Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini, Tips Bangun Rumah Type 36 Dengan Budget Minimal.

Selain bisa mendesain sendiri, membangun rumah juga dapat menghemat biaya jika caranya tepat. Simak, tips bangun rumah type 36 dengan budget minimal di halaman ini.

Tips Bangun Rumah Type 36

Konsep hunian minimalis kini makin di minati masyarakat terutama di daerah perkotaan yang memiliki harga tanah sangat tinggi.

Bagi beberapa orang yang menginginkan desain hunian sesuai dengan selera pribadi dan ingin bisa menghemat biaya, membangun rumah tentu menjadi keputusan terbaik yang di ambil.

Jika Sobat merupakan salah satunya, simak tips membangun rumah type 36 dengan budget minimal di bawah ini.

1. Buat perencanaan terlebih dahulu

Perencanaan adalah langkah awal yang harus Sobat lakukan sebelum memulai pembangunan yang meliputi rincian mulai dari alokasi dana, denah bangunan hingga target waktu pembangunan.

Perencanaan ini nantinya berfungsi sebagai kontrol dan acuan selama proses pembangunan berlangsung.

Selain itu, perencanaan juga dapat menjadi pengendali ketika terjadi hal-hal yang tidak sesuai rencana. Pelaksanaan yang tidak sesuai rencana nantinya dapat berdampak pada dana yang harus di keluarkan.

2. Lakukan survei mengenai harga bahan bangunan

Agar lebih menghemat biaya material, luangkan waktu yang Sobat miliki untuk melakukan survei mengenai harga bahan bangunan.

Utamakan memilih material dengan kualitas yang bagus, tetapi belilah di tempat yang membanderol barang tersebut dengan harga paling murah. Jadi, survei di lakukan dengan mengecek harga per satuan material bangunan.

Catat perbandingan daftar harganya pada setiap bahan bangunan dan tempat yang menjualnya dengan harga terendah. Setelah itu, masukan catatannya ke dalam perencanaan agar para pekerja yang Sobat sewa dapat membelinya sesuai dengan hasil survei.

Sobat juga dapat menghemat biaya pembangunan dengan menggunakan bahan bangunan lokal, seperti kayu dan bambu. Selain harganya yang murah, cara mencarinya juga tidak sulit.

3. Pertimbangkan konsep open plan untuk menghemat biaya

Open plan adalah konsep interior yang menggabungkan beberapa ruangan tanpa sekat atau dinding, misalnya gabungan antara dapur, ruang makan, dan ruang santai. Dengan konsep ini, Sobat dapat menghemat biaya untuk membangun sekat atau tembok pembatas.

Selain itu, konsep open plan juga akan membuat ruangan terlihat lebih lapang. Rumah type 36 yang Sobat bangun pun tidak akan terlihat sesak dan penuh.

4. Selektif dalam memilih pekerja

Selain memastikan kualitas bahan bangunan, pastikan juga skill para pekerja yang akan mengerjakan proyek rumah type 36 Sobat.

Sobat mungkin bisa merencanakan desainnya sesuai keinginan, tetapi merekalah yang akan membangun dan menentukan hasil akhirnya. Mengingat peranannya yang begitu penting, Sobat harus lebih selektif dalam memilih juru bangunan.

5. Gunakan sistem borongan dalam membayar jasa tukang

Ada dua cara yang biasa di lakukan untuk membayar jasa tukang bangunan, yaitu dengan sistem borongan dan sistem harian. Bagi Sobat yang ingin menghemat pengeluaran, sebaiknya pilih sistem borongan.

Sistem kerja harian mengharuskan Sobat untuk selalu mengawasi kinerja para tukangnya. Ini di lakukan untuk memastikan bahwa mereka benar-benar bekerja secara maksimal.

Sedangkan dalam sistem borongan, Sobat tidak perlu mengawasinya karena akan ada mandor yang menjadi pengawas. Sebaiknya, dapatkan jasa mandor dari relasi terdekat untuk memastikan bahwa orang tersebut dapat di percaya.

6. Tidak perlu menggunakan jasa desainer untuk interior rumah type 36

Karena sudah menjadi bagian dari gaya hidup, saat ini banyak contoh-contoh desain interior rumah minimalis di internet yang dapat Sobat sontek.

Jadi, tidak perlu menggunakan jasa desainer, terlebih lagi jika budget yang Sobat miliki terbatas.

7. Membuat ruangan serbaguna

Rumah dengan banyak ruangan memang cenderung lebih mahal dalam proses pembangunannya karena membutuhkan material bangunan lebih banyak.

Cobalah untuk membuat ruangan serbaguna! Selain menghemat biaya bangun rumah impian, ruangan serbaguna juga akan membuat rumah Sobat terlihat lebih lapang dan tidak terlalu banyak perabotan, contohnya ruang tamu yang juga di fungsikan sebagai ruang keluarga dan ruang menonton TV.

Demikian beberapa tips yang bisa Sobat lakukan untuk membangun rumah type 36 dengan budget minimal. Meski dengan biaya terbatas, rancangan desain bangunan dan interior yang tepat akan membuat rumah Sobat terlihat cantik, estetik, dan lebih kokoh.