Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Model Lantai Kayu Outdoor Ini, Bisa Mempercantik Tampilan Rumah, Lho!

Floring kayu tidak hanya dipakai didalam ruangan, namun bisa juga untuk bagian luar (exterior) rumah hunian. Semisal teras rumah, pinggiran kolam renang, dan lain sebagainya. Yuk sob, kita simak sama-sama sejumlah model lantai kayu outdoor untuk hunian rumah minimalis dihalaman ini.

Lantai kayu outdoor biasa dikenal dengan istilah, decking kayu. Penggunaanya membuat laman rumah akan menjadi terlihat lebih indah dan terkesan stylish.

Akan tetapi, dalam hal pemilihannya haruslah tepat. Sebabnya adalah penggunaan material outdoor ini akan terpapar langsung dengan sinar matahari yang panas dan cuaca yang tidak menentu.

Banyak macam pilihan material lantai atau decking kayu yang dapat sobat pilih untuk dipergunakan dimana kesemuanya mempunyai sifat yang sama, seperti tidak mudah berubah bentuk, anti serangga, tahan terhadap segala cuaca, awet tahan lama untuk kayu kelas 1 dan 2 serta sifat yang awet.

Material kayu dengan sifat-sifat tersebut, umumnya merupakan jenis kayu keras yang bisa didapat di wilayah tropis, misalnya saja ada kayu ipe dari wilayah Amerika Selatan, kayu balau merah, kayu ulin dari kalimantan, kayu bengkirai, merbau, hingga kayu keruing.

Model Lantai Kayu Outdoor

1. Lantai Kayu Outdoor Model Transisi Ruangan.

Lantai Kayu Outdoor Model Transisi Ruangan.
Model lantai kayu outdoor seperti pada gambar tersebut, bisa sobat sobat kreasikan sebagai media transisi atau jalan masuk menuju ruangan dalam rumah ataupun sebaliknya.

Bentuknya itu sendiri bisa sobat lihat, persis menyerupai lorong dengan langit-langit serta yang juga bahan materialnya didesain dari material kayu.

Konsep model semacam ini, ruangan terkesan bernuansakan kontemporer yang sangat cocok dan serasi jika di gabungkan dengan desain rumah hunian minimalis.

Tidak hanya itu, sobat juga bisa bersantai di ruangan tersebut sekaligus menjadikannya sebagai salah satu tempat berfoto atau spot selfie terbaik di rumah sendiri.

2. Lantai Kayu Model Variasi Arah Berlawanan.

Lantai Kayu Outdoor Model Variasi Arah Berlawanan.
Perlu sobat ketahui, penyusunan arah papan kayu pada lantai tidaklah harus searah baik 1 arah vertikal maupun 1 arah horizontal.

Agar bisa memberikan kesan dengan nuansa yang berbeda, cobalah untuk menyusun lantai (decking) kayu dimana papan kayunya di susun dengan membentuk sebuah pola.

Misalnya saja, sobat bisa menyusun papan kayu pada lantainya secara bergantian dengan bentuk vertikal dan horizontal, seperti yang bisa sobat lihat pada gambar diatas.

Kombinasi model penyusunan lantai papan kayu semacam ini, diharapakan dapat memberikan nuansa baru di halaman depan teras rumah secara signifikan.

3. Model Lantai Kayu Pinggir Kolam.

Model Lantai Kayu Outdoor Pinggir Kolam.
Tahukah sobat, ternyata lantai kayu juga bisa diaplikasikan pada pinggiran kolam renang dimana modelnya bisa sobat lihat pada foto diatas.

Dengan model lantai pinggir kolam ini, kesan dinamis nan segar dari suhu udara kolam renang yang hangat pastinya akan sangat terasa sekali. Selain itu, bisa juga menciptakan nuansa halaman bersantai menjadi sangat menyejukan.

Tidak cuma itu, penerapan kayu pada lantai di pinggir kolam juga bisa memunculkan kesan aman dan nyaman oleh karena lantai tidak lagi licin dan kesat.

Sobat dapat menggunakan finishing pernis, supaya tampilan kayu bisa lebih mengkilap dan motif kayunya pun masih bisa terasa juga terlihat menonjol.

4. Lantai Kayu Kombinasi Bebatuan.

Lantai Kayu Kombinasi Bebatuan.
Model lantai kayu Outdoor selanjutnya, adalah lantai kayu dengan kombinasi bebatuan alami yang bisa menambah kesan ruangan outdour serasa dimana gitu.

Jadi selain penyusunan papan kayu model kotak pada lantai luar (exterior) rumah, sobat juga bisa memadukan dengan model kotak lantai dari bebatuan alami yang disusun secara sembarang, namun pada pinggiran kotaknya tetap terlihat rapih.

Tidak perlu banyak kotak, cukup sobat buat 3 atau 4 ruang kotak guna menaburkan bebatuan alami di sepanjang permukaan lantainya. Sekedar diketahui bebatuan juga termasuk bahan material lantai yang alami, sama halnya seperti kayu dimana konsep ini juga tentunya termasuk salah satu cara melestarikan kebudayaan alam Indoesia.

5. Lantai Kayu Rustik Kombinasi Batu Bata.

Lantai Kayu Rustik Kombinasi Batu Bata.
Lantai outdoor tidak sepenuhnya harus dengan menggunakan kayu sebagai bahan materialnya, melainkan bisa dikombinasikan dengan bahan lantai batu bata seperti yang bisa sobat lihat pada foto tersebut.

Ya, sobat bisa mempergunakan batu bata pada sebagian lantai outdoor nya da sebagianya lagi menggunakan bahan kayu untuk lantainya.

Model penyusunan materialnya baik kayu maupun batu bata bisa mencontoh pada foto diatas atau sobat bisa membuat model kreasi sendiri dengan mempertimbangkan ukuran pada ruangan outdoor terlebih dahulu.

Contoh model lantai pada foto diatas, yakni material kayu dibuat bentuk semacam rangka berkotak besar dan pada sisa bagian bidang tengahnya dipasangi batu bata.

6. Lantai Kayu Outdoor Model Api Unggun.

Lantai Kayu Outdoor Model Api Unggun.
Guna bisa menikmati malam dingin yang sungguh sangat indah ditemani anggota rumah tersayang, sobat bisa membuat lantai kayu dengan model ada tempat api unggunnya.

Jadi lantai kayu outdoor model api unggun ini bukanlan bentuk ruangan luar rumah di buat seperti bentuk api unggunnya, melainkan ada tempat api unggun guna bisa menikmati udara malam yang dingin bersama anggota keluarga yang dicintai.

Biar lebih jelas, sobat bisa memperthatikan kembali gambar lantai kayu outdoor model api unggun diatas yang dikombinasi juga dengan perabot rumah, yakni sofa minimalis membuat ruangan lura (eksterior) rumah jadi lebih berkesan estetik.

7. Lantai Kayu Outdoor Model Ruang VIP Keluarga

Lantai Kayu Outdoor Model VIP
Model lantai outdoor yang terakhir yang dapat kami rangkum, adalah model lantai kayu VIP dimana ruangan luar rumah atau depan teras bisa dikatakan ruangan khusus berkumpul anggota keluarga inti.

Diruangan outdoor ini, sobat bisa bertukar pikiran dan pandangan tentang perosalan kehidupan dengan anggota keluarga lainnya dengan secara bebas, namun terasa hangat dan menyejukan.

Selain itu, decking atau lantai bahan kayu seperti pada foto diatas bisa dianggap sebagai pilihan yang ekonomis dalam memperluas ruangan keluarga ke bagian luar (eksterior) rumah.

Sehingga dengan adanya perluasan ruangan seperti itu, sobat tidak perlu lagi membangun ruangan tambahan dengan atap dan dinding yang dapat mengeluarkan anggaran lebih besar.

Cukup hanya dengan menambahkan level, yakni dengan membuat lantai kayu dan menambahkan perabot sofa atau kursi kayu supaya ruangan bisa menyatu dengan lantai.

Dan jangan lupa, untuk menambahkan aksesoris guna menghiasi ruangan agar lebih cantik, semisal lampu-lampu kecil dengan kesan yang unik dan lain sebagainya.

Demikian, pembahasan mengenai model lantai kayu outdoor yang bisa mempercantik ruangan luar (eksterior) rumah yang dapat kami informasikan.

Mungkinkah ini bisa membantu? Barangkali ada diantara sahabat larantukgypsum yang mau berbagi dengan teman disekitar, bisa mencari tombol berbagi ke media sosial yang telah kami sediakan dibagian bawah halaman ini.

Sekian dan terimakasi atas waktu berkunjungnya di situs larantukagypsum.com. Semoga bermanfaat dan semoga kebaikan sahabat semuanya, dibalas oleh Tuhan YME oleh karena sudah menyimak informasi ini.

Akhir kata, jangan lupa untuk melihat judul-judul artikel yang mungkin ada yang menarik tuk disimak di bagian bawah pada artikel terkait.