Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Plafon KUR BRI 2022: Syarat dan Cara Ajukan Kredit BRI Terbaru.

Plafon KUR BRI tahun 2022 yang di berikan pemerintah, kini naik menjadi 3% hingga sampai bulan Juni 2022 nanti. So, buruan pelajari syarat dan cara caranya, bagi sobat yang hendak mengajukan plafon kur bri! Karena, siapa tahu sesudah bulan Juni 2022 nanti terdapat perubahan lagi.

Plafon KUR BRI 2022, Syarat dan Cara Mengajukan KUR BRI Terbaru.

Adapun bagaimana cara mengajukannya, sobat bisa ikuti langkah-langkahnya di sini atau sobat bisa langsung berkunjung di halaman kur.bri.co.id.

Sekedar di ketahui pemerintah di tahun 2022 ini telah menaikan Plafon KUR BRI, sebesar 373,17 Triliun Rupiah.

Selain itu pemerintah juga memperpanjang kembali subsidi bunga kur yang 3%, hingga sampai akhir Juni 2022.

Pemberitahuan kur serta perpanjangan kembali subsidi kur 3% hingga Juni ini, di sampaikan oleh Bpk Airlangga Hartarto Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (18/01/2022).

Sehingga nilai kredit tersebut bisa di ketahui kenaikannya, yakni sebesar 30,9%, di mana tahun 2021 sebesar 285 Triliun Rupiah.

Sementara plafon kur 2022 untuk kreditur tanpa agunan tambahan atau usaha mikro pun ikut naik, dari yang semula 10 s/d 50 Juta menjadi 10 s/d100 juta.

Maka dengan begitu para pelaku usaha mikro yang persyaratannya lengkap, dapat menaikan plafon kur nya hingga 100 juta.

Adapun bank yang menyalurkan kredit kur UMKM dari limit 10 s/d 100 juta ini, ialah BBRI atau Bank Rakyat Indonesia.

Corporate Secretary BBRI

Seorang Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan bahwa, di tahun 2021 saja BRI telah mungucurkan Plafon KUR sebesar 194,9 Triliun Rupiah.

Nilai KUR di tahun 2021 tersebut, terdapat kenaikan di banding KUR 2020 atau tahun sebelumnya lagi, sebesar 138,5 triliun rupiah.

Bpk Aestika Oryza menyampaikan saat berkomunikasi dengan wartawan, bahwa "kita BBRI merupakan Bank penyalur KUR tertinggi di Indonesia".Komunikasi dengan wartawan tersebut, terjadi sekitar bulan Januari 2022 yang lalu!

Sang Corporate Secretary BBRI tersebut menambahkan, "Selain menyajikan program KUR terdapat pula program lainnya yang dananya siap di kucurkan". Sementara program lainya itu juga tentunya untuk membantu para pelaku UMKM, supaya masalah krisis covid19 yang terus mewabah ini bisa teratasi.

Adapun beberapa program bri lainnya yang di maksud, adalah sebagai berikut:
  • Penyaluran progran bansos
  • Penyaluran BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro)
  • dan Program Desa BRIlian.

Syarat dan Cara Mengajukan Plafon KUR BRI 2022

Di tahun 2022 ini, Bank Rakyat Indonesia menargetkan kucuran dana khusus untuk KUR (Kredit Usaha Rakyat), yakni sebesar 195 trilyun rupiah.

Sebagai gambaran buat sobat BBRI mengucurkan sebesar 69% dari total keseluruhab secara nasional, di mana sisa dananya di kucurkan oleh perbankan lainnya, semisal BBNI atau Bank Nasional Indonesia.

Lalu, bagaimana syarat dan cara memperoleh dana KUR di tahun 2022? Yu, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Syarat Pengajuan Dana KUR BRI 2022

Seperti apa syarat untuk mengajukan dan KUR BRI di tahun 2022, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Persyaratan Administrasi, berupa:
    • Identitas KTP
    • KK (Kartu Keluarga)
    • SIU (Surat Ijin Usaha)
  2. Perorangan (Individu)
  3. Tidak mempunyai kredit yang sedang berjalan terkecuali kredit konsumtif, semisal :
    • kartu kredit
    • kkb
    • dan kpr
  4. Mempunyai usaha yang sudah berjalan sekitar 6 bulan lamanya.

2. Cara Mengajukan KUR BRI Online 2022

Lantas, bagaimana cara ajukan dana KUR BRI secara online di tahun 2022? Bagi sobat yang penasaran, yuk simak langkah-langkah di bawah ini.
  1. Sobat akses halaman situs pendaftarannya di kur.bri.co.id
  2. Lalu sobat pilih menu, "Ajukan Pinjaman".
  3. Kemudian sobat klik "login", bila sudah mempunyai akun! Dan klik "Daftar", jika sobat belum mempunyai akun. Namun, kita menganggap sobat sudah memiliki akun.
  4. Selanjutnya baca tentang isi pernyataan yang di beritahukan, lalu klik "Setuju" bila sudah selesai membacanya.
  5. Berikutnya sobat akan di suruh mengisi formulir yang di sediakan oleh pihak BRI online, di antaranya:
    • Mengisi profil pemohon
    • Profil usaha yang sedang di jalankan
    • Menggugah dokumen
    • serta Data lainnya perihal pengajuan.

3. Cara Mengajukan KUR Offline 2022

Bila rumah sobat berdekatan dengan kantor cabang maupun unit bri, maka sobat bisa langsung datang ke kantor cabang bri tersebut untuk pengajuan kur.

Adapun dokumen yang harus sobat bawa saat hendak datang mengajukan KUR BRI langsung di kantor cabang maupun unit, adalah sebagai berikut:
  1. Fotocopy KTP Suami Isteri masing-masing 1 lembar
  2. Fotocopy Kartu Keluarga 1 lembar
  3. Foto suami isteri dengan backround merah ukuran 4 x 6, masing-masing 4 lembar.
  4. Surat ijin usaha dari kelurahan
  5. Surat berkelakuan baik dari kelurahan
  6. Fotocopy NPWP Pribadi.
  7. Sertifikat sebagai Jaminan
  8. Fotocopy KTP Penjamin suami isteri, masing-masing 1 lembar.
Persyaratan di atas adalah apa yang di minta oleh BRI unit untuk kredit bukan KUR, dan itu merupakan pengalaman pribadi di tahun 2021.

Ya, di tahun 2021 lalu saya sebagai admin disini pernah mengajukan pinjaman dana kredit, namun bukan kur.

Bila sobat yang hendak mengajukan dana KUR BRI 2022, maka bisa mengabaikan persyaratan poin 7 dan 8, yakni agunan atau jaminan dan juga foto penjaminnya.

Jadi, setelah sobat melengkapi persyaratan di atas! Maka, langkah selanjutnya sobat serahkan dokumen persyaratan pengajuan KUR BRI tersebut, pada petugas bri bagian kredit.

Kemudian ungkapkan perasaan sobat, bahwa sobat ingin mengajukan KUR dengan nilai kredit yang bisa sobat ajukan, yakni dari mulai 10 juta s/d 100 juta.

Nanti petugas bri unit akan menyampaikan tentang berapa bunga dan angsuran setiap bulannya, tergantung masa pinjaman yang sobat pilih.

Jika sudah seperti itu, maka sobat harus menunggu telepon dari petugas BRI, untuk survei lokasi usaha dan tempat tinggal sobat.

Adapun lama proses survei mensurvei atau petugas datang di lokasi tempat usaha dan juga rumah tinggal, tergantung petugas bri.

4. Pengalaman Pribadi Ajukan Kredit BRI Non KUR

Karena petugas BRI bagian kredit di setiap kantor cabang maupun unit akan berbeda-beda sifatnya, seperti:
  • Ada petugas yang super sibuk, karena nasabahnya yang mengajukan KUR BRI tidak sedikit. Sehingga harus menunggu antrian.
  • Lalu Ada petugas yang ketika ada waktu untuk survei, tapi malah nasabahnya yang sibuk, Sehingga survey tidak jadi.
  • Ada pula petugas kredit bri yang baik hati, dimana nasabah kapan siapnya untuk di survei, maka saat itu petugas pun siap datang.
  • Ada juga petugas yang mengabaikannya selama berbulan-bulan, tanpa kepastian. Bila sobat berada pada posisi semacam ini, silahkan sobat untuk terus tanyakan kepastiannya pada petugas kredit BRI.
Kalo untuk saya pribadi proses survey lokasi usaha dan tempat tinggal sampai 1 bulan lamanya waktu itu, terhitung sejak pengajuan permohonan kredit.

Itupun di saat saya siap untuk di survey, akan tetapi petugasnya masih sibuk urus nasabah yang lain. Namun, ketika petugas kredit brinya siap survei, nyatanya saya yang malah sibuk.

Sehingga proses ke tingkat survei lokasi tempat usaha, hingga 1 bulan lamanya! Padahal, seharusnya 1 minggu saja.

Akan tetapi di saat petugas sudah survei tempat usaha beserta rumah tinggal, maka besok atau lusa dana pinjaman kredit yang sobat ajukan, dapat di pastikan cair alias terealisasi.

Lain halnya dengan tetangga saya di mana pinjaman kreditnya sudah yang keempat kali, itu prosesnya cepat sekali. Misalnya, hari ini mengajukan kredit, maka di hari esok dananya sudah bisa cair.

Mungkin hanya itu yang dapat kita informasikan buat sobat yang hendak mengajukan pinjaman kredit usaha rakyat, dimana plafon kur bri 2022 kini naik dari mulai 10 hingga 100 juta.

Apakah ini bisa membantu ? Silahkan saja, bila sobat mau menshare atau membagikan artikel ini melalui whatsapp dan media sosial pada tombol yang telah di sediakan dibawah.

Sekian dan terimakasih, buat sobat yang berkunjung serta menyimak artikel sampai selesai. Semoga bermanfaat..!!!