Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Asal Uninstall Aplikasi, Lur! Pastikan Data dan Akun Terhapus..

Tidak banyak orang paham, akan pentingnya menghapus data dan akun sebelum uninstall aplikasi di lakukan! Yuk bro pahami, apa saja bahayanya dan tindakan preventif-nya di sini.
Jangan Asal Uninstall Aplikasi, Lur! Pastikan Data dan Akun Terhapus..
Ya bro, simak di halaman ini penjelasannya tentang bahaya uninstall aplikasi bila di kerjakan secara sembarang atau asal -asalan.

Karena bila dilakukan secara tidak tepat dan benar, selain bahaya juga bisa menyebabkan "sesuatu yang baru kusadari kau tinggalkan ku tanpa sebab yang pasti atau sesuatu yang harusnya terjadi, kau sakiti aku kau yang harus ku benci, tetapi tak dapat ku mengerti", dan seterusnya (lirik lagu di atas normal, by : Nazriel Irham).

Jadi di kesempatan ini, kita akan membahas masih seputaran aplikasi pada ponsel baik android maupun iOS! Lebih khususnya lagi, mengulas tentang Uninstall Aplikasi yang baik dan benar serta aman yang mungkin bisa bermanfaat buat sobat larantukagupsum.com semuanya di manapun berada.

Install dan uninstall sebuah aplikasi, adalah merupakan hal yang lumrah yang biasa di lakukan oleh sejumlah pengguna smartphone dan gadget pada umumnya dengan alasan yang cukup bervariasi.

Misalnya saja, ada seseorang pengguna handphone yang menguninstall aplikasinya setelah sekian lama menggunakannya dengan alasan sudah bosan!

Bahkan, ada pula yang uninstall justru setelah aplikasinya baru saja di install seperkian detik yang lalu dengan alasan, mungkin karena kurang menarik dan tidak bermafaat setelah menggunakannya, dan bla bla bla 1000x.

Terlepas dari alasan mana yang mungkin terjadi yang menyebabkan ingin menguninstallnya, maka sobat tidak boleh asal uninstall nya.

Apakah mas bro, penasaran? Tenang, kami akan menjelaskan secara singkat dan jelas dalam ulasan kali ini di halaman ini.

Hapus Data dan Akun Sebelum Uninstall

Apa hal pertama yang sobat lakukan ketika ingin uninstall suatu aplikasi di gadget? Rata-rata, orang mungkin akan menjawab bahwa mereka log out terlebih dahulu sebelum uninstall.

Langkah tersebut tidak salah karena sobat memang sudah tidak memakai aplikasinya, maka untuk log out terlebih dahulu itu perlu di lakukan.

Namun perlu juga sobat ingat, ada sesuatu hal lain yang menurut kami sangat penting untuk di lakukan juga, yakni hapus data - data dan akun terlebih dahulu sebelum sobat meng uninstall aplikasinya.

Sepintas, seperti terlihat sepele atau sesuatu yang remeh temeh dan sayangnya tidak sedikit orang yang justru melewatkan langkah penting ini!

Alasannya pun cukup beragam dan bervariasi, mulai dari sulitnya mengakses cara atau tombol untuk hapus akun dan ada juga yang sifatnya malas karena harus menghapus data dan akun dari browser.

Cara menghapus data dan akun yang lumayan ribet ini memang banyak terjadi di berbagai aplikasi. Akan tetapi, ini seharusnya bukan jadi alasan kamu malas melakukannya karena ada bahaya yang bisa mengintai lho.

Lantas, Bahaya “Tidak” Hapus Data dan Akun Sebelum Uninstall Aplikasi? Berikut kami jelaskan teruntuk sobat larantukagypsum.com yang selalu setia berkunjung dan menyimak, tentang alasan pentingnya menghapus data dan akun sebelum uninstall aplikasi.

Adapun alasan utama harus menghapus data dan akun terlebih dahulu sebelum uninstall, oleh karena beberapa aplikasi masih simpan data pribadi saat akun di hapus.

Apakah sobat tahu sebelumnya, bahwa beberapa aplikasi ternyata masih menyimpan data data ponsel meski status akun sudah terhapus? Dengan menyimak ini, tentunya sekarang sobat menjadi tahu, bukan?

Dilansir dari Life Hacker, kondisi semacam ini banyak terjadi pada aplikasi yang tersambung ke akun - akun lainnya seperti aplikasi - aplikasi pada media sosial, yakni:
  • Twitter,
  • Instagram,
  • dan Facebook
Ada pula aplikasi yang bisa tranfer file dari handphone ke ponsel dengan secara mudah dan cepat, yang bisa sobat simak pembahasannya pada artikel terkait sesudah ulasan ini selesai di simak hingga akhir.

Jadi di dalam Aplikasi - aplikasi tersebut (twitter, instagram, dan facebook), pastinya tersambung dengan akun Google! Apalagi saat ini, hampir setiap akun yang sobat buat di aplikasi atau bisa jadi di website (situs) yang mana selalu menampilkan opsi untuk daftar atau masuk dengan menggunakan akun Google maupun akun media sosial.

Nah, ketika sobat memilih opsi untuk mendaftar dan lalu masuk dengan akun yang lainnya! Maka, dengan secara otomatis basic - basic informasi akan bisa di akses.

Basic informasi yang masih dapat di akses tersebut, pada umumnya ialah:
  • nama,
  • email,
  • dan tanggal lahir
Sehingga, untuk menghindari penggunaan informasi dasar dari akun yang tersambung semacam ini, sobat perlu memperhatikan pengaturan privasi, keamanan, dan akun pada ponselnya dan pastikan selalu untuk memilih pilihan opsi menghapus data dalam akun.

Kemudian, sebisa mungkin untuk putuskan hubungannya (koneksi) antara aplikasi satu ke akun media sosial atau email yang sobat gunakan sebelum menghapusnya.

Jadi agar data pribadi tetap aman di saat hendak uninstall aplikasi, sobat wajib melakukan tindakan - tindakan pencegahannya seperti berikut ini:

1. Jangan Malas Hapus Akun

Beberapa orang menghindari hapus akun saat uninstall aplikasi. Salah satu alasannya mungkin di waktu yang akan datang, kamu akan memerlukan akun ini lagi atau jika memang situasinya kamu hanya ini logout sementara, maka tidak masalah untuk membiarkan akunnya tetap hidup atau aktif.

Ini jelas berbeda dengan kondisi, dimana saat sobat memang tidak ingin menggunakan akun dan aplikasi tersebut di kemudian hari. So, pastikan untuk selalu menghapus akun setelah data di dalamnya terhapus.Jangan ragu untuk mencari info info kembali di situs larantukagypsum.com ini guna mendapatkan cara menghapus akun di aplikasi yang akan kami bahas pada pembuatan artikel berikutnya.

Tapi, jika tidak ingin ribet dan riweh! Sobat, bisa langsung mencarinya terlebih dahulu di pengaturan akun dan privasi pada ponsel sobat. Nanti, biasanya akan ada opsi untuk menghapus akun.

2. Baca Ketentuan Dan Kebijakan Privasi Aplikasi

Poin kedua ini lebih kepada edukasi dan tindakan pencegahan yang preventif, agar sobat bisa memahami bahaya data pribadi yang tersimpan pada saat daftar akun di suatu aplikasi atau mendaftar di sebuah situs.

Lalu, sobat sangat di sarankan untuk membaca syarat dan ketentuan ya terlebih dahulu di saat pertama kali mendaftar maupun ketika hendak uninstall, termasuk baca kebijakan yang berlaku terkait pengelolaan data pelanggan oleh perusahaan.

Di menu privasi tersebut, nanti sobat bisa menemukan jenis data - data apa saja yang masih bisa di akses oleh aplikasi, bilaman data dan akun tidak hapus.

Bahkan, di dalam juga ada keterangan mengenai berapa lama penyimpanan data - datanta setelah sobat uninstall aplikasinya! Kemudian, ada juga informasi tentang pihak ketiga yang turut serta ikut bagian mengakses data - data tersebut.

Jadi kegiatan baca membaca juga, terutama baca syarat, ketentuan, dan kebijakan ini akan membuat sobat menjadi tahu dan punya kendali penuh atas data - data pribadi yang sobat miliki.

Selain itu dengan rajin membaca sebuah sebuah informasi hingga selesai juga bisa terhindar dari istilah gagal paham yang dapat menyebabkan tersesatnya info.

Pada dasarnya, cukup banyak juga pengguna aplikasi yang lengah! Karena, tidak memeriksa pengaturan privasi jejaring sosialnya dan mereka lebih memilih untuk menggunakan pengaturan bawaan dari aplikasi yang sayangnya membuat banyak data pribadi bisa terlihat oleh publik.

Selanjutnya, mengenai data pribadi ini! Sobat, sangat di sarankan untuk tidak menyimpannya di layanan online.

Pasalnya penyimpanan layanan online juga terkesan riskan untuk bocor atau di baca orang lain, terkecuali jika sobat menyimpannya dalam sistem arsip yang terenkripsi.

Yuk, semakin melek terhadap pentingnya menjaga data - data pribadi di ponsel saat menggunakan aplikasi di dunia maya! Jangan asal daftar dan login sesuka hati, lalu lupa hapus data serta akun saat uninstall aplikasi ya.

Itulah ulasan yang dapat kami terangkan, yakni tentang unsintall aplikasi jangan di lakukan asal - asalan, pstikan selalu data - data akunya terhapus lebih dulu.

Mungkin informasi ini bisa berguna? Sekian dan terimakasih sudah singgah di situs ini, semoga ini bisa bermanfaat. Wassalam..!!