Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sedot WC: Tips, Biaya, Hingga Alat Yang Biasa di Gunakan.

Sedot WC merupakan salah satu perawatan rumah tinggal yang mesti di lakoni, oleh tuan rumahnya! Karena, jika tidak di rawat hingga akhirnya wc tersumbat dan meluap atau sudah penuh, ayo mau bagaimana nanti cara sobat BAB?
sedot wc
Apa mesti lari di rumah tetangga atau memaksakan BAB di WC yang sudah full tank?

Oppps, bisa terbayang bila WC yang sudah penuh atau bisa jadi wc mampet tersumbat, sobat tetap paksakan BAB! Tentunya, si kuning akan tercecer kemana - mana, bukan?

Maka dari itu sedot wc secara berkala merupakan solusi terbaik yang dapat sobat lakukan dalam merawatnya, agar fungsi WC bisa selalu normal kembali dan selalu dapat di gunakan setiap saat.

Jadi pada pembuatan artikel kali ini, kami akan mengulas tentang sedot WC yang siapa tahu di butuhkan sobat buat yang WCnya sudah melebihi kapasitas atau hanya sekedar merawat secara berkala.

Seperti yang sudah di sampaikan pada paragraf pertama, bahwa merawat sebuah rumah tinggal kepunyaan sobat sendiri merupakan satu hal yang mesti di lakukan dengan secara baik.

Sebuah hunian rumah yang terawat, pasti akan sangat nyaman untuk di tempatinya oleh anggota keluarga. Selain itu, dengan tampilan rumah yang terawat tentu akan jauh terlihat lebih menarik lagi.

Tidak hanya rumah yang terawat dari luar yang terasa menarik di lihat, rumah yang terawat pun dapat di rasakan langsung dari bagian dalam, baik oleh tamu yang berkunjung maupun anggota penghuni rumah itu sendiri.

Adapun, salah satu bagian dalam rumah yang mesti memperoleh perawatan yang baik ialah WC! Ya, WC merupakan tempat paling vital di dalam rumah yang harus sobat rawat secara rutin dan salah satu cara merawatnya yaitu dengan cara menyedotnya secara berkala.

Sepintas mungkin hal seperti itu terkesan sepele dan banyak sekali yang menganggap remeh temeh, perihal perlunya sedot WC di rumah.

Bahkan, tak sedikit pula sejumlah orang yang lebih baik memilih untuk membiarkan WC nya begitu saja. Namun, secara tiba - tiba baru ada keinginan untuk melakukan penyedotan ketika WC sudah mampet atau tersumbat.

Jika sudah dalam keadaan mampet begitu, tinggalah sobat lari terbirit - birit di rumah tetangga pada saat mendadak ingin BAB oleh karena wc kepunyaan sendiri tuk sementara tidak dapat di gunakan.

Sedot WC

Artikel ini mengulas tentang Sedot WC yang di mulai alasan kenapa harus sedot wc, hingga tips, biaya atau harga sedot wc, sampai peralatan yang biasa di gunakan guna menyedot WC, baik wc yang sudah full tank maupun WC yang mumpet atau tersumbat.

1. Alasan Kenapa Mesti Sedot WC?

Sobat punya rumah sendiri, berarti sobat perlu menjaga serta merawatnya! Karena, setiap benda yang ada pada exterior maupun interior dalam rumah semuanya memerlukan perawatan supaya bisa di pakai dalam waktu selama mungkin.

Sebuah rumah yang Sobat punyai merupakan salah satu bentuk tanggung jawab yang perlu sobat jaga dan rawat setiap saat, termasuk benda mati dan hidup yang ada di dalamnya supaya bisa di pakai dalam jangka waktu lama.

Dan benda apa saja yang harus di jaga sekaligus merawatnya, salah satunya yakni WC atau ruangan tempat kita membuang kotoran besar maupun kecil setiap hari dengan metode sedot wc secara berkala.

Sampai di sini mungkin sobat ada yang bertanya, alasan mengapa sedot WC itu mesti di lakukan?

Sedot WC harus di lakukan karena mengingat di dalam ruangan septic tank ada 2 jenis kotoran yakni berat dan ringan, di mana kotoran yang paling berat berada di posisi paling bawah, sementara kotoran yang tidak berat atau ringan akan berada pada posisi paling atas.

Bila WC di rumah sobat di gunakan setiap hari oleh semua anggota dan katakanlah setiap orang sehari 3 kali dalam menggunakannya! Maka, tentunya septic tank atau tangki pembuangannya akan semakin cepat penuhnya, bukan?

Agar tidak menyebabkan meluapnya kotoran di atas permukan lantai WC atau bisa jadi wc tersumbat! Maka, sobat perlu membuangnya secara rutin dengan cara menyedot isi dari septic tank.

Septic tank yang sudah terlanjur penuh oleh karena sobat membiarkannya penuh dengan secara di sengaja tanpa merawatnya, maka akan membuat proses flushing atau pengangkatan kotoran dari dalam tank pembuangan tai akan jadi lebih sulit di lakukan.

Selain kesulitan dalam mengangkat atau menyedotnya di saat wc sudah full tank, juga sobat akan kesulitan di saat ingin BAB secara tiba - tiba pas bertepatan ketika wc sudah mumpet atau penuh!

Sehingga, kembali lagi pada pokok persoalan yang sudah di singgung, yakni sobat akan lari terbirit - birit di rumah tetangga guna meminjam toiletnya.

Masih di rasa baik, jika toilet yang sobat pinjam bisa bawa di rumah! Tapi, toilet kan benda mati yang langsung tertanam di lantai dan dengan hal ini pula pastinya akan membuat tetangga mencium bau yang berbeda dari yang biasa di cium bilamana sobat menggunakan wc tetangga di rumahnya.

Bau aroma yang berbeda umpanya, katakan saja tetangga sobat setiap harinya makan dengan spagetti, tentu bau BABnya masih bisa menyerupai harumnya makanan tersebut!

Tapi, buat sobat yang makanan sehari - harinya dengan ikan teri alias ikan asin, apakah aroma BAB nya akan sama dengan tetangga yang konsumsi makanannya dengan spaghetti? Entahlah, hanya tetangga sobat lah yang tahu, hehehehe..!!

Kejadian seseorang yang kebelet BAB lalu lari di rumah tetangga, biasanya sudah tidak lagi memikirkan rasa malu atau gengsi!

Akan tetapi, terkadang ada juga ada orang yang memiliki sifat pemalu, di mana jika dalam keadaan terdesak ingin BAB lebih memilih mencari tempat di bawah pohon rindang yang senyap dan sunyi yang tidak orang bisa melihat, ketimbang memilih numpang wc atau toilet di rumah tetangga.

Kejadin semacam itu pernah admin alami di suatu waktu, di mana admin ini orangnya pemalu yang terpaksa mencari tampat pembuangan air besar di tempat terbuka yang penuh dengan rumput dan pepohonan di kala kebelet buang air besar.

Namum admin melakukan itu bukan karena wc yang miliki tersumbat atau penuh, melainkan di WC nya ada anggota keluarga yang juga sedang BAB yang membuat harus menunggu. Sementara rasa mulas di perut admin, sudah tidak dapat di tahan lagi. Begitulah kira - kira cerita singkatnya, hehehe..!!

Jadi alasan kenapa harus sedot wc, di saat septic tank yang sudah full selain akan mengeluarkan bau aroma yang kurang sedap, juga dapat mengganggu lingkungan di sekitar rumah sobat, di mana kejadian seperti ini termasuk pula ke dalam salah satu pencemaran nama baik lingkungan yang akibatnya akan sangat berbahaya di kemudian hari.

Lalu mengingat ukuran ruangan dari septic tank yang berbeda-beda, yang juga membuat bingung bagi para tuan pemilik toilet di rumahnya untuk mengatur kapan waktu yang sesuai dan tepat dalam menguras tangki pembuangan dalam WC! Berikut ini, pembahasannya:

Secara harfiah, daya tampung atau daya tahan sebuah septic tank (tempat penampungan BAB), baik yang ada di dalam interior maupun exterior rumah, pada umumnya biasa di pakai dalam jangka waktu paling lama yakni 3 tahun.

Jadi jika dalam tingkat berkala sobat tidak sempat atau bingung dalam menentukannya, maka bisa di lakukan pengurasan septic tank secara total di saat septic tank sudah mendekati umur tiga tahun.

Karena jika lebih dari 3 tahun, jumlah bakteri yang tercipta dari kotoran tai yang terdapat di dalam septic tank biasanya sudah tidak mampu lagi di hancurkan secara langsung di dalam tangkinya itu sendiri atau bisa di bilang proses penghancuran tai oleh septic tank mulai semakin lambat.

Oleh sebab itu mau tidak mau, sedot wc mesti segera di laksanakan secepat mungkin agar WC di rumah tidak menjadi mampet dan tersumbat yang dapat menyebabkan meluapnya kotoran BAB.

2. Harga Biaya Sedot WC

Selain sedot dapat hindari wc mumpat atau tersumbat, juga pastinya akan bisa menjaga lingkungan di sekitar rumah agar selalu bersih, sehat, nyaman dan kondisi tetap kondusif.

Ada banyak hal buruk yang mungkin saja dapat terjadi bilamana sobat menyepelekan keadaan WC yang hendak mampet atau tersumbat. Sejumlah contohnya di antaranya ialah:

  • air limbah yang bisa meluap
  • menjadi kotornya lingkungan,
  • mengeluarkan aroma yang tidak sedap hingga lingkungan di sekitar
  • dan lain sebagainya.

Bila sobat tidak mampu mengatasi sendiri wc mumpet tersumbat maupun yang sudah full tank, maka bisa memanggil jasa sedot WC yang ada di kota terdekat.

Sebaiknya lakukan dengan segera secepat mungkin, sebelum septic tank mengeluarkan aroma bau yang tidak sedap yang dapat membuat tetangga tutup hidung serta buang muka di saat bertemu.

Adapun untuk jasa sedot WC itu sendiri untuk saat ini, sudah banyak sekali yang bisa di panggil secara online melalui whatsapp maupun telepon, semisal jasa sedot wc makassar bila sobat berada di daereah ini.

Selain itu, jasa sedot wc juga bisa sobat temukan yang paling dekat dengan lokasi sobat di mana sobat berada melalui smartphone dengan membuka aplikasi google maps.

Biaya atau harga yang di bandrol oleh penyedia layanan jasa sedot wc, bisa berbeda untuk setiap wilayah di Indonesia tergantung dari peralatan yang di gunakan terutama jenis kapasitas truk penampung kotoran tai yang di datangkan ke lokasi rumah sobat.

Adapun kapasitas truk yang di gunakan khusus untuk rumah tinggal, biasanya di mulai dari ukuran 2 meter kubik, 4 meter kubik, sampai 6 meter kubik.

Sementara biaya atau harga sedot WC yang berlaku untuk daerah bogor, jakarta barat, dan sekitarnya pada umumnya per 5 meter kubik di bandrol dengan harga sekitar 475 ribu rupiah.

Meski sepintas harga sedot wc terdekat dari lokasi tersebut, terkesan mahal harganya! Namun, ada juga yang menawarkan harga jasa sedot wc yang jauh lebih murah per meter kubiknya.

Untuk mencari harga sedot wc yang lebih murah, sobat dapat mencari tahu di google maps dengan cara mengaktifkan terlebih dahulu lokasi pada handphone yang sobat punyai, lalu ketikan di pencarian google map "sedot wc terdekat", maka nanti bang google map akan merekomendasikan pada sobat termasuk dengan harga jasanya dari mulai lokasi yang terdekat hingga sampai yang terjauh yang masih dalam area dimana sobat berada.

Banyak sekali yang menyediakan jasa sedot WC di Indonesia dari sabang sampai merauke! Beberapa di antaranya, ada yang sering di rekomendasikan oleh abang goggle, ialah sebagai berikut:

  • Sedot WC Maumere, Kota Uneng, kabupaten sikka, nusa tenggar timur.
  • Sedot WC Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.
  • Harga sedot wc serpong, tangerang, cimahi, bekasi, bogor, hingga jakarta timur, dan seterusnya.

3. Alat Sedot WC Yang Biasa Di Gunakan

Sepintas menyedot wc terbilang mudah dan gampang, namun nyatanya sedot WC tak bisa di lakukan sembarang oleh orang yang belum pernah melakukannya.

Pasalnya, bila orang yang menyedot wc melakukan kesalahan fatal bisa mengakibatkan lingkungan di sekitar tercemar.

Dengan memanggil jasa sedot WC yang baik dan sudah profesional, proses penyedotan wc pastinya akan bisa berjalan dengan lancar. Karena yang namanya jasa sedot wc profesional berpengalaman, pastinya sudah di dukung oleh peralatan sedot wc yang baik dan lengkap.

Jadi sebagai gambaran buat sobat mengenai alat sedot WC yang biasa di gunakan oleh tukang jasa Sedot WC profesional, adalah sebagai berikut:

  • Truk tangki untuk menampung tai yang sudah di sedot,
  • Pompa penyedot, guna menyedot kotoran tai yang ada di dalam septic tank,
  • Alat semprot air dengan kekuatan yang handal untuk membersihkan semua isi dalam tangki septic,
  • Sepatu bot dan sarung tangan karet,
  • Lalu sebilah tongkat yang ukuran panjangnya paling pendek sekitar 1 meter guna mengecek kedalaman septic tank sekaligus untuk mengetahui apakah septic tank sudah penuh ataukah belum.

4. Tips Agar WC Tidak Mampet.

Biarpun jaman sudah modern, namun masih saja terdapat sejumlah orang yang sering kali menganggap sepele perihal kebersihan wc atau toilet di rumahnya sendiri.

Padahal kebersihan dalam rumah terutama ruang toilet, akan dapat mempengaruhi kesehatan bagi anggota keluarga yang tinggal di dalam rumah.

Ruangan WC tempat cebok yang kondisinya kotor serta tidak di rawat adalah salah satu penyebab yang dapat mempercepat WC tersumbat atau mumpet! Agar WC sobat di rumah tidak terjadi peyumbatan alias toilet mampet, di bawah tips yang bisa kami berikan:

Mengenali jenis benda yang bisa dan tidak bisa dan di masukkan ke dalam lubang WC: Kebiasaan buruk terhadap orang yang biasa membuang sampah semisal tisu, pembalut, bungkus sabun batangan, dan lainya ke dalam WC bisa menyebabkan WC akan menjadi tersumbat serta mampet. Hal ini, tentu akan menyulitkan pembuangan kotoran dengan secara sempurna.

Membiasakan diri menekan tombol flush secara full guna memastikan air dalam WC dapat mengalir dengan secara sempurna supaya mendorong melalui pipa pembuang kotoran hingga bersih.

Membersihkan WC di rumah sendiri dengan secara rutin dan berkala guna menjaga terciptanya kondisi pembuangan kotoran yang tetap optimal optimal.

Meperhatikan selalu keadaan WC, misalnya kemampuan wc dalam membuang kotoran apakah menjadi lambat, untuk sobat bisa tangani segera dengan menggunakan cairan pembersih kimia.

Sehingga, bisa meminimkan pula kemungkinan terjadinya penyumbatan pada saluran pembuangan kotoran pada WC sobat.

Bilamana pembersih kimia yang di gunakan tidak mampu mengatasi lambatnya aliran pembuangan kotoran, tak dapat mendorong air + kotoran dari WC, serta mulai terciumnya bau aroma yang tidak sedap dari arah tempat penyimpanan tai (tangki septic)!

Maka, panggil dengan segera petugas yang menyediakan jasa sedot WC terdekat di kota sobat guna membersihkan tangki kotoran secara menyeluruh.

Itulah ulasan lengkap tenta sedot WC, mulai dari alasan sedot wc, biaya atau harga sedot wc, hingga perlatan sedot wc yang di gunakan serta tips supaya wc tidak mumpet yang bisa kami sampaikan.

Sekian dan terimakasih sudah berkunjung, semoga artikel perihal sedot wc ini bisa berguna dan bermanfaat.