Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Manfaat Baking Soda, Selain Sebagai Bahan Untuk Membuat Kue!

Selain di pakai sebagai salah satu bahan untuk membuat kue, nyatanya baking soda memiliki manfaat lainnya yang bisa sangat berguna sekali dalam lingkungan sekitar dalamn rumah. Yuk, kita lihat penjelasan lengkapnya di halaman ini.
manfaat baking soda selain untuk bahan makanan membuat kue
Baking soda memiliki istilah nama lain, yaitu soda kue. Selain untuk membuat kue, biasanya di jadikan bahan tambahan untuk membuat gorengan dan kulit tepung ayam goreng.

Bahan baking soda terdiri dari, bahan kimia yang mengandung sodium atau natrium bikarbonat dengan bentuk semacam butiran halus berwarna putih dan baking soda juga ternyata memiliki manfaat untuk perawatan kulit!

Lalu, apa manfaat baking soda selain yang telah di sebutkan diatas. Berikut ini, ulasan selengkapnya.

10 Manfaat Baking Soda Selain Untuk Membuat Kue

Manfaat baking soda lainnya yang jarang di ketahui selain di gunakan sebagai bahan untuk membuat kue, gorengan, kulit tepung ayam goreng, serta perawatan kulit, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Membersihkan Kain Lap.

Kain lap adalah sebuah benda mati yang bisa di pastikan selalu ada di rumah terutama ada di ruangan tempat memasak ibu-ibu, yakni dapur.

Dan bukan hanya terdapat 1 kain lap saja yang tersedia di rumah, melainkan banyak di mana fungsinya guna membersihkan noda-noda sehabis memasak, debu yang menempel pada sejumlah perbait rumah, dan lain sebagainya.

Sehingga pada akhirnya dalam setiap hari, kain lap selalu dalam keadaan kondisi yang tidak sehat alias kotor bin dekil meski dalam setiap hari selalu di cuci oleh kaum ibu-ibu.

Tidak jarang juga ibu-ibu yang mencuci kain lap kotor, sering kesulitan dalam menghilangkan noda yang membandel padahal sudah di rendam dan di bilas sebaik mungkin mungkin dengan menggunakan sabun cuci kain.

Jika sudah mencapai kondisi semacam itu, coba manfaatkan baking soda yang di ruang dapur untuk menghilangkan noda bandel tersebut dengan cara, sebagai berikut:
  • Menyiapkan air secukupnya pada ember yang sesuai.
  • Lalu, taburkan bubuk baking sodanya.
  • Masukan juga kain lapnya dan rendam dulu hingga sekitar 35 menit lamanya.
  • Kemudian, cuci dan bilas kain lap seperti biasa.
  • Maka, noda bandel sudah bisa menghilang seketika dengan secara ampuh.

2. Bisa Memutihkan Gigi.

Manfaat baking soda juga ternyata dapat memberi pengaruh pada gigi yang ada di bagian bibir jeding sobat, di mana gigi kuning bisa jadi putih dan gigi yang sudah putih bisa menjadi lebih putih.

Penemuan manfaat tersebut sudah di meta analisis oleh Journal Of American Dental Association pada tahun 2017 yang lalu dimana pada baking soda terdapat nitrogen yang dapa membuat gigi menjadi putih.

Adapun cara menggunakan Baking Soda untuk gigi putih, adalah seperti berikut:
  • Gunakan baking soda layaknya seperti menggosok gigi menggunakan pepsodent selam 3 hari berturut - turut dan lihat hasilnya.
  • Kemudian, pakai kembali baking soda setelah 6 bulan guna mempertahankan gigi putihnya.

3. Untuk Membersihkan Toilet

Lalu manfaat baking soda lainnya selain untuk membuat kue dan gorengan, yaitu bisa untuk membersihkan noda kuning yang lengket pada toilet.

Bila sobat, tahunya baking soda hanya dipakai untuk membuat kue juga membersihkan perlatan memasak. Nyatanya, bisa juga di pergunakan untuk membersihkan toilet.

Sobat tidak perlu ragu akan hal ini, Baking soda akan lebih efektif dalam membersihkan toilet yang sudah terkesan kusam oleh karena noda kekuning- kuningan dengan lebih bersih ketimbang menggunakan cairan pembersih toilet.

Lantas, bagaimana cara menggunakan Baking Soda untuk membersihkan toiletnya?

Sobat hanya perlu menaburkan bubuk baking soda secukupnya pada bagian area toilet yang di rasa ada noda yang susah di bersihkannya dan diamkan terlebih dahulu selama beberapa saat, lalu sikat habis noda bandelnya dengan menggunakan sikat toilet.

4. Menghilangkan Bau Ketiak.

Sobat punya ketiak, selalu tercium bau yang tidak sedap? Maka gunakan baking soda guna mengatasi bau tak sedapnya, di jamin baunya hilang.

Selain bisa menghilangkan bau ketiak, baking soda juga dapat membuat warna ketiak hitam menjadi lebih putih terang, lho.

Adapun cara menggunakan Baking Soda pada ketiak, ialah sebagai berikut:
  • Persiapkan bubuk baking soda sekitar 4 sendok makan pada gelas
  • Isi gelas dengan air sebayak 1/4 gelas.
  • Lalu buka pakaian sobat.
  • dan Kemudian tepukan pada bagian ketiak yang ingin di hilangkan baunya dan hendak di putihkan warnanya.

5. Hilangkan Noda Pakaian Membandel.

Manfaat baikng soda lainnya selain sebagai bahan untuk membuat kue dan gorengan, yaitu untuk menghilangkan noda yang membandel pada pakaian.

Noda pada pakaian yang sangat susah sekali di hilangkan, dapat membuat siapapun yang mencucinya jengkel dan kesal, betul?

Apalagi bila noda membandel tersebut, terjadi pada pakaian yang sangat dicintai dan sayangi meski sudah di cuci berkali-kali dengan menggunakan deterjen.

Jika memang kondisinya sudah seperti itu. coba campurkan bubuk baking soda sebanyak seperempat gelas pada air rendaman cucian saat sobat hendak mencuci pakainnya.

Lalu biarkan pakain terendam dalam air rendaman selama beberapa saat, kemudian lakukan tahapan mencuci pakaian yang biasa sobat lakukan seperti biasa.

Dengan bantuan baking soda, di jamin noda membandel akan terangkat dan hilang dengan sendirinya tanpa kita harus merasa kesal dan mengumpat lagi.

6. Bisa Membersihkan Kaki.

Selanjutnya terdapat manfaat baking soda lainnya selain sebagai bahan untuk membuat kue dan gorengan, yaitu bisa untuk membersihkan kaki terutam pada bagian tumit.

Tumit yang terdapat kaki bilaman di olesi dengan bubuk baking soda bisa mengatasi masalah kulit yang kering dan pecah - pecah segera hilang dan pergi.

Berikut cara-caranya:
  • Melarutkan 3 sendok makan bubuk baking soda kedalam sebuah ember berisikan air hangat
  • Lalu rendam kakimu dalam ember air hangat yang sudah tercampur bubuk baking tersebut.
  • Kemudian gosok secara perlahan - lahan pada bagian tumit atau pada bidang kulit pecah-pecah.
  • Bisa juga menggosok pada bagian lutut kaki guna merelaksasi tegangnya otot pada kaki.

7. Untuk Bersihkan Microwave

Buat sobat yang biasa membuat makanan dengan meicrowave, pastinya selalu menemukan kotoran yang melekat pada bagian permukaan micorwavenya dan terkadang suka susah di bersihkannya yang membuat sobat jadi bingung memikirkannya.

Nah, sekarang sobat tidak perlu lagi bingung memikirkan perihal tersebut. Oleh karena kotoran yang melekat pada microwave ternyata dapat dibersihkan dengan menggunakan bubuk baking soda.

Yang perlu sobat lakukan, ialah mencampurkan tepung baking soda dengan air pada sebuah tempat anti panas yang sesuai dengan ukuran ruangan dalam microwave.

Kemudian, masukan tempat tersebut kedalam ruangan interior microwave dan panaskan microwavenya selama 3 hingga 4 menit lamanya.

Meskipun cara tersebut terlihat sederhana, namun bisa membuat kotoran kerak yang menempel pada permukaan interior microwave jadi lebih mudah di bersihkannya.

8. Untuk Membersihkan Kotoran Pada Saluran Air.

Mungkinkah, saluran pembuangan di ruang dapur dan kamar mandi di rumah tiba-tiba mumpet atau tersumbat? Bila ya, biasanya di sebabkan oleh adanya kotoran atau sampah yang melekat.

Lantas, bagaimana cara mengatasi dan membersihkannya? Adapun bagaimana cara membersihkan saluran air yang mumpet atau tersumbat, langkah - langkahnya sangat mudah di lakukan.

Berikut ini, cara dan langkah - langkahnya dalam mengatasi dan membersihkan kotoran yang melekat pada saluran air pembuangan:
  • Cukup taburkan satu bubuk atau tepung baking soda sebanyak 1 gelas.
  • Lalu, siram dengan mempergunakan air bersuhu panas kedalam saluran air pembuangan yang mumpet atau tersumbat tersebut.
Dengan mengalirnya baking soda dan air bersuhu panas tinggi, di yakini mampu mengurangi penyumbatan dalam pipa pada saluran air pembuangan.

9. Untuk Membersihkan Buah-buahan dan Sayuran.

Jadi pengen tahu ni, bagaimana sobat mencuci buah-buahan dan sayuran untuk di konsumsi, Apakah di cuci hanya dengan menggunakan air bersih?

Kalo boleh kami sarankan mulai dari sekarang, cobalah mencuci buah-buahan dan sayurannya dengan menggunakan bubuk atau tepung baking soda.

Karena alasannya, adalah selain baking soda sangat aman juga sangat efektif dalam membasmi kuman yang menempel pada buah - buahan dan sayuran yang hendak di konsumsi.

Berikut cara menghilangkan kuman pada buah - buahan dan sayur dengan menggunakan baking soda:
  • Sediakan mangkuk atau panci berisikan air yang besar.
  • Masukan 2 sdm pada manhgkuk atau panci tersebut.
  • Jika sudah, silahkan cuci buah dan sayuran melalui air baking soda tersebut.

10. Memadamkan Api.

Selanjutnya, manfaat baking soda lainnya selain sebagai bahan untuk membuat kue bisa juga untuk memadamkan api! Jenis api disini, bisa jadi ada kebarakan ringan dalam ruangan rumah yang sangat sulit di hindari.

Jika memang hal itu benar terjadi, janganlah sobat langsung panik! Guna mencegah itu terjadi, sebaiknya pula mempersiapkan kesigapan diri terlebih dahulu.

Sobat dapat menyimpan buku baking soda dalam bungkus pada wadah tertutup yang di simpan pada sebuah tempat di ruangan dapur yang mudah di jangkaunya.

Jadi disaat kebakaran ringan dalam ruangan rumah terjadi, sobat bisa mengambil secepatnya baking soda yang sudah dipersiapkan dan langsung menaburkannya pada titik atau sumber apinya.

Demikian pembahasan yang kita ulas yaitu pembahasan mengenai manfaat baking soda, selain sebagai bahan untuk pembuatan kue, gorengan, kulit tepung ayam goreng biar empuk, dan perawatan kulit. Ternyata juga bisa dipergunakan pada poin - poin yang sudah kami jelaskan diatas.

Apakah ini bisa membantu? Bagi yang membagikan artikel ini, bisa melalui tombol berbagi yang sudah kami sediakan pada bagian akhir.

Sekian dan terimakasih sudah berkunjung sekaligus menyimak, semoga ini bisa bermanfaat. Akhir kata, jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya tentang rumah hanya di situs larantukagypsum.com