Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Sumur Resapan Berdasarkan Segi Bentuk Struktur Bangunan

Jenis sumur resapan cenderung memiliki beberapa variasai dan model ! Dan ini artinya sumur resapan dapat sobat bedakan berdasarkan dari segi bentuk struktur bangunan dan juga tujuan dari si pembuat sumur resapan tersebut.
Jenis Sumur Resapan Berdasarkan Bentuk Struktur Bangunan
Sebelumnya sudah kita bahas bagaimana Cara Buat Sumur Resapan sederhana dirumah beserta persrayaratan standar membuat sumur, dan juga membahas Manfaat Membuat Sumur Resapan dipekarangan rumah!

So, silahkan sobat mengunjungi artikelnya (klik tulisan warna biru tersebut), jika memang sobat ingin mengetahuinya dengan secara detail.

Karena dikesempatan pembuatan artikel kali ini, kita masih membahas tentang sumur resapan ! Namun hanya akan berfokus pada ulasan tentang perbedaan jenis sumur resapan berdasarkan dari segi bentuknya.

Pasalnya, terdapat sumur resapan yang struktur bangunannya dibuat dengan secara berbeda-beda ! Penyebabnya mungkin karena alasan teknis seperti kondisi tanah yang tidak memadai, kepraktisan, tingkat kesulitan, selera, keindahan desain, dan alasan-alasam teknis lainnya.

Jenis Sumur Resapan

Salah satu contoh jenis struktur bangunan sumur resapan berdasarkan dari segi bentuk yakni ada sumur resapan yang dibuat dengan bentuk silinder atau bulat, ada pula jenis sumur resapan yang dibikin dengan bentuk persegi empat.

Kedua bentuk sumur resapan tersebut termasuk bentuk umum yang dapat sobat pilih, sesuai dengan keinginan ! Jika sobat mau, sobat dapat membuat sumur resapan dengan bentuk yang berbeda (lain dari pada yang lain) yang belum pernah orang buat, misalnya :
  • Bentuk sumur resapan bentuk oval, 
  • Sumur resapan bentuk segitiga sama kaki, 
  • Bentuk sumur resapan persegi panjang,
  • Sumur resapan dengan bentuk jajaran genjang,
  • Bentuk sumur resapan bibir merona,
  • dan bentuk sumur-sumur resapan lainnya.
Jenis bentuk sumur resapan tersebut bisa sobat coba ciptakan sendiri, dan tentunya tidak akan ada orang yang melarang! Meskipun orang lain belum pernah membuatnya, bahkan diseluruh negeri sekalipun.

Namun, apapun bentuk sumur resapan yang akan sobat buat, jangan lupa minumannya tetap teh sosro!

Hehehe sory..!! Maksudnya jangan lupa pada persyaratan standarisasi pembuatan sumur resapan yang sudah ditetapkan.

Sobat dapat menyimak ulasan tentang apa saja persyaratan standar dalam membuat sumur resapan, diartikel sebelumnya.

Perbedaan jenis sumur resapan diatas dilihat dari segi bentuknya, apakah silinder ataukah persegi empat. Hal lainnya yang dapat dibedakan yakni dari jenis segi struktur bangunan sumur resapan didalamnya, seperti berikut ini :
  • Terdapat jenis sumur resapan yang didalam struktur bangunan sumurnya terdapat susunan batu kali atau batu bata, terutama pada bagian dinding sumurnya. Lalu pada bagian dasar sumur, diisi dengan ijuk juga batu-batu kerikil.
  • Terdapat juga jenis sumur resapan yang didalam sumurnya terpasang batu bata merah yang diplester aci, namun bagian dasar sumur tidak diisi batu-batu belah dan injuk.
  • Ada pula jenis sumur resapan yang tak dipasangi batu bata atau susunan batu kali, akan tetapi didalamnya dasar sumurnya diisi dengan injuk dan juga batu pecah.
  • Dan terdapat juga jenis sumur resapan yang struktur bangunannya menggunakan beton sebagai dindingnya, tapi bagian tepi dasar sumur tak diisi dengan batu-batu kecil dan ijuk.
Perbedaan jenis sumur resapan berdasarkan segi struktur bangunan sumur yang digunakan diatas terjadi mungkin karena faktor kepraktisan, keamanan, keawetan, atau bisa jadi karena kondisi tanah yang tidak memadai, dan lain sebagainya.

Selain jenis sumur resapan berdasarkan yang telah dijelaskan diatas, terdapat pula perbedaan jenis sumur resapan berdasarkan pembuatnya mau difungsikan untuk apa.

Misalnya, katakan saja sobat mau membuat sumur resapan dengan tujuan untuk kolektif atau mungkin hanya sebatas untuk individu.

Sumur kolektif yaitu sumur dibuat secara bersama-sama dalam satu wilayah tertentu, baik itu persatu RT, persatuy RW, persatu kampung, persetiap 20 rumah, persatu blok perumahan, atau persetiap batasan lainnya.Sedangkan sumur resapan individu yaitu jenis sumur resapan yang diperuntukan untuk kebutuhan pribadi si pembuatnya saja, secara perorangan.

Berbagai macam jenis sumur resapan tersebut, baik dari segi pandang sipembuat sumur terutama dari segi bentuk struktur bangunan sumur yang telah dijelaskan diatas! Tentunya, terdapat kelebihan serta kekurangannya masing-masing yang akan kita uraikan nanti diartikel terpisah.

Itulah informasi tentang jenis sumur resapan yang dapat larantukagypsum sampaikan. Apakah ini bisa membantu ?

Sekian dan terimakasi sudah menyimak artikel ini dan simak juga artikel-artikel menarik lainnya yang bisa sobat temukan judulnya dibagian bawah halaman ini. Semoga bermanfaat..!!