Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk, Jadikan 9 Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil Ini Sebagai Penghasilan Tambahan !

Berbagai macam peluang usaha sampingan modal kecil ini dapat sobat pilih salah satunya, lalu coba untuk menerapkan serta menjalankannya ! Itupun jika sobat hendak menciptakan penghasilan tambahan, maka daftar usaha modal kecil ini sangatlah cocok untuk pemula.
Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil Ini
Karena apabila kita mau merenungkan bahwa ada sebuah fakta yang sangat menarik untuk ditelaah, semisal seorang karyawan yang bekerja dikantor, supermarket, mall, boy office perhotelan, pabrik garment, atau mungkin karyawan pinjol (Upps jangan coba-coba untuk menjadi karyawan ini deh).

Lalu apakah mereka semuanya memiliki gaji yang besar ? mungkin saja tidak !! Bisa jadi gajinya hanya sebatas gaji UMR yang berlaku dikota dimana orang tersebut bekerja atau bisa juga lebih rendah dari gaji UMR.

Dan fakta yang menariknya adalah mereka yang bekerja sebagai karyawan tersebut, pada kenyataannya masih memiliki sisa waktu yang banyak !

Namun sayangnya waktu yang tersisa banyak tersebut kurang begitu dimanfaatkan dengan secara maksimal, semisal mengubah sisa waktu yang luang dapat menghasilkan uang.

Entah apa alasan yang dipakai, sehingga tak memanfaatkan waktu yang tersisa tersebut dengan secara bijak yakni keinginan untuk dapat menjalankan usaha sampingan selain bekerja sebagai kayawan.

Padahal sisa waktu luang tersebut dapat kita manfaatkan sebaik-baiknya dengan menjalankan bisnis seperti 9 macam peluang usaha sampingan dengan modal kecil ini, agar dapat dijadikan ide atau gagasan untuk sobat sebagai usaha sampingan.

Alasan Harus Usaha Sampingan ?

Peluang usaha dengan modal kecil untuk dijadikan sebagai usaha sampingan ini seharusnya dapat menarik perhatian serta minat sobat agar dalam menjalani kehidupan didunia ini bisa menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Dan dengan adanya niat untuk menjalankan usaha sampingan ini seharusnya jangan ada kata gagal, oleh karena ini kan cuma sebatas usaha sampingan yang artinya adalah mencari penghasilan tambahan.

Jadi sebelum kita masuk ke 9 macam peluang usaha modal kecil, kita ketahui dulu alasan mengapa harus membuka usaha sampingan selain dari kita bekerja sebagai karyawan.

Tujuan dasar mengetahui hal ini tidak lain hanya untuk menambah pengetahuan saja. Selain itu, kita berharap supaya kedepannya semakin banyak orang di Indonesia yang menekuni bisnis usaha sampingan ini.

Dan berikut dibawah ini beberapa alasan kenapa harus menjalankan usaha sampingan dirumah :

1. Butuh Uang Tambahan

Jelas, alasan yang pertama kenapa harus menjalankan usaha samping adalah karena memerlukan uang tambahan. Dengan upah karyawan sesuai UMR yang diterima, apakah cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari maupun bulanan ?

Jika memang dirasa cukup hanya dengan mengandalkan gaji karyawan yang hanya sesuai upah UMR dalam sebulan, ya tidak masalah sih untuk tidak menjalankan bisnis usaha sampingan.

Namun apa jadinya, apabila gaji karyawan tidak dapat mencukupi kehidupun keseharian dirumah ?

Atau katakan saja begini, Ok lah gaji sobat sebagai karyawan cukup dalam sebulan ! Namun apakah tidak memaksa kehendak seperti menahan segala macam godaan yang datang menghampiri bathin, contohnya adalah :
  • Menahan keinginan untuk membeli sesuatu barang yang sangat di kehendaki,
  • Menahan keinginan untuk dapat berefresing disuatu tempat yang indah,
  • Menahan keinginan untuk berbelanja di mall seperti orang lain,
  • serta Menahan keinginan-keinginan lainnya yang jika dituruti, mungkin dalam sebulan uang gaji karyawan tidak akan cukup.
Jika memang benar seperti itu adanya, maka itu namanya menyiksa diri serta pasrah pada keadaan tanpa mencoba berusaha mencari cara bagaimana agar dapat memiliki penghasilan tambahan demi keinginan serta pencapaian keluarga dimasa depan.

Memang sih ada ungkapan mengatakan, "asalkan bisa makan sehari-hari itu sudah cukup yang penting bahagia !!".

Namun menurut kita ungkapan seperti itu masih berlaku bagi yang hidup dipedesaan dan sepertinya akan sulit jika dipraktekan diperkotaan.

Jadi sulitnya itu di bahagianya iku lho ! Apakah akan dapat bahagia hidup diperkotaan hanya dengan mengandalkan ungkapan "bisa makan sudah cukup" ? Ah entahlah....!!!

Jadi kesimpulannya, dengan menjalankan usaha sampingan pastinya akan ada pundi-pundi rezeki yang masuk dikantong ! Sehingga dengan demikian kebutuhan hidup yang tadinya tak bisa dipenuhi, dapat terbantu.

Selain itu juga apabila usaha sampingan ini telah berjalan dengan baik, mungkin saja kedepannya dapat dijadikan harapan sebagai investasi yang nantinya dapat ditabungkan untuk masa depan keluarga.

2. Mempersiapkan Masa Pensiun

Mendengar kalimat masa pensiun, jadi timbulah pertanyaan ! Apa mungkin selamanya kita akan selalu muda alias tidak akan pernah tua ? Ah, sepertinya mustahil.

Cerita orang tidak pernah tua mungkin cuma terjadi dicerita komik dan anime seperti halnya kisah One Piece yang tidak pernah kelar-kelar akhir dari ceritanya. Coba bayangkan saja nunggu tanggal mainnya satu minggu, eh pas mainnya cuma 30 menit ! Bagaimana tidak kesal, coba...!!"

Masih lebih baik naruto dimana lebih cepat dalam perubahan wajah nya yang tadinya dari muda sudah mulai kelihatan mau agak menua, tapi dalam hal tayang sama saja harus menunggu seminggu dan tayangnya pun sama cuma 30 menit to.

Lalu apa hubungan One Piece, naruto, dengan usaha sampingan, cok ? Hehehehe, selingan saja mas bro !!

Nah, jadi yang ini juga merupakan salah satu alasan kenapa harus berbisnis usaha sampingan yakni agar dapat mempersiapkan segala sesuatunya demi masa pensiun dihari tua.

3. Peluang Pasar Luas Terbuka

Alasan berikutnya apabila kita mencoba membuka bisnis dibidang usaha sampingan ini adalah karena masih terbukanya peluang secara luas dipasaran di Indonesia.

Jadi ini merupakan kesempatan yang baik yang patut dicoba dan jangan pernah takut untuk gagal, jika gagalpun maka harus mencobanya lagi.

Karena bayi bisa berdiri pun harus jatuh bangun dulu untuk dapat berdiri hingga akhirnya benar-benar bisa berdiri dengan tegak, lalu kemudian mencoba berjalan dengan perlahan dan akhirnya bisa berlari dengan kegirangan.

Begitupun dengan usaha sampingan ini dapat dilakukan mulai dari peluang usaha modal kecil dulu untuk dapat diputar uangnya secara terus menerus, hingga akhirnya nanti tak disadari bahwa usaha sampingan sudah berkembang dengan baik pesat melebihi yang dibayangkan.

4. Mulai dari Ide yang Bagus

Alasan yang ke empat agar dapat segera menjalankan bisnis usaha sampingan dengan dimulai dari peluang usaha modal kecil dulu mungkin karena sobat memiliki kemampuan yang unik serta memiliki ide atau gagasan yang bagus, maka hal seperti ini janganlah ditunda-tunda lagi.

Ayolah jadikan peluang usaha sampingan ini sebagai kesempatan ! Tak peduli modalnya sebesar apa, tapi kan bisa dimulai dengan modal kecil dulu untuk nanti diputar hingga dapat menghasilkan modal yang besar.

Karena jika dibiarkan berlama-lama, yang namanya ide bagus serta kemampuan unik ini ibarat warna cat rumah exterior yang terlalu lama kena panas matahari akan menjadi kusam dan pudar.

Penyebab Gagalnya Usaha Sampingan

Meskipun usaha sampingan hanya sebatas usaha pendamping, akan tetapi yang namanya bisnis ya tetaplah bisnis ! termasuk peluang usaha modal kecil yang nanti hendak dipilih, ya ini juga tetap saja namanya bisnis.

Dan ini artinya, yang namanya bisnis baik itu yang bermodalkan kecil maupun modal besar pastinya mempunyai resiko akan adanya kegagalan ! Bahkan bisnis yang sudah berjalan selama beberapa tahunpun masih memiliki resiko yang sama.

Tapi tentunya kegagalan ini dapat diminimalisir dengan mengetahui penyebab-penyebab kegagalan yang sudah dicontohkan pebisnis lain, terutama dalam bisnis yang berskala kecil terlebih dahulu.

Agar dapat mengetahui penyebab tersebut, sudah kita rangkum beberapa poin yang kita kutip dari website terpercaya yang ada di Abang Google tentang kesalahan yang sering dilakukan dalam menjalankan usaha sampingan dirumah !

Dan Berikut dibawah ini adalah penyebab gagalnya dalam menjalankan bisnis usaha sampingan :

1. Tidak Memiliki Jaringan

Tahukah sobat bahwa kekuatan dalam berbisnis itu terletak pada jaringannya ! Akan tetapi, jaringan disini bukanlah jaringan yang biasa dipakai untuk menangkap ikan disungai maupun dilaut.

Jaringan disini ibarat halnya seperti sobat yang memiliki akun facebook, dan diakun tersebut terdapat fitur pertemanan dari berbagai macam kalangan, semisal :
  • pengikut
  • pelanggan
  • teman akrab
  • teman semasa kecil
  • teman sekolah
  • teman selingkuh
  • teman tapi mesra
  • saudara saudari
  • kerabat jauh
  • kerabat dekat
  • dan lain sebagainya
Nah, seperti itulah gambaran jaringan disini ! Jadi ketika sobat tak memiliki jaringan seperti itu, maka kemungkinan besar bisnis menjalankan usaha sampingan akan gatot alias gagal total.

Atau katakanlah sobat memiliki jaringan seperti itu ! Akan tetapi sobat tak bisa membangunnya dengan mempertahankan hubungan yang lebih baik lagi seperti selalu membina serta menjalin silaturahmi, maka bisa jadi bisnis peluang usaha modal kecil sebagai usaha sampingan yang dijalankan pun akan gagal.

2. Mindset Yang Keliru

Penyebab lain, gagalnya bisnis usaha sampingan yang berikutnya yakni poin ke dua diakibatkan karena pola pikir yang keliru atau mindset yang salah porsi.

Misalnya sobat beranggapan bahwa apapun yang sobat jual, pasti akan ada yang beli ! Tapi pada kenyataannya tidak ada yang membeli sama sekali.

Dan itu artinya adalah sobat terlalu menganggap enteng tentang sebuah aspek pemasaran serta tentang bagaiamana membuat penelitian sebuah produk yang baik.

Sehingga dengan sikap seperti itu cenderung terkesan sembrono dalam mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli sesuatu produk yang dinilai tidak penting, yang pada akhirnya produk tidak dapat dijual karena tidak ada nilai untuk dibeli.

Padahal bisnis peluang usaha nodal kecil ini baru saja di rintis ! Jadi hindari ya sob, sikap seperti itu. Tapi jangan terlalu juga takut akan gagal, toh tinggal bangun lagi saja jika gagal !

3. Tidak Tepat Menentukan Kebutuhan

Lalu poin yang ke tiga sebab gagal dalam berbisnis usaha sampingan oleh karena tidak tepat atau salah dalam menentukan kebutuhan yang harusnya memilah dulu kebutuhan yang paling penting, ketimbang kebutuhan yang dirasa belum terlalu penting.

Terkadang pemilik usaha tanpa sadar sering dibuai oleh rasa layaknya telah mempunyai usaha yang besar, misalnya dengan membuat logo bisnis lebih dahulu, lalu membuat kartu nama, hingga sampai membeli perangkat laptop atau pc sebagai pembukuaan yang harganya mahal, dan lain-lain.

Padahal tidak seharusnya begitu ! Alangkah baiknya usaha sampingan yang baru dimulai lebih dulu memfokuskan pada hal-hal seperti membuat konsep dasar jualan yang kuat dan kokoh, mempromosikan produk, pengadaan stok produk atau bahan baku, serta perijinan usaha.

4. Tidak Tepat Menentukan Prioritas

Namanya juga usaha sampingan yang berarti definisinya adalah bukan pekerjaan utama atau bukan prioritas yang diutamakan.

Tapi apabila pelaku usaha bertahan dengan pekerjaan penuh waktunya sambil mengembangkan bisnis usaha kecil untuk sampingan, maka ada baiknya selalu berhati-hati.

Oleh karena banyak pelaku usaha samping yang mengalami kegagalan akibat dari ambisi yang terlalu kuat ingin cepat sukses dan berhasil.

Sehingga porsi yang diberikan antara pekerjaan utama dengan bisnis usaha sampingan sama-sama besar hasratnya, atau bisa jadi porsi bisnis usaha kecil malah lebih besar dari pekerjaan yang utama.

Jika seperti itu maka ini namanya memaksakan diri ! Contohnya sobat mengambil banyak sekali pesanan yang diterima dalam bisnis usaha kecilnya, akan tetapi sobat lupa kalo sobat ternyata masih seorang karyawan.

Perihal ini, tentunya nanti dapat mengakibatkan hilangnya fokus atau konsentrasi yang membuat pekerjaan tidak maksimal dan optimal.

Dan disaat pekerjaan tidak maksimal dikerjakan, siap-siap saja terima komplain dari pelanggan ! Jadi pikirkan juga prioritas mana yang harus ditentukan lebih dulu, agar pekerjaan tidak paburantak.

5. Lupa Beramal

Penyebab terakhir yang dapat mengakibatkan usaha kecil bangkrut yakni lupa beramal. Ini merupakan opini dari kita sebagai penulis terutama buat para pelaku bisnis usaha kecil menengah yang sedang berkembang, namun tiba-tiba saja usahanya gagal dan bangkrut.

Adapun gagal dan bangkrut usaha tidak dapat diketahui penyebabnya apa ? Maka jawabannnya adalah karena kurang beramal seperti beramal kepada fakir miskin, yatim piatu, orang-orang yang membutuhkan, serta beramal pada kita sabagai penulis pun bisa...!! Hehehe..

Inilah, 09 Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil Sebagai Penghasilan Tambahan !

Usaha dengan modal kecil sabagai sampingan bisa jadi awalnya adalah sebuah ide yang iseng atau gagasan sekedar memanfaatkan waktu luang dan juga menambah sedikit pemasukan.

Namun siapa yang tahu jika terus ditekuni dengan secara serius dan sungguh-sungguh, bisa saja usaha sampingan yang tadinya berskala kecil dapat berubah menjadi berskala nasional bahkan dunia sekalipun.

Dari ratusan rekomendasi peluang usaha yang beredar di Abang Google, hanya 09 peluang usaha sampingan modal kecil ini yang dapat kita rangkum dan berikut dibawah inilah ulasannya :

1. Membuka Jasa Cuci Kendaraan (Motor dan Mobil).
Jasa Mencuci Kendaraan
Usaha kecil-kecilan dengan menjalankan bisnis cuci motor dan mobil ini sepertinya tidak pernah mengenal kata sepi. Mengapa ? Karena begitu banyak orang rela mengantri sampai berjam-jam lamanya hanya untuk mendapatkan giliran agar kendaraannya dapat dicuci.

Tenaga, kualitas, keefesienan, serta harga yang dikucurkan untuk cuci mobil atau motor, membuat para pemilik alat tranporasti tersebut lebih memilah jasa cuci yang profesional ketimbang harus mencuci sendiri.

Modal atau biaya yang yang dikeluarkanpun untuk menjalankan usaha cuci kendaraan ini bisa dibilang kecil atau relatif terjangkau.

Jadi sobat sebagai pemula, bisa mengawali usaha ini dengan mencuci kendaraan sepeda motor saja dulu + mempersiapkan peralatan mencucinya (pakai yang sederhana), semisal :
  • Kompresor,
  • Pompa air,
  • Sabun motor,
  • Peralatan semir untuk ban motor,
  • dan jangan lupa kain lapnya
Semua peralatan atau kebutuhan cuci motor tersebut perkiraan biaya yang harus dikeluarkan tidak akan lebih dari harga 2 juta hanya untuk jasa mencuci motor yang sederhana.

Namun apabila usaha pencucian motor ingin langsung terlihat profesional maka perkiraan modal awal bisa mencapai 11 juta rupiah, dengan rincian sebagai berikut :
  • biaya menyewa tempat : Rp. 2.500.000
  • biaya membeli peralatan cuci kendaraan : Rp. 6.000.000
  • biaya operasional + upah karyawan : Rp. 2.500.000
2. Membuka Jasa Tengkulak Properti Yang Berhasil.
Usaha Jasa Agen Properti
Tangkulak disini artinya makelar ! Yup, sobat dapat mencoba usaha makelar properti ini sebagai bisnis usaha sampingan yang menjanjikan.

Karena banyak juga orang yang mempunyai anggaran lebih yang tertarik untuk menginvestasikan uangnya dibidang property dengan alasan merupakan aset yang akan selalu naik harganya setiap tahun.

Ada juga para investor yang hendak menjual propertinya, dan pastinya akan membutuhkan seorang jasa makelar property profesional yang dapat menjual properti sesuai dengan yang dinginkan oleh investor.

Sehingga dengan situasi seperti itu, akan membuka peluang buat sobat yang hendak menjalani tangkulak properti sebagai usaha sampingan.

Adapun awal cara memulai untuk dapat menjalani bisnis properti ini, sobat dapat mengamati lingkungan disekitar rumah sobat terlebih dahulu ! Apakah ada proyek pembangunan perumahan ataukah ada rumah tetangga yang mau dijual ?

Apabila ada coba tawarkan diri sobat untuk jadi makelar dan cooba juga tanyakan perihal persenan atau komisi dan juga bonusnya jika nanti berhasil menjual !

Tidak butuh modal serius untuk jenis usaha jasa properti seperti ini selain dari modal kepercayaan. Paling uang yang dikeluarkan hanya sebatas uang pulsa untuk menelepon relasi dan uang tranportasi untuk mengantarkan calon pembeli kelokasi property.

Yang paling terpenting jika ingin bisnis makelar properti ini dapat berjalan dan berkembang meskipun perlahan, maka jangan pernah merasa bosan untuk terus belajar agar wawasan atau pengetahuan tentang dunia properti terus bertambah.

Selain itu dalam hal pemasaran property terutama pemasaran secara online juga harus diketahui, karena itu adalah ujung tombak agar bisnis makelar propert bisa berjalan dan berkembang.

Dan berikut dibawah inilah jenis-jenis pemasaran property secara online yang dimaksud :
  • Marketing Display: Apa itu marketing display ? marketing display adalah jenis pemasaran secara online yang menerapkan konsep promosi seperti menerapkan spanduk berupa banner atau gambar menarik yang sudah disisipkan kata serta kalimat yang menggoda, dan lalu kemudian diletakannya pada situs-situs property online diinternet atau bisa juga disitus berita nasional dimana web berita tersebut sudah banyak pengunjungnya.
  • Marketing Email: Dapat dibilang marketing email ini sebagai salah satu jenis pemasaran secara online yang sangat konvesional. Kenapa Konvesinal ? Karena sudah digunakan dari dulu saat internet masih hangat-hangatnya diperbincangkan hingga sekarang pun masih sangat ampuh untuk dipakai mempromosikan property yang hendak dipasarkan.
  • Marketing Situs:Jenis pemasaran online yang satu ini sering dipraktekan oleh para marketer internet sekarang ini ! Mereka bikin satu blog atau situs yang teknik Search Engine Optimizationya (SEO) nya sudah dioptimasi, agar dapat memperoleh pengunjung yang tertarget atau sesuai minat. Jadi buat sobat yang hendak menjadi agen property dapat mencontek cara seperti ini untuk mendapatkan calon pembeli dengan secara efektif. Ada begitu banyak bahan pembelajaran semacam ini di Abang Google untuk sobat cari dan kemudian pelajari.
3. Menjadi Agen Biro Haji and Umroh Yang Jujur
Jasa Agen Umrah dan Haji
Bisnis usaha jadi agen haji dan umroh juga lumayan menggiurkan. Pasalnya agen seperti ini sudah sejak lama ada, bahkan sejak dari 18 tahun yang lalu hingga sekarang.

Apalagi disaat sekarang kuota haji dan umroh sudah mau mencapai hingga lebih dari satu koma enam juta jamaah hanya dalam 1 kali periode saja disetiap tahunnya, dan ini masih minim dukungan yang profesional dari badan pengelolaan haji dan umroh.

Sehingga membuat banyak calon jemaah haji menjadi ragu terhadap biro umroh yang dirasa kurang profesional tersebut. Belum lagi banyaknya masalah penipuan yang terjadi yang dilakukan oleh oknum biro haji dan umroh yang sangat tak bertanggung jawab, jadi semakin menambah keraguan saja buat para calon jemaah haji dan umroh.

Dan ini menandakan bahwa sobat masih bisa mendapati peluang untuk mencoba menjalani bisnis di bidang agen haji dan umroh.

Karena selain komisi atau penghasilan yang didapat dari tuan pemilik biro haji dan umroh, juga pastinya akan mendapatkan pahala dari yang maha kuasa.

Jadi sobat tidak perlu modal untuk menjalankan bisnis agen haji dan umroh ini !

Sobat hanya perlu memasarkan paket haji dan umroh dari biro yang sobat percaya untuk dijadikan rekanan, dan lalu menawarkannya pada orang-orang yang tepat.

Dan ketika sobat menemukan orang yang tepat yakni orang yang hendak pergi berhaji dan berumroh, lalu kemudian mendaftarkannya ke biro haji dan umroh atas referensi sobat..

Nah disitulah sobat bisa mendapatkan komisi yang besarannya berkisar di Rp 450.000 hingga sampai Rp 950.000, sungguh penghasilan yang besar bukan !

Lalu bagaimana caranya Gan, agar bisa menjadi agen haji dan umroh ? Caranya sobat bisa simak langkah-langkah menjadi agen biro umroh & haji, berikut ini :
  1. Lakukan riset untuk mencari biro haji dan umroh dikota sobat, yang sudah mempunyai reputasi bagus.
  2. Tentukan satu biro haji dan umroh yang sudah dipercayai serta diyakini tersebut
  3. Kemudian temui bos atau stafnya
  4. Lalu sampaikan minat sobat yang tertarik dengan menjadi agen haji and umroh
  5. Jika pihak biro menerima, tanyakan perihal besaran komisi agen yang diterima.
  6. Apabila sepakat, pastikan juga untuk membuat Mou atau tanda tangan kesepakatan antara antar sobat dengan pihak biro haji dan umroh.
4. Menjadi Agen Asuransi Dengan Komisi Yang Berlipat
jasa agen asuransi
Berprofesi sebagai agen asuransi juga dapat dijadikan sebagai pilihan bisnis atau usaha sampingan untuk mendapatkan tambahan uang, agar dompet yang selalu tipis, suatu saat bisa menjadi tebal !

Lantas apa itu agen asuransi ? Definisi agen asuransi yakni badan hukum atau orang yang menawarkan produk asuransi untuk dipasarkan atau dipromosikan atas nama perusahaan asuransi.

Secara moralitas, agen asuransi cuma dibolehkan memasarkan produk asuransinya hanya dari 1 perusahaan asuransi dan tidak boleh merangkap memasarkan produk dari perusahaan asuransi lainnya !

Karena menjadi seorang agen asuransi itu, berarti akan menjadi ujung tombak dalam memenuhi perjanjian tertulis dengan calon nasabah atau calon tertanggung.

Maka oleh karena alasan seperti itulah para agen atau makelar asuransi sering kali diberikan target dalam menawarkan produk asuransi oleh perusahaan asuransi, agar dapat memperoleh keuntungan atau komisi yang besar yang dapat berlipat ganda.

Menjadi agen asuransi sebenarnya pilihan yang baik ! Karena seiring berjalannya waktu, dimana nanti ketika kemampuan serta keterampilan kita tentang dunia asuransi meningkat pesat, maka secara otomatis bisnis seperti ini akan menjadi profesi yang sangat menjanjikan.

Selain itu profesi menjadi agen asuransi disaat sekarang ini tidak terlalu banyak orang yang menggelutinya, mungkin dikarenakan tidak adanya bakat terpendam dalam mempromosikan produk asuransi.

Padahal dengan menjadi agen asuransi, sobat dapat menentukan sendiri berapa banyak penghasilan yang hendak sobat dapatkan ! Tinggalah diatur saja targetnya, agar bisa sesuai dengan harapan serta cita-cita dimasa depan.

Dengan begitu maka penghasilan sobat sebagai agen asuransi akan melebihi diatas rata-rata gaji UMR (Upah Minimun Reginal), jadi peluangnya masih lumayan besar.

Bayangkan saja terobosan asuransi di Indonesia hanya berkisar di satu koma tujuh persen saja ! Dan ini artinya dalam industri perasuransian ini masih sangat menjanjikan apabila dijalani dengan secara serius.

Sudah lumayan banyak juga contoh agen asuransi yang sudah sukses yang berhasil memperoleh berbagai macam fasilitas kehidupan serta penghasilan yang jauh melebihi ekspentasi yang dibayangkan sebelumnya.

Salah satunya yakni dapat melakukan rutinitas setidaknya sekali dalam setahun seperti jelong-jelong atau pesiar ke luar negeri dan tidur dihotel yang mewah nan megah.

Yang lebih istimewanya lagi, seoorang agen asuransi ini tidak terikat dengan waktu atau jam kerja seperti layakna seorang karyawan tetap yang berkerja selama delapan jam sehari.

Dengan menjadi agen asuransi sobat dapat mengatur waktu sendiri seperti kapan waktunya berkumpul dengan keluarga secara penuh dan kapan waktunya mengejar target untuk memasarkan produk asuransi.

Jadi jika diurutkan tentang keuntungan menjadi agen asuransi yang sukses akan menjadi seperti ini :
  1. Dapat kerja dengan paruh waktu
  2. Mendapatkan komisi yang berlipat
  3. Terdapat jam kerja yang sangat fleksibel
  4. Dapat memperoleh networking
  5. Bonus lain menanti dan sungguh menggiurkan
Kita coba jabarkan untuk point yang kedua yakni tentang mendapatkan komisi yang yang berlipat, karena pastinya hanya hal seperti ini yang dapat membuat kita penasaran.

Sehingga akan membuat sobat juga bertanya-tanya, bagaimana sih seorang agensi bisa memperoleh komisi yang berlipat ? jawabannya bisa sobat simak dibawah ini :

Aturan tentang perhitungan komisi agens asuransi :
  • Perhitungan komisi di asuransi umumnya merujuk pada pendapatan premi pertiap tahun atau kalo istilah bahasa englishnya dinamakan API (Annual Premium Income)
  • Tentang bagaimana cara menghitung API juga harus merujuk pada jumlah total premi bertahap secara tahunan
Dan contoh bagaimana cara menghitung komisi agen asuransi adalah sebagai berikut :
  • Katakanlah sobat berhasil mendapatkan nasabah dalam kurun waktu 1 tahun sebanyak 40 orang dengan pembayaran preminya pertiap orang yakni Rp. 675.000 pertiap bulan dan akan menjadi Rp. 8.100.000 selama setahun persetiap nasabah.
  • Lalu didalamnya terdapat manfaat investasi, katakan saja sekitar 6 juta dengan nilai investasinya 3,2 juta. Yang artinya perhitungan API pernasabahnya yakni 6 juta rupiah.
  • Kemudian kita temukan dulu nilai APInya secara keseluruhan, dan cara perhitungannya adalah sebagai berikut : 
    • 40 nasabah x Rp. 6.000.000 = Rp. 240.000.000 / tahun
    • Kesimpulan jumlah nilai API keseluruhan sebesar 240 juta rupiah !
  • Untuk mengetahui berapa banyak komisi diterimha, tinggal sobat kalikan saja jumlah nilai Annual Premium Income (API) tersebut dengan besaran komisi yang sudah disepakati. Misalnya komisi dari perushaan asuransi sebesar 30 persen, maka cara menghitung komisinya seperti ini :
    • 30 %  x Rp.240.000.000 = Rp. 72.000.000
    • Kesimpulan komisi yang didapat selama setahun sebesar 72 juta rupiah.
Catatan : Jumlah tersebut, itu belum termasuk dengan bonus-bonus yang akan didapat, sesuai dengan hitungan presentase yang berlaku diperusahaan asuransi bersangkutan.

Selain itu perhitungan premi tersebut baru dikalkulasikan pada tahun pertama ! Minimal waktu pembayaran premi untuk asuransi jiwa saja itu paling sedikit selama 5 tahun.

Dan ini artinya komisi yang sobat terima sebagai agen asuransi masih terus berlangsung sampai batas waktu pembayaran premi selesai dengan nilai yang akan semakin terus bertambah dan berkembang>

Jadi gimana sob reaksimu setelah mengetahu komisi agen asuransi diatas, sungguh sangat menggiurkan bukan !

Lalu bagaimana cara menjadi agen asuransi yang sukses ?

Adapun untuk menjadi agen asuransi agar bisa sukses terlebih dahulu harus memiliki kualifikasi, seperti berikut ini :
  • Kemampuan berkomunikasi
  • Memahami produk asuransi
  • Memiliki kemauan belajar
  • Mempunyai kecerdasa emosional
  • Gigih dan tekun dalalm berjuang
Yup, kualifikasi diatas seperti kemampuan dalam berkomunikasi yang baik tentunya harus dimiliki oleh seorang agen asuransi, supaya dapat meyakinkan klien mengenai polis atau produk yang ditawarkan.

Lalu penguasaan produk asuransi juga harus dipahami dengan betul ! Karena pastinya disaat memasarkan produk akan ada banyak pertanyaan yang diajukan oleh calon nasabah.

Selain itu kemauan belajar, kecerdasan emosional, juga kegigihan serta ketekunan harus dimiliki serta dapat dikuasai oleh seorang agensi.

Nah, disaat kualifikasi diatas terpenuhi maka untuk menjadi agen asuransi akan menjadi semakin mudah.

Akan tetapi pada peraturan Otoritas Jasa Keuangan Indonesia itu terdapat payung hukum yang menyatakan bahwa seorang agensi wajib memperhatikan hal-hal seperti berikut ini, yakni :
  • Mematuhi kode etik yang sudah diatur oleh perusahaan asuransi
  • Terdaftar didalam asosiasi
  • Terdaftar di otoritas jasa keuangan
  • Serta mempunyai sertifikat keagenan
Jadi berdasarkan pada aturan diatas, maka kesimpulan cara untuk menjadi agen asuransi agar dapat menambah penghasilan tambahan demi kehidupan dimasa depan adalah sebagai berikut :
  • Pilih perusahan asuransi yang mana yang terbaik 
  • Lakukan pendaftaran menjadi agen asuransi diperusahaan asurang yang sudah dipilih tersebut
  • Ikuti pelatihan seputar pengetahuan asuransi 
  • Menunggu kelulusan seleksi 
  • Menunggu sertifikasi yang dibuat oleh asosiasi asuransi yang sudah diakui di Indonesia 
  • Patuh terhadap semua peraturan yang telah ditetapkan oleh asosiasi asuransi serta perusahaan asuransi itu sendiri.
5. Membuka Usaha Laundry Kiloan Dengan Modal 11 Juta !
Peluang usaha sampingan dengan modal kecil yang ke lima yang larantukagypsum.com rekomedasikan buat para sahabat semua yakni bisnis usaha laundry kiloan dengan modal 11 juta rupiah ! Yuk simak ulasan selengkapnya hingga selesai...!

Uang 11 juta untuk modal usaha laundry kiloan disini kita rasa masih tergolong kedalam usaha modal kecil, maka kita masukan peluang usaha ini sebagai usaha sampingan untuk menambah penghasilan.

Tapi kalo menurut sobat ini adalah modal harga usaha yang besar, maka bisa mengabaikan !

Lantas apa kelebihan, kelemahan, serta cara memulai usaha laundry kiloan ini ?

Secara ringkas kelebihan dalam menjalani bisnin usaha laundry kiloan sebagai penghasilan tambahan adalah sebagai berikut :
  • Banyak sekali orang yang membutuhkan, terutama buat orang yang memiliki aktivitas super sibuk.
  • Sangat mudah dalam menjalankannya
  • Dapat mencipatkan penghasilan tambahan yang lumayan
  • Bisnis usaha laundry kiloan dapat dilakukan dirumah
Dan dengan secara ringkas pula kita sampaikan bahwa usaha laundry juga mempunyai kelemahan yang harus diketahui, diantaranya adalah :
  • Modalnya 11 juta, tapi ini menurut kita masih dirasa kecil
  • Biaya perawatan lumayan mahal
  • Jika salah menentukan lokasi, usaha laundry akan sepi pelanggan.
Kemudian dengan secara ringkas lagi, kita akan menguraikan tentang bagaimana cara memulai usaha laundry kiloan ini ? Dan dibawah inilah langkah-langkahnya :
  1. Siapakan Modalnya dulu
  2. Tentukan lokasi usaha yang strategis
  3. Beli peralatan laundry yang dibutuhkan
  4. Perhatikan dan rincikan biaya operasional
  5. Memahami cara cuci pakaian yang benar
  6. Tentukan nama usaha bila diperlukan
  7. Tetapkan harga jasa laundry kiloannya (biaya cuci pakaian perkilo)
Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan serta cara memulai bisnis usaha laundry kiloan diatas, selanjutnya pasti sobat juga akan bertanya-tanya tentang peralatan laundry yang dibutuhkan, perhitungan modal seperti apa, dan keuntungannya berapa ?

Ok akan kita uraikan juga dengan secara ringkas, oleh karena artikel ini sudah terlalu panjang !

Jadi pertanyaan yang pertama yakni tentang peralatan yang dibutuhkan untuk usaha laundry kiloan itu apa saja, berikut dibawah ini listnya :
  • Timbangan digital untuk mengetahui berapa kilo yang cuci
  • Mesin cuci pakaian dan celana sabun cuci pakaian (bukan sabun cuci piring)
  • Jangan lupa pengharum pakaian biar fresh
  • Hanger untuk menggantung pakain yang sudah dicuci + jemurannya
  • Pengering pakaian dan celana
  • Setrika untuk merapihkan pakaian biar tidak kusut
  • Alat penanda untuk menandai pakaian yang telah selesai dicuci agar tidak tertukar dengan orang lain.
  • Plastik kemasan untuk membungkus pakaian yang siap diambil oleh tuannya
Lalu pertanyaan kedua perihal perhitungan modalnya itu bagaimana ? Sobat bisa perhatikan gambaran rincian modal awalnya seperti berikut ini :

#Perhitungan Modal Investasi Awal :
  • 2 unit mesin cuci pakaian dan celana : Rp. 4.400.000
  • 1 unit mesin pengeringnya : Rp. 1.600.000
  • 6 unit setrika : Rp. 600.000
  • 1 unit timbangan yang digital : Rp. 275.000
  • 1 kali renovasi ruangan pencucian : Rp. 950.000
  • 1 set kursi dan meja (bukan sofa) : Rp. 325.000
  • 2 spanduk untuk promosi : Rp. 450.000
Jika perhitungan modal investasi awal diatas ditotalkan, maka jumlah adalah 8,6 juta rupiah...!!!!

#Perhitungan Modal Operasional Pertiap Bulan :
  • 01 bulan tagihan listrik : Rp. 550.000
  • 25 bungkus (1kg) sabun cuci detergen : Rp. 445.000
  • 17 bungkus (1kg) pengharum : Rp. 140.000
  • 01 bulan tagihan pdam (air) : Rp. 275.000
  • 01 bulan cod antar jemput (bensin) : Rp. 130.000
  • 01 bulan upah karyawan per orang : Rp. 850.000
  • kebutuhan lainnya tak terduga : Rp. 220.000
Apabila perhitungan modal operasional diatas dijumlahkan, maka totalnya yaitu 2.610.000 rupiah !!!

Ketika perhitungan modal investasi awal serta modal biaya operasinal sudah bisa diketahui, selanjutnya sobat tinggal mengasumsikan berapa pendapatan yang akan diterima perbulannya.

Contoh perhitungan pendapatan loundry kiloan pertiap bulan :
  • Target orderan pertiap bulannya (30 hari) misalnya : 1500 kg / bulan (50 kg perhari)
  • Asumsi harga cuci loundry pertiap kilogram : Rp. 6500
  • Total kotor pendapatan perbulan (belum dipotong biaya operasional) :
    • 1500 kg x Rp. 6500 = Rp. 9.750.000
  • Total bersih pendapatan perbulan (sudah dipotng biaya operasional) :
    • Rp. 9.750.000 - Rp. 2.610.000 = Rp.7.140.000
Jadi kesimpulannya dengan asumsi harga cucian perkilonya Rp. 6500 dan terima orderan selama sebulannya 1500 kg, maka pendapatan bersih yang diterima setiap bulannya dari bisnis laundry kiloan ini adalah sebesar 7.140.000 Rupiah !

6. Bisnis Usaha Jasa Menjahit Pakaian (Desainer Fashion)
Jasa Usaha Jahit Pakaian
Ditengah banyaknya berbagai macam pakaian jadi yang diproduksi oleh para pelaku usaha di Indonesia dengan model desain pakaian yang bervariasi serta harga bersaing, ditengah itu pula lah bisnis usaha menjahit pakaian masih diminati oleh sebagian masyarakat Indonesia untuk dijadikan peluang usaha sampingan sebagai penghasil uang tambahan.

Disamping ada yang memanfaatkan bisnis menjahit ini sebagai usaha sampingan, namun ada pula beberapa orang yang menjadikannya sebagai bisnis utama.

Tergantung dari kita saja..!! Jika memang bisnis usaha menjahit yang tadinya hanya untuk usaha sampingan tapi ternyata setelah ditekuni malah menciptakan penghasilan yang tak dikira dan tak disangka dapat menghasilkan puluhan juta rupiah setiap bulan !

Maka silahkan saja jika usaha menjahit tersebut mau dijadikan sebagai bisnis atau pekerjaan yang utama, yang berarti akan pensiun bekerja sebagai karyawan.

Namun apabila baru mencoba untuk mulai menjalani bisnis menjahit sebagai usaha sampingan agar dapat menghasilkan uang tambahan, maka jangalah ditinggalkan dulu pekerjaan utamanya.

Jadi ketika sobat hendak mencoba memulai usaha ini harus memahami dulu tipsnya, agar sobat dapat sukses dalam menjalani bisnis jahitnya !

Dan berikut inilah, tips sukses membuka jasa jahit yang harus sobat ketahui :
  • Memasatikan menguasai pengetahuan dasar menjahit 
  • Mensurvei pasar serta menentukan target konsumen 
  • Memberikan harga jahit yang terjangkau dan jangan terlalu mahal 
  • Menepati batas waktu pesanan yang dijanjikan 
  • Memperkirakan modal awal yang dikeluarkan untuk memulai buka jasa jahit
7. Memulai Usaha Jastip (Jasa Titip Beli) yang Anti Gagal.
jasa titip beli kupang ntt flores
Bukan hanya artis saja yang bisa naik daun, peluang usaha jasa titip beli ini pun disaat sekarang lagi naik daun. Penyebabnya mungkin karena bisnis usaha Jastip ini berbasis online, sehingga sangat mudah dalam menjalaninya.

Secara garis besar cara kerja bisnis Jasa Titip Beli ini yakni membelikan barang yang dipesan oleh pelanggan yang kemudian barang tersebut akan dikirimkan ke alamat pelanggan yang memesannya dengan secara online.

Meskipun modal yang dibutuhkan untuk menjalani bisnis ini pun sangat relati kecil jika dibandingkan dengan peluang usaha yang sudah dibahas diatas, namun potensi omzet yang dihasilkan dari usaha jastif ini bisa di angka jutaan rupiah lho !

Dan contoh dari bisnis Jastip (Jasa Titip Beli) ini, dapat sobat lihat dimedia-media sosial seperti facebook, instagram, telegram, twitter, dan lian sebagainya.

Jadi mereka para pelaku bisnis usaha jasa titip beli ini seringkali menggunakan media online sebagai alat untuk mempromosikannya.

Adapun barang atau produk yang biasa di Jastip oleh mereka adalah sebagai berikut :
  • Skin Care
  • Tas
  • Sepatu
  • Mack Up
  • Camilan
  • dan lain sebagainya
Seandainya sobat hendak menjalani bisnis jasa titip beli ini sebagai usaha sampingan, maka ada tips-tips tertentu yang harus dikuasai agar dapat menciptakan penghasilan tambahan :

Berikut ini adalah 6 Tips Usaha Jasa Titip yang harus diketahui :
  • Tentukan targetTentukan harga
  • Lakukan promosi online
  • Menampilkan foto produk yang menarik
  • Menghitung modal secara cermat dan teliti
  • Memberikan bonus buat pelanggan baru
8. Membuka Bisnis Usaha Jasa Ketik Online 10 Jari Yang Profesional.
usaha jasa ketik
Bisnis jasa ketik ini mungkin sangat cocok buat sobat yang lokasi rumahnya di area tempat berkumpulnya para calon orang-orang pintar yaitu : tempat kuliah, sekolah, gedung perkantoran, dan lain-lain.

Jika tak memiliki lokasi yang strategis seperti itu pun, bisnis jasa pengetikan disaat sekarang sudah bisa dilakukan dengan secara online.

Tahukah sobat ? Bahwa bisnis jasa pengetikan online sekarang ini telah menjadi salah satu usaha baru yang dapat dikatakan sangat cukup menjanjikan.

Mengutip dari situs jagoketik.com katanya ada seorang yang jago ngetik dengan 10 jari tanpa pabaliut sedikit pun, dapat menghasilkan uang sampai 10 juta hanya dalam sebulan

Selain itu lagi katanya, jasa ketik ini sekarang bisa dilakukan dengan sistim Work Frome Home (WFH) yang artinya bekerja dari rumah, sehingga pekerjaan ini dapat dikategorikan sebagai jenis pekerjaan yang mendukung adanya protokol covid nineteen yang diterapkan oleh pemerintah hingga saat ini.

Jika memang begitu adanya, maka sobat bisa mencoba menjalani peluang usaha jasa pengetikan ini, sebagai usaha sampingan dirumah supaya dapat menghasilkan tambahan uang.

Adapun sarana pendukung yang dibutuhkan untuk pengetikan sepertinya tidak terlalu banyak yakni perangkat pc, laptop, mesin tik, bahkan hingga ponsel pun dapat digunakan untuk mengetik meskipun sepertinya akan rada kikuk saat mengetik.

Setelah sarana pendukung tersebut tersedia, maka tinggalah melakukan beberapa tips dan trik agar jasa pengetikan ini bisa menghasilkan serta dapat dipercaya, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Atur jam kerja yang effesien
  • Konsisten dalam mengerjakan pesanan pengetikan
  • Hindari kesalahan dalam pengetikan
  • Tepat waktu dalam menyelesaikan sesuai orderan
  • Atur harga jasa pengetikan seramah mungkin
  • dan lain sebagainya.
9. Menjalani Profesi Sebagai Jasa Penerjemah Bahasa Planet.
usaha jasa penerjemah
Ungkapan dalam 2 kata tersebut yakni bahasa planet hanya sebatas candaan saja, untuk melemaskan jari-jari penulis yang sudah mulai oleng alias sudah merasa pegal dan mau kram.

Yup, peluang usaha sampingan modal kecil berikutnya yang kesembilan ialah Jasa Penerjemah ! Mungkinkah sobat fasih dalam bahasa asing, english misalnya ? Jika ya, alangkah baiknya sobat manfaatkan untuk menjadi penerjemah bahasa yang sobat kuasai tersebut supaya bisa menghasilkan tambahan uang.

Akan tetapi sobat pastikan dulu ni, sobat termasuk jenis penerjemah yang mana ? Karena penterjemah ini diglongkan menjadi 2 jenis yakni penerjemah pemula dan penerjemah profesional.

Andai kata sobat termasuk kedalam kategori penerjemah pemula lebih baik mulai dari menterjemahkan dokumen-dokumen dulu, misalnya :
  • Skripsi
  • Artikel
  • dan lain-lain
Namun jika sobat tergolong kedalam penerjemah yang profesional dan handal, maka biasanya bisa bekerja dibawah sumpah dan ini tarifnya tergolong sangat tinggi dan mahal.

Sebagai contoh umpama sobat menerapkan tarif atau harga menerjemahkan perkata yakni 50 perak. Apabila dalam satu halaman terdapat 600 kata, maka uang yang didapat dari hasil menerjemahkan yakni 30 ribu rupiah.

Jika sobat dapat menyelesaikan misalanya 10 halaman saja dalam sehari, maka keuntungan yang dapat selama satu hari yaitu 300 ribu rupiah. Sungguh penghasilan tambahan yang sangat menggiurkan, bukan ?

Padahal modalnya tidak seberapa besar dan relatif kecil ! Hanya dengan menggunakan laptop dan ditemani si yang namanya koneksi internet, maka sobat sudah bisa usaha jasa penerjemah.

Hal lainya yang perlu dipahami mungkin dari bagaimana menentukan target pasarnya, menentukan strategi pemasaranya, melakukan inovasi produk, lalu kualitas juga sangat perlu dijaga, dan heuummm "sudah sih itu saja tidak ada lagi yang lain".