Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

✔ 4 Tips Parenting Hitung Biaya Bangun Rumah, Agar Bisa Hemat.

Ini adalah sebuah tips dalam menghitung biaya bangun rumah agar bisa hemat dan mengirit, di mana cara perhitungan membangun rumah permeter perseginya sudah pernah di bahas pada artikel sebelum pembahasan ini di terbitkan.

Tips Parenting Menghitung Biaya Bangun Rumah

Jadi artikel ini, merupakan sambungan dari artikel sebelumnya yang tidak sempat saya masukan tentang tips - tips menghitung biaya bangun rumahnya.

Jadi sebelum sobat memutuskan membangun rumahnya secara mandiri, diperlukan beberapa tips agar rencana bangun rumahnya bisa berjalan lancar, selancar - lancarnya! Sehingga, proses bangun rumahnya selalu dalam keadaan baik - baik saja.

Meskipun, selalu ada rintangan dan hambatan dalam sebuah perkerjaan dalam membangun rumah! Namun, setidaknya rintangan dan hambatan tersebut, bisa di minimalisir seminim - minimnya bilamana sobat sudah mengetahui tips - tips melakukan perhitungannya, dibawah ini.

Harga tanah tergantung lokasi tanah (1)

Lokasi tanah merupakan poin penting yang harus di pertimbangkan, dalam membeli tanah. Ini artinya adalah, mahal murahnya harga tanah tergantung dari lokasi tanahnya itu sendiri.

Tanah yang lokasinya berada di kawasan banyak penduduk di pertengahan pusat kota, tentunya akan lebih mahal harga tanahnya ketimbang dengan beli tanah yang lokasinya berada di pinggiran di pinggir kota.

Apalagi lokasi tanah depan jalan nasional di kawasan pusat kota, akan jauh melambung lebih tinggi lagi harga tanahnya daripada lokasi tanah yang berada di tengah - tengah pusat kota dimana jalan masuknya harus melalui lorong - lorong yang berliku.

Tapi sepertinya untuk tanah yang lokasinya di depan jalan nasional di kawasan kota besar, sudah tidak ada harapan lagi untuk bisa dibeli oleh masyarakat menengah kebawah.

Pasalnya, sudah terlalu banyak pebisnis - perbisnis bisnis besar yang lebih mementingkan bisnisnya, ketimbang kesejahteraan masyarakatnya itu sendiri! Lantas, apa hubungannya? Entahlah, hehehe..!!

Jadi bilamana sobat memiliki budget atau dana pas - pas an, carilah tanah yang agak kepinggiran sedikit agar bisa memperoleh harga tanah yang sesuai dengan yang sudah persiapkan.

Jika anggarannya lebih dari kata cukup, maka bisa membeli tanah yang lokasinya berada di pusat perkotaaan.

Ukuran luas bangunan rumah menentukan harga (2)

Selain lokasi yang sangat menentukan mahal murahnya harga tanah, ukuran luas bangunanan per meter persegi pun akan sangat berefek pada harga biaya bangun rumah per meter yang di keluarkan.

Semakin luas ukuran luas bangunan rumah yang di aplikasikan, maka akan semakin bertambah besar pula biaya bangun yang harus sobat persiapkan!

Begitu juga sebaliknya, semakin kecil ukuran luas bangunan rumah! Maka, akan semakin irit biaya bangun rumah yang di habiskan.

Ini sama dengan prinsip ekonomi yang berlaku dalam dunia bisnis, yakni semakin banyak penghasilan uang yang masuk di kantong. Maka akan banyak pula pengeluaran yang akan di tanggung.

So, buat sobat yang ingin sedikit berhemat dalam hal keuangannya, maka bisa mengurangi volume luas dalam membangun rumahnya. Supaya tidak terlalu banyak pula, pengeluaran uang yang harus di keluarkan.

Namun, jika sobat berpikir bahwa dalam membuat rumah yang bagus dan besar adalah merupakan sebuah investasi di masa depan! Tak ada salahnya juga, untuk sedikit boros dalam mengeluarkan uangnya guna bisa membangun rumah yang mantap surantap.

Menyesuaikan ruangan yang ingin di rancang (3)

Tips hitung menghitung perhitungan biaya bangun rumah yang perlu sobat perhatikan berikutnya agar bisa berhemat anggaran, ialah menyesuaikan desain ruangan dalam rumah yang ingin sobat rancang! Menyesuaikan di sini, tentunya menyesuaikan budget yang di miliki pada saat sobat merencanakan dan mengkonsepkan desain bangun rumahnya.

Jadi ketika ada budget atau dana membangun rumahnya hanya cukup untuk membuat 3 ruangan di dalam interior rumah, semisal: ruang teras, ruang keluarga, ruangan kamar tidur utama!

>Maka, buatlah ruangan segitu dulu tanpa harus perlu memaksakan untuk menambah beberapa ruangan yang akhirnya akan mengakibatkan pula buat sobat untuk berpikir lebih keras lagi dalam mencari tambahan anggarannya.

Masih baik, kalo mendapatkan anggaran tambahannya di peroleh dengan secara baik - baik saja yang membuat sobat nantinya selalu tetap aman dan nyaman dalam kesehariannya!

Tapi kalo tidak, apakah harus memaksakan kredit di bank atau mungkin terpaksa harus mencari uang panas, misalnya dengan cara mengkorupsi uang kantor, menipu klien, dan bla bla bla. Tentunya, ini sangat tidak di anjurkan dan akan membuat sobat nantinya idak nyaman, bukan?

Ikutilah pepatah kata orang tua jaman dulu yang mengatakan, jangan memaksakan kehendak yang di luar batas kemampuan! Kita sebagai manusia biasa hanya bisa berusaha, namun selebihnya jika tidak berhasil kita pasrahkan saja pada yang menciptakan semeseta alam beserta dengan isi - isinya.

Menyusun rencana anggaran biaya dengan matang (4)

Tips penting terakhir dalam menghitung biaya bangun supaya bisa berhemat, ialah terdapat pada penyusunan atau pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dari sejak awal membuat.

>Pembuatan RAB (Rencana Anggaran Biaya) yang paburantak serta awut - awutan, akan membuat borosnya keuangan! Masih lebih baik boros bbm pada sebuah kendaraan, karena tinggal isi ulang saja di spbu, asalkan ada uangnya.

Tapi jika kehabisan uang oleh karena salah dalam mengatur keuangannya, sobat mau isi ulang di mana! Sementara tanggal muda yang merupakan waktunya gajihan, meski hanya tinggal beberapa hari saja, rasa - rasanya seperti menunggu beberapa bulan. Bukankah begitu, kawan?

So, buatlah rencana anggaran biaya bangun rumah dengan secara detail dan matang, supaya bisa meminimalisir keborosan budget yang tidak parenting dan tidak perlukan.

Pergunakan, anggaran yang sudah di persiapkan dengan secara bijak dan tepat! Jauhi godaan - godaan setan menggoda, yang dapat menggoyahkan pemborosan keuangan yang sobat pegang.

Mungkin hanya itu tips parenting dalam menghitung perhitungan biaya bangun rumah yang dapat di sampaikan juga mesti selalu sobat perhatikan, terutama pada saat menyusun anggarannya atau sebelum pembangun rumahnya di proses.

Apakah ini bisa membantu? Sekian dan terimakasih sudah berkunjung dan menyimak, semoga ini bisa berguna dan bermanfaat bagai siapa saja yang membutuhkannya. Amien..!!