Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Toyota Voxy 2022 Terbaru Meluncur di Indonesia, Ini Spesifikasinya!

Toyota Voxy 2022 tiba di Indonesia 17 Februari 2022, PT Toyota Astra Motor (TAM) memastikan peluncuran Toyota All New Voxy akan segera mengaspal di Tanah air, melalui kegiatan yang di kemas secara daring.
Toyota Voxy 2022 Terbaru Meluncur di Indonesia. Ini, Spesifikasinya!
Kehadiran Multi Purpose Vehicle (MPV) ini di Tanah Air hanya berselang sekitar sebulan sejak debutnya di Jepang 13 Januari 2022 lalu.

Banyak perubahan yang signifikan, dengan penampilan mobil anyar ini! Di Jepang, model yang beredar pada bagian depannya di rombak dengan desain gril menjadi lebih lebar dan besar.

Pada gril tersebut terdapat garis horizontal di bagian tengah, lalu ada tambahan pola sarang di sisi kanan dan kiri.

Selain itu, di sisi tampilan luar dari Toyota Voxy terbaru ini pada bagian pilar A seperti tampak terbagi menjadi dua.

Spesifikasi Toyota Voxy 2022

Di market Jepang, mobil terbaru dari Toyota ini hadir bersamaan dengan kembarannya yakni Toyota all New Noah. Baik Voxy maupun Noah versi Jepang lengkap dengan fitur keselamatan aktif berupa Toyota Safety Sense (TSS).

Toyota Voxy 2022 memakai platform anyar Toyota New Global Architecture (TNGA) GA-C, yang di klaim lebih kuat dan ringan! Sehingga, akan membuat nyaman dan stabil ketika berkendara.

Secara umum, Toyota Voxy 2022 hadir dengan mempertahankan desain bongsor MPV bergaya mengotak! Akan tetapi telah mengaplikasikan dengan desain yang lebih fresh, baik itu pada interior maupun eksteriornya.

Hal tersebut tercermin pada desain grill, bumper, lampu utama, hingga foglamp yang lebih dinamis! Namun, pada desain pintu geser elektrik untuk akses penumpang bagian belakang masih sama dengan generasi sebelumnya.

1. Tampilan Eksterior

exterior
Toyota Voxy 2022 mempunyai ukuran dimensi 4.695 mm x 1.730 mm x 1.925 mm, dengan jarak sumbu roda 2.850 mm. Sementara pada bagian kaki-kakinya memakai pelek 17 inci dual tone berpadu dengan ban 205/55.

Toyota membenamkan teknologi peredam guncangan tipe MacPherson Struts, pada geometri suspensi depan! Sedangkan, di bagian belakang menggunakan torsion beam.

Kedua suspensi ini, membuat bantingan mobil terbaru dari Toyota menjadi lebih mulus dan lembut. Kemudian perubahan menonjol juga terlihat pada bentuk bemper yang terkesan semakin tebal dan menganga.

Toyota Voxy 2002 terbaru tampil lebih mewah dan agresif, berkat penggunaan lampu utama LED dan grille jumbo!

Desain lampu DRL LED unik, karena menyambung dengan penyematan garis krom! Tepat pada bagian bawahnya, di sematkan lampu proyektor dengan tiga titik.

Desain lampu di fascia bagian depan, mendapat perubahan dengan lampu tunggal yang di desain lebih menyipit.

Sementara itu, pada bagian belakang menggunakan lampu dengan desain horizontal mengikuti garis panjang mobil? Tersemat pula, emblem Voxy yang menambah tampilan semakin mewah.

Emblem tersebut di letakkan di bagian tengah, meskipun di buat lebih sederhana namun memberikan kesan lebih premium.

2. Interior

desain interior
Menilik ke bagian interior, kokpit pengemudi yang di buat lebih nyaman dengan konsol tengah mengambang, akan lebih praktis dan membuat layout dashboard terlihat modern.

Toyota Voxy 2022 menyematkan head unit, dengan ukuran 10.5 inci sebagai sistem infotainment! Bahkan, head unit tersebut telah terintegrasi dengan WiFi hotspot dan sistem navigasi. Menariknya lagi, ada panel instrumen digital berukuran 8 inci.

Khusus market di Jepang, Voxy generasi baru ini mempunyai opsi konfigurasi seats 7 penumpang dan 8 penumpang.

Untuk pilihan 7 penumpang, tersedia captain seat di baris kedua dan opsi 8 penumpang menampung 3 orang di baris kedua.

Ruang kabinnya menjadi semakin lega karena terdapat penambahan lebar 75 mm, yakni menjadi 1.295 mm.

3. Mesin Toyota Voxy

mesin toyota voxy
Toyota Voxy 2022 di Jepang, menawarkan opsi mesin bensin 2.0 liter naturally aspirated dan 1.8 liter hybrid.

Untuk mesin 2.0 liter naturally aspirated, memakai kode mesin Dynamic Force M20A-FKS empat silinder DOHC.

Tenaga yang di hasilkan sebesar 170 PS di 6.600 rpm dengan torsi puncak 202 Nm pada 4.900 rpm.

Transmisi Voxy 2022, di pasangkan dengan memakai CVT Direct-Shift dan model All Wheel Drive (AWD)!

Jika membandingkannya dengan mesin generasi sebelumnya, 3ZR-FE dengan empat silinder DOHC 1.987 cc hanya bertenaga 152 PS pada putaran 6.100 rpm serta putaran 3.800 rpm dengan torsi 193 Nm.

Hal tersebut, di karenakan transmisi nya masih memakai otomatis konvensional.

4. Fitur Semi Otonom Toyota Teammate

Fitur Semi Otonom Toyota Teammate
Secara umum, fitur yang tersedia pada Toyota Voxy 2022 ini hampir sama dengan versi Jepang.

Misalnya, menggunakan fitur Safe Exit Assist dengan pintu geser elektrik lengkap dengan kick sensor dan adanya tombol pembuka pintu bagasi di sisi samping mobil.

Fitur ini berguna untuk memberikan peringatan kepada pengguna dan menutup pintu kembali, jika ternyata ada penumpang membuka pintu pada baris kedua! Akan tetapi, sistem mengindikasi ada objek bergerak dari arah belakang.

Selain itu, di sematkan air purifier, panel instrumen digital 7 inci, rem parkir elektrik dengan auto hold, dan rear seat entertainment berupa layar berukuran 11,6 inci.

Menariknya, pengguna semakin mudah berkendara di tengah kemacetan berkat fitur semi otonom Toyota Teammate yang terdiri dari Advanced Drive dan Advanced Park.

Jika menggunakan Advanced Drive, maka pengemudi dapat memberikan kontrol ke sistem ketika mobil melaju di jalan tol.

Kemudian Sobat dapat melepas tangan dari setir, dengan demikian pengemudi dapat mengurangi rasa lelah meskipun berkendara dalam waktu lama.

Meskipun demikian, pengemudi harus tetap fokus dan mengarah pSobatngan ke depan, sebab sistem pada kendaraan akan tetap memantau melalui kamera.

Kemudian yang terakhir, terdapat Advanced Park yang berfungsi membantu pengemudi Toyota Voxy 2022 untuk parkir secara otomatis.

Voxy 2022 lebih canggih terutama untuk mesin hybrid, hal tersebut di karenakan terdapat kelengkapan berupa fungsi remot parkir, Sobat dapat mengontrolnya via aplikasi ponsel pintar.

Jadi, ketika mau parkir atau keluar parkiran, Sobat cukup menggunakan ponsel pintar saja!

5. Fitur Toyota Safety Sense

Fitur Toyota Safety Sense
Fitur keselamatan canggih Toyota Voxy 2022 berupa TSS terdiri dari Pre Collision Safety System, Pro-Active Driving Assist System, Lane Change Assist, dan Front Cross Traffic Alert.

Pro-Active Driving Assist System memiliki kemampuan untuk mengintervensi kemudi dan menjalankan deselerasi.

Dengan begitu, teknologi dapat mencegah kendaraan terlalu dekat dengan objek yang ada di depannya.

Misalnya saja pejalan kaki, mobil berhenti di sisi jalan, dan pesepeda! Sehingga, mampu mengantisipasi objek yang berpotensi bergerak secara mendadak.

Perlu Sobat ketahui, sistem ini juga bertugas dalam menjaga penurunan kecepatan seperti saat mendekati objek di depan, supaya frekuensi perpindahan pedal gas maupun rem dapat di kurangi.

Sedangkan Pre Collision Safety System yang canggih dapat mendeteksi kendaraan di persimpangan jalan, dari arah berlawanan, dan ketika kendaraan masuk ke area persimpangan. Di samping itu ada kamera 360 derajat dan Blind Spot Monitor.

Kemudian untuk fitur telematika T-Intouch juga terpasang pada Voxy 2022, hal ini seperti mobil toyota terbaru lainnya.

Fitur ini merupakan teknologi telematika mutakhir, yang bisa menghubungkan aplikasi mToyota dengan kendaraan Sobat. Dengan begitu, pengguna bisa langsung terhubung ke seluruh layanan mobilitas dari Toyota.

Hubungkan fitur Find My Car agar bisa mengetahui dengan akurat di mana posisi mobil Sobat di parkir.

Satu lagi fitur canggih lainnya yakni Geofencing untuk memberikan peringatan kepada pengemudi, ketika kendaraan berada di luar zona resmi. Hal tersebut juga untuk memastikan keamanan pengemudi dan penumpang setiap saat.

Berikutnya, fitur Lane Change Assist akan membantu pengendara berpindah jalur secara aman.

Kemudian Front Cross-Traffic Alert untuk mendeteksi objek atau kendaraan lain yang mendekati dari kanan atau kiri, jika sedang masuk persimpangan jalan dengan memberikan peringatan di dis play head unit.

6. Toyota Voxy Hadir di Tanah Air Sejak 20017

Sejak 2017 lalu, Toyota Voxy telah hadir di Indonesia menggantikan NAV1. MPV dengan body tangguh dan bongsor ini dijual dari Jepang dengan status Completely Built Up (CBU).

Model yang terbaru Voxy 2022 saat ini memakai mesin 2.000 cc 3ZR-FAE, tenaga tertingginya 149,9 hp dengan torsi punca 193,1 Nm.

Kehadiran Toyota All New Voxy ini, menambah jajaran mobil baru dari TAM di tahun 2022!

Sebelumnya, pabrikan Jepang tersebut menghadirkan Toyota Fortuner bermesin diesel 2.800 cc dan Toyota All New Land Cruiser untuk memanjakan penggemar Sport Utility Vehicle (SUV) di Tanah Air.

7. Harga Toyota Voxy 2022

Sebagai bahan perbandingan, harga Voxy 2022 di Jepang di banderol sekitar Rp 385 juta hingga Rp 494 juta.

Sementara saat ini, harga Toyota Voxy yang di jual PT Toyota Astra Motor sekitar Rp 510 juta.

Jadi, kemungkinan besar harga Voxy 2022 terbaru akan lebih mahal, mengingat banyaknya peningkatan spesifikasi dan berbagai fitur.

Pilihan warna ciamik yang tersedia untuk para penggemar Voxy, adalah Glitter Black dan White Pearl.

Kemudian untuk Metal Stream dan Sparkling Black Pearl merupakan warna spot order, sehingga harus menunggu tiga bulan kedepan untuk mendapatkan unitnya.

Jika Sobat sedang berencana mencari kendaraan terbaru, Toyota Voxy 2022 bisa menjadi alternatif terbaik.

Berbagai keunggulan akan Sobat peroleh seperti mesin bertenaga, interior luar, sarat fitur hiburan, dan fitur keselamatannya super lengkap. Selain itu, desain Toyota Voxy yang mewah dan unik menjadi nilai plus untuk Sobat.

Apakah ini bisa membantu? Sekian dan terimakasih, buat sobat yang telah berkunjung. Semoga artikel tentang otomotif ini, bisa bermanfaat. Wassalam..!!