Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Buat Website di Wordpress dengan Mudah dan Cepat

Saat ini siapa saja bisa membuat website, bahkan para pemula pun dapat dengan mudah memiliki website. Salah satu aplikasi yang banyak digunakan dalam membuat website adalah Wordpress.
membuat website di wordpress
Wordpress sangat menarik dan dapat digunakan secara gratis bagi seluruh pengguna internet, dan cara buat website di wordprespun mudah dan cepat. Tidak hanya itu, wordpress terus berkembang dari segi keamanan dan kelengkapan fiturnya.

Sekarang sobat dapat belajar membuat website dengan mengikuti penjelasan yang akan kita sampaikan langkah demi langkah, mulai dari memilih domain hingga menyisipkan gambar yang menarik.

Ternyata membuat website di Wordpress sangatlah mudah. Sobat bisa membaca artikel bikin situs diwordpress yang sudah larantukagypsum.com rangkum dibawah ini, dan langsung mempraktekannnya.

Kita akan memberikan penjelasan secara detail dan terperinci tentang bagaimana membuat website di Wordpress yang bisa dengan mudah sobat ikuti.

Cara Buat Website di Wordpress Untuk Pemula

Bagi pemula membuat website tidaklah sulit, bahkan sudah banyak pemula yang sudah memiliki website sendiri ! Secara garis besar, ada dua metode yang dapat digunakan dalam membuat website.

1. Membuat Website Sendiri dari Awal sampai Akhir

Jika sobat membuat website sendiri, paling tidak sobat harus tahu tentang pemograman website dan database.

Biasanya cara ini membutuhkan biaya dan waktu yang cukup banyak, karena sobat harus belajar dan memahami HTML, CSS, PHP/ASP, dan data base seperti MS-SQL, My SQL, atau MS Access.

2. Membuat Website Menggunakan CMS

Sobat dapat membuat website dengan menggunakan CMS gratis yang banyak beredar di Internet.

Cara ini lebih mudah dan murah, oleh karena sobat tidak perlu belajar tentang pemograman apapun. Selain itu sobat juga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, untuk membuatnya.

CMS ada bermacam-macam, antara lain :
  • Blogger,
  • TypePad,
  • Livejournal,
  • Wordpress,
  • dan lain sebagainya.
Nah, untuk membuat website dengan Wordpress ini sangatlah mudah dan murah tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Cara Buat Website di Wordpress untuk Bisnis dan Menghasilkan Uang

Membuat website untuk usaha maupun untuk toko online tidaklah sembarangan ! Segala sesuatunya harus dipikirkan dan dipersiapkan matang-matang.

Agar ketika website tersebut sudah jadi, pembeli maupun pengunjung akan langsung percaya dan tertarik membeli produk yang sobat jual atau promosikan.

Berikut larantukagypsum.com sampaikan langkah-langkah membuat website untuk bisnis dan menghasilkan uang :

1. Pilih Domain yang Tepat

Pemilihan domain dan hosting dalam website, memegang peranan penting dalam pencitraan dan mendukung kelancaran usaha.

Domain adalah identitas sebuah website ! Macam-macam domain ada banyak, misalnya .net, .org, .edu, .gov, .info, .id, .com, dan lain sebagainya.

Website usaha sebaiknya menggunakan domain yang memiliki eksistensi .com atau .co.id.

Domain biasanya didapat dengan cara membeli dari lembaga pengelola domain atau para resseler domain.

Harga yang ditawarkan untuk sebuah domain beragam mulai dari Rp 50.000, Rp 100.000 bahkan lebih. Harga tersebut biasanya untuk pembayaran pertahun dan dapat diperpanjang kembali.

Selain membeli domain, sobat juga bisa mendapatkan domain dengan secara gratis! Ada banyak penyedia jasa domain gratis, yang dapat sobat cari di Internet.

Memilih domain untuk website sebaiknya dilakukan setelah sobat merencanakan tujuan website tersebut, apakah untuk komersial ataukah untuk sosial, pendidikan, dan lain sebagainya.

Karena itu memilih domain haruslah dipikirkan dengan matang ! Berikut beberapa tips memilih domain untuk toko online :
  • Pilih nama domain yang sederhana, unik dan meanarik serta mudah diingat.
  • Nama domain sebaiknya bersesuaian dengan nama website atau konten yang sobat buat. Kenapa ? Karena hal ini penting untuk memudahkan pencarian terutama di search google.
  • Pilih domain yang paling memilik website yang dibuat, seperti sobat dapat memilih domain dengan eksistensi .com, .net, .edu, dan lain sebagainya. Pemilihan nama domain yang tepat, akan menambah keyakinan pengunjung terhadap kualitas sebuah website.
  • Sertakan keywoard dalam nama domain, tujuannya untuk mengoptimalkan proses SEO (Search Engine Optimization), sehingga toko online sobat bisa tampil diposisi atas hasil pencarian, misalnya :
    • Sobat jual jasa pasang plafon, maka nama domainnya bisa "jasapasangplafon.com" ! Sehingga ketika orang mencari jasa pasang plafon gypsum, situs atau website sobat berada diurutan teratas.
2. Pilih Tempat Hosting

Hosting adalah tempat untuk menyimpan data dan file website di sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet.

Pilihan tempat hosting akan mempengaruhi aksesibilitas sebuah website ! Sebagus apapun domain yang dimiliki sebuah website, tidak akan berarti tanpa tempat hosting yang memadai.

Penyedia layanan hosting biasanya juga menyediakan dengan domain. Hal ini bertujuan, agar pengeloaan website tersebut lebih mudah jika terjadi permasalahan di kemudian hari.

Seperti halnya domain layanan hosting juga ada yang gratis dan berbayar, perbedaannya adalah dari segi fasilitasnya ! Semakin lengkap fasilitas hosting, maka biayanya pun semakin mahal.

3. Ganti Banner dan Beri Gambar yang Menarik

Banner merupakan salah satu penanda identitas suatu website !

Pertama sobat harus menyiapkan gambar logo yang akan tampil di banner. Pastikan logo tersebut mempresentasikan toko online yang sobat buat, lalu tambahkan gambar-gambar menarik dari produk jasa yang sobat jual.

Dalam menyiapkan sebuah website usaha maupun toko online, sobat sudah harus menyiapkan beberapa gambar dan toko.

Pastikan gambar dan foto sobat menarik perhatian pengunjung. Selain itu, sobat juga dapat mempersiapkan desain-desain menarik untuk website sobat.

Segala sesuatunya memang harus disiapkan dengan baik, agar website sobat tampil menarik ! Sehingga, banyak pengunjung yang tertarik dengan produk yang sobat jual.

Kelebihan Wordpress dibanding Situs Web Lainnya

Membuat website di Wordpress adalah pilihan yang tepat ! Karena Wordpress dilengkapi fitur-fitur menarik yang dapat sobat coba, dan berikut dibawah ini fitur-fiturnya :
  1. Wordpress memiliki fitur anti spam yang berfungsi untuk mencegah orang lain menulis pesan-pesan di kolom comment atau komentar yang mengandung promosi, pornografi, dan lain sebagainya.
  2. Apabila sobat sudah memiliki website di Blogger.com, TypePad, LiveJournal, maupun website lainnya ! Maka sobat dapat mentranfer isi website tersebut ke Wordpress lengkap dengan komentar - komentarnya.
  3. Wordpress dilengkapi dengan fasilitas Spell-Check yang membantu sobat menulis dalam bahasa inggris dengan benar.
  4. Wordpress mengijinkan sobat membuat satu website yang dikelola oleh banyak orang. Jadi, sobat bisa menciptakan website komunitas!
  5. Wordpress mendukung RSS Feed dan melakukan pelacakan seberapa banyak orang yang sudah registrasi ke RSS Feed sobat.
  6. Wordpress mencatat setiap komentar baru yang ada di website sobat ! Sehingga sobat dapat mengedit, membuang atau menampilkan komentar tersebut.
Gimana sob, mudah bukan membuat website ?

Sangat disayangkan jika sobat memiliki produk atau usaha, namun tidak dipasarkan melalui blog maupun website.

Sobat juga dapat mempromosikan website sobat, dengan Google Adsense agar jangkauannya bertambah luas.

Namun jika sobat merasa kesulitan, sobat bisa menggunakan jasa pembuat website ! Dengan menggunakan jasa website yang banyak tersedia di internet, tentunhya da biaya juga yang harus dikeluarkan.

Selain itu sobat bisa sobat bisa mempraktekan cara buat website di Wordpress yang telah kita uraikan diatas. Apapun pilihan sobat, selamat mencoba dan semoga sukses!