Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jasa Sumur Bor : Berapa Harga Biaya Pengeboran Sumurnya?

Jasa Sumur Bor banyak bertebaran iklannya di google, bahkan yang offline dalam mempromosikan jasa pengeboran maupun penggalian sumur dengan harga biaya pengeboran sumur yang bervariatif juga kian bertambah banyak hingga ada yang sampai mendatangi rumah di pinggiran kota sampai pedesaan.
jasa sumur bor
Istilah lain jasa pengeboran ataupun penggalian sumur ini, katakan saja tukang gali sumur profesional!

Dimana, jasa tukang sumur bor yang bukan profesional dalam menggalinya masih menggunakan cara manual dengan peralatan seadanya!

Sementara jasa sumur bor yang sudah profesional, pada umumnya sudah terbiasa menggunakan alat bor sumur yang canggih yang diberi nama sistim pengeboran sumur modern.

Hal seperti itulah, sesungguhnya yang dapat menentukan mahal murahnya harga biaya jasa sumur bor baik di perkotaan maupun di pedesaan!

Selain itu, dalam tidaknya pengeboran sumur hingga memunculkan air juga merupakan salah satu aspek yang dapat mempengaruhi biaya pembuatan sumur bor.

Antara Sumur Bor dan PDAM

Tujuan pembuatan sumur secara harfiah pasti sobat larantukagypsum.com semuanya sudah memahaminya, yakni guna memenuhi kebutuhan air yang tidak bisa di penuhi oleh air PDAM.

Karena pada kenyataannya, masih banyak kok rumah - rumah huni (entah itu di kota maupun di kampung) yang belum teraliri air PDAM.

Maka dari itu, masyarakat yang terabaikan oleh PDAM tersebut mengambil langkah untuk membuat sumur, baik sistem buat sumur yang di gali maupun yang di bor.

Dan salah satu masyarakat yang mengalami kontra dengan air PDAM, bisa jadi sobat sendiri yang mengalaminya! Dimana dirumahnya hingga sampai saat ini masih belum juga di pasang air PDAM.

Alasan belum pasang PDAM, mungkin karena belum ada jalur pipa dari Bak Penampung PDAM ke arah rumah sobat! Bisa jadi ada kendala lain atau bisa pula jalur pipanya sudah ada, namun entah kenapa sebabnya meteran air belum kunjung di pasang meski sudah mendaftar di kantor PDAM sudah sejak lama.

Tragedi semacam itu, diibaratkan bagaikan undur - undur yang berharap ingin menjadi capung guna bisa terbang! Lantas, apa artinya bagaikan undur - undur yang ingin menjadi capung tersebut?

Entahlah, bro! Saya hanya menyimak sekilas di twitter yang lagi viral akhir-akhir ini, yakni tentang metamorfosis Undur-undur menjadi capung.

Jadi kalimat tersebut mengalir deras begitu saja, melalui 10 jari manis yang ditekankan pada sejumlah huruf-huruf di keyboard laptop. Sehingga terciptalah kalimat tersebut, yaitu kalimat "bagaikan undur-undur yang ingin menjadi capung".

Dengan kata lain arti yang sebenarnya tentang polemik air sumur bor dengan PDAM, silahkan tafsirkan sendiri! Karena, permasalahan rumah tidak bisa pasang air PDAM bisa berbeda-beda untuk setiap wilayah di Indonesia.

Jasa Sumur Bor

Jadi disaat PDAM tidak memberi kabar dengan pasti dan jelas, kapan acara pasang memasang meteran air PDAM guna air bisa mengalir. Sobat bisa mengambil keputusan untuk membuat sumur bor dengan mengecek terlebih dahulu biaya jasa sumur bor.

Adapun, berapa harga atau biaya yang harus di keluarkan dalam membuat sumur! Seperti yang sudah disampaikan, bahwa di setiap wilayah Indonesia bisa berbeda - beda.

Berbeda - beda ini sama halnya seperti semboyan yang di negara kita, yakni berbeda - beda suku bangsa namun tetap satu tujuan dan bukan berbeda disaat tukang jasa sumur bor sebelah, mematok harga biaya pasang sumur 200 ribu permeter! Lantas, tukang bor sebelahnya lagi banting harga menjadi 150.000 permeter.

Itu namanya bukan satu tujuan, melainkan perang harga yang dapat menghancurkan biaya pasang sumur antar sesama tukang jasa sumur bor yang menyebabkan pembuatan sumur bor menjadi tidak profesional.

1. Faktor Mahal Murahnya Jasa Sumur Bor

Kalo perbedaan harga biaya pengeboran sumur terjadi antar wilayah, mungkin tidak jadi soal. Karena, sudah saya berikan sedikit gambaran diatas tentang elemen - elemen normal atau faktor yang dapat mempengaruhi harga biaya pembuatan sumur bor.

Adapun faktor yang mempengaruhi mahal murahnya biaya jasa sumur bor lainnya dengan secara detail, diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Kedalaman pengeboran
  • Alat bor yang dipergunakan
  • Kondisi tanah di lokasi sumur bor
  • Ukuran diameter sumur bor
  • dan lain - lainnya.
Jadi aspek-aspek tersebut mulai dari dalam tidaknya pengeboran sampai memperhitungkan keadaan tanah di lokasi pengeboran sumur, adalah merupakan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi mahal murahnya harga biaya jasa sumur bor!

Akan tetapi bagi sobat yang ingin memperoleh sedikit gambaran atau bayangan di otak, tentang berapa perkiraan harga biaya jasa sumur bor! Maka berikut ini, informasinya.

2. Harga Biaya Jasa Sumur Bor

Pada umumnya jasa sumur bor biasa mematok harga pengeboran sumurnya, sekitar Rp. 160.000 hingga sampai 310.000 per meter dan biaya ini belum di hitung dengan biaya pembuatan tangki air, intalasi listrik, beserta biaya material lainnya yang dibutuhkan.

Namun, bagi sahabat larantukagypsum.com yang berdomisili di daerah Jakarta, Bekasi, Tanggerang, dan sekitarnya! Harga biaya jasa sumur bor sudah mencapai angka di kisaran 4,9 juta s/d 8,4 juta.

Harga biaya pengeboran sumur yang berlaku didaerah tersebut, untuk kedalaman sumur yang mencapai 31 meter s/d 61 meter.

Jadi biaya jasa sumur tersebut bisa kita hitung berapa harga permeter dari biaya yang terkecil (4,9 jt) dan kedalaman sumur yang terendah (31 meter), sebagai berikut:
  • Diketahui:
    • Kedalaman sumur: 31 meter
    • Biaya jasa bor sumur: Rp. 4.900.000
  • Maka, biaya permeter jasa pengeboran sumurnya, ialah:
    • Rp. 4.900.000 : 31m = Rp. 158.064
Berarti harga biaya jasa sumur permeternya, kena di angka Rp. 158.065 atau dibulatkan menjadi Rp. 160.000!

Jika kondisi lokasi pengeboran sumurnya sulit dilalui, maka biaya jasa bor sumur bisa menjadi lebih mahal lagi.

Itulah sahabat larantukagypsum.com, informasi tentang jasa sumur bor dan berapa harga biaya pengeboran sumur bor yang dapat disampaikan.

Apakah ini bisa membantu? Mudah-mudahan saja ya, bisa membantu sobat dirumah yang berencan ingin membuat sumur bor. Bilamana sobat ingin berbagi informasi dengan orang terdekat disekitar, silahkan jangan sungkan untuk membagikan informasi.

Akhir kata, sekian dan terimakasih sudah meluangkan waktunya tuk berkunjung dan menyimak di halaman updatetan artikel terbaru pada blog ini. Semoga ini bisa bermanfaat bagi kita semuanya, amien..!!