Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Toyota Veloz Cross, Mobil Generasi Terbaru Saingi Expander Cross.

Toyota Velos Croz Meluncur Sebagai Generasi Terbaru. Jelang akhir 2021, PT Toyota Astra Motor (TAM) telah meluncurkan generasi terbarunya, dari toyota Avanza dan Veloz menyaingi Expander Cross.
Toyota Veroz Cross, Kini Hadir Sebagai Generasi Baru Saingi Expander Cross.
msn.com
Namun, belum lama ini media sosial kembali heboh dengan kemunculan varian Veroz yang berbeda! Menurut unggahan oleh akun instagram @christytonny, beberapa unit Toyota Veloz sedang di gendong, seperti tampak baru keluar dari pabrik.

Pada Veloz tersebut, ada sedikit perbedaan denga peluncuran TAM beberapa waktu yang lalu! Apabila memperhatikan secara detail, pada sudut kanan pintu belakangnya terdapat emblem "Cross".

Banyak yang menduga, mobil tersebut menjadi varian terbaru dari Veloz. Saat di konfirmasi pihak TAM juga mengatakan bahwa mobil tersebut kemungkinan besar merupakan unit ekspor.

Namun berdasarkan spekulasi, Veloz Cross ini sepertinya akan menjadi unit ekspor dari pabrik Toyota di Karawang, Jawa Barat!

Hal ini juga, di buktikan lewat beberapa unggahan spyshot yang beredar di negara tetangga! Sebuah mobil misterius yang diduga kuat adalah Avanza dan Veloz generasi terbaru, bermunculan di Thailand dan Malasya.

Kehadiran Toyota Veloz Cross

Sejak 3 bulan setelah peluncuran resminya, Toyota Veloz mulai melakukan ekspor ke beberapa negara tetangga! Toyota veloz akan muncul di Thailand, tepatnya pada 24 Februari kemarin sejak artikel ini di terbitkan.

Setelah itu, kabarnya Toyota ini akan meluncur dalam waktu dekat di Vietnam dan Filipina. Menariknya, di Negara Vietnam beredar rumor Toyota ini akan di jual bersama Toyota Avanza dengan nama Veloz Cross dan Avanza Premio.

Toyota memang meluncurkan generasi terbarunya untuk Avanza serta Veloz, yang kini menjadi model terpisah! Namun, sepertinya tampak masih belum puas dengan hal tersebut dan tengah mempersiapkan varian lainnya.

Belakangan ini, memang beredar spyshot yang menampilkan Veroz beremblem Cross! Hal itu artinya, Toyota ingin menambah satu lagi varian Cross pada lini Veroz.

1. Munculnya Spyshot yang Menampilkan Toyota Veloz Cross

Toyota, sudah lama menawarkan Veloz sebagai varian dari Avanza hingga model generasi ketiganya rilis! Sehingga, saat ini veloz menjadi model termewah yang di miliki LMPV dan paling banyak peminatnya di Indonesia.

Mulai dari desain hingga fiturnya jauh lebih wow daripada Avanza maupun Xenia, meski harganya memang sedikit lebih mahal.

Namun, sepertinya Toyota masih belum puas dengan hal itu dan tengah menyiapkan varian tambahan lainnya. Beberapa waktu lalu, beredar sypshot yang menampilkan sosok mobil yang tengah di angkut oleh truk.

Sepertinya, varian terbaru Toyota akan di kirim ke dealer. Tampak dari desain yang di gunakan, mirip dengan modelnya saat ini! Namun, ada hal yang menarik yakni terdapatnya emblem "Cross" di bagian belakangnya.

2. Tambahan Varian

Veloz yang di tawarkan saat ini, tidak memiliki varian Cross. Hal itu artinya, cukup jelas bahwa Veloz ini menjadi varian baru yang khusus.

Bagian depannya memang tidak di tampilkan, namun kemungkinan akan ada sedikit perubahan. Sehingga, semakin menonjolkan kesan layaknya mobil crossover! Selebihnya, memang belum ada informasi lebih lanjut mengenai Toyota Veloz Cross.

Terkait bocoran Veloz Cross lewat Spyshot yang beredar, Toyota Astra Motor (TAM) belum banyak berkomentar hingga kini! Kemungkinan tidak ingin membocorkan informasinya, karena masih dalam tahap persiapan.

Hal ini, sepertinya akan menjadi kabar baik bagi konsumen Indonesia terutama yang menantikan varian terbaru dari Veroz, meski di pastikan harganya lebih mahal dari varian yang ada saat ini.

Menilik segi umumnya, mobil SUV atau Sport Utility Vehicle banyak di minati! Menjadi tidak heran, apabila pabrikan gencar untuk menghadirkan produk sejenis dengan spesifikasi dan desain berbeda-beda, namun harga di tawarkan saling bersaing.

Mengingat saat itu, mobil berpenampilan gagah menjadi trend. Sehingga, beberapa brand atau merk mobil menyematkan unsur SUV pada produk jenis lainnya, seperti halnya Mitsubishi Xpander Cross yang terlahir dari medium MPV atau Multi Purpose Vehicle.

Penggunaan nama Cross yang di maksud, merujuk ke arah crossover. Tentunya dengan harapan family car berkapasitas tujuh penumpang tersebut, menyematkan ketangguhan layaknya SUV dan tidak hanya Mitsubishi, saat ini Toyota pun mulai melakukan hal yang sama!

Hal itu di terapkan untuk MPV andalannya, namun bukan untuk pasar Indonesia. Berdasarkan postingan Instagram @indra_fathan. Toyota Veloz akan mendarat di Thailand.

Akan tetapi sebelum di munculkan ke publik, saudara dari Avanza ini tertangkap kamera di suatu lahan parkiran.

Veloz terbaru dengan embel-embel cross di belakangnya, tampaknya di tawarkan dalam dua varian dengan pelek ukuran 16 inchi dan sistem hiburan atau head unit delapan inchi.

Sedangkan pelek 17 inchi sebagian varian teratas, hadir dengan sistem hiburan atau head unit sembilan inchi.

3. Desain Exterior

Desain Exterior
VP18 channel
Desain exterior atau tampilan luar Toyota Veroz Cross, semakin mengesankan dengan gaya ala SUV! Grill depannya yang berbentuk segi enam besar dengan garis crhome dan menghubungan LED Headlamp kanan dan kiri, membuat hal ini memberikan kesan sporty yang gagah.

Grill piano black dengan puluhan icon yang tampak menyerupai huruf "T", di mana kemungkinan icon menyerupai huruf "T" tersebut maksudnya yakni logo Toyota yang agak tersamar yang terbilang lumayan cukup besar.

Kemudian pada bagian grill besar ini, terdapat pula garis crhome yang membatasi antara grill dan kap mesinnya.

Sungguh menarik memang bagian garis crhome ini dan tidak hanya pada bagian depannya saja, namun melintang ke belakang hingga terpisahkan dengan adanya kaca belakang.

Toyota Veroz Cross Terbaru, tampak memiliki wajah yang lebih modern. Hal itu, mungkin karena terdapatnya grill jaring-jaring berukuran besar! Sehingga, serasa serasi dengan lekukan bumper yang terkesan tegas dan diffuser.

Banyaknya lekukan tajam pada cover foglamp dan aksen krom, membuat kesan mobil Toyota Veroz Cross yang satu ini semakin Wow dan wuah!

Selain itu, pada bagian lampu utama Veroz Cross yang sipit layaknya mata raize dengan sematan daya pencahayaan LED! Bahkan, sudah tersemat pula list crhome yang sejurus dengan headlamp serta kap mesin.

Ubahan pada sektor samping meliputi, pilar A hingga pilar D dengan lekukan yan dinamais. Sehingga, desain pintu dan jendelanya yang tampak seperti mobil RUSH dengan kesan gagah dan berotot dari lekukan over fender, tanpa bahan plastik tambahan lain.

Sebenarnya tidak heran, apabila menggolongkan Toyota yang satu ini sebagai Cross MPV! Hal ini, karena tampilan veroz cross tampak ala SUV.

Dimensi Toyota Veroz Cross ini juga tergolong cukup besar, di mana ukuran panjang lebar dan tingginya yakni 4.475 m x 1,755 m x 1.700 m.

Kemampuannya dalam melewati genangan air juga meningkat dengan terdapatnya ground clearance 205 mm, dan ini tentunya lebih tinggi 5 mm dari generasi sebelumnya.

Ground Clerance tersebut juga bertambah tingginya, karena terdapat penggunaan pelek dimensi 17 inchi yang di balut ban berukuran 205/50 pada bagian depan maupun belakang mobil Toyota Veroz Cross ini.

Begitu juga dengan lampu belakangnya, yang sudah Full Backdoor LED. Sehingga, sehingga membuat mobil Veroz Cross terlihat lebih tampak stylish dan kece.

4. Desain Interior

Desain Interior
Meski berdesain SUV, interior atau bagian dalam ruangan mobil Toyota Veroz Cross tetap mengutamakan kenyamanan yang menjadi ciri khas kendaraan roda empat MPV.

Terlihat dari dashboardnya yang tampak kelihatan canggih yang dilengkapi dengan fitur "Floating Head unti 9" dan "TFT MID digital 7".

Lalu pada bagian kemudi atau setir Veros Cross itu sendiri, sudah telescopic yang dibalut dengan leather mewah! Kesan mewah lainnya, terdapat pada keseluruhan jok yang juga berbalutkan kombinasi leather dan fabric material.

Selain itu, bahkan tersedia berbagai macam fitur lengkap lainnya mulai dari layar hiburan untuk penumpang yang duduk di belakang hingga sampai fitur wirelles charger.

5. Fitur Veloz Cross

Fitur Veloz Cross
Sebagai kendaraan roda 4 kategori Premium Crossover MPV, veloz telah mengusung fitur standar safety yang mumpuni! Bahkan, di perkuat lsgi dengan fitur:
  • Anti-lock Braking System (ABS)
  • Elektronik Brake Distribution (EBD)
  • dan fitur Braking Assist (BA)
Veloz Cross MPV ini juga melengkapi fitur Vehicle Stability Control, yang dapat menjadi tameng di saat mobil bermanufer berlangsung secara cepat di tikungan.

Selain itu, tersedia Hill Start Assist yang dapat menangani, agar start tetap mulus meski jalanan menanjak.

Toyota Veros Cross juga, melengkapi fiturnya dengan New All Rounds View Camera yang fungsinya akan membantu manufer penggunanya guna memantau secara lebih jelas keadaan situasi di sekitarnya.

Kemudian fitur lainnya, yakni Rear Crossing Traffic Allert yang mampu memberikan notifikasi, apabila akan terjadi tabrakan di saat mobil mundur.

Fitur canggih lainnya lagi yang di benamkan pada mobil Toyota Veloz Cross ini, ialah fitur Blind Spot Monitoring yang fungsinya dapat memberikan sinyal lewat grafik di kaca spion sebagai peringatan, saat ada mobil lainnya di area blind spot.

Fitur keselamatan yang ada pada TSS, yakni Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking! Tentunya, sengaja di desain untuk meminimalisir risiko tabrakan dengan kendaraan lainnya di depan.

Adanya fitur Pedas Miss Operation Control juga dapat mengurangi potensi kecelakaan, apabila terjadi kesalahan menginjak pedal gas mobil Toyota Veloz Cross.

Fitur tambahan lainnya, yaitu Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention yang gunanya untuk menghindarkan mobil berpindah haluan maupun berpindah jalur tanpa di sengaja.

Bahkan ada fitur Front Departure Alert yang akan memberikan peringatan yang dapat di dengar, saat mobil di depan tiba-tiba bergerak.

6. Mesin Toyota Veloz Cross

Mesin Toyota Veloz Cross
Spesifikasi Toyota Veloz Cross ini, menggunakan mesin 2NR-VE cc. Sehingga, membuat torsi 139Nm/4.200 rpm dengan daya maksimun mesin sebesar 104 PS/6.000 rpm.

Adapun sistem penggerak yang di gunakannya, kini menjadi FWD atau berpenggerak roda depan.

Dengan spesifikasi mesin seperti itu, performa di jalanan akan semakin menjadi imprensif! Penggunaan transmisi CVT, turut menghadirkan akselerasi dari kecepatan 0-100 km/jam, hanya dalama waktu 12.9 detik.

Tak hanya itu, dalam pemakaian BBM nya pun semakin mendapat perbaikan yakni berkisar di angka 15 km/liter, apabila digunakan untuk rute dan perjalanan dalam kota.

Sementara untuk rute perjalanan tol luar kota, jarak per liternya bisa mencapai 18 km dari yang sebelumnya hanya 17 km saja.

Toyota Veloz Cross menjadi generasi terbaru, untuk menyaingi Expander Cross! Hadirnya bukan untuk pasar Indonesia, namun akan meluncur dalam waktu dekat di beberapa negara tetangga.

Apakah ini bisa membantu ? Sekian dan terimakasih sudah berkunjung dan menyimak. Semoga, artikel ini bisa bermanfaat. Wassalam..!!