Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sumur Bor? Ini, Keuntungan Membuat Air Sumur Bor di Rumah.

Apa iyu Sumur Bor? Mendengar istilah 2 kata ini, tentunya dalam benak membayangkan kata sumur itu merupakan bak penampung air dan istilah bor adalah sebuah cara yang dipakai dalam pembuatan sumurnya.
Sumur Bor
Ya itu benar adanya bro, bahwa pengertian atau definisi sumur bor gambarannya memang seperti itu.

Tapi ada juga sih yang mengatakan, bahwa sumur bor berbeda dengan air PDAM?

Ya iyalah bro, air pdam kan kalo di tempat saya di ambil langsung dari mata air di pegunungan.

Sementara air sumur bor, bro harus berakit - rakit kehulu berenang ke tepian. Bekerjalah dahulu berjuanglah dahulu, baru kemudian bersenang - senang (By. Kutipan Lirik Lagu Bang Rhoma).

Artinya, adalah proses pemasangan sumur bor harus berjuang mati-matian untuk mendapatkan airnya, yakni dengan menggali tanahnya terlebih dahulu baru bisa bersenang - senang!

Sebelum melakukan itu pun, bro juga harus bekerja keras guna bisa mengumpulkan dana untuk pembuatan sumur bor. Karena biaya jasa sumur bor di jaman serba canggih ini, tergolong mahal menggila sejadi-jadinya.

Belum lagi kondisi tanah sumur bor yang terkadang sangat memprihatinkan, dimana airnya susah didapat. Sehingga, mengharuskan kita untuk goyang ngebor (Opps sorry, maksudnya harus mengebor sumurnya lebih dalam lagi). Maka ini pun, akan membuat biaya pembuatan sumur bor menjadi semakin mahal.

Kalo air pdam sih, bro tinggal datang saja mendaftar jadi member di kantor PDAM! Setelah persyaratan pasang air pdam dipenuhi, maka air bisa langsung mengalir ke bak penampung dirumah.

Itupun, jika si nganunya tidak neko-neko. Andai saja, neko-neko! Wuah -wuah, bisa lama hingga sampai bertahun - tahun tuh bro, baru bisa terpasang meteran airnya. Kalo begitu, Lebih baik buat sumur bor saja lah, bro.

Sumur Bor, Ini Keuntungan Yang Didapat.

Bilamana seumpana ada dana yang nganggur dan tidak terpakai atau kalo bahasa islaminya punya rezeki melimpah. Ya, lebih baik buat sumur bor saja di rumah.

Karena ada beberapa keuntungan membuat sumur bor yang bisa diperoleh, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Sumur Bor Sebagai Sumber Mata Air Gratis

Keuntungan pertama dengan adanya air sumur bor, tentunya bisa dijadikan sebagai sumber mata air melimpah tanpa adanya beban biaya bayar air setiap di setiap bulannya.

Dengan kata lain sumber air yang melimpah dari sumur bor yang sobat buat tersebut, airnya didapat dengan cara gratis! Selebihnya, tinggalah sobat memikirkan beban biaya listrik disaat menggunakan mesin sedot air sumur bornya.

Mengenai biaya beban listrik bekas pemakaian pompa air sumur yang ditanggung, tentunya tidak akan melebihi seperti membayar air PDAM di setiap bulannya.

Sehingga penghematan pengeluaran biaya secara keseluruhan antara air pdam dengan air sumur bor, tentunya akan lebih hemat pengunaan subur bor, bukan?

Tapi entahlah, soalnya saya sendiri tidak pernah punya sumur bor dirumah! Agar lebih pasti dan meyakinkan bahwa sumur bor bisa lebih mengirit anggaran, silahkan sobat lakukan perhitungan sendiri secara lebih mendetail mulai dari biaya perhitungan pengeluaran, perawatan, dan tetek bengek lainnya. sehingga tidak terjadi kesenjangan, diantara kita.

2. Air Sumur Bor, Tidak Gampang Tercemar.

Keuntungan membuat sumur bor sendiri dirumah poin berikutnya, ialah sobat bisa memporeleh kualitas air yang benar-benar murni dan bersih. Karena air sumur bor, tidak mudah di cemari dan tidak gampang pula tercemar.

Lain halnya dengan air PDAM, dimana kita tidak pernah tahu dengan lokasi sumber mata airnya, apakah selalu dalam keadaan baik-baik saja!

Bila merujuk pada pengalaman kisah di jaman dulu, dimana lokasi rumah dekat dengan sungai membuatku timbul rasa rindu serindu-rindunya akan kampung halaman dulu.

Jadi kampung halamanku dulu lokasi rumahnya sangat berdekatan dengan sungai yang membuat semua aktifitas keseharian yang ada kaitannya dengan kebutuhan air, semuanya dilakukan di sungai! Baik itu aktifitas hanya sekedar cuci pakaian, sebatas mandi biasa tuk menyegarkan badan, hingga sampai aktifitas beol membeol.

Khusus aktifitas beol, masih baik bilamana bentuknya tetap utuh dan bulat memanjang, meskipun mengalir hingga melewati seseorang di hilir, pastinya seseorang yang dilewati si bulat kuning memanjang tersebut, masih dapat menghindarinya dengan mudah.

Namun apa jadinya disaat beol, tipe yang keluar ternyata memiliki bentuk partikel - pertikel kecil, mungkinkah orang yang di laluinya masih bisa menghindar dengan mudah! Silahkan, bayangkan sendiri. Hehehe....

Lantas, apakah akibat dari aktifitas tersebut bukan merupakan sesuatu yang dapat membuat air tercemar?

Kira - kira seperti itulah, perumpaaan air pdam di lokasi sumber mata airnya yang kita tidak pernah tahu keadaaannya, apakah sehat selalu. Entahlah..!!

3. Sumur Bor Tidak Memakan Banyak Tempat.

Poin berikutnya tentang keuntungan membuat sumur bor sendiri dirumah yang ketiga ialah, tidak memerlukan banyak tempat dalam pembuatan ataupun pemasangan sumur bor.

Oh ya, yang perlu diketahui tentang sumur bahwa selain dari sumur bor, sumur resapan, ternyata terdapat pula sumur galian! Dimana antara sumur bor dan sumur galian keduanya ini terdapat perbedaan!

Jika sumur bor, dalam pembuatannya sudah dengan menggunakan peralatan sistem pengeboran yang canggih dan modern. Sedangkan sumur galian, pengerjaannya masih secara manual.

Sehingga kenapa sumur bor tidak memerlukan tempat yang luas? Karena, bentuk diameter sumur bor sungguh mungil dan kecil, namun tidak terlihat lucu apalagi imoet.

Sebaliknya sumur galian membutuhkan tempat yang luas, oleh karena ukuran dimensi pada sumur galian harus lebih besar dari orang yang menggali sumurnya itu sendiri.

Bisa terbayang, bilamana seorang pemilik rumah menyuruh si penggali sumur untuk membuat diameter lubang sumurnya kecil sekecil mungkin!

Maka, bisa dipastikan si penggali akan berkata pada tuan rumah yang menyuruhnya: "lo pikir saya ini, seorang Otsutsuki Isshiki dalam serial naruto yang bisa memperkecil tubuh kah?". Hehehe...!!

4. Terdapat Alat Pendeteksi Sumber Mata Air.

Perkembangan teknologi dijaman serba canggih dan modern ini, alat apapun yang diperlukan dalam pembuatan sumur bor sudah tercipta. Salah satunya, yakni alat pendeteksi sumber air didalam tanah.

Sehingga dengan adanya alat canggih nan modern tersebut, sobat tidak perlu lagi menunggu lama dalam menemukan sumber mata airnya di lokasi dekat rumah.

Selain itu, tak perlu lagi membutuhkan mbak rara seorang pawang hujan yang dapat memberhentikan hujan, disaat sobat air sumur bor dirumah sedang deras - derasnya yang membuat bak penampung air penuh hingga meluap.

Demikian informasi seputar sumur bor dengan tema pembahasanya, yakni mengenai keuntungan membuat air sumur bor sendiri di halaman rumah yang dapat saya sampaikan.

Apakah ini bisa membantu? Sekian dan terimakasih buat sobat yang sudah rela berkunjung di blog ini sekaligus menyimak isi ulasan dihalaman ini. Semoga ini bisa bermanfaat, amien..!!