Ikan sarden ini juga sudah tidak terlihat aneh lagi di mata masyarakat di Indonesia serta tidak perlu repot lagi membersihkannya bila ingin mengkonsumsinya, karena sudah sudah di kemas dalam bentuk kalengan yang dapat sobat beli di supermarket terdekat.

Perihal nutrisi dan protein yang di dapat di saat mengkonsumsi ikan sarden ini, tertera jelas pada kemasannya kalengnya. So, sobat bisa membacanya secara perlahan apa yang sudah tercatat dalam permukaan bagian luar pada kemasan kaleng ikan sarden tersebut.

5. Teri

teri merupakan ikan laut yang bisa di makan
Ikan teri juga termasuk ke dalam macam jenis ikan laut yang dapat mudah di temukan di semua pasaran di Indonesia, termasuk di pasar terdekat di kota sobat.

Mungkin juga, sobat sudah tidak merasa begitu aneh dan asing lagi di saat mendengar nama ikan teri yang satu ini dan bahkan bisa jadi sobat di rumah sehari - harinya mengkonsumsi jenis ikan teri ini.

Tidak apa sih sebenarnya, karena ikan ini juga merupakan ikan laut yang sudah umum di makan oleh sebagian masyarakat di Indoesia.

Tapi, jangan terlalu berlebihan juga dalam memakannya apalagi ikan terinya sudah di olah menjadi ikan asin atau ikan yang di awetkan dengan garam.

Namanya garam sobat sendiri sudah toh, jika garam di konsumsi banyak secara berlebih tentu akan mempengaruhi kesehatan tubuh sewaktu - waktu, bukan?

Meskipun sebenarnya dalam ikan teri juga ada kandungan nutrisi dan protein yang tinggi, tentu kita harus selalu memperhatikan kadar garamnya juga bila ikan teri sudah menjadi ikan asin.

Dengan ukuran tubuhnya yang sangat kecil otomatis dagingnya tipis setipis embun pagi di pagi hari, maka ikan teri kurang enak rasanya bila di masak secara di bakar meskipun memasak ikan teri dengan cara di bakar itu bisa di lakukan.

6. Layur

layer salah satu jenis ikan laut
Berikutnya lagi terdapat jenis ikan laut yang bisa di makan yang menurut kami masih belum terbilang paling enak dan lezat jika di bakar, nama ikan lautnya yakni Layur.

Sobat boleh memakan ikan laut jenis yang satu ini dengan menggorengnya, itu juga jika sobat ingin menyantapnya. Silahkan polesi dulu sedikit garam pada tubuh ikannya, sebelum di goreng.

Bila di perlukan, berikan sedikit racikan bumbu dapur pada seluruh bagian tubuhnya agar ikan layur bisa bercita rasa tinggi. Namun, jangan kelamaan di dalam priuk nanti bisa menjadi gosong yang membuat ikan layur menjadi tidak enak di makan dan terasa gimana gitu.

Potong pendek - pendek dulu sebelum di taburi garam dan sebelum di goreng, karena ikan layur ini adalah ikan laut yang memiliki bentuk ukuran tubuhnya yang terbilang panjang dengan moncong mulut yang juga sedikit tajam layaknya bentuk ujung pisau.

Ada yang mengatakan ikan layur ini memiliki kolesterol tinggi, jadi bila mana sobat yang sedang menghindari makanan berkolesterol tinggi alangka baiknya hindari untuk mengkonsumsi ikan layur ini.

7. Tuna

tuna ikan laut yang enak
Selanjutnya ada ikan tuna yang juga merupakan ikan laut yang di tangkap dari laut terdalam oleh nelayan dengan menggunakan kapal penangkap ikan, ada juga nelayan yang menangkapnya dengan menggunakan sampan biasa.

Ikan tuna ada yang memiliki ukuran terbesar lebih besar dari ikan cakalang yang panjang ikan tunanya bisa mencapai 2 meter lebih, di mana untuk ukuran ikan yang sangat besar ini membutuhkan sejumlah kru kapal yang banyak agar bisa mendapat tangkapan ikan tuna yang banyak.

Sementara untuk nelayan yang menggunakan sampan yang hanya satu dua orang saja dalam menangkapnya, biasanya tidak bisa menangkap lebih dari 2 ekor ikan tuna oleh karena keterbatasan alat.

Selain ikan tuna dengan ukuran tubuh yang besar, tentu ada juga bentuk ukuran yang yang sedang dengan panjangnya tidak lebih dari 50 cm. Ikan tipe ini, orang - orang nelayan menamakannya ikan ekor kuning yang nantinya akan menjelma menjadi ikan tuna di kala bentuk tubuhnya sudah sangat besar.

Daging ikan tuna ini, terbilang enak jika kita memasaknya dengan cara di bakar! Pasalnya, akan terlihat daging yang lebih banyak dan tebal ketimbang tulangnya, di saat kita membedah atau membelahnya.

Bahkan ada sebagian kru kapal penangkap ikan, yang memakan ikan tuna ini tanpa di masak! Ya, ikan tuna bisa di makan langsung dagingnya dalam keadaan mentah alias tanpa perlu di masak terlebih dahulu.

Orang jepang menamakan nama makanan ikan tuna yang di makan mentah tersebut, dengan istilah Sushi.

Saya, sebagai admin di situs larantugypsum.com juga pernah mecicipi makanan sushi! Alhasil, ternyata rasanya cukup enak juga dan tidak berbau hanyir. Namun, kulit ikannya tetap perlu di kupas terlebih dahulu sebelum memakannya agar tidak tersendat di tenggorokan.

Ikan tuna di makan mentah juga terasa enak apalagi bila di masak terlebih dahulu dengan cara di bakar, tentu akan lebih enak lagi, bukan?

8. Salmon

salmon ikan laut yang bergizi tinggi
Ikan salmon juga masuk ke dalam kategori ikan laut yang boleh di makan dan bahkan di anjurkan, bagi seseorang yang mengidap kekurangan gizi.

Sekedar menyampaikan, kandungan yang terdapat dalam ikan salmon memiliki nilai gizi yang sangat tinggi di bandingkan dengan jenis ikan laut yang lainnya.

Salmon merupakan salah satu sumber makanan bergizi terbaik yang juga terdapat kandungan sesuatu di dalamnya, yakni:
  • DHA (Asam Docosahexaenoic),
  • EPA (Asam Eicosapentaenoic),
  • Omega 3 rantai panjang
  • serta Asam lemak
Kandungan tersebut, tentunya sangat di butuhkan oleh seseorang yang kekurangan gizi tinggi pada tubuhnya.

Sehingga menjadi tidak aneh, bila ikan laut salmon ini sangat cukup popular di masayarakat Indonesia, di mana harga yang di tawarkannya lumayan cukup tinggi pula.

Ikan salmon ini bisa enak rasanya bila di masak baik secara di goreng, di buat kuah asam, maupun di bakar! Bisa saja sih, jika ingin memakan daging mentahannya. Tapi lebih baik jangan deh, karena tidak akan sama rasanya dengan ikan tuna daging mentah.

9. Kakap

Kakap jenis ikan laut yang paling enak di bakar
Ikan laut kakap sudah sedikit kami gambar kan pada paragraf sebelum poin pertama di atas, di mana ikan ini merupakan salah satu jenis ikan laut yang dapat di makan dan juga merupakan paling enak bila di bakar.

Entah kenapa ikan kakap ini baik yang warna merah maupun hitam lebih terasa paling enak jika di bakar ketimbang di goreng, mungkin karena ada rasa sesuatunya atau apa gitu! pokonya, di jamin lezat lah.

Jika tak percaya, silahkan saja mencari jenis ikan kakap ini di sekitar pesisir pantai pada nelayan yang baru pulang habis tangkap ikan untuk bisa bawa di rumah dan membakarnya dengan segera. Rasakan sesuatu yang unik di lidah, saat memakannya.

Jangan lupa tambahkan resep kecap yang di sudah di campur dengan rasa masako, garam, dan bawang merah, lalu aduk - aduk dan tabur taburkan sedikit demi sedikit pada tubuh ikan kakap yang sudah terkapar di atas pemanggangan sebelum melahapnya.

Jika resep ikan kakap bakar di racik secara benar dan tepat, maka rasa yang super enak dan lezat bisa di nikmati secara lahap.

Lakukan juga kombinasi makan ikan kakap bakar dengan nasi liwet, supaya bisa menambah cita rasa yang tinggi pada mulut sobat.

10. Kerapu

begitu pun ikan kakap merupakan salah satu jenis ikan laut yang paling enak di bakar
Ini dia ikan laut selanjutnya atau yang terakhir yang menurut kami termasuk ikan yang paling enak rasanya yang dapat kami bahas, yakni ikan Kerapu atau si ikan yang di tangkap dari dasar laut.

Tapi harus di bakar ya, agar bisa mdi bilang ikan laut paling enak dan lezat dengan di bumbui terlebih dahulu pada tubuh ikannya sebelum membakarnya.

Karena akan ada perbedaan rasa antara ikan kerapu yang di goreng dengan yang di bakar, di mana ikan kerapu yang di bakar lebih terasa lezatnya di lidah. Itupun, tergantung dari resep atau racikan bumbu ikan bakar yang di buat.

Jadi ikan kerapu ini, merupakan ikan laut yang sangat bisa sekali di makan dan hampir sama persis rasanya dengan ikan kakap! Namun, ikan kerapu ini menurut kami paling enak lebih sedikit di atas ketimbang ikan kakap.

Sementara untuk perihal nutrisi dan protein untuk kedua jenis ikan laut ini yakni kakap dan kerapu tak perlu di tanya lagi. Pasalnya pada kedua ikan laut ini kaya akan protein, nutrisi, dan juga bergizi.

Meskipun dalam hal Giji yang tinggi masih kalah dengan ikan salmon, namun dalam hal kelezatan dan kenikmatan saat di bakar hanya kedua ikan inilah yang tidak ada tandingannya.

Akan tetapi dengan catatan, ukuran bentuk tubuh ikannya haruslah yang sudah dewasa atau sudah memiliki daging tebal yang bisa dimakan! Karena, bilamana membakar atau memanggang ikan kakap dan kerapu yang masih kecil tentu rasanya akan lain.

Barangkali hanya itu ulasan yang dapat kami bahas, yaitu tentang ikan laut apa saja yang dapat di makan dan palling enak serta bisa di masak secara di bakar yang bisa sobat praktekan di rumah.

Mungkinkah, informasi seperti ini bisa membantu? Jika ya, like subcribe dan share situs ini. Hehehe, memangnya chanel yotube.

Akhir kata, sekian dan terimakasih sudah menyempatkan waktunya buat berkunjung di halaman ini. Semoga bermanfaat...!!